Review Hyundai Tucson 2017 Indonesia

05/02/2018

Share this post:

Hyundai Tucson 2017

Editor rate:

Lihat promo

Di tahun 2017 ini, pabrikan otomotif dari negara-negara produsen tengah gencar meluncurkan berbagai varian mobil dengan spesifikasi anyar, fitur mumpuni serta ciamiknya desain guna memperketat persaingan di industri otomotif. Pun demikian dengan Hyundai. Pabrikan asal Korea Selatan itu pun gencar mengeluarkan berbagai mobil anyar. Salah satunya adalah Hyundai Tucson 2017 Indonesia. Tucson sendiri hadir sebagai jawaban Hyundai atas maraknya berbagai mobil berargumen SUV di pasaran.

Review Hyundai Tucson 2017 Indonesia
Review Hyundai Tucson 2017 Indonesia
0 Gambar

Pengantar Hyundai Tucson 2017

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Tucson 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Desain Eksterior Cukup Elegan

Irit Bahan Bakar

Fitur Terbilang Lengkap

Kekurangan

Harga Lumayan Mahal

Ruang Kursi Baris Ketiga Cukup Minim

Peredaman Kabin Kurang Maksimal

Gambar mobil Hyundai Tucson 2017 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Tampilan Keseluruhan Hyundai Tucson 2017

Review Hyundai Tucson 2017 Indonesia - Sejatinya, Tucson sendiri merupakan katalog lama yang sudah mulai diperkenalkan sejak tahun 2001 silam. Mobil yang bermain di segmen mid SUV ini terus diminati konsumen di tahun-tahun selanjutnya sejak debut di industri. Bermodalkan desain yang unik dan nyentrik, Tucson seri teranyar ini siap memberikan jawaban atas kompetitornya yang lebih dulu malang melintang di jalanan perkotaan. Disamping desain eksterior yang cukup unik, apa lagi yang menjadi nilai jual utama Tucson? Berikut ini cintamobil.com akan review Hyundai Tucson 2017 Indonesia.

Eksterior Hyundai Tucson 2017

Dari sisi terluarnya, Hyundai Tucson 2017 Indonesia membuat sisi ini menjadi lebih bongsor, kokoh stylish dan elegan dalan satu waktu. Kombinasi yang coba dihadirkan Tucson ini sudah barang tentu diberikan guna merengkuh market yang lebih luas lagi. Nampaknya, Hyundai memang tengah serius membangun citranya dengan membawa Tucson ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk lebih jelasnya, cintamobil.com  akan coba membedah sisi eksteriornya satu per satu.

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Hyundai Tucson 2017 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan sedang parkir di tempat parkir

Sisi depan Hyundai Tucson 2017 nampak begitu elegan

Di sisi terdepannya, Tucson membuat bagian moncong dari mobil ini menjadi lebih bergaya berkat tampilan lampu utama berdesain menyipit yang sudah dipersenjatai dengan Rectangle Bi-Projector guna memberikan pencahayaan yang maksimal, terutama saat mobil diharuskan dipacu di medan gelap. Selain itu, hadir pula fitur Auto Light Control yang siap memberikan penerangan otomatis saat pencahayaan yang dilalui kendaraan terasa kurang bersahabat. Kedua teknologi ini akan sangat membantu pengendara saat memacu kendaraan di medan yang kurang penerangan.

Di samping mengandalkan lampu utama, sisi pencahayaan juga disokong melalui fog lamp yang lagi-lagi hadir dengan desain sipit membelah dan sudah dilengkapi teknologi LED DRL yang berada di sisi-sisi bumper. Sekedar informasi, LED DRL sendiri merupakan teknologi yang kerap digunakan berbagai SUV anyar. Artinya. Tucson sendiri sangat melek dengan berbagai model yang tengah hype di pasaran. Dari sisi grill, Hyundai tampil lebih sederhana dengan tiga line yang membentang dibawah kap mesin. Tanpa harus membubuhi sisi ini dengan aksen Chrome, bagian grill sendiri sudah bisa dibilan cukup elegan.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Hyundai Tucson 2017 berwarna abu-abu dilihat dari sisi samping sedang parkir di depan halaman rumah

Bagian samping Tucson 2017 begitu dinamis

Sementara pada sisi samping, Tucson pamerkan sisi elegan berkat kehadiran beberapa garis lurus yang melintang sekaligus menambahkan kesan gahar pada sisi ini. Disamping itu, sisi spion juga dilengkapi turning signal LED Plus Electric Folding Mirror yang memungkinkan pengemudi mengatur spion lewat bagian kan in secara otomatis. Ruang-ruang penyangga roda juga dibuat agak naik untuk membuat kaki-kaki mobil menjadi lebih jenjang.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil Hyundai Tucson 2017 berwarna abu-abu dilihat dari sisi belakang

Sisi buritan Tucson nampak begitu sporty

Beranjak ke bagian belakang, Tucson menghadirkan kesan sporty melalui stop lamp berdesakan kekinian, lampu kombinasi LED serta Mufler Tip chrome. Kombinasi ketiga elemen tersebut dirasa cukup pas untuk mempercantik sisi belakang. Selain itu, guratan lekung di bagian bawah stop lamp juga membuat mobil ini menjadi lebih dinamis. Sisi belakang sendiri ditutup dengan bumper berukuran sedang serta double knalpot di sisi kanan guna mempertebal kesan sporty dari mobil ini. Secara keseluruhan, sisi eksterior Hyundai Tucson 2017 memang memberikan warna tersendiri untuk mobil in guna menggaet pangsa pasar yang lebih luas lagi.

>>>  Baca juga:


Interior Hyundai Tucson 2017

Puas menilik sisi sporty dan maskulin di sisi eksterior kini tiba waktunya untuk membedah lebih rinci sisi interior Hyundai Tucson 2017 ini. Tucson sendiri tetap memberikan kesan nyaman pada bagian interiornya melalui material yang disematkan di seluruh ruang kabin, fitur-fitur terkini serta luasnya rongga-rongga untuk kaki dan kepala. Sekilas, apa yang ditawarkan Tucson tak jauh berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh SUV-SUV lainnya.

  • Dashboard

Gambar bagian dashbaord mobil Hyundai Tucson 2017

Sisi dashboard begitu elegan dengan kehadiran panel multimedia

Di sisi dashboard misalnya, Hyundai Tucson 2017 Indonesia membuat sisi terdepan eksterior ini menjadi lebih elegan berkat penataan panel-panel yang mendekati sempurna. Di bagian terdepannya ini, hadir Head Unit LCD berukuran 8 inci yang sudah terintegrasi dengan media player macam Radio maupun CD.disampung itu, berbagai fitur untuk menunjang kebutuhan infotaiment seperti DVD, GPS, MP3 hingga Bluetooth juga dihadirkan untuk meminimalisir rasa jenuh terhadap penumpangnya sepanjang perjalanan. Di sisi kiri dan kanan layar sentuh tersebut, disematkan pula AC guna memberikan kesejukan pada penumpang di bagian depan.

  • Steering

Gamabr bagian steering mobil Hyundai Tucson 2017

Steering sudah dilengkapi dengan steering switch control

Bergerak ke sisi kemudi, tersemat pula setir dengan aksen leather yang cukup kental dan cukup nyaman di genggaman. Disamping nyaman, bagian kemudi ini juga kaya akan fitur karena sudah dilengkapi dengan Switch Steering Control yang memungkinkan pengemudi mengakses berbagai kebutuhan di panel dashboard tanpa harus memindahkan tangan dari lingkar kemudi. Bahkan untuk memberikan informasi terkini seputar kendaraan, dihadirkan pula MID yang sudah dilengkapi dengan teknologi Modern Cluster Design agar pengemudi bisa mengetahui kondisi kendaraan seperti penggunaan bahan bakar, jarak tempuh yang tengah dilalui dan lain sebagainya.

  • Kursi

Gamabr bagina kursi belakang mobil Hyundai Tucson 2017

Kursi  terasa nyaman untuk diduduki dalam waktu yang lama

Sementara pada bagian kursi, mobil yang mampu membawa tujuh orang penumpang ini juga sudah dilengkapi dengan material leather yang cukup mumpuni. Bahkan pada jok baris kedua, Hyundai telah membekali komponen ini dengan sistem Row Folding Seat dan Luggage Compartment untuk mempermudah penumpang melipat kursi kedua guna memberi jalan pada penumpang lain yang hendak masuk ke kursi paling belakang. Sisi safety juga diperhatikan karena Hyundai sudah menyematkan seat belt hampir di seluruh kursinya. Namun sayangnya, sisi kenyamanan di kursi bagian ketiga cukup pas-pasan karena ruang yang disediakan SUV ini tak terlalu luas untuk orang dewasa. Namun jangan khawatir, karena kursi bagian ini akan dirasa sangat nyaman untuk anak-anak.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Hyundai Tucson 2017

Panel multimedia di bagian dashboard mobil Hyundai Tucson 2017

Panel multimedia di bagian dashboard yang kaya akan fitur di dalamnya

Tak hanya itu, Hyundai Tucson 2017 Indonesia juga dibekali dengan power window control yang siap bereaksi ketika jendela sulit untuk ditutup. Di samping itu, pada kaca spion bagian dalam, Hyundai juga mempersenjatai Rear View Camera sebesar 4,3 inci guna mempermudah pengemudi memarkirkan kendaraan. Camera tersebut juga sudah terintegrasi dengan LCD di bagian tengah dashboard sehingga pengemudi bisa leluasa melihat berbagai objek tak kasat mata di bagian belakang.

Untuk memberikan proteksi tembahan kepada pengendara maupun pengemudi bagian depan, hadir pula Headrest protect the head & neck yang berfungsi untuk melindungi cidera kepala maupun leher saat mobil mengalami benturan hebat di sisi depan. Sebagai penutup, perfect force airbag juga dihadirkan di bagian dashboard guna meminimalisir resiko cidera penumpang, khususnya di bagian depan.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang spesifikasi mobil-mobil lain, silahkan klik sini

Operasi Hyundai Tucson 2017

Gambar bagian mesin mobil Hyundai Tucson 2017

Mesin bertenaga ini mampu lesatkan Tucson ke performa puncak

Dari sisi operasi Hyundai Tucson 2017 sendiri dibekali dengan mesin tipe NU 2.0 MPI yang memiliki 4 silinder dengan 16 katup yang sudah dilengkapi dengan teknologi D-CVVT. Mesin berkubikasi 1.999cc tersebut juga mampu mengeluarkan tenaga sebesar 158 ps pada setiap putaran mesin 6200 rpm. sementara untuk torsi yang dihasilkan, SUV ini mampu memuntahkan daya sebesar 19.6 kg.m pada putara 4000 rpm.

Sebagai penggerak, Hyundai Tucson 2017 Indonesia melengkapi diri dengan transmisi 6 percepatan otomatis  Shiftronic FWD yang siap menghasilkan handling cukup signifikan pada kendaraan. Sebagai tambahan, Multi Point Injection juga dihadirkan guna memaksimalkan performa mesin namun tetap irit terhadap bahan bakar.

>>> Mau beli mobil tapi tidak tahu harganya, klik sini untuk cek harga OTR semua merek mobil di Indonesia

Spesifikasi Hyundai Tucson 2017

Untuk memberikan informasi secara lebih sederhana, cintamobil.com telah merangkum berbagai spesifikasi yang tersemat pada mobil ini. Apa saja itu?

Mesin

Seri mesin

NU 2.0 MPI, D-Cvvt

Kubikasi

1999 cc

Tenaga Maksimum

158ps/6200 rpm

Torsi Maksimum

20Kgm/4000 rpm

Transmisi

6 Speed With Shiftronic FWD

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4475 mm x 1850 mm x 1651 mm

Ground Clearance

163 mm

Kapasitas Tangki

62 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Anti Roll Bar

Suspensi Belakang

Multi Link

Luas Bagasi

519 Liter

Ukuran Velg

Alloy 17×7

Ukuran Ban

225/60/R17

Daftar Harga Hyundai Tucson 2017

Seperti yang disinggung di atas, mobil ini memiliki harga yang cukup mahal. Lantas berapa harga SUV anyar Hyundai ini?

Tipe mobil

Harga Hyundai Tucson

Hyundai Tucson GLS AT

Rp 352.000.000

Hyundai Tucson XG AT

Rp 387.500.000

Kesimpulan Hyundai Tucson 2017

Hyundai Tucson merupakan SUV yang dirancang untuk kalangan menengah ke atas. Mobil dengan desain nyentrik dan eye catching ini sangat cocok untuk mereka yang berjiwa muda dan sporty. Mobil ini menawarkan berbagai fitur menarik di sisi interior serta fitur keselamatan yang cukup mumpuni untuk menunjang kualitas perjalanan. Setelah membaca resensi di atas, apakah anda tertarik untuk membawa pulang mobil ini? jika iya, tanyakan ketersediaannya di showroom Hyundai terdekat.

Heri Susanto
Share this post:
back to top