Review Hyundai Ioniq EV 2020: e-Taksi Ramah Lingkungan

29/12/2019

Share this post:

Hyundai Ioniq 2020

Editor rate:

Lihat promo

Hyundai Ioniq EV 2020 menjadi model ramah lingkungan unggulan milik Hyundai yang akan bekerjasama dengan Grab yang bisa Anda coba mulai awal tahun depan.

Review Hyundai Ioniq EV 2020: e-Taksi Ramah Lingkungan
Review Hyundai Ioniq EV 2020: e-Taksi Ramah Lingkungan
0 Gambar

Pengantar Hyundai Ioniq 2020

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Ioniq 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Ramah lingkungan

Ruang kabin cukup lapang

Ruang bagasi luas

Kekurangan

Desain grill depan yang tampil aneh

Review Hyundai Ioniq EV 2020 - Sejak diluncurkan pada tahun 2016, Ioniq telah menjadi mobil pertama di dunia yang direncanakan sejak awal dengan menawarkan tiga sumber tenaga, yaitu hybrid, plug-in hybrid, dan tenaga listrik penuh. Model ini juga sekaligus sebagai kendaraan bahan bakar alternatif pertama Hyundai yang dibuat untuk memberikan efisiensi yang luar biasa dan menyenangkan untuk dikendarai.

Gambar menunjukkan Hyundai Ioniq 2020 dipakai untuk menjadi sebuah mobil Grab

Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata berpose bersama Hyundai Ioniq

Sayangnya mobil ramah lingkungan ini belum dijual secara resmi oleh Hyundai di Indonesia. Untuk bisa mencoba merasakan sensasi berada di dalam kabin Hyundai Ioniq EV 2020, Anda harus menyewanya melalui aplikasi Grab mulai awal tahun depan. Lalu seperti apa tampilan, kenyamanan, sumber tenaga dan keunggulan lainnya dari sedan liftback ramah lingkungan ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Eksterior Hyundai Ioniq 2020

Review Hyundai Ioniq EV 2020: Tampilan Depan

Gambar menunjukan tampilan depan Hyundai Ioniq 2020

Tampilan depan Hyundai Ioniq EV 2020

Hyundai Ioniq EV 2020 dibekali dengan desain grille terbaru yang menggunakan model tertutup nyaris tanpa lubang udara yang terlihat. Sementara itu untuk lampu utama didesain modern dengan tampilan yang memiliki tiga aksen garis LED sebagai ciri khasnya. Di bagian bumper bawah, juga dibekali juga dengan Daytime Running Light (DRL) ganda berbentuk garis lurus vertikal bersudut lancip dibalut dengan bazel berwarna hitam untuk menciptakan tampilan yang lebih halus dan dinamis.

Review Hyundai Ioniq EV 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan sebuah mobil Hyundai Ioniq 2020 dilihat dari sisi samping

Tampilan samping Hyundai Ioniq EV 2020

Dari samping, Hyundai Ioniq EV 2020 hadir dengan handle pintu berlapis chrome serta cover rumah spion dengan sentuhan dual tone plus lampu sein. Selain itu pada bagian bawah pintu terdapat sentuhan aksen chrome yang menjadikan tampilan sedan liftback ini tambah elegan. Jika dilihat dari samping Hyundai Ioniq EV 2020 pada bagian pilar C cukup landai sehingga model ini masuk kategori sedan liftback. Pada bagian rodanya dibekali dengan velg berukuran 16 inci berbalut ban 205/60/R16. 

Review Hyundai Ioniq EV 2020: Tampilan Belakang

Dari sisi belakang, Hyundai menampilkan visual taillight Hyundai Ioniq EV 2020 menggunakan teknologi lampu LED yang tersedia dengan desain menyatu dengan pintu belakang, membuat sedan liftback ini tampak menonjol di malam hari tidak hanya menawarkan peningkatan estetika tetapi juga keamanan tambahan. 

Gambar menunjukan tampilan belakang Hyundai Ioniq 2020

Tampilan belakang Hyundai Ioniq EV 2020

Terkait ruang bagasi, karena model ini merupakan model sedan liftback sudah sepantasnya jika memiliki ruang bagasi yang cukup baik dengan kapasitas sebanyak 357 liter. Inilah salah satu alasan mengapa Hyundai Ioniq 2019 dipilih Grab Indonesia sebagai kesepakatan kerjasamanya dengan Hyundai dipersiapkan bukan hanya untuk transportasi dalam kota saja, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan lainnya, seperti ke bandara. 

Selain itu sedan liftback ini mempunyai ciri khusus terdapatnya aksen kaca untuk menambah visibilitas di kap bagasinya mirip rivalnya yang lebih dulu lahir seperti Toyota Prius generasi ketiga, Honda Insight dan Chevrolet Volt. Sedangkan pada sisi bumper, Hyundai Ioniq 2020 dibekali aksen berwarna abu-abu lebar memanjang membuat bagian belakang jadi tampak menarik.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:


Interior Hyundai Ioniq 2020

Review Hyundai Ioniq EV 2020: Layout Dashboard dan setir 

Di dalam kabin, Hyundai Ioniq EV 2020 dibekali dengan head unit dengan layar sentuh beresolusi tinggi sebesar 10,25 inci yang merupakan layar terbesar dalam jajaran mobil-mobil Hyundai. Panel instrumen juga mendapatkan tampilan dasbor digital baru dengan tombol kontrol konvensional yang digantikan oleh tombol-tombol sentuh. Desain dashboard Hyundai Ioniq EV 2020 sendiri benar-benar baru dan menggunakan bahan yang lebih lembut untuk sentuhan penampilan yang lebih mewah. Penyematan pencahayaan Mood Lighting pada dashboard juga menjadi sentuhan yang bagus untuk meningkatkan kemewahan di dalam kabin Hyundai Ioniq EV 2020.

Gambar menunjukan Layout Dashboard dan setir  Hyundai Ioniq EV 2020

Layout Dashboard dan setir Hyundai Ioniq EV 2020

Beralih ke bagian setir, Hyundai Ioniq EV 2020 sudah didukung pengaturan tilt dan telescopic. Lingkar kemudi ini juga mendapat balutan bahan kulit dan aksen chrome dengan konfigurasi tombol multifungsi seperti fitur cruise control, paddle shifter hingga tombol panggilan telepon.

Selain itu, melalui tombol pada setir juga bisa mengatur mode berkendara, yaitu Eco, Normal, dan Sport. Setiap mode yang dipilih akan menunjukkan tampilan warna yang berbeda di layar multi information display, yaitu warna hijau untuk eco, biru untuk normal dan merah untuk Sport.

Review Hyundai Ioniq EV 2020: Kursi

Gambar menunjjukan Kursi Hyundai Ioniq EV 2020

Kursi berbalut kulit dari Hyundai Ioniq EV 2020

Kursi Hyundai Ioniq EV 2020 didesain dua baris dan mampu menampung hingga lima orang penumpang. Mengadopsi material kulit yang lembut, kursi pada sisi pengemudi dan penumpang dirancang dengan bentuk yang bisa menopang tubuh dengan baik saat mobil manuver. 

Ruang kaki di kursi baris kedua cukup lapang dan juga kursinya telah dilengkapi dengan headrest untuk ketiga penumpang belakang. Kursi baris kedua juga dapat dilipat rata lantai untuk menambah kapasitas bagasi ketika membawa lebih banyak barang.

>>> Baca juga:

Fitur Hyundai Ioniq 2020

Review Hyundai Ioniq 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan 

Gambar menunjukan airbag Hyundai Ioniq 2020

Airbag bagian depan dari Hyundai Ioniq EV 2020

Hyundai Ioniq EV 2020 memiliki fitur keselamatan cukup baik. Fitur keselamatan pasif hadir melalui tujuh airbags yang disematkan bagi pengemudi dan penumpang baris depan, bagian samping dan jendela, depan perut, hingga lutut. Sementara itu fitur keselamatan aktif hadir melalui PDW (Parking Distance Warning) Electric Parking Brake dengan Autohold, dan Tire Pressure Monitoring System.

>>> Teknologi Pemindai Sidik Jari Hyundai Akan Dipasangkan pada Santa Fe 2019

Operasi Hyundai Ioniq 2020

Hyundai Ioniq EV 2020 yang akan menjadi armada Grab ini dibekali baterai berkapasitas  38,3 kWh (killo watt per hour). Daya jelajah sedan tanpa emisi ini cukup jauh yakni 373 km dalam keadaan baterai penuh yang merupakan klaim dari New European Driving Cycle (NEDC). Dan untuk tenaga maksimalnya setara 136 daya kuda dengan torsi maksimal 285 Newton Meter. 

Gambar menunjukan Mesin Ioniq 2020

Mesin dari Hyundai Ioniq EV 2020

Untuk pengisian baterai, Ioniq bisa mencapai 80 persen dalam waktu 54 menit dengan pengisian cepat (fast charging 100 kW). Sementara untuk tipe 50 kW, bisa terisi 80 persen dalam waktu 57 menit.

>>> Sebelum Terlambat, Ketahuilah Tanda-tanda Kopling Mobil Anda Bermasalah

Spesifikasi Hyundai Ioniq 2020

Baru saja diperkenalkan beberapa waktu lalu, intip lagi spesifikasi Hyundai Ioniq EV 2020 berikut ini.

Tipe Motor 100kW
Tenaga 136 daya kuda
Torsi maksimal 285 Nm
Jarak Tempuh (Baterai) 373 km
Kapasitas baterai 38.3kWh
Transmisi 6 Percepatan Dual Clutch Transmission Single Speed Reduction Gear
Panjang x Lebar x Tinggi 4.470 mm X 1.820 mm X 1.475 mm
Wheelbase 2.700 mm
Ukuran ban 205/60/R16

Daftar Harga Hyundai Ioniq 2020

Untuk Anda yang ingin membeli Hyundai Ioniq EV 2020, Anda harus bersabar karena saat ini sedan ramah lingkungan ini belum dijual secara resmi oleh Hyundai. Saat hadir pun, hanya dapat disewa dalam skema kerja sama dengan penyedia layanan e-taksi Grab. 

>>> Anda mau membeli mobil Hyundai? Jangan tinggal daftar ini ya

Kesimpulan Hyundai Ioniq 2020

Kehadiran Hyundai Ioniq EV 2020 menambah rangkain mobil ramah lingkungan yang hadir di Indonesia. Sedan liftback ini menawarkan jarak tempuh yang cukup jauh plus kepraktisan ruang bagasi yang leluasa. Bagian interiornya juga menawarkan kualitas mewah. Tersematnya pencahayaan Mood Lighting pada dashbord memberikan sensasi kabin layaknya mobil premium. 

Saat kehadirannya tahun depan, model ramah lingkungan ini belum akan dipasarkan secara resmi oleh Hyundai Indonesia. Namun Anda bisa merasakan sensasi berada di kabin Hyundai Ioniq EV 2020 melalui program layanan Grab Car Electric Vehicle yang akan dimulai awal 2020. Saat nanti Hyundai akhirnya menjual Hyundai Ioniq EV 2020 untuk pasar lokal, sedan liftback ini bisa jadi alternatif tersendiri untuk Anda yang mendambakan mobil ramah lingkungan untuk mobilitas perkotaan sebagai alternatif terbaru.

>>> Klik sini untuk lihat semua mobil dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia.

Rahmat Fajar Nugraha
Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Review lain

Review All New Honda City 2020: Evolusi sebuah sedan perkotaan

Rp 270.064.385

28/11/2019

Editor rate:

Setelah siklus lima tahun dari generasi keempat, Honda menghadirkan generasi ketujuh All New Honda City yang kini lebih sporty, bertenaga, namun lebih efisien. Dengan modal ketiga hal tersebut, akankah City generasi baru ini meneruskan pendahulunya yang sukses besar di pasar Asia?

Lihat juga

Review Nissan Skyline 2020: Sang Legenda Kini Makin Canggih

10/10/2019

Editor rate:

Sejak dipekenalkan tahun 1957, Nissan Skyline telah menjadi model yang cukup ikonik bagi Nissan. Seolah ingin terus mengikuti zaman, Nissan memberikan facelift yang berisikan beberapa fitur canggih pada generasi ke-13 Skyline untuk pasar Jepang, salah satunya adalah sistem otonom Nissan Pro Pilot 2.0.

Lihat juga

Review Honda Insight 2020: Temukan Desain Honda City Pada Sedan Ini

TBA

08/10/2019

Editor rate:

Sebagai perintis awal di segmen sedan Hybrid, Honda Insight adalah fenomena. Permasalah bahan bakar terbarukan, setidaknya terjawab mulai dari sini. Maka tak heran, Honda seakan ingin menghidupkan karakter Insight pada model lainnya seperti All-New City. Bagaimana sosoknya? Berikut kita simak dalam review Honda Insight 2020.

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019: Pakai Teknologi Toyota Terkini, Tapi Tetap Pertahankan Jati Diri

12/09/2019

Editor rate:

Sudah empat generasi Toyota Corolla Altis hadir di Indonesia, yang mana secara silsilah keturunan Corolla global sudah masuk generasi ke 12. Bagaimana ikon sukses mobil Toyota ini menghadapi tuntutan zaman yang semakin mengarah interaksi modern, feeling berkendara yang lebih emosional, tapi tetap tidak hilang dari jati diri sang mobil tersukses di dunia ini?

Lihat juga

Review Honda Accord 2019: Sedan Tercanggih Di Kelasnya

24/07/2019

Editor rate:

PT Honda Prospect Motor meluncurkan Honda Accord 2019 di GIIAS 2019, apa saja teknologi dikandungnya sehingga layak disebut terbaik di kelasnya?

Lihat juga