Review Hyundai Grand i10 2017

21/12/2018

Share this post:

Hyundai Grand I10 2017

Editor rate:

Lihat promo

Di kategori mobil Hatchback Subcompact, Hyundai memiliki Grand i10. Kehadirannya menggantikan Atoz yang tentu saja dirancang dengan tampilan lebih segar dan stylish. Adapun generasi terbarunya dirilis di Indonesia pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Kira-kira hal baru apa yang ditawarkan oleh pabrikan asal Negeri Ginseng ini? Berikut kita simak review Hyundai Grand i10 2017.

Review Hyundai Grand i10 2017
Review Hyundai Grand i10 2017
0 Gambar

Pengantar Hyundai Grand I10 2017

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Grand I10 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan interior terbilang sangat elegan dan stylish berkat sajian Two Tone Colours

Sisi eksterior juga terlihat sedikit garang terutama wajah depan dibanding pendahulunya

Radius putar tergolong mumpuni untuk melakukan manuver lebih mudah sebagai City Car

Kekurangan

Panel audio belum mendukung pengoperasian video

Air Bags hanya menyediakan satu unit saja

Review Hyundai Grand i10 2017 - Hingga kini Grand i10 sudah memiliki dua generasi. Peluncuran generasi pertamanya dilakukan di India tepat pada tanggal 31 Oktober 2007. Kala itu, rangka bodinya dirancang dengan bentuk Compact, mengingat Grand i10 dipersiapkan untuk menggantikan Hyundai Atoz.

Hyundai Atoz yang sudah stop produksi akhirnya digantikan oleh Hyundai Grand i10 di tahun 2007

Hyundai Atoz (atas) diberhentikan dan diganti oleh Grand i10

Namun jangan salah, di kesempatan kali ini Cintamobil.com hendak membahas lebih lanjut tentang generasi kedua Grand i10. Bisa dibilang, produk satu ini tergolong masih baru yang diperkenalkan di ajang GIIAS 2017. Bodi mungil dari generasi sebelumnya masih dipertahankan namun diberi pernak-pernik menarik sehingga aura sporty dan stylish cukup terasa di berbagai sisinya.

Hyundai Grand i10 GLX memiliki desain yang lebih segar daripada model sebelumnya

Sosok Hyundai Grand i10 ketika dipersiapkan untuk acara GIIAS 2017

Di sisi lain, harganya yang terjangkau menjadi salah satu alasan utama mengapa orang memilih mobil satu ini. Namun bagaimana dengan fiturnya dan performa mesinnya? Apakah terbilang menyenangkan? Mari kita bahas bersama dalam review Hyundai Grand i10 2017.

Eksterior Hyundai Grand I10 2017

Bodinya yang mungil dikemas dengan nuansa stylish dan dinamis. Tentu saja hal ini memberi dampak signifikan pada kelincahannya di area perkotaan pada pengendara. Untuk menyimak segala fiturnya, berikut ulasan eksterior Hyundai Grand i10 2017.

Review Hyundai Grand i10 2017: Eksterior Depan

Hal paling ikonik dari City Car Hyundai adalah sapuan Grille minimalis berlapis krom yang dihias apik dengan logo kebanggaan. Terkesan sederhana namun masih di tataran stylish untuk kendaraan perkotaan.

Eksterior Depan Hyundai Grand i10 2017 terlihat ikonik dengan satu sapuan Grille minimalis
Eksterior depan Hyundai Grand i10 2017 sudah dibekali lampu Projector Headlamp dan LED DRL

Bemper depan juga menggunakan siluet mirip berlian dengan latar hitam. Desain tersebut terasa serasi ketika dipadukan dengan dua buah Fog Lamps bergaya agresif. Di sisi lain, Anda tak perlu khawatir akan masalah pencahayaan karena i10 sudah dibekali Projector Headlamp dan LED Daytime Running Lights (DRL).

Review Hyundai Grand i10 2017: Eksterior Samping

Melihat bodi sampingnya, Anda akan terkesima dengan pelek berukuran 14 inci yang memiliki desain sporty. Adapun kaca spion-nya belum didukung aksen krom namun lebih menggunakan warna serupa dengan bodinya. Alhasil, tampilannya sangat pantas untuk dibilang stylish.

Eksterior belakang Hyundai Grand i10 2017 menggunakan lampu Rear Combination berdesain dinamis

Eksterior samping Hyundai Grand i10 2017 menggunakan ban berukuran 14 inci

Review Hyundai Grand i10 2017: Eksterior Belakang

Sisi belakangnya lebih kental akan nuansa sporty. Hal tersebut bisa diamati pada Rear Spoiler minimalis pada atapnya. Perubahan lain juga terasa pada lampu belakang. Pasalnya, generasi sebelumnya menerapkan posisi vertikal kini diubah menjadi memanjang hingga ke bodi sampingnya. Cukup mengesankan bagi kami, sukses memberi nuansa lebih Fresh.

Eksterior belakang Hyundai Grand i10 2017 dilengkapi bemper dengan Reflector

Eksterior belakang Hyundai Grand i10 2017 terlihat apik dengan Rear Spoiler berukuran minimalis

>>> Baca juga:


Interior Hyundai Grand I10 2017

Melompat ke dalam interior Hyundai Grand i10 2017, seketika kami dibuat terkesima dari permainan Two Tone Colours pada kabinnya. Hitam dan Beige tampak mendominasi keseluruhan tatanan interior-nya. Tentu saja, dibanding kompetitor lainnya, tampilan ini lebih menyiratkan kesan klasik serta elegan.

Review Hyundai Grand i10 2017: Dashboard

Selain menonjolkan aura elegan, dashboard i10 juga menyajikan tombol multifungsi. Bisa Anda lihat pada gambar di bawah, penataan tombolnya terbilang sangat ergonomis yang memudahkan pengendara mengaksesnya.

Dashboard Hyundai Grand i10 2017 sudah dilengkapi audio standar yang mampu mengoperasikan radio

Dashboard Hyundai Grand i10 2017 menerapkan warna Two Tone yang membedakan dengan kompetitor lainnya

Hal yang cukup kami sayangkan adalah panel Head Unit-nya masih dikemas sederhana. Hanya mampu mengoperasikan audio dalam format radio AM/FM, CD dan USB. Meski begitu, kami rasa hal tersebut cukup mumpuni untuk menemani perjalanan Anda.

Review Hyundai Grand i10 2017: Setir

Merambah ke lini setir, desainnya terlihat biasa saja. Menggunakan mode tiga palang dan logo Hyundai di sisi tengah. Namun jangan salah, kami menemui titik menarik di sana yakni tombol untuk mengatur panel informasinya. Tersedia tombol “Reset” dan “Trip” yang berfungsi untuk memantau laju mobil selama menempuh perjalanan.

Setir Hyundai Grand i10 2017 menggunakan model tiga palang

Setir Hyundai Grand i10 2017 dilengkapi tombol pengaturan panel informasi

Ya, seperti yang telah pada gambar, panel informasinya dikemas sangat menarik. Mengedepankan visibilitas dengan menerapkan warna Eye-Soothing Blue serta White Illumination.

Review Hyundai Grand i10 2017: Kursi

Sebagai mobil City Car, i10 terbilang sangat akomodatif untuk lima orang. Guratan futuristik juga menambah kesan menarik bagi kabinnya. Pasalnya, tiap-tiap kursinya menggunakan warna Dark Blue serta Beige. Selain menarik dari segi tampilan, kursinya juga dibekali fitur Semi Bucket Seat. Meski masih dibalut kain, kursinya terasa nyaman karena hadirnya fitur tersebut.

Kursi Hyundai Grand i10 2017 mampu menampung lima orang sekaligus

Kursi Hyundai Grand i10 2017 masih dilengkapi bahan kain saja namun sudah dilengkapi Semi Bucket Seat

Review Hyundai Grand i10 2017: Kapasitas Bagasi

Aspek bagasi juga terbilang penting ketika membahas City Car. Dalam hal ini, i10 menawarkan ruang bagasi yang cukup akomodatif. Diprediksi bagasinya mampu menampung hingga 4 tas berukuran besar (dalam mode Normal). Hal paling menarik yang kami temui adalah hadirnya Luggage Lamp. Ya, di dalam bagasinya terdapat lampu sehingga bisa meningkatkan visibilitas Anda ketika mengangkut barang di malam hari.

Ruang bagasi Hyundai Grand i10 2017 diprediksi mampu menampung hingga 4 tas berukuran besar

Ruang bagasi Hyundai Grand i10 2017 terbilang akomodatif untuk segala perlengkapan Anda

>>> Artikel terkait:

Fitur Hyundai Grand I10 2017

Setelah puas membahas eksterior dan interior-nya, tiba saatnya Cintamobil.com tentang fitur Hyundai Grand i10 2017. Apakah mobil terbilang mumpuni dalam sektor keselamatan?

Review Hyundai Grand i10 2017: Fitur Keselamatan

Sayangnya, kami menemui bahwa Airbag hanya disajikan pada kursi pengendara saja yang dinamai Driver's Air Bag. Jujur saja, bagi kami yang memperhatikan keselamatan, satu Air Bag saja kurang memadai untuk meminimalisir cedera ketika terjadi kecelakaan.

​Fitur keselamatan Hyundai Grand i10 2017 hanya menyuguhkan Air Bag pada kursi pengendara saja

Fitur keselamatan Hyundai Grand i10 2017 sayangnya hanya dibekali satu Air Bag saja

Hal paling menarik adalah rangka bodi i10 menggunakan Hyundai Reinforced Body Structure (HRBS). Hyundai mengklaim rangka bodi ini mampu menyerap sumber benturan dan menyebarkannya ke seluruh titik bodi. Tentu saja, dampaknya adalah potensi kerusakan bisa diminimalisir. Mungkin ini adalah alasan mengapa Air Bag pada i10 hanya disematkan satu unit saja.

HRBS Hyundai Grand i10 2017 mampu menyerap benturan ketika terjadi kecelakaan

Untungnya, Hyundai Grand i10 sudah dilengkapi rangka bodi HRBS

Review Hyundai Grand i10 2017: Fitur Hiburan

Panel Head Unit-nya nampak manis dengan lampu berwarna biru. Sayangnya, Head Unit 2 DIN-nya masih menggunakan format radio, CD dan USB. Sehingga Anda hanya bisa memutar audio saja, belum mendukung untuk mengoperasikan video. Di sisi lain, kabinnya terbilang sejuk dengan Air Conditioning System yang mana bangku belakang sudah dibekali Rear Air Ventilation.

Fitur hiburan Hyundai Grand i10 2017 menggunakan audio 2 DIN yang tidak bisa memutar video

Fitur hiburan Hyundai Grand i10 2017 hanya menghadirkan audio standar saja

>>> Bandingkan juga dengan model Hatchback lainnya yang memiliki fitur berbeda-beda

Operasi Hyundai Grand I10 2017

Berbicara masalah performa, operasi mesin Hyundai Grand i10 2017 menggunakan 1.25 Liter Kappa. Adapun transmisinya ditawarkan dalam dua mode yakni 5 tingkat percepatan manual atau percepatan otomatis Shiftronic. Untuk sekelas bodi Subcompact, performa mesinnya lumayan yang mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 87 PS setara 6.600 Rpm dan torsi puncak di angka 4.000 Rpm.

Operasi mesin Hyundai Grand i10 2017 mampu mengeluarkan daya maksimum hingga 87 PS

Operasi mesin Hyundai Grand i10 2017 menghadirkan kapasitas 1.25 Liter Kappa

Suspensinya sendiri terasa empuk karena sudah dibekali McPherson Strut dengan Anti Roll Bar pada sisi depan dan Coupled Torsion Beam Axle di suspensi belakang. Jalanan berlubang ataupun 'polisi tidur’ bisa teratasi dengan baik tanpa harus memberi benturan berlebih pada kabinnya. Di sisi lain, hal yang kami sukai adalah radius putar 4,88 m. Proses manuver menjadi lebih responsif dan mudah.

Transmisi Hyundai Grand i10 menawarkan mode manual 5 percepatan dan otomatis Shiftronic

Transmisi Hyundai Grand i10 menghadirkan dua pilihan

>>> Jika Anda ingin mengetahui produk-produk Hyundai, klik di sini untuk mengetahuinya

Spesifikasi Hyundai Grand I10 2017

Seperti ulasan lainnya, tak lupa Cintamobil.com hendak memberikan informasi tentang spesifikasi Hyundai Grand i10 2017.

SPESIFIKASI HYUNDAI GRAND i10 2017

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.665 mm x 1.660 mm x 1.500 mm

Jarak Pijak Terendah

152 mm

Radius Putar Minimum

4,88 m

MESIN

Tipe Mesin

1.25 Liter Kappa MPI D CVVT 16 Katup

Daya Maksimum

87 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

12,2 Kg.m / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Percepatan Manual / Percepatan Otomatis Shiftronic

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut dengan Anti Roll Bar

Suspensi Belakang

Coupled Torsion Beam Axle

Ukuran Ban

165/65 R14

Sistem Kemudi

3 Spoke Polyutharase

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Multi Point Injection (MPI)

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

43 Liter

Daftar Harga Hyundai Grand I10 2017

Berapakah dana yang harus disiapkan untuk memberi mobil satu ini? Berikut daftar harga Hyundai Grand i10 2017.

TIPE MOBIL

HARGA HYUNDAI GRAND i10 BARU

Hyundai New Grand i-10 GLX M/T

IDR. 176.500.000

Hyundai New Grand i-10 GLX A/T

IDR. 198.500.000

>>> Klik sini untuk simak harga dan promo mobil-mobil lain yang hanya ada di Cintamobil.com

Kesimpulan Hyundai Grand I10 2017

Hyundai Grand i10 sejatinya sangat menarik, memberi warna baru bagi lautan Hatchback Indonesia. Desainnya yang stylish kini dipermanis dengan wajah lebih sporty daripada generasi sebelumnya. Bagi Anda yang lebih menyukai tampilan, rasanya pas untuk memilih Hyundai Grand i10. Bukan saja eksterior, tampilan interior-nya tampak cukup elegan dengan sajian Two Tone Colours. Jujur saja, tampilan seperti ini sangat jarang ditemui pada kompetitor lainnya, menjadi kelebihan tersendiri yang ditawarkan pada Hyundai Grand i10.

Lantas apa pendapat Anda tentang Hyundai Grand i10 Indonesia? Adakah hal menarik yang Anda temui pada model satu ini? Jika iya, sampaikan komentar Anda di kolom komentar ya sobat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil lain 

Franky Pratama
Share this post:
back to top