Review Hyundai Tucson GLS 2012: Alternatif SUV Kompak Dengan Harga Terjangkau

12/12/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Kehadiran Hyundai Tucson mampu memberikan warna baru di segmen SUV kompak Indonesia. Simaklah review Hyundai Tucson GLS 2012 yang kami hadirkan berikut ini.

PENGANTAR Hyundai Tucson 2012

Review Hyundai Tucson GLS 2012 - Hyundai Tucson pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2005, sebagai sebuah SUV kompak dengan harga kompetitif sekaligus menawarkan kualitas yang cukup baik. Hadirnya Hyundai Tucson menjadi alternatif bagi konsumen selain SUV buatan Jepang seperti Honda CR-V atau Nissan X-Trail. Hyundai Tucson juga berbagi platform dengan saudara kandungnya, Kia Sportage. Dari segi tampilan, kedua SUV berdarah Korea Selatan ini tergolong mirip. Yang membedakan terletak pada detail eksterior, interior dan ketersediaan fitur.

Foto Hyundai Tucson generasi pertama berwarna silver dilihat dari sisi depan

Hyundai Tucson generasi pertama yang diperkenalkan pada tahun 2005

Pada tahun 2010, PT Hyundai Mobil Indonesia memperkenalkan generasi kedua dari Tucson. Dari tampilan, Hyundai Tucson generasi kedua ini tampil lebih modern dengan desain modern yang menganut garis yang lebih membulat plus dimensi yang sedikit lebih bongsor ketimbang pendahulunya. Hyundai Tucson generasi kedua ini juga berbagi basis platform dengan Kia Sportage II. Dari tampilan, Hyundai Tucson terlihat lebih minimalis ketimbang saudara kandungnya. Namun hal tersebut tak mengurangi popularitasnya sebagai SUV kompak asal Negeri Ginseng dengan kualitas yang kompetitif di Indonesia.

Foto Hyundai Tucson dan Kia Sportage

Hyundai Tucson (kanan) berbagi platform yang sama dengan Kia Sportage (kiri)

Kali ini, Cintamobil.com akan menghadirkan review Hyundai Tucson GLS 2012. Varian GLS memang menjadi varian entry level. Hyundai juga menawarkan varian XG dengan kehadiran fitur lebih lengkap, namun juga dibanderol dengan harga lebih tinggi. Menurut kami, Hyundai Tucson GLS 2012 menawarkan value for money yang cukup tinggi di kelasnya. Sehingga, Hyundai Tucson GLS 2012 bisa menjadi alternatif jitu ketika Anda mencari SUV kompak dengan harga yang lebih terjangkau. Ingin mengenal Hyundai Tucson GLS 2012 lebih mendetail? Simak review Hyundai Tucson GLS 2012 berikut ini. 

EKSTERIOR Hyundai Tucson 2012

Review Hyundai Tucson GLS 2012: Tampak Depan

Foto Hyundai Tucson GLS 2012 berwarna hitam dilihat dari tampak depan

Wajah Hyundai Tucson GLS 2012 tampil lebih modern

Seperti yang telah disinggung di atas, Hyundai Tucson GLS 2012 menawarkan tampilan lebih modern yang dibalut dengan desain membulat. Namun pada bagian wajah, Hyundai Tucson 2012 dibekali dengan lampu berukuran besar, namun memiliki desain menyipit tajam. Desain lampu depan yang tajam tersebut dikombinasikan dengan grill model trapesium, yang membuatnya tampil seperti sedang menyeringai. Hal tersebut diperkuat dengan desain air dam dan cover fog lamp yang juga mengunakan desain yang tajam dan memanjang hingga ke bagian samping. Tampaknya tampilan wajah yang seolah menyeringai ini sempat menjadi ciri khas desain Hyundai saat itu, lantaran juga diaplikasi pada model yang lain seperti, Hyundai Grand Avega, Sonata dan Elantra.

Review Hyundai Tucson GLS 2012: Tampak Samping

Foto Hyundai Tucson GLS 2012 berwarna hitam dilihat dari tampak samping

Kesan gagah diwakilkan dengan penggunaan velg 17 inci dan desain side body moulding dan side skirt yang tebal

Beralih ke tampilan samping, Hyundai Tucson GLS 2012 menonjolkan aura ala SUV perkotaan yang kompak dan modern. Desain membulat bisa dilihat pada bagian atap yang menyerupai kurva membulat dengan bagian belakang yang sedikit turun dan disambung dengan desain pilar D yang melengkung. Velg 5 spoke berukuran 17 inci membuat ruang roda Hyundai Tucson GLS 2012 menjadi lebih kekar. Namun Hyundai juga menambahkan sedikit detail maskulin lewat penggunaan side body moulding dan side skirt berukuran lebih tebal.

Review Hyundai Tucson GLS 2012: Tampak Belakang

Foto Hyundai Tucson GLS 2012 berwarna hitam dilihat dari tampak belakang

Desain minimalis terpancarkan pada tampilan belakang

Pada tampilan belakang, Hyundai Tucson GLS 2012 menggunakan lampu belakang yang juga tajam dan memanjang dari pilar D hingga ke bagasi. Kehadiran sepasang reflektor dan fog lamp pada bumper belakang menegaskan tampilan yang modern. Secara keseluruhan, tampilan belakang Hyundai tucson GLS 2012 ini memang terlihat lebih minimalis. Namun hal tersebut sedikit terobati dengan desain bumper belakang yang tebal, sehingga mengentalkan kesan maskulin sebagai sebuah SUV.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Hyundai Tucson 2012

Review Hyundai Tucson GLS 2012: Dashboard dan setir

Foto dasboard dan setir Hyundai Tucson GLS 2012

Tampilan warna two tone pada dashboard Hyundai Tucson GLS 2012 membuatnya tampil lebih mewah

Hyundai Tucson GLS 2012 dibekali dengan dashboard dengan kombinasi warna two tone, sehingga membuatnya tampil lebih mewah. Desain panel dashboard juga lebih modern dengan pengaturan AC model kenop yang dipadu dengan desail kisi-kisi AC yang menganut vertikal. Sementara untuk panel instrumen, Hyundai Tucson GLS 2012 menggunakan dua buah bulatan besar untuk penunjuk kecepatan (spedometer) dan penunjuk putaran mesin (takometer). Di bagian tengahnya tersedia MID yang menampilkan beragam informasi, seperti penunjuk jumlah bahan bakar, suhu mesin, informasi konsumsi bahan bakar serta penunjuk jarak (odometer).

Foto panel indikator dashboard Hyundai Tucson GLS 2012

Panel indikator dashboard Hyundai Tucson GLS 2012 sudah dilengkapi dengan MID

Pada bagian setir, Hyundai Tucson GLS 2012 menggunakan lingkar kemudi berukuran kecil, sehingga terlihat lebih sporty. Desain palang empat yang dipadu dengan tampilan warna two tone juga membuatnya tampil lebih atraktif. Tersedia pengaturan audio di bagian kiri yang memudahkan Anda dalam mengatur volume dan track audio ketika sedang berkendara. Ketebalan setir juga terasa sangat pas ketika sedang digenggam.

Review Hyundai Tucson GLS 2012: Jok

Foto jok Hyundai Tucson GLS 2012

Jok berlapis kulit dengan busa tebal membuatnya sangat nyaman

Nilai tambah dari Hyundai Tucson GLS 2012 adalah joknya yang sudah berlapis material kulit, sehingga terasa lebih nyaman dan terlihat lebih mewah. Ketebalan dan karakter busa pada jok juga terasa sangat empuk sehingga membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman, bahkan ketika berkendara dengan waktu yang cukup lama. Desain jok baik di depan dan belakang juga mampu membekap tubuh dengan sempurna, sehingga memiliki nilai ergonomika cukup baik. Pada jok belakang, dimensi legroom dan headroom cukup terakomodir dengan baik. Namun sayang, belum tersedia fitur pengaturan sandaran pada jok belakang. Meski begitu, posisi duduk jok belakang cukup nyaman dan tidak terlalu tegak.

Review Hyundai Tucson GLS 2012: Bagasi

Foto bagasi Hyundai Tucson GLS 2012

Volume bagasi Hyundai Tucson GLS 2012 cukup luas

Meski terlihat kompak di luar, Hyundai Tucson GLS 2012 mampu mengakomodir bagasi yang cukup luas. Menurut spesifikasi yang kami himpun, volume bagasi Hyundai Tucson GLS 2012 mencapai 727 liter dan dapat lebih lebih luas ketika jok tengah dilipat, sehingga mampu menyediakan volume bagasi mencapai 1.580 liter. Di balik lantai bagasi tersedia ban cadangan dan peralatan untuk mengganti ban seperti dongkrak dan kunci roda. Tersedia pula cargo shade atau lapisan penutup bagasi yang berfungsi untuk menjaga privasi barang bawaan Anda. 

>>> Simak juga:

FITUR Hyundai Tucson 2012

Review Hyundai Tucson GLS 2012: Fitur berkendara, keselamatan & hiburan

Foto head unit Hyundai Tucson GLS 2012

Head unit Hyundai Tucson GLS 2012 sudah mengadopsi layar sentuh dengan fitur MP3 dan aux-in

Hyundai Tucson GLS 2012 sudah dibekali dengan fitur berkendara dan keselamatan terkini, seperti sepasang airbag, rem dengan teknologi ABS dan EBD serta teknologi hill-start assist dan downhill brake control yang berfungsi memudahkan Anda ketika harus berhenti di tanjakan curam atau mengontrol mobil ketika sedang menuruni turunan tajam. Sehingga, membuat Anda merasa lebih merasa aman ketika berkendara dengan Hyundai Tucson 2012.

Foto lampu Hyundai Tucson GLS 2012

Meski masih menggunakan reflektor dengan bohlam halogen, pancaran sinar lampu depan Hyundai Tucson GLS 2012 cukup optimal di berbagai kondisi    

Sementara di bagian hiburan, Hyundai Tucson GLS 2012 sudah menggunakan head unit dengan layar sentuh plus memiliki fitur seperti CD player, radio dan koneksi auxiliary input (aux in) yang berguna sebagai pemutar musik digital seperti MP3. Pada bagian setir juga sudah terdapat steering audio switch yang berfungsi untuk mengatur volume atau track audio dengan hanya menggunakan jari Anda. Sehingga mendengarkan musik atau radio favorit semakin mudah dan praktis ketika sedang berkendara.

>>> Simak harga dan promo Hyundai Tucson terbaru di sini

OPERASI Hyundai Tucson 2012

Foto mesin Theta II milik Hyundai Tucson GLS 2012

Mesin 2.000 cc milik Hyundai Tucson GLS 2012 ditunjang dengan transmisi otomatis 6 percepatan yang memiliki karakter tenaga yang halus

Hyundai Tucson GLS 2012 menggunakan mesin 2.000 cc dari keluarga Theta II dengan DOHC dan katup variabel, yang mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 166 hp pada 6.200 rpm dan torsi maksimum sebesar 197 Nm pada 4.600 rpm. Tersedia fitur Shiftronic yang mampu menghadirkan mode manual jika Anda membutuhkan perpindahan gigi yang lebih responsif. Karakter mesin Hyundai Tucson GLS 2012 terasa cukup halus namun tetap bertenaga di setiap putaran mesinnya. Hal tersebut ditunjang berkat pemakaian transmisi otomatis 6-percepatan yang memiliki rasio gigi lebih rapat.

>>> Hyundai N Performance Akan Hadir di Lini SUV dan Mobil Listrik

spesifikasi Hyundai Tucson 2012

Spesifikasi Hyundai Tucson GLS 2012 bisa dilihat di tabel berikut.

Tipe Mesin

Theta II, DOHC & CVVT

Kapasitas Silinder

1,999 cc

Power Maksimal

168 Ps / 6.200 rpm

Torsi Maksimal

197 Nm / 4.600 rpm

Transmisi

Otomatis dengan 6-percepatan Shiftronic

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-link

Ban/Velg

225/65R17

Dimensi (PxLxT) mm

4.475x1.850x1.665 mm

Wheelbase

2.670

Kapasitas bagasi

727 liter (1580 liter ketika jok tengah dilipat

kelebihan & kekurangan Hyundai Tucson 2012

Kelebihan dan kekurangan mobil Hyundai Tucson GLS 2012 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Harga lebih terjangkau

Jaringan aftersales masih terbatas

Jok lebih nyaman dan mewah

Nama Hyundai yang belum sebesar kompetitornya asal jepang

Meski entry level, fitur cukup lengkap

Desainnya lebih minimalis jika dibandingkan saudaranya, Kia Sportage II

daftar harga Hyundai Tucson 2012

Untuk sebuah SUV kompak perkotaan, Hyundai Tucson GLS 2012 ditawarkan dengan harga cukup terjangkau, yakni berkisar antara Rp 125 hingga 140 jutaan. Tentu layaknya mobil bekas, harga tersebut akan sangat tergantung dengan kondisi mobil itu sendiri. Namun karena usianya yang sudah menginjak 7 tahun, Anda perlu lebih jeli ketika memilih Hyundai Tucson GLS 2012. Perhatikan pula servis berkalanya agar kondisinya selalu fit.

>>> Promo khusus untuk pembeli mobil Hyundai Tucson. Klik untuk simak informasi terlengkap

Video Hyundai Tucson 2012

KESIMPULAN Hyundai Tucson 2012

Hyundai Tucson GLS 2012 bisa menjadi alternatif menarik untuk SUV kompak selain buatan Jepang. Dengan harga lebih terjangkau, Hyundai Tucson GLS 2012 menawarkan kualitas dan kelengkapan fitur yang cukup baik. Performa mesin Theta II memang bukan yang terbaik di kelasnya, namun lebih dari cukup untuk penggunaan harian di perkotaan atau ketika diajak berlibur keluar kota. Meski terlihat kompak, namun interior Hyundai Tucson GLS 2012 mampu menawarkan kelegaan kabin yang cukup nyaman plus volume bagasi yang terakomodir dengan baik. 

>>> Simak pula beragam review mobil terkini lainnya di Cintamobil.com

Pratomo FJ
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil