Review Hyundai Kona Highlander 2019

06/10/2018
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Kelas crossover mulai menjadi kelas yang gemuk, hal tersebut ditandai dengan banyaknya pemain di kelas ini. Hal inilah yang menjadi dasar pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai untuk masuk ke kelas ini dengan memperkenalkan Hyunai Kona. Berikut ini adalah review Hyundai Kona Highlander 2019 hanya untuk Anda.

PENGANTAR Hyundai Kona 2019

Review Hyundai Kona Highlander 2019 - Beberapa tahun belakangan pasar crossover mulai masuk ke pasar dengan kategori gemuk, memang sih, masih bukan yang nomor satu di Indonesia. Namun pasar crossover ini disesaki oleh banyak pemain dari merek besar beberapa tahun terakhir. Sebut saja Nissan Juke, Subaru XV, Mazda CX-3, Chevrolet Trax, Toyota CH-R, hingga Honda New HR-V yang baru saja melakukan facelift. Hal tersebut disadari oleh Hyundai sebagai salah satu raksasa pabrikan mobil asal Korea Selatan yang cukup memiliki pengaruh di dunia otomotif. Maka dari itu mereka memperkenalkan Hyundai Kona tipe Highlander 2019 untuk bertarung dikelas ini.

Tampak Hyundai Kona 2019 lawan Rival

Hyundai Kona Highlander 2019 versus rival

Di Australia mobil ini sudah dipasarkan dan cukup mendapat perhatian pasar mobil disana. Di negeri Kangguru sana, mobil ini dijual dalam 6 varian. Yang paling rendah dinamakan Hyundai Kona Go, bagian eksteriornya masih menggunakan pelek besi dengan dop, belum dilengkapi foglamp dan tidak ada ornamen krom mengelilingi grillnya. Bagian interiornya Hyundai Kona Go yang merupakan varian termurah masih menggunakan kenop putar untuk pengaturan AC. Kelengkapan ini sama dengan satu tingkat varian diatasnya yaitu Hyundai Kona Go Smartsense Active Pack dengan kelengkapan keselamatan aktif maupun pasif yang lebih lengkap. 

Tampak sebuah mobil Hyundai Kona Go yang merupakan varian termurah Hyundai Kona

Hyundai Kona tipe Go dan Go Smartsense Active Pack punya tampilan yang serupa seperti ini

Beda lagi dengan 2 varian diatas Go, yaitu Hyundai Kona tipe Active. Secara tampilan, Hyundai Kona tipe Active dan Active with Smartsense Pack yang merupakan varian menengah ini memiliki tampilan eksterior yang sedikit lebih menarik. Memang pilihan warnanya masih sama yaitu 5 pilihan warna bodi, dan masing-masing 1 pilihan warna interior dan atap. Bedanya, Kona Active mengadopsi pelek alloy palang lima dengan desain multispoke yang ukurannya sama, yaitu ring 16 dan masih tidak dilengkapi lampu kabut. Ban yang digunakan pun masih sama, punya ketebalan 60 dan lebar 205. Untuk interiornya juga sama dengan 2 varian dibawahnya.

Tampak salah satu varian yaitu Hyundai Kona Active

Pelek alloy menjadi pembeda dengan varian dibawahnya 

Lanjut ke satu varian diatas Kona Go dan Kona Active, yaitu Kona Elite. Pelek lagi-lagi menjadi pembeda di varian 'nanggung' ini. Peleknya pakai alloy 17 inchi dibalut dengan ban dengan ketebalan 55 dan lebar 215 serta sudah tersedia 7 pilihan warna bodi dan masing-masing 1 pilihan warna roof dan interior. Yang agak membedakan lampu kabut alias foglamp sudah tersedia di Hyundai Kona Elite ini. Kami memprediksi Hyundai Kona Elite ini akan menjelma menjadi varian XG dan jadi salah satu varian yang akan masuk ke Indonesia berdampingan dengan Hyundai Kona tipe Highlander sebagai top of the line-nya. Bagian interior? Nanti sekalian kami bahas di bagian interior. Berikut ini review Hyundai Kona Highlander hanya untuk Anda. 

Tampak sebuah Hyundai Kona varian Elite 2019

Hyundai Kona Elite diprediksi akan bertransformasi menjadi tipe XG saat masuk ke Indonesia

EKSTERIOR Hyundai Kona 2019

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Tampak Depan

Tampak sebuah Hyundai Kona Highlander 2019 sedang melaju

Lekuk bumper mampu menyembunyikan foglamp sehingga terkesan clean

Inilah review Hyundai Kona varian tertinggi yaitu Highlander. Dari depan terlihat sangat jelas perbedaannya dengan 4 varian lain dibawahnya (kecuali Elite), grillnya sudah ada lapisan krom yang mengelilinginya, grillnya juga agak mirip dengan desain trapezodial khas Audi. Tentunya hal ini tidak mengherankan, karena kepala desainer KIA dan Hyundai adalah Peter Schreyer yang merupakan mantan kepala desainer pabrikan eropa tersebut. Rumah (cover) headlampnya juga unik dengan warna two tone hitam dan silver yang memberi kesan yang kekar pada mobil ini. Foglampnya juga 'tersembunyi' dengan rapi.

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Tampak Samping

Tampak sebuah Hyundai Kona Highlander 2019 dari Samping

Sepatbor tebal dengan lis hitam membuat aura crossover sangat mencuat

Pelek 18 inchi langsung 'mentasbihkan' diri menjadi pembeda pada mobil ini. Perawakannya langsung terlihat kekar dan gagah, serasi dengan sepatbor tebal dengan lis warna hitam yang membuat aura crossover mobil ini semakin mencuat. Belum lagi lis pada pintu bagian bawah yang memiliki punya garis dinamis serta fungsi ganda yaitu sebagai pemanis dan door guard yang melindungi dari benturan saat parkir. Pilar C-nya juga terdapat kisi-kisi yang berfungsi mengarahkan aliran angin guna membantu meningkatkan aerodinamika. Pun begitu pada atap mobil ini yang memang memiliki desain floating roof (desain atap mengambang) yang keren.  

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Tampak Belakang

Tampak sebuah Hyundai Kona Highlander 2019 difoto dari sisi belakang

Andai badge H miring-nya dicopot, pasti bakal mengira mobil ini keluaran Eropa 

Aura funky dan keren terpancar dari desain buritan mobil ini. Lihat saja desain lampu belakang LED-nya yang punya desain memanjang pada pintu, terpisah dengan lampu sein dan lampu mundur serta mata kucingnya. Sayangnya desain seperti ini membuat pintu bagasinya tinggi, sehingga jika kebetulan Anda membawa barang yang bobotnya berat dan ingin meletakkannya di bagasi, butuh effort alias usaha ekstra untuk memasukkannya ke bagasi. Tapi secara keseluruhan desain mobil sangat menarik untuk dilihat.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Hyundai Kona 2019

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Layout Interior

Tampak layout interior Hyundai Kona Highlander 2019

Aura layout kabin Hyundai Kona Highlander 2019 ini sangat menyenangkan

Yuk masuk ke bagian dalamnya. Yang langsung terasa adalah layout kabin Hyundai Kona tipe Highlander 2019 ini sangat menyenangkan. Lihat saja lis-lis berwarna acid yellow leather trim yang mengelilingi cluster kisi AC kiri, kanan dan tengah serta bagian dasar tuas transmisi hingga tombol stater. Enggak hanya itu saja, benang jahitan juga warnanya disesuaikan dengan trim tadi. Kami suka peletakkan tombol-tombol instrumen baik AC maupun fitur lainnya yang berhubungan dengan operasi yang rapi dan tentunya mudah dijangkau oleh tangan. Kami harap untuk Kona yang masuk Indonesia, kualitas material interiornya lebih baik dan minim plastik keras. 

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Konfigurasi Jok

Tampak Konfigurasi Jok Pada Hyundai Kona Highlander 2019

Fleksibilitas pengaturan jok belakang menambah kepraktisan di kabin Hyundai Kona Highlander 2019

Beralih ke konfigurasi jok Hyundai Kona Highlander 2019 ini. Total 5 penumpang dewasa dapat masuk dengan nyaman di dalam mobil yang mempunyai wheelbase (panjang sumbu roda) 2,6 meter ini. Semua penumpang juga akan aman karena masing-masing dapat menggunakan seatbelt (sabuk pengaman) dengan jenis 3 titik. Yang menyenangkan adalah dari sisi kepraktisan mobil ini. Hyundai Kona Highlander 2019 memiliki pengaturan jok belakang yang dapat dilipat sesuai dengan kebutuhan, yaitu pelipatan 40-60 dengan hanya menarik satu tuas dari masing-masing bagian pada kursi belakang. Untuk nyaman atau tidaknya, tunggu Kona sampai Indonesia ya.

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Kapasitas Bagasi

Kapasitas Bagasi Hyundai Kona Highlander 2019

Bagasi seluas 361 liter dan dapat diperluas hingga 1143 liter cukup membantu membawa berbagai macam barang

Bagi Anda yang suka membawa barang di bagasi tentunya tidak perlu khawatir, karena saat Anda memilih Hyundai Kona Highlander 2019 sebagai daily driver (kendaraan harian) Anda, sampeyan akan langsung disuguhi dengan kapasitas bagasi 361 liter . Well, kami tahu itu tidak sebaik Honda New HR-V yang baru saja mengalami facelift. Karena Honda HR-V kapasitas bagasinya lebih unggul 87 liter dari Hyundai Kona 2019. Tapi setidaknya bagasinya tidak sekecil Mazda CX-3 yang hanya 264 liter saja. Tapi siapa juga mau pindahan rumah pakai crossover compact macam Hyundai Kona Highlander 2019?

>>> Baca juga:

FITUR Hyundai Kona 2019

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Head Up Display

Fitur Head Up Display Hyundai Kona Highlander 2019

Fitur Head Up Display (HUD) pada Hyundai Kona Highlander 2019 sangat memanjakan mata dan informatif

Kalau boleh jujur, kami sangat menyukai fitur HUD yang terinspirasi pada instrumen pesawat tempur pada semua mobil yang punya kelengkapan ini. Karena fitur HUD sangat membantu pengemudi untuk lebih berkonsentrasi pada kondisi jalan yang hendak dilalui. Bedanya, HUD pada Hyundai Kona Highlander 2019 yang sedang kami bahas ini sangat menarik, karena bukan hanya menampilkan informasi-informasi yang penting saat dijalanan. Seperti info kecepatan aktual, smartsanse active pack, visual gps, hingga batas kecepatan di jalan yang sedang dilewati. Namun HUD ini juga dapat menampilkan animasi yang berwarna.

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Wireless Charging

Fitur Wireless Charging Pada Hyundai Kona Highlander 2019

Wireless charging akan mempermudah hidup Anda yang suka kehabisan baterai smartphone

Masyarakat nowadays (zaman sekarang) tidak bisa lepas dengan yang namanya sosial media, dan kebanyakan aktivitas pada media sosial tersebut dilakukan dengan menggunakan smartphone. Tentunya akan repot jika Anda sampai kehabisan baterai ditengah perjalanan. Membawa car charger dengan kabel yang berseliweran pastinya tidak praktis. Nah, jika smartphone Anda sudah dilengkapi fitur wireless charging, maka Anda bisa letakkan saja di konsol bawah didepan tuas transmisi pada Hyundai Kona Highlander 2019. Otomatis selama perjalanan, baterai ponsel Anda akan terisi dan sudah penuh saat telah tiba di tujuan.

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Rear Camera

Rear parking camera pada Hyundai Kona Highlander 2019

Kamera parkir akan sangat membantu Anda saat harus parkir mundur

Parkir dengan posisi mobil harus berjalan mundur adalah momok tersendiri bagi pengemudi pemula. Namun jangan khawatir, keberadaan kamera mundur akan sedikit mengeliminasi perasaan takut tersebut. Tinggal geser tuas transmisi ke posisi R atau reverse (mundur), maka secara otomatis kamera parkir aktif bekerja dan area belakang kendaraan akan terlihat. Tinggal Anda ikuti saja garis pandu maya parkir yang mengikuti arah putar setir. Ini akan membantu Anda memprediksi jarak lahan parkir yang tersedia, apakah cukup untuk ditempati oleh Hyundai Kona Highlander 2019 yang Anda sedang kemudikan.

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Sunroof

Sunroof di Hyundai Kona Highlander 2019

Sunroof menambah aura kelegaan kabin Hyundai Kona Highlander 2019

Memang fitur ini tidak terlalu berguna di Indonesia, negara beriklim tropis yang dominan panas. Namun fitur sunroof tentunya akan memberi kelas tersendiri bagi mobil yang mengusung fitur ini. Gengsi akan menjadi naik jika Anda melakukan foto selfie didalam mobil yang dilengkapi dengan sunroof, singkatnya kesan mahal dan berkelas akan langsung terasa. Walau fitur ini akan jarang digunakan pemiliknya namun kami yakin anak-anak akan menyukai fitur semacam ini. Selain itu sunroof secara tidak langsung akan menambah aura kelegaan kabin dari Hyundai Kona Highlander 2019.

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Forward Collision

Fitur radar forward collusion pada Hyundai Kona Highlander

Fitur forward collision akan menghindarkan Anda dari malapetaka di jalan

Fitur forward collision dapat dibilang sebagai mata ketiga Anda. Karena fitur ini merupakan radar yang dapat mendeteksi sensor gerak dan jarak. Cara kerja dari fitur ini adalah sensor yang terletak dibalik dudukan kaca spion tengah akan mengambil data berupa gambar, lalu gambar tersebut diinterpretasikan ke ECU (Electronic Control Unit). Jika keadaanya berbahaya atau melewati batas toleransi jarak aman, maka ECU memerintahkan untuk mengambil alih kuasa rem dan mereduksi tenaga mesin. Secara otomatis mobil akan mengerem. Singkatnya fitur forward collision akan menghindarkan Anda dari malapetaka dijalan.

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Rear Cross Traffic Alert

Rear cross traffic alert pada Hyundai Kona Highlander 2019

Dengan adanya fitur rear cross traffic alert, Anda akan dengan mudah memantau kondisi aman buritan mobil ketika hendak mundur

Pernahkah Anda ketika sedang hendak keluar dari parkiran tanpa keberadaan tukang parkir tiba-tiba ada kendaraan lain nyelonong (menerabas) dibelakang mobil Anda? Nah, dengan adanya fitur rear cross traffic alert, Anda akan dengan mudah memantau kondisi aman buritan mobil Hyundai Kona Highlander 2019 ketika hendak mundur. Cara kerja ini sebenarnya mirip dengan sensor parkir, bedanya, cakupan serta sensor geraknya lebih jauh dan sensitif bila dibandingkan dengan sensor parkir. Fitur ini akan memberikan peringatan berupa suara dan indikator akan menyala ketika ada kendaraan lain melaju kencang dibelakang mobil Anda.

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Blind Spot Monitoring System

Fitur blind spot monitoring system pada Hyundai Kona Highlander 2019

Fitur blind spot monitoring system akan membantu memantau area yang tidak terpantau spion

Jika Anda berpikir kaca spion sudah menggambarkan bagian samping belakang kendaraan secara utuh berarti Anda salah. Karena sebesar apapun spion pasti masih ada yang namanya titik buta alias blind spot. Titik buta ini tidak terpantau oleh spion kendaraan, dan berpotensi menjadi sumber celaka. Hyundai Kona Highlander 2019 dilengkapi dengan fitur Smartsanse Active Pack yang terdiri dari 6 fitur keamanan salah satunya adalah blind spot monitoring system. Cara kerjanya pun sama, dengan memanfaatkan sensor radar yang lebih kuat daya pancarnya, lalu dioleh dan peringatan akan nampak di spion ketika ada kendaraan lain yang masuk blind spot area.

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Cruise Control

Fitur cruise control pada Hyundai Kona Highlander 2019

Lewat jalan tol akan semakin menyenangkan dengan adanya fitur cruise control

Salah satu hal yang tidak menyenangkan ketika melewati jalan bebas hambatan alias jalan tol adalah jalan yang dilalui cenderung lurus dan dalam tempo waktu yang lama. Fitur cruise control akan membuat perjalanan semakin menyenangkan, Anda tinggal tekan saja tombol di lingkar kemudi sebelah kanan pada Hyundai Kona Highlander 2019 ini. Set pada kecepatan yang diinginkan, maka ECU akan memerintahkan throttle body untuk membuka di derajat tertentu untuk menstabilkan campuran bahan bakar dan udara. Efeknya kecepatan Hyundai Kona Highlander 2019 akan ditahan, dan anda dapat 'mengistirahatkan' kaki kanan Anda. 

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Driver Attention Warning

Driver Attention Warning Pada Hyundai Kona Highlander 2019

Mengemudi dalam jangka waktu lama, Hyundai Kona Highlander 2019 bisa mengingatkan Anda untuk ngopi

Waktu maksimal manusia untuk berkonsentrasi dalam mengemudi adalah 2 jam. Lewat dari 120 menit tersebut dianggap orang tidak lagi memiliki konsentrasi maksimum untuk berkonsentrasi dalam mengemudikan kendaraan. Tapi jangan khawatir Hyundai Kona Highlander 2019 mampu mengingatkan Anda untuk beristirahat dan menyeruput kopi. Cara kerja dari sistem keamanan ini sederhana, ECU merekam sejauh mana jarak tempuh kendaraan berjalan, dan selama apa waktu yang sudah dilewati. Data tersebut akan diolah, dan pada titik tertentu komputer akan memprediksikan waktu yang tepat untuk Anda beristirahat.

>>> Klik sini untuk simak harga dan promosi mobil Hyundai lainnya

OPERASI Hyundai Kona 2019

Review Hyundai Kona Highlander 2019: Mesin Serupa Tucson

Mesin Hyundai Kona Highlander 2019 Persis Hyundai Tucson

Mesin yang digunakan saat masuk Indonesia disinyalir adalah normaly aspirated 2000 cc serupa Hyundai Tucson

Kalau boleh jujur diatas kertas kami dari Cintamobil.com tidak berharap banyak atas mesin yang serupa dengan Hyundai All New Tucson bensin ini. Karena tenaganya biasa saja, dan semburan torsinya pun tidak istimewa. Namun dengan dimensi yang lebih kecil, rasio gigi yang lebih pas, bobot mobil yang lebih ringan dibandingkan dengan kakaknya tersebut, seharusnya Hyundai Kona Highlander 2019 akan lebih asyik ketika dikemudikan. Kami sangat berharap PT. Hyundai Mobil Indonesia memasukkan juga varian dengan mesin diesel 1600 cc, yang dilengkapi dengan kopling ganda. Untuk daftar spesifikasi yang akan mencantumkan tenaga, torsi, dimensi dan lainnya akan kami rangkum dibawah ini.

>>> Dapatkan informasi tentang mobil Hyundai lainnya di sini

spesifikasi Hyundai Kona 2019

Inilah spesifikasi lengkap Hyundai Kona Highlander 2019.

Dimensi/ Ukuran Hyundai Kona Highlander 2019

P x L x T

4.165 x 1.800 x 1.565 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

170 mm

Jarak Sumbu Roda

2.600 mm

Mesin Hyundai Kona Highlander 2019

Jenis

4 Silinder Inline, Multi Point Injection, DOHC, HLA valve system

Isi silinder

1.998 cc

Diameter x langkah

81,0 mm x 97,0 mm

Daya maksimum

147,5 dk @ 6.200 rpm

Torsi maksimum

180 Nm @ 4.500 rpm

Rangka Hyundai Kona Highlander 2019

Transmisi

6 Speed Automatic Gearbox, Front Wheel Drive

Suspensi depan

MacPherson Strut

Suspensi belakang

Torsion Beam Axle

Rem depan

Ventilated Disc 280 mm

Rem belakang

Solid Disc 262 mm

Kapasitas Tangki

50 Lite

kelebihan & kekurangan Hyundai Kona 2019

Berikut kelebihan dan kekurangan  Hyundai Kona Highlander 2018.

Kelebihan

Kekurangan

Desain unik, dan akan tampil beda dijalan

Varian yang akan dijual di Indonesia bukan yang bermesin turbodiesel

Fitur keselamatan lengkap baik aktif maupun pasif

Tenaga mesin dan torsi kurang menggigit dikelasnya (varian bermesin bensin)

Banyak pilihan warna dengan kombinasi menarik

Layout kabin seharusnya bisa dibuat lebih funky dan stylish

daftar harga Hyundai Kona 2019

Mobil ini belum dijual di Indonesia, namun menurut salah satu sumber terpercaya kami, Hyundai Kona 2019 paling cepat akan masuk Indonesia akhir tahun 2018 dengan harga jual mulai dari Rp 325 juta. Namun berapa varian yang akan dimasukkan serta tipe apa saja, sumber kami tersebut masih mengunci mulut rapat-rapat.

Video Hyundai Kona 2019

KESIMPULAN Hyundai Kona 2019

Tampak sebuah Hyundai Kona Highlander 2019

Anda pribadi yang stylish? Berarti cocok dengan Hyundai Kona Highlander 2019 ini

So this is car for you? Kami sangat merekomendasikan Hyundai Kona Highlander 2019 ini, jika Anda adalah pribadi yang suka tampil beda, nyentrik maka Hyundai Kona Highlander 2019 adalah mobil yang pas buat Anda. Kami harap PT. Hyundai Mobil Indonesia memasukkan juga varian bermesin diesel yang pasti sangat fun untuk dikemudikan itu.

Tampak 2 Hyundai Kona yang berbeda tipe

Tipe mana yang akan Anda pilih?

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

 

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil