Review Hyundai Tucson 2021: Transformasi Agresif Bergaya Futuristik

21/09/2020

Share this post:

Hyundai Tucson 2021

Editor rate:

TBA

Harga Hyundai Tucson terbaru di Indonesia Lihat promo

Bukan hanya tampilan konsep, ubahan radikal Hyundai Tucson 2021 membuat tampilannya lebih agresif, didukung penambahan teknologi dan mesin baru Hyundai.

Review Hyundai Tucson 2021: Transformasi Agresif Bergaya Futuristik
Review Hyundai Tucson 2021: Transformasi Agresif Bergaya Futuristik
0 Gambar

Pengantar Hyundai Tucson 2021

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Tucson 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan yang lebih agresif

Kelengkapan fitur dan teknologi baru

Opsi mesin hybrid

Kekurangan

Harga diprediksi naik

Kontrol AC baru bisa dibilang tidak terlalu praktis

Belum ada kejelasan kapan masuk ke Indonesia

Generasi ketiga Tucson yang dipasarkan di Indonesia telah dijual sejak tahun 2015. Sedangkan edisi facelift baru masuk ke Tanah Air pada Januari 2020 lalu. Namun tampilan Hyundai Tucson 2021 sepenuhnya baru dengan gaya yang lebih segar, pilihan mesin hybrid baru, dan interior yang dirombak besar-besaran.

generasi pertama Hyundai Tucson berwarna perak
Generasi pertama Hyundai Tucson keluaran tahun 2004

Hyundai Tucson sendiri merupakan SUV kompak yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004. Namanya diambil dari sebuah kota di Arizona, Amerika Serikat. Hyundai memang gencar memasarkan Tucson di Amerika. Inilah yang membuatnya menjadi salah satu crossover terpopuler dan terlaris di Negara Paman Sam tersebut.

Tucson masuk ke Indonesia pertama kali pada tahun 2005 setelah dibawa oleh PT Hyundai Motor Indonesia (HMI). Berbasis Kia Sportage, Hyundai membawa model GLS. Baru varian XG dipasarkan HMI setahun setelahnya. Generasi kedua akhirnya masuk pada tahun 2010 dengan tampilan yang lebih besar. Baru pada tahun 2014, HMI membawa generasi ketiga dengan grille heksagonal dan bodi yang lebih maskulin.

mobil baru Hyundai Tucson 2021 berwarna biru
Desain terbaru Hyundai Tucson 2021

Sedangkan secara global, Hyundai Tucson 2021 merupakan generasi keempat yang siap dipasarkan di Korea Selatan akhir tahun ini. Menyusul setelahnya pasar Amerika dan nantinya dijual ke negara lainnya. Mari kita simak apa saja perubahan signifikan yang diberikan pada generasi terbaru melalui review Hyundai Tucson 2021 di bawah ini.

Eksterior Hyundai Tucson 2021

SUV kompak ini mendapatkan tema desain yang hampir sama dengan Hyundai Elantra yang baru mendapatkan perubahan. Meski tak terlihat lebih elegan dibanding Hyundai Palisade yang baru. Gayanya dibuat senatural mungkin, walau perubahan radikal yang diberikan pada Tucson membuatnya tampil lebih agresif dipadukan dengan gaya futuristik.

Review Hyundai Tucson 2021: Eksterior Depan

Perubahan terbesar adalah desain eksterior baru yang lebih berani. Hyundai menyebutnya sebagai “Parametric Dynamics”. Tucson terlihat fantastis hampir dari semua sudut. Dimulai dengan ujung depan yang kekar dengan grille geometris yang akan menyala ketika mobil mulai dihidupkan, desain yang juga digunakan pada Elantra.

tampilan depan Hyundai Tucson 2021 berwarna biru
Tampilan depan Hyundai Tucson 2021

Bedanya lampu depan Tucson terintegrasi ke dalam bukaan grille. Menghadirkan elemen LED yang tersamarkan ketika mobil tak lagi digunakan. Lampu kabut pun mendapatkan desain baru yang jauh meningkat dibandingkan tampilan sebelumnya. Bumper bawah tak jauh berbeda, namun kali ini dilengkapi dengan sedikit list chrome yang melengkapi tampilan menawan mobil ini.

Review Hyundai Tucson 2021: Eksterior Samping

tampilan samping Hyundai Tucson 2021 berwarna biru
Tampilan samping Hyundai Tucson 2021

Profil sampingnya juga menghadirkan kesan Elantra yang terlihat jelas. Spakbor depan dan belakang yang menonjol dengan garis karakter yang tegas memberikan kesan maskulin pada mobil ini. Lengkungan roda berwarna hitam dengan atap dan garis tajam yang memanjang dan menyatu dengan lampu belakang. Sedangkan dari segi dimensi, Tucson mendapatkan penambahan panjang, lebar dan tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Review Hyundai Tucson 2021: Eksterior Belakang

Perubahan ekstrim juga terlihat pada tampilan belakang yang dibuat lebih modern pada generasi keempat ini. Dimulai dari desain lampu belakang yang akhirnya mendapatkan lampu LED yang menyambungkan kedua sisi belakang kendaraan. Digabungkan dengan lampu belakang layaknya dua bilang pisau yang membedakannya dengan generasi sebelumnya.

tampilan belakang Hyundai Tucson 2021 berwarna biru
Tampilan belakang Hyundai Tucson 2021

Menegaskan tampilan sporty Tucson, skid plate palsu dengan reflektor terpampang pada bumper bawah mobil ini. Trim bumper belakang bahkan mendapatkan tekstur berlian yang unik. Desain belakang dibuat cukup polos dimana Hyundai menyembunyikan wiper jendela belakang di bawah spoiler atap, memindahkan lencana oval Hyundai ke bagian bawah kaca jendela.


Interior Hyundai Tucson 2021

Sedangkan perubahan yang diberikan pada interior Hyundai Tucson terlihat kurang radikal, meski masih jelas menghadirkan tampilan Hyundai modern. Selain fitur baru, kenyamanan penghuni kabin ditingkatkan dengan mood ambient lighting bersama 64 warna dan 10 tingkat kecerahan yang bisa dikonfigurasi sesuai keinginan Anda.

Review Hyundai Tucson 2021: Dashboard

Kesan modern bisa langsung terlihat ketika masuk ke dalam mobil dan duduk di belakang kemudi. Terlihat dari dashboard yang dibuat lebih datar, sehingga menghadirkan kesan lapang di dalam kabin. Ditambah dengan layar sentuh 10,25 inci yang menjadi inti dari semua sistem hiburan yang digunakan di dalam mobil.

dashboard Hyundai Tucson 2021 berwarna hitam
Dashboard Hyundai Tucson 2021

Hyundai juga menggantikan kenop serta tombol AC konvensional dengan pengaturan digital dan sistem layar yang mengalir hingga konsol tengah. Walaupun beberapa media mengungkapkan pengaturan ini akan lebih membingungkan dan menyulitkan pengemudi untuk mengakses sistem sambil tetap fokus ke jalan. Tak ketinggalan sistem pengecasan nirkabel dan cup holder menghiasi konsol tengah.

Review Hyundai Tucson 2021: Setir

setir Hyundai Tucson 2021 berwarna hitam
Setir Hyundai Tucson 2021

Tampilan modern yang lebih baru juga terasa dari desain setir multifungsi yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Logo Hyundai masih menghiasi bagian tengah setir. Namun terdapat aksen silver dengan pembagian yang unik menyapa Anda selama mengemudi. Terdapat paddle shift yang memberikan kesan sporty ketika berkendara bersama mobil ini.

Review Hyundai Tucson 2021: Kursi

kursi Hyundai Tucson 2021 berwarna hitam
Kursi Hyundai Tucson 2021

Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut tentang kursi Hyundai Tucson. Hanya saya terlihat dari gambar yang dirilis Hyundai, Tucson menawarkan kursi berlapis kulit dengan mode semi-bucket di bagian depan yang memberikan kenyamanan ketika berkendara. Bangku baris kedua diprediksi lebih lapang dengan meningkatnya wheelbase. Sedangkan penumpang di belakang sudah mendapatkan pengaturan AC dengan kontrol iklim yang bisa diatur secara elektronik.

Review Hyundai Tucson 2021: Bagasi

Dari segi kepraktisan ruang yang diberikan, Hyundai Tucson memang masih kalah dengan SUV lainnya yang menawarkan ruang kabin yang lebih besar. Tapi Tucson cukup mengesankan dengan penyimpanan yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Lipat bangku baris kedua, maka Anda bisa mendapatkan ruang bagasi mencapai 1.095 liter yang bisa dipergunakan untuk meletakkan barang-barang keperluan sehari-hari di dalam mobil ini.

Fitur Hyundai Tucson 2021

Berbagai peningkatan yang ditawarkan masuk ke dalam sistem infotainment 10.25 inci layar sentuh yang digunakan. Termasuk sistem kontrol iklim serta kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto yang sudah menjadi barang wajib bagi kendaraan terbaru saat ini. Ada pula pengisi daya nirkabel pada konsol tengah dan USB pada barus depan dan belakang.

fitur Hyundai Tucson 2021 berwarna hitam
Teknologi baru yang terdapat pada Hyundai Tucson 2021

Yang baru dari mobil ini adalah sistem pemantauan kualitas udara yang melacak tingkat kualitas udara pada interior. Sistem ini pun memurnikan kabin sesuai kebutuhan. Sementara evaporator dengan kelembaban rendah membantu menjaga kabin bebas bau. Fitur lainnya termasuk sistem yang menghubungkan mobil dengan rumah Anda, memungkinkan pengemudi menghidupkan lampu maupun mematikan AC di rumah dengan mudah.

Review Hyundai Tucson 2021: Hyundai Digital Key

fitur Hyundai Tucson 2021 dengan smartphone pada mobil Hyundai
Sistem Digital Key bisa membuka kunci mobil hanya dengan smartphone

Salah satu fitur baru yang diperkenalkan pada Tucson adalah Hyundai Digital Key. Sistem ini memungkinkan pengemudi untuk menggunakan smartphone sebagai kunci mobil. Digital Key bisa digunakan untuk mengunci dan membuka kunci pintu, menyalakan mesin, dan berkendara didukung teknologi Bluetooth dan NFC. Smartphone juga bisa digunakan untuk menyalakan mobil dari jarak jauh dan mengaktifkan kontrol iklim dari jarak sekitar 30 meter.

Review Hyundai Tucson 2021: Fitur Keselamatan Aktif

Hyundai sangat murah hati menambahkan berbagai sistem teknologi canggih pada salah satu SUV legendarisnya saat ini. Mulai dari sistem airbag tengah yang mencegah pengemudi serta penumpang depan berbenturan ketika terjadi kecelakaan. Selain Driver Attention System dan sistem semi-swakemudi yang lebih cerdas, ada pula Automatic Emergency Braking System yang akan mengidentifikasi bahaya ketika Anda keluar dari persimpangan.

>>> Hyundai Tucson 2020 Diuji di Pegunungan Alpen

Operasi Hyundai Tucson 2021

Hyundai Tucson terbaru juga dibuat lebih hijau dibandingkan sebelumnya dengan kehadiran mesin bensin yang sudah dialiri arus listrik. Varian tertinggi Tucson sudah mendapatkan mesin bensin 4-silinder 2.5L bertenaga 190 PS dan torsi maksimal 247 Nm yang disandingkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

mesin Hyundai Tucson 2021 berwarna hitam
Mesin Hyundai Tucson 2021

Opsi lainnya yang ditambahkan yaitu mesin bensin 4-silinder 1.6L turbocharged bertenaga 230 PS dan torsi puncak mencapai 350 Nm dengan girboks manual 6-percepatan atau  otomatis 7-percepatan. Variasi mesin ini tersedia dalam bentuk hybrid dan plug-in hybrid. Model plug-in hybrid bahkan bisa melaju hingga hampir 50 km hanya dengan menggunakan tenaga dari motor listrik saja.

Teknologi baru yang dipasangkan pada Tucson generasi anyar adalah suspensi yang dikontrol secara elektronik. Sistem suspensi yang diperkenalkan pertama kali pada Tucson diklaim mampu membuat pengendaraan lebih nyaman, jelas Hyundai. Hanya saja sistem ini cenderung digunakan pada trim yang lebih tinggi. Bisa saja tak digunakan jika Hyundai membawa mobil ini ke Indonesia.

>>> Hyundai Tucson 2021 Hadirkan Transformasi Agresif dan Mesin Hybrid

Spesifikasi Hyundai Tucson 2021

Dimensi Hyundai Tucson 2021

Panjang x Lebar x Tinggi

4.500 x 1.846 x 1.651 mm

Jarak Poros Roda

2.680 mm

Mesin Hyundai Tucson 2021

Tipe Mesin

2.5L 4-silinder Smartstream

Kapasitas Silinder

2.497 cc

Tenaga Maksimal

190 PS

Torsi Maksimal

247 Nm

Transmisi

8-speed otomatis

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Kaki-Kaki Hyundai Tucson 2021

Suspensi

TBA

Rem

TBA

Velg

TBA

Daftar Harga Hyundai Tucson 2021

Dengan berbagai kelebihan dan peningkatan yang diberikan pada mobil ini, besar kemungkinan Tucson mendapatkan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Sayang, harga Hyundai Tucson 2021 masih belum dirilis Hyundai secara resmi. Jika dibandingkan dengan harga Tucson di Indonesia, mobil ini dibanderol mulai dari Rp 471 jutaan. Apakah mobil ini akan melebihi setengah miliar ketika masuk ke Indonesia nantinya?

Kesimpulan Hyundai Tucson 2021

Perubahan radikal pada eksterior membuat Hyundai Tucson 2021 terasa lebih agresif dibandingkan generasi sebelumnya. Belum lagi teknologi baru yang ditawarkan serta opsi mesin hybrid merupakan daya tarik tersendiri bagi Tucson guna menggaet konsumen di segmen SUV kompak yang semakin ramai. Kehadiran facelift Hyundai Tucson yang baru dijual pada awal 2020 membuat konsumen Indonesia belum mendapatkan mobil ini dalam waktu dekat.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Review lain

Review Hyundai Tucson GLS 2016: Tucson Terganteng Di Indonesia

RP220.000.000

27/06/2020

Editor rate:

Hyundai Tucson yang kita bahas ini adalah generasi Tucson terganteng di Indonesia, seperti apa ulasannya, simak hingga tuntas Review Hyundai Tucson GLS 2016 ini

Lihat juga

Spesifikasi Hyundai Tucson CRDi 2017, Varian Diesel dari Hyundai Tucson

17/04/2018

Editor rate:

PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) resmi memperkenalkan All New Tucson CRDi EVG Turbo pada tahun 2017 kemarin. Perubahan kali ini terlihat pada mesin yang menggunakan mesin diesel sehingga memperkuat keluarga Tucson yang sebelumnya hadir dalam versi bensin di Indonesia International Motor Show (IIMS) pada tahun 2016 silam. Berikut ini adalah spesifikasi Hyundai Tucson CRDI 2017.

Lihat juga

Review Hyundai Tucson 2020: Medium SUV Hyundai Bertambah Tampan

30/01/2020

Editor rate:

Setelah empat tahun tanpa perubahan, Hyundai Tucson 2020 diperkenalkan dengan membawa berbagai fitur baru dan penyegaran tampilan untuk pasar Tanah Air.

Lihat juga

Review Hyundai Tucson XG CRDi 2017

08/05/2019

Editor rate:

Setelah dua tahun bersaing di segmen medium SUV Indonesia, akankah Hyundai Tucson XG CRDi 2017 masih jadi pilihan tepat mobil SUV di tahun 2019?

Lihat juga

Review Hyundai Tucson 2019

23/11/2018

Editor rate:

Perusahaan berdarah Korea Selatan yakni Hyundai, baru-baru ini meluncurkan Tucson 2019. Beberapa pembaruan dalam mode Facelift dilakukan dalam rangka menyegarkan eksistensinya di pasar internasional. Beberapa teknologi serta fitur keselamatan terbaru telah disiapkan. Kira-kira apa saja pembaruannya? Mari kita intip bersama dalam review Hyundai Tucson 2019.

Lihat juga