Review Hyundai Starex Mover CRDi 2012

06/07/2018

Share this post:

Hyundai Starex 2012

Editor rate:

Lihat promo

Permintaan pasar yang melonjak akan angkutan travel dan ambulance, membuat PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) harus merancang sebuah produk terobosan baru. Pasalnya, masyarakat Tanah Air banyak meminta supaya Hyundai H-1 dapat merambah sektor travel. Berdiri dalam kategori berbeda, yang akhirnya membuat PT. HMI menghadirkan Starex Mover. Bagaimana perjalanan selanjutnya? Mari kita simak review Hyundai Starex Mover CRDi.

Review Hyundai Starex Mover CRDi 2012
Review Hyundai Starex Mover CRDi 2012
0 Gambar

Pengantar Hyundai Starex 2012

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Starex 2012 di bawah ini.

Kelebihan

Daya tampungnya mampu mengangkut hingga 12 orang sekaligus, cocok untuk kegiatan bisnis Travel dan pengunaan komersial lainnya

Formasi kursi dapat diatur sedemikian rupa yang dapat dikonsultasikan kepada pihak dealer Hyundai

Performa mesin dieselnya tampil tangguh serta irit bahan bakar dengan konfigurasi CRDi

Kekurangan

Melihat harganya yang berada di kategori menengah, desain eksteriornya kurang dikemas mewah

Bagi Anda yang hendak memilih mobil ini untuk penggunaan keluarga saja, kami menyarankan memilih Hyundai H-1 yang terpaut lebih mahal Rp. 100 jutaan namun dengan fitur lebih lengkap

Fitur eksterior tidak begitu lengkap seperti absennya lampu kabut

Review Hyundai Starex Mover CRDi 2012 - Memang tak dapat dipungkiri, Hyundai Starex Mover merupakan jawaban PT. HMI untuk mengisi permintaan masyarakat akan kendaraan serbaguna. Erwin Djajadiputra selaku Sales dan Marketing Director PT. HMI, juga menambahkan bahwa kehadiran MPV Starex Mover karena ketidaksetujuan PT. HMI bila H-1 menjadi angkutan travel maupun kebutuhan komersil lainnya.

Tampilan Hyundai Starex Mover CRDi 2012 menggunakan bodi bongsor serta mengadopsi konsep bodi dari Hyundai H-1

Tampilan Hyundai Starex Mover CRDi 2012 mengusung konsep bodi dari Hyundai H-1

Lewat latar belakang tersebut, akhirnya tercetuslah Hyundai Starex Mover yang masih menggunakan basis H-1, sebagai jalan tengahnya. Hanya saja, Hyundai Starex Mover dipersenjatai dengan segala kebutuhan komersil baik travel, angkutan bus anak-anak sekolah, armada taksi dan sebagainya. Belum lagi, jumlah kursi bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen baik untuk pemasangan 9 kursi maupun 12 kursi. Nah, di kesempatan kali ini, Cintamobil.com hendak menguji performanya, seperti apa kenyamanan yang ditawarkan pada mobil ini? Mari kita simak review Hyundai Starex Mover CRDi 2012.

Eksterior Hyundai Starex 2012

Panjang bodi berdimensi 5.125 mm dengan Wheelbase 3.200 mm, menjadikan mobil ini terlihat bongsor dari luar namun tampak lega dan lapang di dalam kabinnya. Sasis bodi eksterior Hyundai Starex Mover CRDi 2012 mengadopsi kakaknya yakni H-1 yang tampil bongsor namun cukup modern dari sisi depan.

Review Hyundai Starex Mover CRDi 2012: Eksterior Depan

Fascia depannya sangat mirip dengan H-1, hanya saja perbedaan mencolok dirasakan pada desain Front Grille yang menggunakan dua palang pada latar berbentuk trapesium. Pelipis sampingnya dilapisi dengan ornamen krom mengilap serta logo Hyundai di bagian tengah sehingga menampilkan identitasnya. Jika H-1 menggunakan fitur lengkap, berbeda halnya dengan Starex Mover yang hanya menyematkan Head Lamps berukuran besar. Meski begitu, lampu depannya mampu memberikan fungsi penerangan optimal lewat teknologi Multi Focus Reflector.

Eksterior depan Hyundai Starex Mover CRDi 2012 menggunakan lampu Multi Focus Reflector yang mampu memberikan fungsi pencahayaan optimal

Tampilan depan Hyundai Starex Mover CRDi 2012 menggunakan lampu Multi Focus Reflector

Review Hyundai Starex Mover CRDi 2012: Eksterior Samping

Merambah ke sisi sampingnya, tampilannya juga senada dengan H-1. Perbedaan mencolok dirasakan pada Starex Mover yang menggunakan kaca spion berkelir hitam serta pelek berdesain standar. Namun sensasi mewah pada H-1 dapat dirasakan pula pada Starex Mover yang mengaplikasikan pintu samping mode geser. Tentu fitur ini, memberikan kesan mewah bagi penumpang ketika memasuki kabinnya.

Eksterior samping Hyundai Starex Mover CRDi 2012 menggunakan pelek Alloy Wheels berdesain standar berukuran 225/65 R16 C

Tampilan samping Hyundai Starex Mover CRDi 2012 menggunakan pelek Alloy Wheels

Review Hyundai Starex Mover CRDi 2012: Eksterior Belakang

Hal menarik dijumpai pada sisi belakang yang mana Hyundai Starex Mover menggunakan lampu Rear Combination berdesain Diamond Cut. Sehingga, mampu memberikan kesan menarik dan modern. Tak lupa, pada bagian tengahnya terdapat dua sapuan garis yang berakhir pada logo Hyundai pada bagian tengah.

Eksterior belakang Hyundai Starex Mover CRDi 2012 menggunakan desain lampu C-Shaped yang mampu memberi kesan modern

Tampilan belakang Hyundai Starex Mover CRDi 2012 menggunakan Rear Combination Lamps

>>> Baca juga:


Interior Hyundai Starex 2012

Sisi interior Hyundai Starex Mover CRDi 2012 terbilang salah satu hal menarik, mengingat Anda dapat mengajukan pengaturan posisi kursinya sesuai kebutuhan bisnis Anda. Pasalnya, kursinya dapat diatur sedemikian rupa sehingga tampil lega meskipun sudah dipenuhi 12 orang.

Review Hyundai Starex Mover CRDi 2012: Dashboard

Memasuki ruang kabinnya, Anda disuguhkan panel dashboard yang tertata rapi yang dapat diakses dengan mudah oleh pengemudi. Tampilan dashboardnya juga dikemas menarik dengan desain Convenient Control Centre. Hal menarik juga dirasakan pada panel audio yang disematkan pada bagian tengah. Fungsinya yang mampu mengoperasikan audio serta radio, dapat memberikan kenyamanan bagi seluruh penumpang saat menempuh perjalanan.

Dashboard Hyundai Starex Mover CRDi 2012 menghadirkan beragam tombol multifungsi yang diposisikan dekat dengan pengendara

Dashboard Hyundai Starex Mover CRDi 2012 menggunakan desain Convenient Control Centre

Review Hyundai Starex Mover CRDi 2012: Setir 

Dari sisi setir, performanya cukup responsif dalam melakukan manuver berkat hadirnya teknologi Hydraulic Power Assisted. Tentu kapasitas tampung hingga 12 orang, membutuhkan dorongan fitur mumpuni sepert ini sehingga performanya tak limbung di area belokan. Adapun untuk masalah penampilan, setir Starex Mover menggunakan desain konvensional dengan perpaduan bentuk empat palang dan warna hitam standar.

Setir Hyundai Starex Mover CRDi 2012 menggunakan desain standar berpalang 4

Setir Hyundai Starex Mover CRDi 2012 dibekali teknologi Hydraulic Power Assisted

Review Hyundai Starex Mover CRDi 2012: Kursi 

Beranjak ke sisi kursi, tampilannya terlihat cukup nyaman dengan desain polkadot berwarna putih dengan latar berkelir hitam. Menariknya, terdapat fitur wadah di bagian tengah bangku depan sehingga Anda dapat menaruh barang bawaan layaknya kunci, kartu tol, minuman dan barang berukuran kecil lainnya.

Kursi Hyundai Starex Mover CRDi 2012 menggunakan desain menawan dengan polkadot berwarna putih

Kursi Hyundai Starex Mover CRDi 2012 mampu menampung hingga 12 orang sekaligus

Review Hyundai Starex Mover CRDi 2012: Ruang Bagasi

Sejatinya, kapasitas bagasi Hyundai Starex Mover bisa Anda atur sedemikian rupa sesuai penggunaan jumlah kursi.  Jika Anda menempatkan sembilan buah kursi maka kapasitas bagasinya dapat bertambah luas sehingga mampu menampung banyak barang bawaan Anda serta penumpang. Sedangkan jika kapasitas kursinya dirancang penuh, maka kapasitas bagasinya akan berkurang yang diprediksi mampu menampung hingga dua buah tas berukuran besar.

Ruang bagasi Hyundai Starex Mover CRDi 2012 bisa Anda atur keluasannya tergantung dari cara memposisikan kursi

Ruang bagasi Hyundai Starex Mover CRDi 2012 mampu mengangkut beragam barang bawaan Anda

>>> Baca juga:

Fitur Hyundai Starex 2012

Sesuai konsepnya sebagai mobil komersial, fitur Hyundai Starex Mover CRDi 2012 dibekali dengan komponen mumpuni. Tentu yang dimaksud adalah kapasitas tampung hingga 12 orang, dibekali racikan fitur handal supaya seluruh penumpang dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Review Hyundai Starex Mover CRDi 2012: Fitur Keselamatan 

Mengimbangi keunggulannya yang mampu mengangkut 12 orang, Hyundai Starex Mover menggunakan Chassis bodi Monocoque sehingga mampu meminimalisir benturan baik dalam melaju di area kurang baik dan ketika terjadi kecelakaan. Agar performanya makin optimal, Hyundai Starex Mover juga dipersenjatai dengan racikan suspensi handal yakni McPherson Strut di sisi depan dan Rigid Axle 5-Link pada bagian belakang. Hal tak kalah menarik, juga didapati pada teknologi kemudi setirnya yang mengaplikasikan sistem Hydraulic supaya performa manuvernya tampil responsif ketika melaju di dalam maupun di luar perkotaan.

Fitur keselamatan Hyundai Starex Mover CRDi 2012 dibekali dengan suspensi handal seperti McPherson Strut di bagian depan serta Rigid Axle 5-Link pada bagian belakang

Fitur keselamatan Hyundai Starex Mover CRDi 2012 menggunakan suspensi handal

Review Hyundai Starex Mover CRDi 2012: Fitur Hiburan 

Sedangkan untuk masalah hiburan, Hyundai Starex Mover andalkan fitur pendingin Air Conditioning (AC) Multi Blower yang ditempatkan di banyak sisi kabin. Tentu hal ini kami nilai cukup menarik sehingga seluruh penumpang dapat merasakan kesejukan nyaman meski seluruh kursi terisi penuh. Belum lagi, di sisi tengah dashboardnya dibekali panel audio standar yang cukup menghibur seperti pengoperasian audio serta radio.

Fitur hiburan Hyundai Starex Mover CRDi 2012 mengandalkan fitur penyejuk AC Multi Blower sehingga seluruh penumpang tak perlu khawatir kepanasan dalam kabinnya

Fitur hiburan Hyundai Starex Mover CRDi 2012 mengusung fitur pendingin AC Multi Blower

Operasi Hyundai Starex 2012

Memang Hyundai Starex Mover ditawarkan ke dalam dua pilihan berdasarkan spesifikasi mesin yakni bertenaga diesel serta bensin. Namun di review kali ini, Cintamobil.com menyampaikan segala aspek dari varian dieselnya. Pasalnya, operasi mesin Hyundai Starex Mover CRDi 2012 tampil tangguh serta irit bahan bakar. Mengusung kapasitas silinder sebesar 2.497 cc, mesinnya mampu menyemburkan daya puncak 136 PS setara 3.800 Rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin berteknologi CRDi ini, nantinya disalurkan kepada dua roda belakang menggunakan transmisi 6 mode manual. Sehingga, mampu menghasilkan torsi maksimum di kisaran 1.500 hingga 2.500 Rpm.

Mesin Hyundai Starex Mover CRDi 2018 menggunakan kapasitas 2.497 cc yang mampu meraih daya puncak 136 PS dan torsi maksimum di kisaran 1.500 hingga 2.500 Rpm

Mesin Hyundai Starex Mover menggunakan tenaga diesel CRDi berkapasitas 2.497 cc

Tak tanggung-tanggung, untuk sekelas MPV, mobil ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang cukup besar di angka 75 Liter. Tentu dengan hal tersebut, Anda tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk berhenti di POM mengisi bahan bakar. Lewat kapasitas tersebut, mobil ini terasa nyaman untuk dikendarai dalam jarak tempuh yang jauh sekalipun.

Spesifikasi Hyundai Starex 2012

Supaya artikel ini tampil lengkap dan detail, berikut Cintamobil.com hendak melampirkan spesifikasi Hyundai Starex Mover CRDi.

SPESIFIKASI HYUNDAI STAREX MOVER CRDi 2012

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

5.125 mm x 1.920 mm x 1.925 mm

Jarak Poros Roda

3.200 mm

Jarak Pijak Depan

855 mm

Jarak Pijak Belakang

1.070 mm

MESIN

Tipe Mesin

A2 2.5 Liter CRDi WGT

Kapasitas Silinder

2.497 cc

Daya Maksimum

136 PS / 3.800 Rpm

Torsi Maksimum

34,1 Kg.m / 1.500 – 2.500 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Manual

Mode Penggerak

Rear Wheel Drive

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Rigid Axle 5-Link

Rem Depan

Ventilated Disc 2 Port-Caliper Brake

Rem Belakang

Drum

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Hydraulic Power Assisted

Ukuran Ban

225/65 R16 C Alloy Wheels

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

75 Liter

Daftar Harga Hyundai Starex 2012

Hyundai Starex Mover ditawarkan ke dalam dua pilihan yakni tipe diesel CRDi dan tipe bensin. Berikut daftar harga Hyundai Starex Mover terbaru.

TIPE MOBIL

HARGA HYUNDAI STAREX MOVER BARU (OTR)

Hyundai Starex Mover CRDi

IDR. 396.000.000

Hyundai Starex Mover Gas

IDR. 345.000.000

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga bekas dari Hyundai Starex Mover yang dijual di semua variannya

Kesimpulan Hyundai Starex 2012

Hyundai Starex Mover merupakan jawaban dari tingginya minat masyarakat Tanah Air akan kendaraan komersial. Hyundai H-1 menjadi basis bodinya namun lebih dikemas dengan fitur yang lebih mengoptimalkan fungsinya sebagai mobil komersial. Meski tak tampak semewah Hyundai H-1, nyatanya Hyundai Starex Mover memiliki keunggulan berbeda dari sisi daya angkut hingga 12 orang serta suspensi handal. Lewat keunggulan tersebut, Hyundai Starex Mover berhasil meraih pasar komersial khusus layaknya bisnis travel, ambulance dan sebagainya.

>>> Lihatlah harga mobil-mobil lainnya dengan klik sini

Franky Pratama
Share this post:
back to top