Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019: Kasta Tertinggi City Car Hyundai

30/08/2019
editor rate: 3,5 user rate: 4,0
Hyundai Motor Company sangat serius menggarap pasar mobil mereka di India. Buktinya mereka setidaknya memiliki 3 line up di kelas city car. Setelah puas membedah Hyundai Santro, kini kami akan mengulas secara lengkap dan tuntas Hyundai Grand i10 NIOS 2019 yang merupakan kasta tertinggi dari City Car Hyundai.

PENGANTAR Hyundai Grand I10 2019

Gambar menunjukkan sebuah mobil Hyundai Santro 2019 berwarna coklat dilihat dari sisi depan

Hyundai Santro adalah city car Hyundai yang didevelop khusus untuk pasar India dan terinspirasi dari nilai-nilai lokal negara tersebut

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019 - Cukup banyak pabrikan mobil yang berkonsentrasi penuh menggarap pasar negara India. Di negeri bollywood tersebut selain Suzuki, dan Renault. Hyundai adalah salah satu pabrikan mobil yang serius sekali melakukan penetrasi di negara asalnya artis Shahrukh Khan tersebut. Nyaris semua produk-produk baru Hyundai diriset dan dibuat di negeri India. Salah satu buktinya, di kelas mobil perkotaan kompak alias city car. Hyundai setidaknya memiliki 3 produk berdimensi mirip, namun untuk target pasar yang berbeda. 

Gambar menunjukkan sebuah mobil Hyundai Grand i10 2019 berwarna merah

Hyundai Grand i10 adalah city car Hyundai untuk konsumen di kelas menengah

Produk pertama di kelas city car adalah varian Santro yang didaulat sebagai mobil kota entry level pabrikan berlogo H miring tersebut. Hyundai Santro adalah city car Hyundai yang didevelop khusus untuk pasar India dan terinspirasi dari nilai-nilai lokal India. Kedua adalah Hyundai Grand i10 yang mengincar konsumen kelas menengah. Terakhir adalah mobil yang akan kita bahas kali ini, yakni Hyundai Grand i10 NIOS 2019, yang mengisi celah pasar top of the line city car Hyundai dan mentargetkan konsumen anak muda atau keluarga yang berjiwa muda.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019 berwarna biru dilihat dari sisi depan

Hyundai Grand i10 NIOS mengisi celah pasar top of the line city car Hyundai dan mentargetkan anak muda atau keluarga muda

EKSTERIOR Hyundai Grand I10 2019

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan Grill dari mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Bentuk bumper depan Hyundai Grand i10 NIOS 2019 tampak agresif namun juga elegan

Tampilan depan dari Hyundai Grand i10 NIOS 2019 mendefinisikan perpaduan yang sempurna antara desain yang penuh semangat dengan kecanggihan teknologi. Hal tersebut terlihat dari bentuk bumper depan mobil ini yang nampak agresif namun tidak meninggalkan kesan elegan. Hyundai Grand i10 NIOS 2019 ini akan memikat mata Anda dengan bentuk grill yang berani dan desain kontemporer.

Gambar menunjukkan Headlamp dari mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Headlamp sudah mengusung model projector dengan bohlam berjenis LED

Kesan keren dan gagah semakin tercuat dengan penggunaan warna grill hitam mengkilap seperti kelir piano black dan lampu daytime running light yang berbentuk boomerang pada masing-masing sisinya, menciptakan kesan unik dan stylish. Oh ya nama NIOS itu berarti 'lebih'. Singkatnya Hyundai berharap konsumen di kelas ini melihat Hyundai Grand i10 NIOS 2019 ini lebih dari city car lain.

Gambar menunjukkan tampilan depan Hyundai Grand i10 NIOS 2019 berwarna biru

Nama belakang 'NIOS' punya makna city car ini memiliki beragam kelebihan dari city car lainnya

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Hyundai Grand i10 NIOS 2019 berwarna biru

Tampak samping mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019 terlihat dinamis, sesuai dengan karakter pasar yang disasarnya

Berlanjut ke sisi tampilan eksterior samping  Hyundai Grand i10 NIOS 2019 ini, desain bodi yang aerodinamis seakan mencerminkan karakter konsumen yang disasar Hyundai dikelas ini. Desain bodi yang aerodinamis ini pula, secara teknis dapat membantu performa dan kehematan BBM mobil ini. Tak hanya sampai disitu saja, desain aerodinamis juga termasuk ke peleknya, yang memiliki fungsi spoke dengan bilah pembuang angin yang terjebak di dalam pelek. Fungsional tapi keren.

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Hyundai Grand i10 NIOS 2019 berwarna biru

Hal yang kami paling tidak suka dari mobil ini adalah, tampilan belakang mobil ini bukan selera semua orang

Well, memang lampu belakang mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019 ini sudah dilengkapi dengan fungsi emergency stop signal yang dapat berkedip dengan interval waktu cepat guna memberi peringatan pengemudi di belakang mobil ini ketika melakukan panic brake. Hanya saja, desain eskterior belakang dari mobil ini tidak se-oke tampilan depannya. Kami merasa agak kurang greget serta cantik dan tentunya bukan selera semua orang.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Hyundai Grand I10 2019

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor dari mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Layout dasbor yang modern membuat perjalanan Anda dengan mobil ini senantiasa ceria

Masuk ke bagian interior dari Hyundai Grand i10 NIOS 2019 ini, Anda akan disambut dengan layout dasbor yang modern. Tak hanya itu saja, tata letak seperti lever (tuas) pemindah gigi, tombol pengatur AC digital climate control juga didesain mudah untuk diraih baik oleh tangan pengemudi maupun penumpang depan. Belum lagi pemilihan warna kombinasi interior yang ideal, hal ini akan membuat perjalanan Anda dengan mobil ini senantiasa ceria.

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019 : Layout Kursi

Gambar menunjukkan desain bagian Kursi dari Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Sayangnya hanya 4 penumpang saja yang mendapat headrest dari 5 kursi yang tersedia

Kelima penumpang termasuk pengemudi di Hyundai Grand i10 NIOS 2019 ini akan duduk dengan nyaman. Dengan posisi duduk yang egronomis dan pengaturan jok yang cukup fleksibel (di bagian depan). Sayangnya hanya empat penumpang saja yang mendapatkan headrest dari lima kursi yang tersedia. Hal ini akan membahayakan penumpang belakang yang duduk di tengah ketika terjadi kecelakaan ditabrak belakang oleh kendaraan lain.

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019 : Posisi Duduk Dan Akomodasi

Gambar menunjukkan posisi duduk di mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Egronomika pengemudi dan penumpang terlihat baik dengan legroom dan headroom yang cukup memadai

Posisi duduk dan egronomika baik pengemudi maupun penumpang terlihat cukup baik dengan legroom dan headroom yang memadai. Begitu pula dengan kepraktisan kabinnya yang busa dikatakan baik untuk mobil di kelas city car. Hyundai sepertinya sudah mulai berlajar dari pabrikan Jepang, bagaimana membuat kompak namun dengan kepraktisan dan kelegaan kabin yang baik.

>>> Baca juga:

FITUR Hyundai Grand I10 2019

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019 : In Car Entertaiment System & MID

Gambar menunjukkan In Car Entertainment System pada mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Head unit kekinian yang terintegrasi ini dapat memutar banyak pilihan source musik 

Fitur hiburan di Hyundai Grand i10 NIOS 2019 ini berrpusat di layar sentuh 7 inci Audio Video System dengan kemampuan untuk terkoneksi dengan smartphone melalui tiga sistem operasi mutakhir seperti Android Auto, Apple CarPlay, dan sistem MirrorLink. Meskipun tampilannya saat display LCD-nya menyala resolusinya terlihat biasa saja, namun head unit dengan model terintegrasi seperti ini terlihat rapi dan cukup mewah. Begitu juga dengan multi information display-nya yang informatif dan mampu menampilkan konsumsi bahan bakar, outside temperature, hingga posisi pintu yang terbuka. 

Gambar menunjukkan Multi Information Display pada mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Bentuk spidometer yang merangkap multi information display di mobil ini berkesan trendy dan memikat mata

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019 : ECO Coating Technology AC

Gambar menunjukkan Kisi AC pada mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Anda duduk sebagai penumpang di mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019 ini? Tenang ada kisi AC untuk penumpang belakang

Untuk sistem AC di city car terbaru andalan pabrikan berlogo H miring ini, dilengkapi teknologi berupa Eco Coating Technology, dimana teknologi yang tersemat pada pendingin ruangan mobil ini akan menghilangkan bakteri dan udara kotor masuk ke dalam mobil. Selain itu mobil ini juga memiliki ventilasi AC di untuk penumpang belakang, dan penumpang depan diberikan kisi-kisi ventilasi AC berbentuk propeller yang terlihat retro classic.

Gambar menunjukkan laci dengan AC pada mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Bahkan minuman Anda bisa dingin saat diletakkan di laci penyimpanan tertutup bagian depan mobil ini

Bukan hanya penumpang saja yang dapat menikmati fitur AC ramah lingkungan dan bersih ini, bahkan minuman Anda yang tersimpan di laci penyimpanan tertutup bagian depan mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019 ini juga mendapatkan hal yang sama. Sebuah teknologi sederhana yang menyenangkan pemilik mobil ini, serta jangan lupa teknologi ini merupakan the 1st in segment di kelas ini.

Gambar menunjukkan ECO Coating Technology AC pada mobil Hyundai i10 NIOS 2019

Teknologi Eco Coating membantu AC membersihkan udara agar kabin semakin bersih dan sejuk

Review Hyundai Grand i10 NIOS 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan fitur keselamatan pada mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Dual SRS Airbag akan melindungi Anda dan pasangan ketika terjadi tabrakan frontal di bagian depan kendaraan

Sistem-sistem canggih seperti rem dengan teknologi ABS dan EBD, speed sensing auto door lock/unlock, sensor parkir belakang, dan kamera mundur sudah menjadi standar di Hyundai Grand i10 NIOS 2019. Untuk sistem keselamatan pasif sudah tersedia kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan. Begitupula dengan struktur rangka yang diperkuat dengan penggunaan bahan Advanced High Strength Steel 65% dan sisanya menggunakan High Strength Steel.

>>> Review Hyundai Grand Avega 2011: Mobil Harga Rp. 100 Jutaan Dengan Fitur Lengkap

OPERASI Hyundai Grand I10 2019

Gambar menunjukkan Mesin 1.2L pada mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Mesin yang tersedia di Hyundai Grand i10 NIOS 2019 ini ada dua tipe, yakni Kappa berjenis bensin dan U2 Diesel

Berbeda dengan varian entry level Hyundai lain macam Santro yang mendapatkan pilihan mesin CNG dan punya tenaga lebih rendah. Hyundai Grand i10 NIOS 2019 ini tersedia dua pilihan mesin, yakni berkode Kappa untuk versi bensin dan U2 CRDi diesel yang berbahan bakar solar. Namun, yang akan kita bahas kali ini adalah bermesin bensin saja, dengan alasan jika meluncur di Indonesia, kemungkinan besar mesin Kappa dengan kapasitas silinder bersih 1,197 cc 4 silinder segaris dilengkapi katup variabel VTVT ini yang akan masuk ke tanah air.

Gambar menunjukkan transmisi AMT pada mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Hyundai Grand i10 NIOS 2019 juga tersedia dalam pilihan transmisi Automated Manual Transmission

Mesin berkarakter overstroke (dimana diameter piston lebih kecil dari langkah piston) seperti ini mengeluarkan torsinya lebih cepat di putaran mesin rendah. Karakter mesin seperti itu cocok sekali diterapkan di mobil ini yang punya bobot ringan. Apalagi penyaluran tenaga dari mesin ini dapat dipilih, mau manual 5 percepatan yang minim powerloss atau kemudahan mengemudi dengan menggunakan transmisi Automated Manual Transmission (AMT) berjuluk Smart Auto. Desain bodi yang juga dirancang aerodinamis akan membantu mobil semakin hemat BBM dalam mengolah bahan bakar.

Gambar menunjukkan Aerodinamika pada mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Desain bodi aerodinamis akan membantu mobil lebih mudah membelah angin ketika berjalan, dan akhirnya akan hemat BBM

>>> Review Hyundai i20 2016: Coba Dobrak Tren Hatchback Dengan Desain Jerman

spesifikasi Hyundai Grand I10 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Hyundai Grand i10 NIOS 2019 2019.

Mesin Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Seri mesin

 1.2L Kappa, DOHC, Dual VTVT (Variable Timing Valve Train)

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup In & Ex per Silinder)

Sistem Injeksi

 Electronic Fuel Injection

Tenaga Maksimum

 81,5 Hp (83 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 113,8 Nm (11,6 Kgm) @ 4.000  rpm

Kapasitas Silinder

 1,197 cc

Bore X Stroke

 71,0 mm X 75,6 mm

Tipe Transmisi

 Manual 5 Percepatan / AMT, Penggerak Roda Depan

Rangka Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

 3.805 mm X 1.680 mm X 1.520 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.450 mm

Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

Kapasitas Tangki

 37 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Hyundai Grand i10 NIOS 2019

Suspensi Depan & Belakang

 McPherson Strut & Coupled Torsion Beam Axle with Gas Type Shock Absorber

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD

Teknologi Safety Sasis

 Strong Body Structure-65% (Advanced High Strength Steel + High Strength Steel)

Struktur Sasis

 Monokok

Pelek

 Diamond Cut Alloy, 15 Inch

Jenis Ban

 Radial, 175/60 R15

kelebihan & kekurangan Hyundai Grand I10 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Hyundai Grand i10 NIOS 2019 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Hyundai Grand i10 NIOS 2019 ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mesin Sudah Dual VTVT

Belum Masuk Indonesia

Eksterior Menarik

Harga Belum Tentu Bersaing Dengan LCGC

Akomodasi Dan Kepraktisan Kabin Baik

Tampilan Belakang Terlalu Biasa

daftar harga Hyundai Grand I10 2019

Dari informasi yang kami dapat, Hyundai i10 dirilis pertama kali di Indonesia pada tanggal 5 Maret 2009. Perubahan demi perubahan terus dilakukan yang terakhir diberikan penyegaran pada tahun 2017 lalu. Beberapa hal menarik disuguhkan yang semakin siap menghibur Anda. Model terbarunya ini ditawarkan ke dalam empat pilihan yang dibedakan dari aspek transmisi serta bodi trim. Berikut daftar harga Hyundai Grand i10 yang dijual di Indonesia pada setiap variannya.

TIPE MOBIL

HARGA HYUNDAI GRAND I10 BARU (OTR)

HYUNDAI NEW GRAND i-10 X MT

Rp186.000.000

HYUNDAI NEW GRAND i-10 GLX MT Rp181.000.000

HYUNDAI NEW GRAND i-10 GLX AT

Rp204.000.000

HYUNDAI NEW GRAND i-10 X AT Rp209.000.000

Video Hyundai Grand I10 2019

KESIMPULAN Hyundai Grand I10 2019

Gambar menunjukkan sebuah mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019 berwarna biru dilihat dari sisi depan

So, is this car for you?

Yes, jika Anda mencari sebuah city car yang stylish lagi modern, mobil Hyundai Grand i10 NIOS 2019 ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil