Review Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019: Varian Menengah yang Tak Kalah Gagah

25/10/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Tidak selalu mobil yang fun to drive hanya bisa didapatkan pada varian tertinggi. Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 salah satunya. Menjadi varian menengah dari segmen SUV milik pabrikan asal Korea Selatan ini, peningkatan fitur serta kenyamanan kelas atas membuatnya patut dipertimbangkan sebagai mobil harian keluarga Indonesia.

PENGANTAR Hyundai Santa Fe 2019

Review Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 - SUV kebanggaan Hyundai ini adalah generasi keempat yang dibawa ke Indonesia. Mengingat desainnya yang selalu mengalami perubahan, evolusinya bisa dibilang semakin modern dari masa ke masa. Hingga akhirnya menuju generasi keempat, Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 adalah salah satu pilihan mobil keluarga dari pabrikan asal Seoul, Korea Selatan ini.

generasi pertama Hyundai Santa Fe berwarna cokelat

Generasi pertama Hyundai Santa Fe keluaran 2000

Bagi yang belum tahu, nama Santa Fe sendiri terinspirasi dari sebuah kota di Meksiko pada 2000. Dan setahun setelahnya, Santa Fe mulai dijual di Amerika dan didistribusikan ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Meskipun tampilannya terbilang unik, mobil ini termasuk yang terpopuler di Amerika. Tapi di Indonesia, performanya kalah mentereng dibandingkan produk Jepang.

Meskipun begitu, Santa Fe membuktikan diri sebagai salah satu pesaing di kelas SUV Tanah Air. Popularitas globalnya semakin meningkat, malahan mengungguli penjualan sedan Hyundai pada kuartal pertama 2019. Peningkatan fitur serta tampilan ditengarai menjadi salah satu penyebab SUV, khususnya Santa Fe, menjadi lebih populer tahun ini.

mobil baru Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 berwar abu-abu

Tampilan baru rasa lama dari Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019

Hyundai memang memperkenalkan varian tertingginya pada Februari tahun ini, yaitu Hyundai Grand Santa Fe. Tapi bagi Anda dengan kocek lebih rendah, bisa menilik varian menengah Santa Fe XG. Nah, jika Anda masih ragu, lihat dulu review Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Hyundai Santa Fe 2019

Bukan tanpa alasan jika Santa Fe disebut-sebut sebagai salah satu SUV paling tampan yang dimiliki Hyundai. Berbagai perubahan pada grille, bumper, hingga lampu depan yang dibuat lebih modern membuat eksterior Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 cukup menawan.

Review Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019: Eksterior Depan

Menilik tampilan luar, bagian depan mendapatkan desain khas Hyundai. Tampilan kekar dari pahatan bodi yang tegas dan kokoh kelas SUV langsung terlihat ketika menatap eksterior depan Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019. Grille serta asupan udara yang besar tak hanya memberikan kesan sangar, namun juga berfungsi untuk menyalurkan lebih banyak udara pada ruang mesin.

tampilan depan Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 berwarna abu-abu

Tampilan depan Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019

Uniknya, headlamp berada pada bagian bawah dengan lampu DRL yang sudah menggunakan teknologi LED terpampang pada bagian atas, mengapit grille heksagonal khas Hyundai. Teknologi LED pun digunakan pada low/high beam, lampu sein, dan foglamp sehingga memberikan visibilitas yang lebih baik di malam hari.

Review Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019: Eksterior Samping

tampilan samping Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 berwarna abu-abu

Tampilan samping Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019

Guratan tegas masih bisa dirasakan pada bagian samping dengan desain chrome pada jendela dan gagang pintu memberikan cita rasa tersendiri bagi mobil ini. Yang menarik dari eksterior samping Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 adalah pelek multispoke dual-tone yang membuatnya berbeda dibandingkan mobil kebanyakan. Kesan tangguh bisa terlihat dari roof rail yang memudahkan Anda untuk memasang roof rack.

Review Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019: Eksterior Belakang

tampilan belakang Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 berwarna abu-abu

Tampilan belakang Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019

Beralih ke belakang, desain stop lamp bergaya 3D pun menambah tampilan apik mobil ini. Sedangkan lampu mundur dan lampu rem berada pada bagian bumper dengan lekukan mengusung tema ala difusser. Sayangnya, pada bagian atap Anda masih menemukan antena radio biasa yang menempel, bukan antenna ala shark fin yang digunakan pada Grand Santa Fe.

>>> Ingin tahu lebih lengkap tentang Hyundai Santa Fe?

INTERIOR Hyundai Santa Fe 2019

Masuk ke dalam kabin, ada kelegaan tersendiri yang bisa dirasakan. Tentu saja karena dimensi yang cukup besar membuat interior Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 cukup lega. Kemewahan bisa terlihat dari warna dual-tone serta aksen chrome yang menghiasi dashboard, head unit, konsol tengah hingga setir.

Review Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019: Dashboard

dashboard Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 berwarna hitam

Dashboard Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019

Dashboard dual tone pun terbagi dua lapisan, dengan warna cokelat muda pada bagian bawah dan cokelat tua pada bagian atasnya. Salah satu yang menarik dari edisi terbaru mobil ini adalah adanya peningkatan pada head unit yang dibuat lebih besar, sehingga sama dengan varian Grand Santa Fe dan memberikan kesan mewah selama berkendara. Hal ini dipercaya menanggapi permintaan konsumen yang membeli mobil ini pada tahun lalu.

Review Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019: Setir

setir Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 berwarna hitam

Setir Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019

Jika dibandingkan dengan Grand Santa Fe sebagai varian tertinggi, tampak tak ada perbedaan pada Setir palang tiga yang digunakan. Dibalut kulit, setir Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 sudah dilengkapi teknologi tilt-telescopic dengan tombol remote audio dan cruise control. Pada bagian belakang lingkaran setir pun sudah terdapat paddle shift untuk memudahkan Anda mengatur transmisi selama berkendara.

Review Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019: Kursi

Untuk posisi duduk, pengaturan kursi Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 dibuat lebih mudah menggunakan power seat untuk mengatur ketinggian tempat duduk. Penumpang di baris kedua dan ketiga pun sudah mendapatkan kisi-kisi AC yang terletak pada konsol tengah untuk baris kedua serta bagian samping pada baris ketiga.

kursi Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 berwarna hitam

Kursi baris kedua Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019

Menggunakan material full kulit, kenyamanan berkendara bisa dirasakan dengan legroom dan headroom yang cukup lega. Kursi baris kedua juga sudah dilengkapi dengan armrest, lengkap dengan dua buah cup holder, yang memberikan kenyamanan selama berkendara.

Review Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019: Bagasi

bagasi Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 berwarna hitam

Ruang bagasi Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019

Untuk kebutuhan selama perjalanan, ada delapan buah cup holder yang bisa Anda temukan. Meski Hyundai tidak mengungkapkan catatan resmi kapasitas bagasi Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019, tetapi Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang cukup besar. Kurang? Ada kursi baris ketiga yang bisa ditidurkan rata lantai. Masih kurang untuk membawa peralatan lainnya? Bangku baris kedua pun bisa ‘dilelapkan’ untuk memperluas kapasitas penyimpanan mobil ini

>>> Berita teranyar Hyundai Santa Fe bisa Anda lihat di sini

FITUR Hyundai Santa Fe 2019

Layar sentuh pada head unit 9 inci memiliki berbagai fitur yang bisa Anda gunakan. Mulai dari pemutar audio dari USB, Aux, hingga Bluetooth, mobil ini pun sudah memiliki konektivitas Apple CarPlay terbaru dengan interface yang user-friendly. Jadi, Anda bisa langsung mendapatkan berbagai fitur, seperti Maps dan Spotify.

Sama seperti Grand Santa Fe, yang terbaru dari fitur Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 adalah electrochromatic mirror yang terdapat pada spion tengah. Fitur ini akan sangat membantu ketika berkendara di malam hari dengan membuat pantulan sinar dari lampu mobil di belakang tidak menyilaukan.

Penjelasan fitur Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 dari tim Cintamobil TV

Fitur lainnya yang masih dipertahankan pada versi terbaru ini seperti dual zone AC lengkap dengan fitur Clean Air untuk membersihkan udara. Kepraktisan untuk melipat baris ketiga bisa terlihat hanya dengan menarik tuas pada bagian belakang bangku. Sedangkan jok baris kedua bisa dilipat secara elektrik dengan menekan tombol pada sisi samping kursi baris ketiga.

Review Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Tak hanya pada fitur hiburan, ada banyak peningkatan yang diberikan pada fitur keselamatan aktif Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019. Untuk memberikan rasa aman bagi Anda, ada Anti-lock Braking System (ABS) dengan Brake Assistant System (BAS) dan Electronic Brake Distribution (EBD), Electronic Stability Control (ESC), Downhill Brake Control (DBC) dan Hill-Start Assist Control (HAC). Selain itu, ada Reverse Parking Sensor ditambah SRS Dual Air Bag yang ditanamkan pada mobil ini.

>>> Teknologi Pemindai Sidik Jari Hyundai Akan Dipasangkan pada Santa Fe 2019

OPERASI Hyundai Santa Fe 2019

Great power comes from diesel! Tak bisa dipungkiri mobil bertenaga diesel mampu memberikan torsi yang lebih tinggi dibandingkan mesin bensin dengan volume yang sama. Inilah yang terlihat dari Santa Fe XD CRDi. Dibandingkan dengan mesin bensin 2.4L saudaranya yang hanya memberikan 225 Nm, mobil ini sudah menawarkan hingga 443 Nm torsi bahkan pada putaran 1.750 rpm. Cukup bagi Anda yang menginginkan mobil yang tangguh.

mesin Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 berwarna hitam

Mesin Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019

Seperti namanya, Mesin Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 sudah menggunakan teknologi CRDi E-VGT (Variable Geometry Turbocharger) dengan tenaga maksimal 190 daya kuda, sama dengan Grand Santa Fe. Tenaga yang besar, lebih besar dibandingkan varian lainnya, disalurkan melalui transmisi otomatis shiftronic 8-percepatan ke roda depan.

Review Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019: Impresi Berkendara

Selain desain eksterior dan interior yang atraktif, mobil ini memiliki performa yang istimewa. Keuntungan terpenting dari mesin diesel adalah jarak tempuh yang besar. Santa Fe bermesin diesel bisa dibilang cukup irit jika dibandingkan mesin bensin karena efisiensi mesin lebih tinggi serta ekonomi bahan bakar yang lebih baik.

Ketika tim Cintamobil TV mencoba mobil ini pada pengendaraan di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, konsumsi bahan bakar tercatat 14.7 km/liter. Efisiensi yang cukup besar, dikarenakan mobil ini memiliki torsi yang besar. Sehingga Anda tidak perlu menginjak gas terlalu dalam ketika berada di kemacetan atau dalam kondisi stop-and-go.

Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 berwarna abu-abu melaju di jalanan

Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 yang enak diajak berkendara

Selain irit di jalan, mobil ini pun memiliki performa yang tak kalah diadu dengan model lain di segmennya. Ketika dipindahkan dalam mode Sport, maka Anda bisa mendapatkan kesenangan berkendara dengan catatan percepatan 0-100 hanya dalam 8.9 detik. Cukup impresif untuk mobil dengan dimensi yang besar.

Ketika diajak berkendara, Santa Fe XG memiliki mesin yang responsif serta handling tergolong akurat dan mudah dikendalikan. Selama mengemudi, Anda mendapatkan bantingan suspensi yang empuk dan kabin yang lumayan kedap. Pada bagian kolong mobil, terdapat material karpet yang dapat mereduksi suara ban.

>>> Sebelum Terlambat, Ketahuilah Tanda-tanda Kopling Mobil Anda Bermasalah

spesifikasi Hyundai Santa Fe 2019

Baru saja diperkenalkan beberapa waktu lalu, intip lagi spesifikasi Hyundai Santa Fe XD CRDi 2019 berikut ini.

Dimensi Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.770 mm x 1.890 mm x 1.670 mm

Jarak Poros Roda

2.766 mm

Ground Clearance

185 mm

Mesin Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019

Tipe Mesin

2.199 cc 4 silinder turbo diesel

Tenaga Maksimal

190 dk @ 3.600 rpm

Torsi Maksimal

443 Nm @ 1.750 – 2.750 rpm

Konsumsi Bahan Bakar

14.7 km/l

Transmisi

8 Percepatan Otomatis

Sistem Penggerak

Front-wheel-drive

Kaki-Kaki Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019

Suspensi Depan/ Belakang

MacPherson Strut/ Multi-Link

Rem Depan/ Belakang

Disc Vent/ Disc

Ukuran Ban

235.55 R19

Pelek

19 inci Alloy

kelebihan & kekurangan Hyundai Santa Fe 2019

Dibandingkan varian lainnya, masih ada beberapa kelebihan dan kekurangan Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 yang membuatnya patut diperhitungkan, apa saja?

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan desain yang menawan

Harga jual masih kalah saing dibandingkan merek Jepang

Head unit yang lebih besar

Beberapa fitur dipangkas untuk membedakannya dengan Grand Santa Fe

Sistem keselamatan yang tak kalah dengan varian di atasnya

 

daftar harga Hyundai Santa Fe 2019

Santa Fe dijual dalam lima varian yang mendapatkan dua pilihan mesin bensin dan diesel. Dilihat dari kelasnya, Grand Santa Fe merupakan varian tertinggi dengan harga mulai dari Rp629.5 juta (OTR Jakarta), sedangkan varian terendah adalah Santa Fe 2.4L MPI GLS seharga Rp515 juta (OTR Jakarta). Sebagai varian kedua tertinggi, harga Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 saat ini dibanderol Rp580 juta (OTR Jakarta).

>>> Anda mau membeli mobil Hyundai Santa Fe 2019? Jangan tinggal daftar ini ya

Video Hyundai Santa Fe 2019

Tim Cintamobil TV sendiri sudah pernah memberikan pengalaman tersendiri ketika mengendarai mobil ini berkeliling kota Jakarta. Penasaran? Lihat kembali video Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 dari Cintamobil TV berikut ini.

KESIMPULAN Hyundai Santa Fe 2019

Jika dibandingkan dengan edisi sebelumnya, Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 dibuat lebih tampan dengan berbagai pembaruan eksterior serta penambahan fitur untuk kenyamanan Anda berkendara. Layar sentuh 9 inci dengan konektivitas Apple CarPlay, dual zone AC, serta kemudahan melipat kursi adalah beberapa diantaranya. Mesin yang digunakan sudah mendapatkan teknologi CRDi yang irit sekaligus bertenaga.

pengendaraan Hyundai Santa Fe CRDi 2019 berwarna abu-abu di jalan tol

Fitur baru meningkatkan kenyamanan berkendara Santa Fe XG

Memang, masih ada beberapa fitur yang disimpan untuk varian Grand Santa Fe yang lebih tinggi. Harga jual kembali yang masih rendah pun patut diperhitungkan ketika membeli mobil ini. Tetapi dengan harga yang diberikan, Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019 bisa dibilang salah satu pilihan pintar untuk mendapatkan SUV tangguh dengan berbagai kemewahan yang ditawarkan.

>>> Klik sini untuk lihat semua mobil dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia.

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil