Review Hyundai Sonata 2010 Indonesia

18/02/2018

Share this post:

Hyundai Sonata 2010

Editor rate:

Lihat promo

Hyundai Sonata merupakan varian sedan yang diproduksi oleh pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai. Mobil yang telah eksis sejak pertengahan 80an ini terus kukuhkan eksistensi dengan mengeluarkan berbagai varian-varian anyar pasca debutnya. Yang paling gress, Hyundai meluncurkan Sonata 2010. Mobil ini sendiri merupakan prototipe terakhir dari generasi kelima Sonata. Berikut ini adalah review Hyundai Sonata 2010 Indonesia.

Review Hyundai Sonata 2010 Indonesia
Review Hyundai Sonata 2010 Indonesia
0 Gambar

Pengantar Hyundai Sonata 2010

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Sonata 2010 di bawah ini.

Kelebihan

Desain eksterior cukup bagus

Ruang yang disediakan cukup besar

Harga kompetitif

Kekurangan

Jaringan Service minim

Harga jual turun drastis

Interior terkesan murahan

Gambar mobil Hyundai Sonata 2010 memiliki desain semi retro

Sedan Asia yang Kental dengan Sentuhan Eropa

Review Hyundai Sonata 2010 Indonesia - Mobil Sedan merupakan mobil yang kerap diasosiasikan sebagai mobil para petinggi perusahaan. Oleh karena itu, untuk membuat sales mobil ini meningkat di tengah gempuran mobil berjenis SUV, Green Car maupun MVP, banyak pabrikan yang memutar otak guna membuat Sedan tampil lebih berwibawa. Bukan rahasia umum jika mobil ini memang memiliki pangsa pasar tersediri yang tak bisa diabaikan. Oleh karena itu, beberapa nama pabrikan yang concern merilis Sedan setiap tahunnya kerap menampilkan hasil terbaik agar Sedan rakitannya bisa bicara banyak di pasaran. Pun demikian dengan Hyundai.

Pabrikan asal Korea Selatan ini merombak Sedan lawasnya, Sonata 2010, menjadi lebih fresh guna menghangatkan persaingan pasar. Berbagai sektor dari mobil ini diperbaharui guna merengkuh segmen pasar yang lebih luas lagi. Tak tanggung-tanggung, mobil ini sendiri memang disiapkan untuk bersaing dengan berbagai nama besar lainnya dari industri otomotif dunia. Oleh karena itu, Hyundai selaku pabrikan, serius merangkai prototipe anyarnya ini guna memenangkan persaingan pasar. Bagian mana saja yang mendapatkan pembaharuan dari mobil ini? Cintamobil.com telah menyiapkan review Hyundai Sonata 2010 Indonesia untuk anda. Selamat membaca.

Eksterior Hyundai Sonata 2010

Sebelum beranjak lebih jauh, ada baiknya jika kita mengulas satu demi satu bagian yang tersemat dari sisi eksterior mobil ini. Di sisi terluarnya, mobil berjenis coupe ini tampil elegan dan maskulin. Hal tersebut dapat dilihat dari sekelibat pandang. Kemewahan juga tak bisa dilepaskan begitu saja dari ini. Untuk lebih detilnya, kita akan membedah satu demi satu bagian yang tersemat dari Hyundai Sonata 2010 Indonesia .

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Hyundai Sonata 2010 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Sisi depan Sonata mengingatkan akan desain sedan Eropa bukan?

Di sisi terdepannya, Hyundai Sonata 2010 Indonesia memiliki desain yang cukup elegan berkat kehadiran grill dengan bentuk v shape berukuran kecil di bagian tengah. Grill dengan tiga lapis line dengan aksen chrome. Kehadiran grill tersebut dirasa cukup mirip dengan apa yang ditampilkan oleh mobil-mobil Mercedes kebanyakan. Apakah Hyudai memang terinspirasi dari Mer-c? Entahlah. Hanya mereka yang tahu. Sebagai pelengkap, sisi tengah dari rongga udara ini juga disematkan logo Hyundai guna pancarkan eksistensi pabrikan. Di sisi samping, nuansa Mer-c tetap terasa bekat kehadiran lampu utama di kedua sisinya. Sebagai pembeda, Hyundai menyematkan desian dua mata lensa di bagian dalam. Kehadiran dua mata lensa ini juga mengingatkan kita akan lampu dalam yang biasa tersemat pada BMW. Lampu yang sudah dibekali dengan teknologi Xenon ini siap memberikan pencahayaan maskimal saat dibutuhkan.

Di bagian bumper, kesan maskulin nan dinamis dan maskulin dihadirkan melalui rongga udara berukuran kecil di bagian tengah bumper. Untuk menambah penerangan dan mempercantik sisi depan, dihadirkan pula Fog Lamp di kedua sisi bumper yang juga dilengkapi dengna teknologi Xenon.

  • Bagian Samping

Gambar mobil Hyundai Sonata 2010 berwarna hitam dilihat dari sisi samping

Kesederhanaan adalah konsep yang dituangkan Sonata pada bagian sampingnya

Bergeser ke bagian samping, Sonata 2010 memiliki desain yang cukup minimalis. Hanya ada sebuah side skirt kedua sisi pintu dengan aksen warna silver/menyerupai warna mody. Selain tiu, tak tersemat berbagai hal yang bisa dibicarakan lebih jauh lagi.

  • Desain Bagian Belakang

Sisi belakang Hyundai Sonata 2010 berwarna hitam dirasa kurang begitu menarik

Sisi belakang Sonata dirasa kurang begitu menarik

Bergerak ke sisi belakang, Hyundai Sonata 2010 Indonesia memiliki berbagai skirt yang membuantya nampak terlihat aneh. Skirt-skirt tersebut nampak seperti bongkahan yang terpaksa ditempel guna terlihat dinamis. Sungguh tak mencerminkan sebuah sikap maskulin terhadap mobil sedan. Selain itu, stop lamp dan rear combination lamp yang dihadirkan juga terkesan biasa dan kurang menarik perhatian.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Hyundai Sonata 2010

Bergerak ke sektor interior Hyundai Sonata 2010 memiliki tampilan interior layaknya  Sedan pada umumnya yang membuat penggunanya merasakan kenyamanan sepanjang perjalanan. Namun, di bagian kabin, kesan “cheap” begitu terasa karena banyaknya material plastik yang menyelimuti sisi dalam Sedan ini. Hal tersebut bisa dilihat tanpa harus memperhatikan detil dari mobil ini. Untuk membedahnya lebih lanjut, kita akan coba mengulasnya satu per satu.

  • Dashboard

Gambar bagina dashboard mobil Hyundai Sonata 2010

Bagian dashboard sudah dilengkapi dengan perangkat multimedia standar

Di bagian dashboard, tersemat kombinasi leather dan plastik. Hyundai nampaknya ingin membuat mobil ini tak terlalu murah dengan meyematkan sedikit material leather di bagian tengah. Tak hanya itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan perangkat multimedia standar yang bisa diaktifkan untuk mendengar radio maupun musik kesukaan melalui berbagai platform seperti analog dan digital. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan AUX dan Bluetooth guna mempermudah proses pengintegrasian media player dari gadget kesukaan. Tak ketinggalan pula Ac dan berbagai tombol yang mudah diaplikasikan telah dihadirkan guna mempermudah penggunanya mengakses fitur yang tersemat di dashboard.

  • Steering

Bagian setir  mobil Hyundai Sonata 2010

Bagian setir sudah dilengkapi dengan Steering Switch Control

Bergeser ke sisi steering, lingkar kemudi yang tersemat pada Sonata 2010 sudah dilengkapi dengan steering switch control. Artinya, pengguna bisa mengaktifkan fitur kesukaan secara manual dengan menekan tombol yang tersemat di bagian lingkar kemudi. Material leather yang disematkan juga tak bisa dibilang cukup nyaman. Sebagai pelengkap, dihadirkan pula panel Speedometer yang siap memberitahukan informasi terkini seputar kendaraan mulai dari penggunaan bahan bakar, jarak tempuh yang dilalui serta berbagai informasi lainnya. Di bagian samping steering, tersemat pula fitur electric spion dan power window untuk mempermudah pengguna membuka tutup jendela.

  • Kursi

Gambar bagian kursi mobil Hyundai Sonata 2010 berwarna abu-abu

Kursi  belakang memiliki ruang yang cukup luas untuk kaki dan kepala

Dari sisi kursi, Hyundai Sonata 2010 Indonesia menyematkan material leather yang cukup soft dan nyaman untuk diduduki. Tak hanya itu, kenyamanan juga dipertebal melalui keberadaan ruang kaki dan kepala yang cukup mumpuni. Di sektor kursi depan misalnya, kenyamanan dipertebal melalui kehadiran sliding door di kedua kursi depan. Artinya, ruang yang tersemat untuk menopang ruang kaki bisa dimaksimalkan sedemikian rupa. Sementara di sisi belakang, ruang yang disediakan juga cukupluas. Bahkan, banyak ruang di sisi kursi dan jok depan yang bisa digunakan untuk meletakan barang berukuran sedang.

>>> Baca juga:

Fitur Hyundai Sonata 2010

Gambar mobil Hyundai sonata 2010 berwarna abu-abu dilihat dari bagian depan

Hyundai Sonata 2010 belum dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik

Setelah menelaah sisi interior dan eksterior, kini tiba waktunya untuk membedah fitur-fitur tambahan yang tersemat pada Sedan Korea ini. Untuk fitur tambahan, Hyundai Sonata 2010 Indonesia sudah dilengkapi dengan side and overhead airbag. Keduanya berfungsi untuk meredam dan meminimalisir resiko terjadinya cidera saat mobil mengalami benturan hebat. Sementara di sisi belakang, seatbelt dihadirkan untuk memproteksi penumpang di bagian belakang.

Dari sektor pengereman, Sedan bergaya semi retro ini juga memiliki rem ABS yang berguna untuk mengoptimalkan pengereman saat dibutuhkan. Berturut-turut, fitur lain seperti Traction Control dan Cruiser Control juga dihadirkan guna membuat mobil tetap stabil saat dipacu di berbagai medan yang dirasa kurang bersahabat.

>>> Klik sini untuk tahu spesifikasi semua mobil dari Hyundai 

Operasi Hyundai Sonata 2010

Gambar bagian mesin mobil Hyundai Sonata 2010

Melalui Mesin ini, Sonata 2010 mampu hasilkan performa terbaik

Beranjak ke sektor dapur pacu, Sedan ini sudah dilengkapi dengan mesin Theta II 2,4 L DOHC dengan 4 silinder. Mesin tersebut mampu menghantarkan tenaga maksimal hingga 175 horsepower pada putaran 6000 rpm. Sementara untuk torsinya sendiri, Sonata mampu mengeluarkan daya puntir hingga 168 hp dalam putaran 4000 rpm. Mobil dengan kompresi 11:1 memiliki transmisi 5 percepatan manual sebagai penggeraknya.

>>> Klik sini untuk baca semua tulisan review mobil di cintamobil.com

Spesifikasi Hyundai Sonata 2010

Bagaimana dengan spesifikasi lebih lanjut dari Hyundai Sonata 2010? Berikut ulasannya.

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4,820 mm x 1,835 mm x

Wheelbase

2,795 mm

Kapasitas Penumpang

5 orang

Mesin

Tipe

Thetta II 2.4 L w/ 4 Cylinder DOHC

Kapasitas Mesin

2.400 cc

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Transmisi

5 Speed Manual

Tenaga Maksimum

175 horsepower@6000rpm

Torsi Maksimum

168 Nm@4000rpm

Kaki - Kaki

Suspensi Depan

McPherson

Suspensi Belakang

Multi Link

Desain eksterior cukup kokoh

Disc

Rem Belakang

Drum

Daftar Harga Hyundai Sonata 2010

Berapa Harga yang harus ditebus untuk membawa pulang mobil ini ? Lihatlah harga Hyundai Sonata 2010 di tabel bawah ini.

Tipe

Harga

Hyundai Sonata 2010

Rp 50-90 Jutaan (Second)

 

Kesimpulan Hyundai Sonata 2010

Segmen mobil Sedan memang tak akan lekang oleh waktu. Banyak produsen yang masih aktif memproduksi mobil jenis ini, termasuk Hyundai. Melalui Sonata 2010 , Hyundai coba menterjemahkan keinginan konsumen yang ingin memiliki mobil mewah namun dengan harga kompettif. Tentu saja,ada harga ada kualitas. Namun kesan sebagai mobil Sedan tak bisa dihilangkan begitu saja dari Sonata 2010 . Anda tertarik untuk memilikinya?

Heri Susanto
Share this post:
back to top