Review Hyundai Sonata 2020: Generasi Baru Dari ‘Anak Emas’ Hyundai

11/04/2019
editor rate: 4,6 user rate: 4,0
Baru-baru ini, Hyundai Motor Company (HMC) menghebohkan dunia otomotif internasional dengan All-New Hyundai Sonata. Sedan yang sempat memiliki rekam jejak sebagai taksi ini, kini disulap menjadi mobil mewah nan Luxury. Kehadirannya kali ini, akan menjadi generasi kedelapan sejak perilisan pertamanya di tahun 1985. Kira-kira hal baru apa yang ditawarkan pada mobil ini? Simaklah review Hyundai Sonata 2020.

PENGANTAR Hyundai Sonata 2020

Review Hyundai Sonata 2020 - Di Indonesia, Sonata hanya dijual hingga generasi keenam saja. Penjualannya juga kurang sukses yang tercatat tidak pernah menyentuh angka 10 unit sejak tahun 2014 lalu.

Meski tidak sukses di Indonesia namun Hyundai Sonata justru banyak dilirik masyarakat internasional. Tak dipungkiri, Sonata memang salah satu 'anak emas’ Hyundai yang terus diperbarui sejak tahun 1985 lalu. Pembaruan demi pembaruan terus dilakukan demi mempertahankan nama Sonata di kancah internasional.

Tepat pada tanggal 6 Maret 2019 lalu, HMC membocorkan gambaran jelas mengenai All-New Hyundai Sonata yang diklaim menjadi generasi kedelapan. Segala hal tentangnya diberikan ubahan menarik mulai dari sisi eksterior yang tampak makin agresif serta ruang interior mewah dan makin lega.

Hyundai Sonata 2020 terlihat sangat menawan di berbagai sisinya

Tampilan Hyundai Sonata terbaru yang dipublikasikan oleh HMC pada Maret 2019

Sekilas melihatnya, tim Cintamobil.com serasa ingin segera melompat ke dalam kabinnya untuk mencicipi sedan besutan pabrikan Korea Selatan ini. Untuk mengetahui kelebihan menarik tentangnya, mari kita simak bersama dalam review Hyundai Sonata 2020.

EKSTERIOR Hyundai Sonata 2020

Ingatkah Anda dengan mobil konsep bernama Le Fil Rouge? Mobil konsep tersebut dipamerkan di ajang Geneva International Motor Show 2018 dan akhirnya menginspirasi desain eksterior Hyundai Sonata 2020. Tema utama yang ingin ditampilkan adalah Sensuous Sportiness Design, mengkombinasikan empat unsur meliputi proporsional, arsitektur, styling serta teknologi.

Review Hyundai Sonata 2020: Eksterior Depan

Wajah depannya kini dikemas lebih berkarakter lewat Grille berdesain baru. Hyundai menyebut desain tersebut, Digital Cascading Pulse, yang memberi kesan lebih berisi serta terlihat lebih sensual mirip mobil Sport.

Eksterior Depan Hyundai Sonata 2020 sudah dilengkapi dengan lampu LED DRL dan Hidden Light

Tampilan depan Hyundai Sonata dikemas dengan desain Grille terbaru

Fitur paling spesial dari fascia depannya adalah Hidden Light Lamps. Bisa Anda amati pada sisi Bonnet yang dikemas dengan garis beraksen krom. Di situlah terletak lampu tersembunyi yang dapat aktif secara otomatis ketika lampu utama mati. Terkesan dramatis dan belum pernah ada dalam mobil-mobil lainnya.

Hidden Light Hyundai Sonata 2020 memberi tampilan lebih agresif dan futuristik

Hidden Light atau lampu tersembunyi yang aktif ketika lampu utama dimatikan

Review Hyundai Sonata 2020: Eksterior Samping

Merambah ke bodi samping, kini dimensi bodinya lebih memanjang 45 mm daripada pendahulunya. Bahkan, menariknya lagi dimensi Wheelbase juga turut bertambah sebanyak 35 mm sehingga memberi ruang interior yang lebih lega. Adapun aksen krom tersemat apik pada pelipis kaca yang semakin memperkuat kesan mewah dari bodinya.

Eksterior Samping Hyundai Sonata 2020 diberikan penambahan panjang bodi serta Wheelbase

Bodi sampingnya juga terlihat sangat menawan dengan tekstur yang tegas dan elegan

Paling fenomenal dari sisi sampingnya adalah Light Architecture yang diadopsi langsung dari mobil konsep bernama Hyundai HDC-2. Dalam hal ini, Hidden Light yang disematkan pada sisi Bonnet diteruskan hingga ke pelipis kaca sampingnya. Perpaduan antara Light Architecture dan Sensuous Sportiness Design, sukses menjadi desain masa depan dari mobil-mobil Hyundai. Sonata adalah mobil pertama yang mendapatkannya.

Review Hyundai Sonata 2020: Eksterior Belakang

Sektor buritannya pun dirancang lebih berisi berkat penambahan dimensi lebar 25 mm. Perubahan menarik lainnya juga bisa diamati pada sektor atap yang dirancang melandai seksi ala Coupé.

Eksterior Belakang Hyundai Sonata 2020 terlihat sangat seksi dipadu lampu menawan

Bodi belakang juga dikemas dengan desain lampu atraktif yang sesuai dengan tema Sensuous Sportiness Design

Senior Vice President Hyundai yakni Sang Yup Lee, juga menambahkan, ”Overhang rendah, Roofline landai dan Deck Lid rendah, sukses menciptakan nuansa yang proporsional.” Dalam hal ini, Sonata memang dirancang sesuai tema awalnya yakni Sensuous Sportiness Design, Baik dari wajah depan hingga ke bodi belakangnya. Semua hal tampak proporsional, arsitektural serta berkarakter.

>>> Informasi menarik lainnya:

INTERIOR Hyundai Sonata 2020

Penambahan dimensi bodi yang semakin panjang dan lebar, membuat ruang interior Hyundai Sonata 2020 terasa semakin lega. Adapun teknologi terbaru juga sudah disiapkan untuk memanjakan pemiliknya.

Review Hyundai Sonata 2020: Dashboard dan Setir

Lighting Architecture juga disematkan pada kabin interior-nya dipadukan dengan Ambient Mood Lamp serta Illuminating Lamps pada pintu dan dashboard. Dalam hal ini, Anda bisa mengatur cahaya sesuai perasaan Anda. Semisal Anda ingin sensasi yang lebih kalem, Anda bisa mengubah lampu tersebut menjadi warna ungu atau biru. Kelebihan ini sejatinya menyiasati agar Anda dapat berkonsentrasi dalam berkendara serta memberi rasa nyaman sesuai karakter Anda.

Dashboard Hyundai Sonata 2020 sudah dibekali fitur Head Unit serta fitur penyejuk AC

Dashboard-nya sudah dikemas dengan tatanan ergonomis dipadu material berkualitas

Review Hyundai Sonata 2020: Kursi

Lini kursi masih dikemas dengan balutan kulit berkualitas. Perbedaannya terletak pada ruang kaki lebih lega berkat penambahan dimensi bodi yang sudah disampaikan sebelumnya. Hal paling menarik adalah Armrest pada kursi depan yang dibuat lebih panjang sehingga meningkatkan rasa nyaman bagi pengendara.

Kursi Hyundai Sonata 2020 mampu menampung hingga 5 orang

Kini kursi depannya sudah dibekali bahan kulit berkualitas dengan tekstur lembut dan nyaman

>>> Informasi terkait:

FITUR Hyundai Sonata 2020

Membahas masalah fitur Hyundai Sonata 2020, ada cerita menarik khususnya dari segi audio.

Review Hyundai Sonata 2020: Fitur Hiburan

Untuk pertama kalinya, Hyundai bekerjasama dengan Bose, pabrikan audio mobil yang dikenal mumpuni dalam menyajikan kualitas suara jernih nan menggelegar.

Bose Sound System para Hyundai Sonata akan menerapkan 12 unit speaker yang setiap unitnya menawarkan kualitas suara mumpuni. Adapun penempatan speaker dirancang dengan teliti supaya pengendara serta penumpang Sonata bisa merasakan kualitas suara yang benar-benar mirip dengan artis aslinya.

Fitur Hiburan Hyundai Sonata 2020 bekerjasama dengan Bose sehingga menawarkan kualitas suara yang jernih

Ada 12 unit speaker yang diposisikan secara teliti pada kabin interior-nya

Review Hyundai Sonata 2020: Fitur Keselamatan

Hyundai mengklaim akan menggunakan rangka bodi generasi ketiga. Bukan saja memberi bobot bodi yang lebih ringan namun juga meningkatkan kestabilan.

Fitur keselamatan Hyundai Sonata 2020 terbilang mengalami peningkatan berkat rangka bodi generasi ketiga

Rangka bodi Hyundai Sonata juga menggunakan generasi ketiga

Di sisi lain, rangka bodi terbarunya juga terbuat dari Super-High Tensile Steel Plate yang diklaim mampu mengurangi benturan ketika terjadi kecelakaan. Menilik informasi yang sudah disampaikan oleh Hyundai, tim Cintamobil.com sepakat bahwa Hyundai harus meningkatkan kualitas rangka bodi layaknya Toyota dengan TNGA-nya serta G-CON Ace pada Honda.

>>> Jangan lupa untuk membandingkan dengan mobil sedan yang tak kalah menarik lainnya

OPERASI Hyundai Sonata 2020

Khusus untuk operasi mesin Hyundai Sonata 2020, dikabarkan HMC akan mengeluarkan mesin generasi baru yang disebut Smartstream Powertrain. Mesin terbarunya ini akan berjalan selaras dengan rangka bodinya. Dari pernyataan resmi Hyundai, Smartstream Powertrain memiliki fitur menarik yang mampu mengatur aliran udara pada proses pembakaran. Alhasil, Sonata memiliki tingkat efisiensi yang lebih baik serta menawarkan performa lebih bertenaga.

Sedangkan untuk masalah spesifikasi Hyundai Sonata 2020, tim Cintamobil.com mendapatkan informasi dari akun YouTube @Asian PetrolHead. Disampaikan bahwa Sonata 2020 akan menggunakan mesin berkapasitas 2.0 Liter bensin berdaya 160 HP dengan torsi puncak sebesar 14.4 Lb.ft. Tenaga tersebut nantinya akan disalurkan ke dua roda depan menggunakan transmisi 6 tingkat percepatan otomatis.

Video dari @Asian Petrolhead, yang menjelaskan beberapa hal detail mengenai Hyundai Sonata 2020

>>> Ingin tahu mobil-mobil Hyundai terbaru? Simak di sini informasi selengkapnya

KESIMPULAN Hyundai Sonata 2020

Hyundai Sonata adalah ‘anak emas’ dari Hyundai. Perjalanannya sendiri sudah dimulai sejak tahun 1985 dan terus diberikan pembaruan hingga memasuki generasi kedelapan. Cita rasa yang disuguhkan kali ini terlihat sangat sensasional dipadu wajah agresif dan berbagai teknologi terbaru. Diprediksi di berbagai media internasional, daftar harga Hyundai Sonata 2020 akan dibanderol mulai $ 23.000 - $ 33.000 atau setara Rp. 300 - 400 jutaan (belum pajak dan lain-lain).

Jika Indonesia sudah siap dan berbenah dalam biaya pajak sedan yang tinggi, model-model sedan terbaru seperti Hyundai Sonata ini akan segera dapat dinikmati oleh masyarakat Tanah Air. Hingga artikel ini ditulis, masih belum ada kabar resmi dari Hyundai Indonesia terkait generasi kedelapan Sonata. Setidaknya, artikel kali ini bisa memberikan pandangan bagaimana kemajuan teknologi mobil di masa depan.

>>> Ikuti terus review mobil terbaru dengan informasi terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil