Review Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019: Semakin Solid Dengan Kehadiran Fitur Baru

31/07/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Dengan kehadiran dua fitur baru, membuat Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 memiliki kualitas yang semakin solid dan kompetitif, meski datang dari varian entry level

PENGANTAR Hyundai Santa Fe 2019

Review Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 – Pada perhelatan GIIAS 2019, Hyundai Indonesia akhirnya memberikan kabar gembira dengan memperkenalkan fitur terbaru pada Hyundai Santa Fe 2019, yakni penggunaan head unit terbaru dengan kemampuan konektivitas lebih up to date plus kehadiran kamera mundur. Asyiknya, kedua fitur ini terdapat di kedua varian Santa Fe, yakni GLS dan XG. Sehingga, SUV medium andalan negeri ginseng ini pun tak hanya semakin modis, namun juga pintar lewat kehadiran fitur entertainment yang kekinian tersebut.

Foto Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 berwarna putih di GIIAS 2019

Hyundai memperkenalkan dua fitur baru untuk Hyundai Santa Fe, baik varian XG dan GLS di GIIAS 2019

Pada kesempatan kali ini Cintamobil.com melakukan review Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019, yang merupakan varian entry level pada lini Hyundai Santa Fe. Namun meski datang dari varian dengan harga paling terjangkau, tak membuat Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 terlihat atau terasa membosankan. Sosoknya tetap terlihat begitu solid dan modis khas SUV medium bergaya urban. Selain itu, meski tak sepopuler saudara kembarnya yang menggunakan mesin turbo diesel common-rail, Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 tetap mampu memberikan performa dan efisiensi yang optimal lewat penggunakan mesin bensin dari generasi Theta II. Agar lebih jelasnya, mari simak review Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 berikut ini.

EKSTERIOR Hyundai Santa Fe 2019

Review Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019: Tampak depan

Foto Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 tampak frontal dari depan
Lampu depan model stacked headlight berpadu cascading grille ukura besar membuatnya tampil agresifTampilan eksterior khususnya pada bagian wajah

Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 tak ada ubahan, yakni tetap terlihat solid dengan sosok agresif lewat penyematan cascading grille yang berukuran cukup besar. Begitu pun pada bagian lampu, serupa dengan varian XG atau Grand Santa Fe, dengan komposisi Daytime Running Light (DRL) LED tipis yang naik ke bagian atas. Namun untuk penempatan lampu utama dengan LED projector lens, posisinya turun ke bagian bawah, berada satu kolom dengan lampu sein. Di Amerika, desain lampu ini dikenal dengan nama Stacked Headlight alias desain lampu bertingkat. Sementara untuk fog light tetap terpasang pada bagain bawah bumper untuk mendapatkan tata cahaya yang optimal.

Review Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019: Tampak samping

Foto Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 tampak frontal samping

Pelek 18 inci tetap terlihat atraktif pada tubuh Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019

Pada bagian samping Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 terlihat lebih minimalis. Side body moulding dengan warna krom pada varian XG kini berganti dengan wana alumunium. Sementara pada side skirt yang berpadu dengan inner fender terlihat tebal, sehingga memberikan efek tampilan lebih berotot. Pada bagian pelek, pada varian GLS menggunakan pelek dengan diameter lebih kecil 1 inci, yakni 18 inci dengan desain bilah dengan kombinasi finishing berwarna polish dan krom. Meski ukurannya lebih kecil, namun tetap mampu membuat tampilan kaki-kaki dari Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 tetap terlihat atraktif.

Review Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019: Tampak belakang

Foto lampu belakang 3D-Type LED pada Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019
Tampilan buritan tambah cantik dengan lampu 3D-Type LED pada lampu belakang

Penggunaan lampu belakang dengan fitur 3D-Type LED, membuat tampilan belakang Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 terlihat semakin stylish. Namun untuk lampu sein dan lampu mundur, penempatannya turun ke bawah pada bagian bumper. Meski lokasinya di bawah, namun pendar cahaya lampu sein dan lampu mundur tetap terlihat jelas dan informatif bagi pengemudi di belakang. Mirip dengan varian XG, pada varian GLS ini juga dibekali dengan rear under guard pada bumper belakang yang menegaskan DNA-nya sebagai sebuah SUV.

>>> Artikel terkait lainnya:

INTERIOR Hyundai Santa Fe 2019

Review Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019: Dasbor dan setir

Foto dasbor dan setir pada Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019

Dasbor terlihat mewah dengan balutan warna two tone

Aura premium tetap terasa ketika masuk ke dalam Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019, lewat penggunaan material berkualitas. Sentuhan warna two tone dengan kombinasi warna cokelat muda pada bagian atas dasbor dan warna abu-abu pada door trim pada dasbor bagian bawah, membuatnya semakin betah berlama-lama di dalam. Meski tak dilengkapi dengan layar 7 inci Supervision pada cluster dasbor seperti pada varian Grand Santa Fe, panel cluster analog yang digunakan pada Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 tetap terlihat menyenang dan informatif. Kualitas material pada bagian setir 3-spoke juga sangat baik dan sangat nyaman digenggam.

Review Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019: Jok

Foto jok belakang warna cokelat muda pada Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019

Semua jok berlapis kulit degan warna cokelat muda

Meski varian entry level, namun kesemua jok pada Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 sudah berlapis kulit dengan warna cokelat muda plus penggunaan busa yang cukup tebal. Selain terlihat lebih mewah, juga terasa lebih nyaman ketika disentuh. Pengaturan jok elektrik hanya tersedia untuk pengemudi. Untuk jok belakang tersedia fitur reclining atau bisa dimaju/mundurkan sehingga memberikan keleluasan pada leg room. Selain itu,juga tersedia rear AC vent yang membuat kesejukan semakin cepat merata hingga ke penumpang belakang.

>>> Baca juga:

FITUR Hyundai Santa Fe 2019

Seperti yang telah disinggung di atas, Hyundai Indonesia memberikan “kado” untuk para calon konsumen Hyundai Santa Fe dengan kehadiran dua fitur baru. Pertama adalah head unit dengan desain floating display touch screen berukuran 7 inci untuk varian GLS dan XG yang memiliki fitur konektivitas dengan Apple Car Play dan Android Autolink. Dengan menghubungkan smartphone ke head unit Santa Fe melalui port USB, AUX atau Bluetooth, pengemudi dapat mengakses aplikasi peta digital maupun memutar lagu favorit di smartphone-nya. Kemampuan tersebut didukung format audio WAV/MP3/WMA/m4a/flac. Fitur kedua adalah kamera parkir yang terintegrasi dengan head unit, guna memudahkan pengemudi saat ingin melakukan parkir, Selain itu, fitur entertainment pada Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 ini semakin lengkap dengan kehadiran 6 speaker system.

Foto head unit desain floating bawaan Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019

Head unit dengan desain floating display touch screen berukuran 7 inci terbaru dengan fitur konektivitas terkini

Untuk fitur keselamatan, Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 sudah dilengkapi dengan fitur rem ABS dan EBD, Electronic Stability Control, Downhill Brake Control dan Hill-Start Assist Control yang membantu pengemudi ketika berkendara dalam tanjakan atau turunan yang curam. Namun sayang untuk airbag, pada varian GLS hanya tersedia Dual SRS Airbags untuk pengemudi dan penumpang depan.

>>> Satu-Satunya di Dunia, Desain Tanpa Atap Hyundai Santa Fe Cabriolet

OPERASI Hyundai Santa Fe 2019

Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 menggunakan mesin 4 silinder Theta II dengan teknologi Dual Continuous Variable Valve Timing dengan kapasitas 2.400 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 170 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar 225 Nm pada 4.000 rpm. Namun sayangnya, untuk varian mesin bensin ini dipasangkan pada transmisi otomatis dengan 6 percepatan. Sebagai perbandingan, untuk varian dengan mesin diesel (CRDi) sudah menggunakan transmisi otomatis dengan 8 percepatan. Namun meski hanya menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan, performa dan efisiensi Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 diklaim cukup kompetitif di kelasnya.

Foto mesin bensin Theta II bawaan Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019

Mesin berbahan bakar bensin berkapasitas 2.400 dari keluarga mesin Theta II juga digunakan pada Hyundai Santa Fe generasi sebelumnya

>>> Melihat ke Dalam Kabin Hyundai Kona 2019 yang Lega dan Menawan

spesifikasi Hyundai Santa Fe 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 terlengkap sebagai berikut:

Spesifikasi Mesin Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 

Tipe Mesin

4 silinder bensin Theta II Dual Continuous Variable Valve Timing

Isi Silinder

2.400 cc

Tenaga Maksimum

170 hp pada 6.000 rpm

Torsi Maksimum

225 Nm pada 4.000 rpm

Transmisi

Otomatis 6 percepatan

Dimensi Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 

P x L x T

4.770 x 1.890 x 1.680 mm

Wheelbase

2.765 mm

Kaki-kaki Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 

Rem Depan / Belakang

Disc Vent / Disc

Velg

18 inch Alloy Wheels

kelebihan & kekurangan Hyundai Santa Fe 2019

Berikut kelebihan dan kelurangan dari Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 menurut Cintamobil.com berikut ini:

Kelebihan

Kekurangan

Fitur head unit layar yang memiliki konektivitas terkini dengan smarthone dan kamera parkir

Resale value yang tidak sebaik kompetitornya dari Jepang

Kenyamanan dan aura premium tetap optimal meski datang dari varian entry level

Performa mesin bensin yang biasa saja dan kalah populer dengan varian mesin dieselnya

Desain yang atraktif dan kekinian

 

daftar harga Hyundai Santa Fe 2019

Berikut daftar harga terkini dari Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019.

TIPE MOBIL

HARGA

Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 

Rp 521.500.000 On the road

Video Hyundai Santa Fe 2019

KESIMPULAN Hyundai Santa Fe 2019

Meski sebagai varian entry level dan kurang populer dengan saudara kembarnya yang menggunakan mesin diesel, namun Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 tetap memiliki selling poin yang cukup baik. Dengan kehadiran dua fitur baru, membuat SUV medium ini semakin kompetitif dan siap menjadi kuda hitam bagi para kompetitiornya yang berdarah Jepang. Untuk harga, Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 hanya lebih mahal dari Honda CR-V yang berada di level Rp 400 jutaan. Sementara untuk Mazda CX-5 ditawarkan mulai dari Rp 569 juta (Elite) dan sang pendatangan dengan wajah baru, new Nissan X-Trail VL dengan harga Rp 530 juta.

Nama besar dan resale value memang masih menjadi kendala bagi Hyundai Indonesia. Namun bagi kami, sebagai varian entry level, Hyundai Santa Fe GLS Gasoline 2019 tetap mampu menghadirkan kenyamanan, kualitas, performa dan kelengekapan fitur yang cukup baik untuk sebuah SUV medium dengan cita rasa khas Korea Selatan. Dengan harga terpaut Rp 46 juta dengan varian GLS CRDi dan Rp 21 juta dari varian XG Gasoline, membuatnya bisa menjadi alternatif jitu bagi Anda yang ingin sebuah SUV medium dengan kualitas global yang mumpuni namun dengan harga yang cukup terjangkau.

>>> Klik di sini untuk menyimak review berbagai merek mobil lainnya

Pratomo FJ
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil