Review Hyundai Tucson 2020: Medium SUV Hyundai Bertambah Tampan

30/01/2020
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Setelah empat tahun tanpa perubahan, Hyundai Tucson 2020 diperkenalkan dengan membawa berbagai fitur baru dan penyegaran tampilan untuk pasar Tanah Air.

PENGANTAR Hyundai Tucson 2020

Review Hyundai Tucson 2020 - Empat tahun setelah generasi ketiga diperkenalkan pada 2016 lalu, Hyundai akhirnya memberikan pembaruan pada salah satu Medium SUV-nya, Hyundai Tucson 2020 diperkenalkan dengan membawa berbagai fitur terbaru, meskipun Hyundai tak lagi menjual varian XG yang pernah menjadi varian tertinggi Tucson di Indonesia.

mobil lawas Hyundai Tucson 2002 berwarna putih
Generasi pertama Hyundai Tucson yang dipasarkan pada 2002

Tucson merupakan jajaran SUV Hyundai yang berada di bawah Santa Fe. Diproduksi pertama kali sejak 2001 dan dipasarkan pada 2002, namanya diambil dari kota Tucson yang terletak di Arizona, Amerika Serikat. Generasi pertamanya berbasis Kia Sportage, sedangkan generasi kedua muncul pertama kali di Frankfurt Motor Show 2009.

Dan kali ini, perubahan dilakukan setelah empat tahun Tucson tak mendapatkan penyegaran. Dalam keterangan resminya, Denny Siregar selaku PLT President Director PT Hyundai Mobil Indonesia mengungkapkan, “New Hyundai Tucson dengan tampilan fresh ini melengkapi SUV-SUV Hyundai lainnya yang telah hadir di Indonesia dengan kualitas dan desain Hyundai global.”

mobil baru Hyundai Tucson 2020 berwarna putih yang baru diluncurkan
Edisi facelift Hyundai Tucson 2020 sudah bisa dipesan

Hanya saja, perubahan kali ini disertai dengan pemberhentian varian XG. Jadi Tucson yang dipasarkan di Indonesia hanya varian GLS dengan dua pilihan mesin yaitu mesin berbahan bakar bensin dan diesel. Simak review Hyundai Tucson 2020 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Hyundai Tucson 2020

Diperkenalkan dalam bentuk facelift, memang tak banyak ubahan yang terlihat pada eksterior Hyundai Tucson 2020. Tapi perubahan grille dan aksen chrome memberikan kesan elegan dibandingkan edisi sebelumnya.

Review Hyundai Tucson 2020: Eksterior Depan

Perubahan paling banyak terlihat pada bagian depan. Beberapa fitur baru dan ubahan detail bisa dirasakan pada edisi terbaru ini. Seperti penggunaan Redesigned Radiator Grille yang besar khas Hyundai, desain chrome dibuat lebih tipis, memberikan kesan yang sama dengan jajaran SUV Hyundai lainnya, semisal Santa Fe dan Kona. 

tampilan depan Hyundai Tucson 2020 berwarna putih
Tampilan depan Hyundai Tucson 2020

Lampu depan sudah mendapatkan Auto Light Control System yang akan memudahkan Anda ketika berkendara, baik pada siang maupun malam hari. Lampu highbeam sudah mendapatkan teknologi LED, sedangkan lampu lowbeam baru menggunakan halogen. Beralih ke bawah, desain fog lamp pada bumper bawah memiliki tampilan baru, dengan DRL yang menyatu dengan fog lamp. 

Review Hyundai Tucson 2020: Eksterior Samping

tampilan samping Hyundai Tucson 2020 berwarna putih
Tampilan samping Hyundai Tucson 2020

Bagian samping juga mendapatkan beberapa penambahan untuk tampilan yang lebih mewah. Seperti pada handle pintu dan door belt line sudah mendapatkan aksen chrome. Begitu pula pada pintu yang sudah dilengkapi garnish beraksen chrome. Spion juga sudah mendapatkan fitur folding dengan puddle lamp dan side repeater. Ubahan lainnya terlihat dari pelek alloy 17 inci yang terlihat lebih mulus dan sederhana.

Review Hyundai Tucson 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang Hyundai Tucson 2020 berwarna putih
Tampilan belakang Hyundai Tucson 2020

Desain lampu belakang yang baru membuat tampilannya terkesan lebih ramping dibandingkan sebelumnya. Meski secara dimensi tak berubah. Reflektor belakang pun dipindahkan, dari sebelumnya terdapat tepat pada sisi samping bawah pintu bagasi, sekarang berada di tengah. Hanya saja sistem power door pada pintu bagasi yang sebelumnya dapat ditemukan pada varian XG, kini tak lagi tersedia.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Hyundai Tucson 2020

Perubahan paling banyak bisa dirasakan pada interior Hyundai Tucson 2020. Beberapa teknologi pun dibawa untuk memberikan kesan berkendara yang maksimal bagi pengemudi dan penumpang selama perjalanan.

Review Hyundai Tucson 2020: Dashboard

dashboard Hyundai Tucson 2020 berwarna hitam
Dashboard Hyundai Tucson 2020

Masuk ke dalam, terlihat tampilan dashboard yang semakin mirip Hyundai Santa Fe. Desain fasia baru pada dashboard dengan tampilan karbon dilengkapi display audio 7 inci bergaya floating yang sudah mendapatkan konektivitas Android Auto serta Apple CarPlay. Terdapat TFT LCD Supervision Cluster berukuran 4.2 inci yang akan menampilkan berbagai informasi berkendara.

Review Hyundai Tucson 2020: Setir

setir Hyundai Tucson 2020 berwarna hitam
Setir Hyundai Tucson 2020

Setir multi-fungsi palang tiga terkesan masih sama dengan model sebelumnya. Tapi yang terbaru pada setir Hyundai Tucson 2020 adalah leather wrap steering wheel untuk menambah kenyamanan Anda ketika menggenggam setir. Membuat setir terasa lebih tebal dibandingkan versi sebelum facelift.

Review Hyundai Tucson 2020: Kursi

Kenyamanan bisa langsung dirasakan ketika duduk di kursi pengemudi maupun penumpang di belakang dengan kursi berlapis kulit berwarna beige. Tak banyak perubahan pada jok. Tetapi ada Power Seat Drive 8-Way ditambah Lumbar Support untuk mempermudah pengaturan posisi berkendara yang Anda inginkan. 

kursi Hyundai Tucson 2020 berwarna beige
Kursi Hyundai Tucson 2020

Dimensinya yang besar membuat ruang kaki dan kepala terlihat lapang. Penumpang di baris kedua sudah mendapatkan armrest dengan cup-holder. Totalnya ada empat cup-holder yang bisa Anda gunakan. Edisi facelift juga memberikan ventilasi udara bagi penumpang di belakang. Jangan takut kehabisan baterai smartphone Anda, karena di bagian belakang sudah dilengkapi dengan USB Port. 

Review Hyundai Tucson 2020: Bagasi

bagasi Hyundai Tucson 2020 berwarna hitam
Bagasi Hyundai Tucson 2020

Banyak ruang penyimpanan yang bisa Anda temukan, bahkan cup-holder di tiap sisi pintu hingga konsol tengah. Meskipun Hyundai belum mengungkapkan detail kapasitas bagasi, tapi ruang belakang cukup lapang untuk menyimpan barang bawaan Anda selama berkendara. Tapi di bagian dinding sebelah kiri terdapat soket 12V yang bisa Anda gunakan. 

>>> Simak juga:

FITUR Hyundai Tucson 2020

Dibandingkan dengan varian GLS sebelumnya, ada banyak penambahan fitur yang diberikan. Sehingga Hyundai GLS kali ini bisa dibilang sebagai varian XG yang baru. Contohnya saja, jika sebelumnya Tucson menggunakan kunci biasa, edisi facelift memberikan sistem Keyless Entry untuk memudahkan Anda menghidupkan kendaraan.

Kemudahan berkendara juga bisa didapatkan dengan penambahan fitur baru. Salah satunya Dynamic Guide line Camera yang turut membantu pengemudi ketika akan memarkirkan kendaraan. Selain itu, ada Rear Parking Sensor untuk menghindari tabrakan atau benturan yang terjadi pada saat parkir.

fitur infotainment Hyundai Tucson 2020 berwarna hitam
Fitur infotainment Hyundai Tucson 2020

Karena hanya model GLS yang masih dipertahankan oleh Hyundai, tak ada lagi panoramic sunroof terdapat pada atap. Sedangkan pengaturan AC masih menggunakan mode single-zone, sehingga pengaturannya hanya bisa dilakukan pada dashboard. Hanya saja, penumpang di baris kedua sudah bisa mengarahkan aliran angin AC. 

Review Hyundai Tucson 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Tucson kali ini sudah dilengkapi sistem pengereman ABS dan EBD serta Dual Airbag System untuk menjaga Anda ketika terjadi benturan. Kemudahan berkendara juga ditingkatkan melalui Hill-Start Assist Control dan Down Hill Brake Control. Rangkanya juga menggunakan AHSS (Advanced High Strength Steel yang memiliki kekokohan serta meminimalisir distorsi akibat benturan.

>>> Bertabur Fitur, Yuk Intip Harga Hyundai Santa Fe Diesel Bekas 2016

OPERASI Hyundai Tucson 2020

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Hyundai tak lagi memasukkan varian XG. Praktis hanya ada varian GLS yang dipasarkan di Tanah Air. Namun Anda bisa memilih diantara dua pilihan mesin dengan bahan bakar berbeda, yaitu mesin bensin 2.0 NU MPi Atkinson dan diesel CRDi EVGTurbo 2.000 cc. Keduanya dipasangkan dengan transmisi otomatis Shiftronic 6-percepatan. 

Mesin Hyundai Tucson 2020 berwarna hitam
Mesin Hyundai Tucson 2020

Meskipun memiliki kapasitas silinder yang sama, tapi keluaran tenaganya berbeda. Mesin bensinnya mampu menyemburkan tenaga hingga 157 PS serta torsi maksimal 196 Nm pada putaran 4.000 rpm. Sedangkan varian diesel CRDi bertenaga penuh 178 PS pada 6.200 rpm dan torsi besar hingga 402 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm.

Kenyamanan berkendara diprediksi masih sama dengan edisi sebelumnya. Tapi kali ini ada perbedaan mode berkendara. Untuk varian bensin, tiga pengaturan berkendara yang bisa dipilih yaitu Eco, Comfort, dan Sport. Sedangkan varian diesel hanya memiliki mode berkendara Eco dan Sport.

>>> Hyundai Perkenalkan Center Side Airbag Untuk Cegah Pengemudi Dan Penumpang Saling Benturan Saat

spesifikasi Hyundai Tucson 2020

Sayangnya, Hyundai hanya meninggalkan satu varian saja untuk konsumennya di Indonesia. Berikut spesifikasi Hyundai Tucson 2020 yang bisa Anda dapatkan di Indonesia.

Dimensi Hyundai Tucson 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.475 x 1.850 x 1.650 mm

Jarak Poros Ro

2.670 mm

Ground Clearance

172 mm

Mesin Hyundai Tucson 2020

Tipe Mesin

Bensin 2.0 NU MPi Atkinson

Diesel CRDi 2.0L DOHC

Tenaga Maksimal

157 PS @ 6.200 rpm

178 PS @ 6.200 rpm

Torsi Maksimal

196 Nm @ 4.000 rpm

402 Nm @ 1.750 – 2.750 rpm

Transmisi

Shiftronic 6-percepatan

Kaki-Kaki Hyundai Tucson 2020

Suspensi Depan

MacPherson Struts

Suspensi Belakang

Multi-Link

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Solid Discs

Tipe Ban

225/60 R17

kelebihan & kekurangan Hyundai Tucson 2020

Ubahan baru memberikan kesan yang lebih mewah bagi Tucson dalam persaingan dengan Medium SUV lainnya. Simak kelebihan dan kekurangan Hyundai Tucson 2020 berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

Ada banyak fitur baru yang ditambahkan

Hanya hadir dalam satu varian 

Tersedia dalam pilihan mesin bensin dan diesel

Hilangnya panoramic sunroof

Interior dan bagasi yang lega

Harganya jauh meningkat dibandingkan varian GLS sebelumnya

daftar harga Hyundai Tucson 2020

Di Indonesia, New Hyundai Tucson kali hanya memiliki satu varian, namun dengan harga yang lebih mahal dibandingkan sebelumnya. Tapi Anda bisa memilih dua sistem bahan bakar yang tersedia, bensin dan diesel. Sedangkan untuk harga Hyundai Tucson 2020 saat ini diperkenalkan mulai dari Rp464 jutaan untuk model Gasoline GLS (berbahan bakar bensin) serta CRDi GLS (berbahan bakar diesel) dibanderol lebih mahal, yaitu mulai dari Rp520 jutaan.

Video Hyundai Tucson 2020

Hyundai memang tak mengadakan peluncuran resmi pada New Tucson. Tapi tim Cintamobil TV berkesempatan melihat langsung ubahan yang diberikan pada Medium SUV legendaris Hyundai ini.

KESIMPULAN Hyundai Tucson 2020

Hyundai Tucson 2020 yang diperkenalkan dalam satu varian saja mengindikasikan penghematan yang dilakukan Hyundai untuk bersaing di pasar otomotif Tanah Air. Tapi dengan penambahan fitur serta penyegaran yang diberikan, keputusan ini bisa menjadi langkah efektif dan efisien, baik untuk penjualan Tucson atau bagi Hyundai sendiri.

mobil baru Hyundai Tucson 2020 berwarna putih
Tampilan anyar Hyundai Tucson 2020 yang bisa Anda dapatkan di Indonesia

Perubahan membuat tampilan mobil yang mendapatkan berbagai penghargaan sebagai SUV terbaik 2017 ini tampak lebih segar, Sedangkan bagian dalam dipenuhi berbagai fitur baru. Sayang, harganya meningkat cukup signifikan. Tapi bagi Anda yang menginginkan tenaga lebih, varian diesel bisa menjadi pilihan terbaik untuk Hyundai Tucson 2020.

>>> Simak pula beragam review mobil terkini lainnya di Cintamobil.com

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil