Review Hyundai Santro 2019

28/10/2018
editor rate: 3,6 user rate: 4,5
Selama ini Hyundai mengandalkan Hyundai i10 sebagai varian city car baik di skala Asia maupun Eropa. Namun kini di pasar India, Hyundai memperkenalkan penerus i10, yakni Hyundai Santro, sebagai city car terbaru mereka. Mungkinkah Hyundai Santro 2019 akan menjadi mobil city car terbaru Hyundai di Indonesia?

PENGANTAR Hyundai Santro 2019

Review Hyundai Santro 2019Mobil city car bisa dibilang masih memiliki pesona yang kuat di kancah otomotif global. Maklum saja, mobil kompak bermesin kecil seringkali dipilih sebagai jalan bagi para masyarakat di negara besar maupun berkembang untuk mobilitas sehari-hari di pekatnya keramaian kota-kota besar di dunia.

Kalau pernah diingat, Indonesia sempat mengalami era demam city car di tahun 2000an. Mobil-mobil city car dari negeri Jepang dan Korea mendadak bermunculan dan memberikan daya tarik tersendiri karena harganya terjangkau, bentuknya yang imut tapi stylish untuk ukuran orang kota, plus efisien dan mudah dirawat.

Gambar mobil Hyundai Atoz dan Hyundai i10 dilihat dari sisi depan

Hyundai Atoz (atas) dan Hyundai i10 (bawah)

Salah satu contoh ialah Hyundai Atoz yang lahir di tahun 2000-2005. dan dilanjutkan oleh Hyundai i10 di tahun 2009 hingga sekarang. Kedua mobil ini menjadi salah satu ikon dari mobil kompak asal Korea yang menawarkan kepraktisan, kenyamanan, dan kemudahan dalam mengendarainya.

Hyundai Santro 2019 India berwarna coklat dilihat dari sisi depan

Hyundai Santro dipasarkan untuk pasar India terlebih dahulu

Memasuki tahun 2018, Hyundai i10 pun sudah memasuki masa purna bakti dan digantikan oleh Hyundai Santro yang notabene merupakan nama Hyundai Atoz untuk pasar India. Dan tentu saja debut Hyundai Santro belum bersifat global, hanya baru bisa dinikmati pasar India saja. Apakah mungkin Hyundai Santro inilah yang akan menggantikan jejak Hyundai i10 sebagai city car idaman masyarakat urban di Tanah Air? Marki kita simak dalam review Hyundai Santro 2019 versi Cintamobil.com

EKSTERIOR Hyundai Santro 2019

Eksterior Hyundai Santro 2019 mengedepankan kesan kontemporer yang dipadukan dengan bahasa desain Hyundai terbaru. Bentuknya pun terasa kompak khas mobil city car, namun dipadukan dengan guratan garis bodi yang cukup menambah daya tarik tersendiri di mobil ini.

Review Hyundai Santro 2019: Eksterior Depan

Gambar mobil Hyundai Santro 2019 berwarna coklat dilihat dari sisi depan

Eksterior depan Hyundai Santro 2019

Eksterior depan Hyundai Santro 2019 mengedepankan bahasa desain baru Hyundai lewat hadirnya Cascade Grille yang dipadukan aksen chrome di sisi grille. Area grille di mobil ini pun semakin menarik dengan adanya lampu fog lamp yang diposisikan mengikuti lekuk pada area atas grille. Untuk headlight menggunakan model halogen dengan desain reflektor kristal dan dibuat menyipit.

Review Hyundai Santro 2019: Eksterior Samping

Gambar mobil Hyundai Santro 2019 berwarna coklat dilihat dari sisi samping

Eksterior samping Hyundai Santro 2019

Eksterior samping Hyundai Santro 2019 menyajikan guratan desain z-shaped character lines dengan door handle sewarna bodi yang membuat tampilan mobil terasa dinamis dan memikat mata. Selain itu untuk memberikan visibilitas baik kepada pengguna kendaraan lain saat mobil ingin bermanuver, di area kaca spion diberikan indikator sein. Meski demikian, untuk urusan tampilan di velg agak disayangkan masih menggunakan velg kaleng dengan dop berukuran 14 inci.

Review Hyundai Santro 2019: Eksterior Belakang

Gambar mobil Hyundai Santro 2019 berwarna coklat dilihat dari sisi belakang

Eksterior belakang Hyundai Santro 2019

Eksterior belakang Hyundai Santro 2019 membawa perpaduan desain warna bodi dan detil warna bumper berkelir hitam yang menarik. Taillight di mobil ini dibuat cukup pipih. Adapun untuk area bumper belakang selain diberilkan panel berkelir hitam untuk penempatan plat nomor dan reflektor, juga disematkan sepasang sensor parkir dan kamera mundur.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Hyundai Santro 2019

Interior Hyundai Santro 2019 membawa ciri khas desain two-tone yang terkesan mewah untuk city car sekelasnya. Ruang kabin pun dirancang sangat pas untuk lima penumpang dewasa, dan penempatan fitur secara keseluruhan ditempatkan secara ergonomis, dan posisi duduk yang nyaman. Penjelasan lebih mendetail mengenai Interior Hyundai Santro 2019 adalah berikut ini.

Review Hyundai Santro 2019 : Dashboard dan Setir

Gambar bagian Dashboard & Setir Hyundai Santro 2019

Konsep two-tone hadir di dashboard dan setir Hyundai Santro 2019

Desain two-tone hitam dan krem menjadi tema besar yang ada di interior, yang sudah terasa di area dashboard city car ini. Hyundai pun menempatkan beragam pengaturan fitur terpusat di konsol tengah yang dikemas dengan lekuk desain terinspirasi oleh lekuk tubuh gajah yang merupakan salah satu cara Hyundai menyematkan nilai khazanah lokal India ke dalam interior mobil. Mengingat masyarakat India suka menyimpan patung dewa-dewi, maka Hyundai membuat area dashboard atas memiliki lekukan mendatar sehingga bisa menjadi tempat bersandang patung tersebut.

Di konsol tengah terdapat pengaturan AC, sistem hiburan, power outlet & USB Port, tuas transmisi, hingga semua tombol power window di semua pintu. Untuk pengaturan audio pun hadir di area lingkar kemudi yang memiliki palang empat dan terdapat tombol pengaturan Audio, Bluetooth, dan Voice recognition.

Review Hyundai Santro 2019: Jok

Gambar jok mobil Hyundai Santro 2019 dengan 2 warna yaitu hitam dan coklat

Jok dua baris Hyundai Santro 2019

Jok depan dan belakang Hyundai Santro dikemas dengan ergonomis dan nyaman untuk lima penumpang dewasa. Adapun untuk jok depan dirancang dengan headrest menyatu dengan jok, sedangkan jok belakang memiliki headrest yang cukup mungil. Semua jok sudah dilengkapi seatbelt.

Review Hyundai Santro 2019: Bagasi

Gambar ruang Bagasi mobil Hyundai Santro 2019 yang bisa taruh 2 koper besar dan 1 koper kecil

Ruang bagasi luas Hyundai Santro 2019

Tidak ada informasi resmi mengenai berapa besar kapasitas ruang bagasi Hyundai Santro 2019. Namun jika melihat dari foto resmi Hyundai Santro 2019, bisa dibilang ruang bagasi mobil city car ini cukup luas untuk menyimpan 1 koper medium dengan dua tas mungil. Andaikan ruang bagasi terasa kurang, jok belakang bisa dilipat sehingga menambah luas bagasi menjadi lebih baik.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Hyundai Santro 2019

Review Hyundai Santro 2019: Fitur Hiburan

Gambar menunjukkan fitur Audio Hyundai Santro 2019

Sistem hiburan Hyundai Santro 2019

Fitur Hiburan Hyundai Santro 2019 terpusat di layar 7 inci Touchscreen AV System dengan kemampuan terkoneksi dengan smartphone melalui tiga sistem operasi mutakhir seperti Android Auto, Apple CarPlay, dan sistem MirrorLink.

Review Hyundai Santro 2019: Fitur Kenyamanan

Gambar menunjukkan Fitur kenyamanan pada mobil Hyundai Santro 2019

Ragam fitur penunjang kenyamanan di Hyundai Santro 2019

Seperti sempat di bahas di area interior, Hyundai Santro 2019 memusatkan semua fitur diatur melalui konsol tengah. Contohnya adalah pengaturan tombol power window yang ditempatkan di bawah tuas transmisi.

Untuk sistem AC di city car ini dilengkapi teknologi berupa Eco Coating Technology, dimana teknologi ini akan menghilangkan bakteri dan udara kotor masuk ke dalam mobil. Selain itu mobil ini juga memiliki ventilasi AC di untuk penumpang belakang, dan penumpang depan diberikan kisi-kisi ventilasi AC berbentuk propeller.

Review Hyundai Santro 2019: Fitur Keselamatan

Fitur airbag adalah salah satu keselamatan yang paling bagus dari Hyundai Santro 2019

Sistem keselamatan Airbag di Hyundai Santro 2019

Sistem canggih seperti ABS dengan EBD, Speed Sensing Auto Door Lock/Unlock, Rear Parking Sensors, dan Rear Parking Camera sudah menjadi standar di Hyundai Santro 2019. Untuk sistem keselamatan pasif sudah tersedia airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Adapun struktur bodi diperkuat dengan Advanced High Strength Steel 63% dan sisanya menggunakan High Strength Steel.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lihat harga dan promo mobil Hyundai lainnya di pasar Indonesia

OPERASI Hyundai Santro 2019

Tersedia dua versi mesin di Hyundai Santro 2019, yakni mesin bensin dan CNG (Compressed natural gas). Mesin bensin berkapasitas 1.1 liter empat silinder bertenaga maksimum sebesar 68 dk pada 5.500 rpm dan torsi puncak sebesar 99,1 Nm pada 4.500 rpm. Sedangkan versi CNG menggunakan spesifikasi mesin yang sama, namun bisa mengkonsumsi bahan bakar bensin atau CNG. Bedanya adalah dari segi figur performa mesin ini saat menggunakan bahan bakar CNG menghasilkan tenaga 58 dk pada 5.500 rpm dan torsi sebesar 86 Nm pada 4.500 rpm.

Mesin Hyundai Santro 2019

Mesin kompak Hyundai Santro 2019 

Masing-masing mesin menyalurkan semua tenaga ke roda depan melalui dua opsi transmisi, yakni 5-percepatan Manual dan Smart Auto AMT.

Menariknya adalah semua informasi seputar kondisi mobil, termasuk konsumsi bahan bakar selama perjalanan, dan pengingat jadwal service sudah tersedia di instrument cluster yang ditampilkan melalui Advanced Multi Information Display (MID) berukuran 2.5 inci.

>>> Komparasi Tiga Jenis Transmisi Hatchback LCGC

spesifikasi Hyundai Santro 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Hyundai Santro 2019 yang Cintamobil.com hendak sampaikan.

Dimensi/ Ukuran Hyundai Santro 2019

P x L x T

3,610  / 1,645 / 1,560  mm

Jarak poros roda

2,400 mm

Ground Clearance

N/A

Berat Kosong

1.375 kg

Mesin Hyundai Santro 2019

Jenis

1,1 liter 4-silinder 12 valve

Daya maksimum

Bensin: 68 dk pada 5.500 rpm

CNG: 58 dk pada 5.500 rpm

Torsi maksimum

Bensin : 99,1 Nm pada 4.500 rpm.

CNG : 86 Nm pada 4.500 rpm

Transmisi

Manual : 5-percepatan Manual

AMT : Smart Auto AMT

Kecepatan 0-100 km/jam

N/A

Top Speed

N/A

Kaki-Kaki Hyundai Santro 2019

Suspensi depan/Suspensi Belakang

McPherson Strut  / Coupled Torsion Beam Axle

Rem Depan / Rem Belakang

Disc / Drum

Velg

R13 Steel / R14 Steel with Cover

kelebihan & kekurangan Hyundai Santro 2019

Kelebihan dan kekurangan Hyundai Santro 2019 menurut Cintamobil.com bisa Anda lihat di tabel berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

City Car Berpenampilan Menarik

Velg Terkesan Murahan (hanya menggunakan cover dop)

Kabin Nyaman untuk 5 Penumpang

Jok depan menggunakan headrest permanen

Sistem hiburan canggih karena support Android Auto & Apple CarPlay

Transmisi lebih baik otomatis murni ketimbang Smart Auto AMT

daftar harga Hyundai Santro 2019

Disebut bahwa Hyundai India akan mengekspor Santro ke sejumlah negara. "Selain Afrika Selatan, Amerika Latin dan Timur Tengah, kami juga akan mengekspor ke sejumlah negara Asia Tenggara," ucap Puneet Ananda, Sr General Manager (Marketing), Hyundai Motor India Ltd. Kira-kira berapakah harga Hyundai Santro 2019 untuk pasar India? Berikut adalah daftar harga Hyundai Santro 2019.

Nama Mobil

Harga Mobil (India)

Harga Mobil (konversi Indonesia)

Hyundai Santro 1.1L Petrol Engine 5-Speed Manual D-Lite

INR  389,900

Rp80,7 jutaan

Hyundai Santro 1.1L Petrol Engine 5-Speed Manual Era

INR. 424,900

Rp88 Jutaan

Hyundai Santro 1.1L Petrol Engine 5-Speed Manual Magna

INR. 457,900

Rp94,9 jutaan

Hyundai Santro 1.1L Petrol Engine 5-Speed Manual Sportz

INR. 499,900

Rp103,6 jutaan

Hyundai Santro 1.1L Petrol Engine Smart Auto AMT Magna - AMT

INR. 518,900

Rp107,5 jutaan

Hyundai Santro 1.1L Petrol Engine 5-Speed Manual Asta

INR 545,900

Rp113,2 jutaan

Hyundai Santro 1.1L Petrol Engine Smart Auto AMT Sportz - AMT

INR. 546,900

Rp113,4 Jutaan

Apakah Hyundai Santro 2019 akan masuk ke dalam portofolio terbaru Hyundai di pasar otomotif Indonesia? "Belum tahu, masih kami pelajari," ujar Hendrik Wiradjaja selaku Deputy Marketing Director PT. Hyundai Mobil Indonesia kepada Cintamobil.com.

Video Hyundai Santro 2019

KESIMPULAN Hyundai Santro 2019

Hyundai melanjutkan kepiawaian mereka dalam menciptakan mobil city car lewat hadirnya Hyundai Santro 2019. Sekalipun ia berdarah India, namun secara tampilan dan secara fitur Hyundai Santro 2019 sudah cukup memadai untuk mobil city car yang memang harganya sangat terjangkau.

Andaikan saja Hyundai Santro 2019 masuk ke Indonesia, tidak menutup kemungkinan mobil ini akan menggoyang segmen LCGC yang banyak diisi mobil berbentuk city car yang kami yakini secara tampilan dan fitur sudah membosankan. Mari kita tunggu saja, semoga ada secercah harapan Hyundai Santro 2019 bisa masuk di Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca tulisan review mobil lainnya

Hafizh Fauzan
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • Review Hyundai Kona Highlander 2019

    Kelas crossover mulai menjadi kelas yang gemuk, hal tersebut ditandai dengan banyaknya pemain di kelas ini. Hal inilah yang ...

    Crossover User rate: 4,5 Editor rate: 4,5
  • Review Hyundai i30 N Fastback 2019

    Mercedes-Benz punya Mercedes-AMG sebagai sub-merek high performance mereka. Lalu BMW sangat membanggakan ///M sebagai the ...

    Hatchback User rate: 4,5 Editor rate: 4,8
  • Review Hyundai All New Santa Fe 2018

    Kehadiran Hyundai All New Santa Fe 2018 memang terasa lebih spesial dibanding generasi Santa Fe sebelumnya. Pasalnya ...

    SUV User rate: 4,5 Editor rate: 4,8

Cari review mobil