Review Hyundai Tucson XG CRDi 2017

08/05/2019
editor rate: 3,7 user rate: 4,0
Setelah dua tahun bersaing di segmen medium SUV Indonesia, akankah Hyundai Tucson XG CRDi 2017 masih jadi pilihan tepat mobil SUV di tahun 2019?

PENGANTAR Hyundai Tucson 2017

Review Hyundai Tucson XG CRDi 2017 Hyundai Tucson memasuki tahun ketiga kehadirannya di Indonesia. Sejak debut di Indonesia International Motor Show 2019, Hyundai Tucson diawali dengan kehadiran model bermesin Bensin. Setahun setelahnya, di tahun 2017, Hyundai Tucson hadir dengan versi Diesel. 

Gambar menunjukkan penghargaan Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Penghargaan Otomotif Award 2019 untuk Hyundai Tucson

Dari tahun 2017 sampai 2019, Hyundai Tucson banyak menuai prestasi positif sebagai salah satu Medium SUV terbaik. Salah satu penghargaan terbaru ialah Best of Medium SUV Otomotif Award 2019, yang melengkapi hattrick penghargaan Hyundai Tucson dari tahun 2017 sampai 2019 berturut-turut. 

Tapi dengan prestasi mentereng tersebut, apakah Hyundai Tucson tetap layak jadi mobil Medium SUV pilihan Anda saat ini? Simak terus ulasan selengkapnya hanya di review Hyundai Tucson XG CRDi 2017 di Cintamobil.com

EKSTERIOR Hyundai Tucson 2017

Review Hyundai Tucson XG CRDi 2017 : Eksterior Depan

Gambar menunjukkan desain eksterior depan Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Penampilan exterior depan Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Penampilan fascia depan Hyundai Tucson XG CRDi 2017 tampil impresif lewat perpaduan aksen Hexagonal radiator grille berbalut chrome yang menjadi identitas Hyundai. Di dalam logo Hyundai terdapat detil kamera depan.  Pencahayaan utama mobil ini menggunakan projector Head Lamps dengan HID Xenon 4,300K dan LED Positioning Lamp, serta di area bawah terdapat aytime Running Lights & Fog Lamps. Untuk ketinggian cahaya lampu head lamp bisa diatur berkat fitur Adjuster Leveling Projector Head Lamp.

Review Hyundai Tucson XG CRDi 2017 : Eksterior Samping

Gambar menunjukkan desain bagian samping mobil Hyundai Tucson XG CRDi 2017 berwarna putih

Penampilan exterior samping Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Garis bodi khas Fluidic Sculpture 2.0 yang dinamis menjadi tema desain Hyundai Tucson, hadir di sisi samping Hyundai Tucson XG CRDi 2017. Garis beltline yang mengalir tegas dari sisi fender depan sampai ke titik pilar C selaras dengan frame kaca samping mobil yang ikut meninggi dari posisi sisi terdepan sampai sisi paling belakang yang sudah melewati area pilar C. Mobil berdimensi 4.475 mm (panjang), 1.850 mm (lebar), dan 1.665 mm (tinggi) ini juga menghadirkan elemen wheel arc garnish berkelir hitam yang cukup memberikan presensi tangguh. Teknologi menarik seperti Electric Folding Mirror with LED Side Glass Repeater, disertai sentuhan pelek Alloy 17 inci jadi elemen menarik dari eksterior samping Hyundai Tucson XG CRDi 2017.

Review Hyundai Tucson XG CRDi 2017 : Eksterior Belakang

Gambar menujukkan desain bagian belakang mobil Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Penampilan exterior belakang Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Buritan belakang Hyundai Tucson XG CRDi 2017 menghadirkan rear spoiler dengan lampu HMSL, Elemen multi reflektor di lampu belakang memberikan kesan tiga dimensi pada area eksterior belakang mobil Medium SUV ini. Mobil yang tersedia dalam 4 warna (Phantom Black, Pepper Gray, Galaxy Pearl, dan Pure White) ini juga menghadirkan rear wiper dan rear camera untuk visibilitas pengemudi kala melihat ke area belakang saat kondisi hujan maupun saat parkir. 

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Hyundai Tucson 2017

Review Hyundai Tucson XG CRDi 2017 : Dashboard & Setir

Gambar menujukkan desain bagian Dashboard dan Setir Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Penampilan dashboard dan setir Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Pendekatan desain kabin premium dilakukan Hyundai dengan cara memberikan sentuhan aksen two-tone di dalam kabin interior Hyundai Tucson XG CRDi 2017, yakni black dan beige. Dari sisi pengemudi terdapat setir dengan dua tombol multifungsi untuk audio dan pengaturan MID, dan setir ini memiliki konfigurasi tilt steering dan dibalut detil leather. Bergeser ke central cluster terdapat layar infotainment 8 inci, dengan pengaturan AC masih bersifat manual dengan 4 tingkat hembusan angin, serta sepasang slot 12 volt yang menemani slot USB dan Aux. Di area central console terdapat tuas transmisi dengan tombol pengatur mode berkendara dan bukaan pintu bagasi, serta dua cup holder sebagai pelengkap dari cup holder di masing-masing area pintu depan.

Review Hyundai Tucson XG CRDi 2017 : Jok

Gambar menujukkan desian bagian Jok Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Penampilan jok pengemudi depan Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Jok Hyundai Tucson XG CRDi 2017 menggunakan detil leather berkelir beige. Untuk pengemudi terdapat pengaturan tingkat rebah jok dan ketinggian jok, sedangkan jok penumpang belakang hanya tingkat rebah saja. Hal serupa turut berlaku untuk jok belakang, yang mana tingkat rebah jok bisa diatur sesuai kebutuhan. 

Review Hyundai Tucson XG CRDi 2017 : Bagasi

 

Gambar menujukkan desain bagian bagasi Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Penampilan area bagasi Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Kapasitas bagasi Hyundai Tucson XG CRDi 2017 tergolong besar karena dalam kondisi jok belakang digunakan, tersedia ruang kargo sebesar 513 liter bisa digunakan. Andai tidak cukup, saat melipat jok belakang hingga rata lantai, maka tersedia ruang kargo sebesar 1,503 liter yang bisa dimaksimalkan untuk membawa barang bawaan berukuran ekstra besar. Dan untuk memudahkan akses ke bagasi, pintu bagasi sudah mengadopsi Power Tail Gate yang memungkinkan akses buka tutup pintu bagasi bergerak otomatis.

>>> Baca juga:

FITUR Hyundai Tucson 2017

Review Hyundai Tucson XG CRDi 2017 : Fitur Hiburan dan Kenyamanan

Gambar menujukkan desain panorama roof Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Panorama roof jadi salah satu fitur penunjang kenyamanan pada Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Untuk ukuran mobil produksi tahun 2017, fitur kenyamanan dan hiburan pada Hyundai Tucson XG CRDi 2017 masih tergolong relevan. Salah satu contoh paling kentara ialah hadirnya Panorama Sunroof yang bsia dibuka dan memberikan aliran udara segar saat berkendara, Hyundai juga melengkapi mobil ini dengan beberapa fitur menarik, seperti Rear Air Ventilation, Power Window Control with Auto Lock Control, dan Follow me Home. 

Gambar menujukkan desain sistem infotainment Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Layar 8 inci Multimedia Head Unit Monitor yang menampilkan visual Eagle Eye View di Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Bicara soal fitur hiburan, Hyundai menyediakan sistem hiburan 8 inci Multimedia Head Unit Monitor with GPS. Sekalipun secara interface terasa belum se-intuitif sistem hiburan cerdas masa kini, namun lewat sistem hiburan ini bisa menikmati file hiburan dari ponsel dengan mudah, didukung GPS yang bisa diandalkan saat menuju lokasi destinasi yang diinginkan, dan juga menghadirkan visual Eagle Eye View. Eagle Eye View pada dasarnya adalah visual dari kamera yang ada di empat sisi mobil (depan, kaca spion samping kiri dan kanan, belakang), yang mana citra yang dihasilkan akan memberikan visual yang sangat membantu saat pengemudi ingin melakukan parkir di ruangan sempit.

Review Hyundai Tucson XG CRDi 2017 : Fitur Berkendara dan Keselamatan

Gambar menujukkan mode berkendara Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Tombol Drive Mode terletak di dekat tuas transmisi Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Hyundai menghadirkan teknologi berkendara yang pada masanya masih tergolong mumpuni. Pertama ialah Hyundai menyematkan Drive Mode dengan tiga pilihan mode (Comfort, Eco, Sport) untuk menunjang kedinamisan berkendara pada mobil ini. Adapun penggunaan Motor Driven Power Steering yang semakin memudahkan pengemudi, khususnya pengemudi perempuan, dalam mengendalikan mobil Medium SUV ini dengan mudah dan tanpa perlu usaha berat dalam mengatur kemudi. 

Gambar menujukkan Fitur ABS Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Ilustrasi kinerja fitur ABS dan EBD pada Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Dalam hal keselamatan berkendara, Hyundai Tucson XG CRDi 2017 juga menyediakan fitur keselamatan ABS dan EBD sebagai fitur keselamatan aktif. Sedangkan sistem keselamatan pasif pada mobil ini terfokus pada penggunaan Dual SRS Airbag, dan struktur bodi Advanced High Strength Steels (AHSS) yang dirancang dengan rigiditas bodi tinggi dan kemampuan menyerap energi tubrukan dengan baik. 

>>> Klik sini untuk melihat promo saat membeli mobil Hyundai Tucson pada bulan puasa ini

OPERASI Hyundai Tucson 2017

Gambar menujukkan desain bagian Mesin Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Penampilan jantung pacu Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Mesin Hyundai Tucson XG CRDi 2017 menggunakan mesin R 2.0 liter 4-silinder 16 valve dengan Common Rail Direct Injecion (CRDi) dan eVGTurbo. Kedua teknologi mesin yang kami sebutkan tadi memaksimalkan performa mesin secara impresif di semua putaran, serta meminimalisir pemakaian bahan bakar dan meminimalisir efek turbo lag karena tekanan turbo diatur secara elektrik oleh sistem komputer. Dan karena teknologi mesin mobil ini sudah canggih, Hyundai sangat merekomendasikan mesin ini hanya menggunakan bahan bakar Pertamina Dex, dan tidak menggunakan produk selevel maupun di bawah level kualitas dari Pertamina Dex.

Total tenaga impresif 178 PS bisa dirasakan pada putaran puncak 4.000 rpm, sedangkan torsi 400 Nm bisa tersaji sejak putaran mesin 1.750 – 2.750 rpm. Semua tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi 6-percepatan Shiftronic. 

Dari sisi handling, Hyundai Tucson tak kalah impresif. Perpaduan McPherson strut di depan dan multi link di belakang menghasilkan padanan sempurna. Bantingan suspensi tidak terlalu keras saat bertemu jalan bergelombang, dan tak pula terlalu lembut serta cenderung kaku kala dipacu dalam kecepatan tinggi. 

Dan ada beberapa catatan yang kami rasakan saat melakukan test drive Hyundai Tucson XG CRDi 2017 ini. Hal yang paling kentara ialah ketiadaan sistem pengatur kontrol traksi ataupun stability control membuat ban mobil mudah overspin, yang ditandai suara ban berdecit. Hal ini seringkali terasa saat menginjak pedal gas terlalu dalam pada saat kondisi diam, atau saat exit dari tikungan. Dan sekalipun fitur ini mungkin pada masanya tersier, yang mana di tahun 2019 sudah menjadi primer, rasanya momen mengaktifkan mesin mobil dengan cara menggunakan anak kunci model jack knife sudah cukup old-school apabila dibandingkan rival-rivalnya yang sudah menggunakan engine start/stop button. 

>>> Debut Santa Fe, Kona, dan Tucson di Amerika akan Dibarengi dengan Live-Streaming

spesifikasi Hyundai Tucson 2017

Daftar spesifikasi Hyundai Tucson XG CRDi 2017 bisa dibaca di sini

Mesin Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Tipe mesin

R 2.0 liter CRDi DOHC 4 silinder segaris 16 katup eVG Turbo

Kapasitas

1.995 cc

Tenaga Maksimum

178 Ps / 4.000 rpm

Torsi Maksimum

400 Nm / 1.750-2.750 rpm

Transmisi

6-Speed A/T Shiftronic FWD

Dimensi Hyundai Tucson XG CRDi 2017

P x L x T

4.475 x 1.850 x 1.650 mm

Wheelbase

2.670 mm

Ground Clearance

172 mm

Kapasitas Tangki

62 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Hyundai Tucson XG CRDi 2017

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Anti Roll Bar

Suspensi Belakang

Multi Link

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Ukuran Velg

Alloy 17” × 7 J

Ukuran Ban

225/60 R17

kelebihan & kekurangan Hyundai Tucson 2017

Berikut ini informasi kelebihan dan kekurangan Hyundai Tucson XG CRDi 2017 menurut Cintamobil.com

Kelebihan

Kekurangan

Penampilan yang memikat dan cenderung timeless

Beberapa fitur berkendara dan kenyamanan penting absen pada mobil ini.

Performa mesin diesel jempolan

 

Kemewahan kabin yang meningkatkan kenyamanan berkendara

 

daftar harga Hyundai Tucson 2017

Hyundai Tucson XG CRDi 2017 kini masih bisa dibeli oleh konsumen dalam kondisi baru di diler resmi Hyundai di kota terdekat Anda dengan harga Rp477 Juta On-The-Road. Harga tersebut sudah termasuk garansi 5 tahun tanpa batas kilometer, dan free service berkala 11 kali / 100 ribu km.

Bagaimana dengan harga bekas Hyundai Tucson XG CRDi? Saat ini jika mengacu pada data yang dihimpun Cintamobil.com, harga bekas Medium SUV Hyundai ini berkisar di harga Rp325 jutaan sampai Rp400 jutaan. 

Video Hyundai Tucson 2017

KESIMPULAN Hyundai Tucson 2017

Secara garis besar, Hyundai Tucson XG CRDi 2017 memiliki basis yang sangat tepat untuk sebuah Medium SUV yang memikat. Ia bertenaga tinggi, ia berparas memikat, dan ia dikemas dengan elemen kemewahan yang patut diacungi jempol.

Masalahnya, penyesuaian fitur pada Hyundai Tucson XG CRDi pada saat awal kelahiran mobil ini bagi kami sedikit berlebihan. Untungnya Hyundai meninggalkan strategi tersebut, dan kini "all out" menelurkan fitur-fitur jempolan pada line up SUV terbaru mereka seperti Hyundai Santa Fe & Grand Santa Fe (2018 & 2019), dan terbaru adalah Hyundai Kona yang debut di IIMS 2019 kemarin. 

Bukan berarti Hyundai Tucson XG CRDi jadi tidak relevan untuk dimiliki saat ini. Justru Hyundai Tucson XG CRDI ini sangat tepat Anda beli saat ini, apabila Anda berencana membeli dalam kondisi bekas. Harga bekas yang semakin terjangkau dengan fitur yang ditawarkan sudah pasti lebih value for money untuk tahun ini.

Tapi bagaimana jika niat Anda membeli Hyundai Tucson XG CRDi lebih condong untuk membeli mobil baru? Untuk pertanyaan ini jawaban dari kami ada dua: segera atau sabar sebentar. Maksud "segera" dalam artian Anda kunjungi saja diler Hyundai dan lakukan SPK Hyundai Tucson XG CRDi dengan spesifikasi dan fitur yang sama seperti kami sebutkan di atas. Atau opsi lain adalah sabar sebentar, karena kami memprediksi dalam waktu dekat Hyundai Tucson akan melakukan facelift dan upgrade fitur yang lebih relevan. Jika dari versi global sudah hadir versi facelift di 2019, bukan tidak mungkin di tahun ini juga versi facelift Hyundai Tucson akan hadir menyapa Tanah Air dan konsumen setianya. 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

HAFIZH FAUZAN
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil