Review Hyundai Creta Active 2022: Tipe Terendah nan Terjangkau

30/12/2021

Share this post:

Hyundai Creta 2022

Editor rate:

Rp 279.000.000

Lihat promo

Meski menjadi tipe terendah dan memangkas banyak fitur unggulan, tapi Hyundai Creta Active 2022 membawa model baru dengan kesan premium dan harga terjangkau.

Review Hyundai Creta Active 2022: Tipe Terendah nan Terjangkau
Review Hyundai Creta Active 2022: Tipe Terendah nan Terjangkau
0 Gambar

Pengantar Hyundai Creta 2022

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Creta 2022 di bawah ini.

Kelebihan
  • Desain elegan dan premium
  • Harga terjangkau
  • Ruang kabin dan bagasi lega
Kekurangan
  • Banyak fitur yang dipangkas
  • Hanya ada transmisi manual
  • Kalah pamor dibanding pesaing asal Jepang

Hyundai Creta pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung pada bulan November lalu. Dari empat tipe yang dipasarkan di Indonesia, Hyundai Creta Active 2022 muncul sebagai tipe terendah dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan saudaranya.

Hyundai Creta Smart 2022

Creta tipe Active tampilan depannya kurang lebih sama dengan tipe Smart ini

Creta Active memang memiliki banderol yang lebih rendah dibandingkan pesaingnya, Kia Seltos dan Honda HR-V yang menjadi pesaingnya di segmen SUV kompak di Indonesia. Tentu saja ada beberapa fitur yang tak ditemukan pada mobil ini, dan hanya ditemukan pada tipe di atasnya.

Tapi tak menutup daya tariknya sebagai salah satu pilihan SUV modern terbaru dari Hyundai. Masih penasaran dengan apa saja yang ditawarkan oleh mobil ini? Simak review Hyundai Creta Active 2022 terbaru dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Mobil Baru Populer

Rp 294.7 - Rp 409.8 Juta
Rp 300 - Rp 360 Juta
Rp 269.8 - Rp 345.8 Juta
Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta

Eksterior Hyundai Creta 2022

Dari segi tampilan, tak ada perbedaan signifikan antara mobil ini dengan model tipe tertinggi. Hanya saja, ada beberapa fitur yang tak disematkan pada mobil ini. Tapi desainnya yang elegan dan terkesan mewah masih menjadi pembeda dan salah satu daya tarik mobil ini di ranah otomotif Tanah Air.

Review Hyundai Creta Active 2022: Eksterior Depan

Kesan premium masih terasa pada mobil ini dengan balutan grille besar dan lampu depan yang menyipit milik Creta. Yang mungkin membuatnya tertinggal dibandingkan tipe tertinggi yaitu mobil ini masih menggunakan lampu depan halogen, sama seperti Creta Trend yang berada satu tingkat di atasnya.

Tampilan depan Hyundai Creta 2022
Bagian depan Hyundai Creta Active 2022

Sedangkan dari segi tampilan, tak ada yang membedakan tipe terendah Creta ini. Ada foglamp bertingkat yang siap membantu ketika berkendara di tengah hujan atau pada saat kabut, serta bumper yang kokoh dengan aksen silver demi desain maskulin pada mobil ini.

Review Hyundai Creta Active 2022: Eksterior Samping

Melirik ke bagian samping, Creta Active pun tak kalah sporty dengan cladding dan rumah spion berwarna hitam. Sayang tak ada pilihan atap dua warna seperti yang ditemukan pada tipe tertinggi. Kesan maskulin pada mobil ini terletak pada ground clearance yang tercatat mencapai 200 mm, memudahkannya untuk berkendara di kondisi jalanan yang bergelombang.

Eksterior samping Hyundai CRETA 2022
Tampilan samping Hyundai Creta Active 2022

Hyundai Creta memiliki dimensi panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.630 mm. Bodinya yang terbilang kompak, tapi sudah cukup baik dalam mengakomodasi kabin yang lega dengan wheelbase tercatat 2.610 mm. Bahkan, mobil ini memiliki radius putar 5,4 meter, tak begitu besar untuk bermanuver di jalanan yang sempit.

Review Hyundai Creta Active 2022: Eksterior Belakang

Buritan tak kalah sporty dibandingkan bagian depan, menghadirkan gaya SUV berotot lengkap dengan spoiler yang terintegrasi dengan pintu belakang. Aksen merah dan silver menghiasi bumper bawah, termasuk dengan cladding berwarna hitam. Meski lampu belakang masih menggunakan bohlam, Creta Active masih mendapatkan fitur Emergency Stop Signal yang terpasang di spoiler belakang.

>>> Review Hyundai CRETA 2021: SUV Pertama Hyundai untuk Orang Indonesia


Interior Hyundai Creta 2022

Ketika masuk ke dalam kabin, baru terasa ada banyak fitur yang dipangkas pada mobil ini. Beberapa fitur signature hanya ditawarkan pada tipe yang lebih tinggi. Namun masih ada beberapa fitur standar yang bisa didapatkan bagi pengguna Creta Active.

Review Hyundai Creta Active 2022: Dashboard

Sebagai pusat dari segala hiburan di dalam kabin, head unit layar sentuh berukuran 8.0 inci terintegrasi dengan dashboard. Kesan premium terasa dari material piano black yang ditawarkan dan desain dashboard depan yang terasa dinamis. Ditambah dengan glovebox dan konsol tengah yang bisa digunakan untuk menyimpan botol minuman ketika berkendara.

interior Hyundai Creta Active 2022 bertransmisi manual 5-percepatan
Interior dan dashboard Hyundai Creta Active 2022

Sangat disayangkan fitur wireless smartphone charger baru tersedia pada tipe Trend hingga ke atasnya. Tapi pengguna Creta Active sendiri dibekali dengan 2 USB charging di dashboard depan, lengkap dengan 2 power outlet 12V yang memberikan kepraktisan mengisi daya smartphone Anda.

Review Hyundai Creta Active 2022: Setir

Setir dengan gaya D-cut membawa kesan sporty ketika berkendara dengan mobil ini. Tentu saja ada tombol pengaturan multifungsi yang akan membantu Anda untuk mengakses berbagai fitur di dalam kabin. Jika varian di atasnya sudah mendapatkan pengaturan tilt dan teleskopik, Creta Active hanya berbekal tilt saja.

Review Hyundai Creta Active 2022: Kursi

Jok berbahan fabric menjadi teman perjalanan. Meski berbodi kompak, kelegaan di ruang kabin sudah cukup baik. Menggunakan konfigurasi lima tempat duduk, bangku baris kedua memberikan ruang kepala dan ruang kaki yang bisa dibilang lega. Begitu pula dengan bangku yang cukup rebah, sehingga sangat membantu ketika harus berkendara dalam perjalanan jauh.

Review Hyundai Creta Active 2022: Bagasi

bagasi Hyundai Creta Active 2022 dengan pengaturan kursi
Beragam pengaturan konfigurasi kursi untuk bagasi Creta Active 2022

Bagasi Hyundai Creta tercatat menawarkan kapasitas minimum 416 liter ketika semua bangku terpakai. Tapi bagi Anda yang sedang membawa barang berukuran besar, ruang bagasi di belakang bisa ditambah dengan melipat bangku baris kedua yang sudah dilengkapi dengan pengaturan 60:40 untuk kepraktisan yang lebih baik dengan total bagasi mencapai 1.348 liter.

>>> Strategi Hyundai CRETA 2022 Untuk Menjegal Dominasi Honda HR-V

Fitur Hyundai Creta 2022

Sayangnya ada beberapa fitur kenyamanan yang tak bisa ditemukan pada mobil ini. Mulai dari panoramic sunroof, ambient mood lamp, glove box dengan pendingin, instrument cluster 10.25 inci, serta sound sistem premium dari Bose harus Anda relakan ketika membeli tipe terendah ini.

Creta Active memiliki kluster instrument berukuran 3,5 inci yang jauh lebih kecil dari trim di atasnya. Tapi untuk menunjang kenyamanan di jalanan, Hyundai masih membekali mobil ini dengan fitur canggih semisal armrest pada konsol tengah dan baris kedua lengkap dengan AC, termasuk Electric Parking Brake dan Electric Tailgate Release. 

fitur Hyundai Creta Active 2022 di dalam mobil
Ada banyak fitur Hyundai Creta yang dipangkas pada tipe Active ini

Memang tidak ada fitur bantuan mengemudi canggih Hyundai Active Sense pada trim ini. Tapi Hyundai tetap membawa fitur keselamatan yang penting, semisal pengereman ABS dan Brake Assistance System, fitur pengendaraan seperti Hill Start Assist, Electronic Stability Control, dan Vehicle Stability Management, serta Impact Sensing Auto Door Lock dan Child Protector Rear Door Lock.

>>> Hyundai CRETA vs Honda HR-V: HR-V Kudu (Banyak) Berbenah?

Operasi Hyundai Creta 2022

Hanya ada satu pilihan mesin yang tersedia, sehingga Creta Active masih mendapatkan mesin yang sama dengan saudaranya yang lebih tinggi. Hanya saja, sebagai pembeda untuk varian terendah yaitu Hyundai hanya menawarkan mobil ini dengan satu pilihan transmisi saja, yaitu manual 6-percepatan, belum dilengkapi pilihan transmisi CVT otomatis.

mesin mobil baru Hyundai Creta Active 2022
Mesin Hyundai Creta Active 2022

Tapi hal tersebut tentu saja tak mengurangi performanya yang cukup mumpuni untuk dibawa berkendara di jalanan perkotaan. Keluaran tenaganya tetap 115 PS pada putaran 6.300 rpm, sedang torsi puncak yang dihasilkan mencapai 144 Nm pada putaran 4.500 rpm yang menggerakkan roda depan mobil.

Salah satu kekurangan transmisi manual tentu saja tak bisa dibilang praktis ketika harus berkendara di tengah kemacetan jalanan perkotaan. Tapi untuk pengendaraan yang lancar di jalanan luar kota, Creta Active membawa konsumsi bahan bakar yang tak kalah efisien dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama.

>>> Lebih Dekat dengan Hyundai Creta 2022, SUV 'Penjegal' Honda HR-V

Spesifikasi Hyundai Creta 2022

Mesin Hyundai Creta Active 2022

Seri Mesin

Smartstream Gamma II 1.5L MPI

Sistem Bahan Bakar

Multi Point Injection

Jumlah Silinder

4

Tenaga Maksimum

115 PS @ 6.300 rpm

Torsi Maksimum

144 Nm @ 4.500 rpm

Bore x Stroke

75.6 mm x 83.4 mm

Tipe Transmisi

6-percepatan manual

Rangka Hyundai Creta Active 2022

Panjang x Lebar x Tinggi

4.315 x 1.790 x 1.630 mm

Jarak Sumbu Roda

2.610 mm

Ground Clearance

200 mm

Radius Putar

5,4 meter

Kapasitas Tangki

40 liter

Bobot Mobil

1.590 kg

Suspensi/Kaki-Kaki Hyundai Creta Active 2022

Suspensi Depan

Suspensi Belakang

MacPherson Strut

Coupled torsion beam axle (CTBA)

Rem Depan

Rem Belakang

Ventilated disc floating-caliper

Solid disc floating-caliper

Sistem Kemudi

Column - Motor Driven Power Steering (C-MDPS)

Ukuran Velg

17 inci alloy

Tipe Ban

215/60R17

Daftar Harga Hyundai Creta 2022

Sebagai varian terendah dari keluarga Creta di Indonesia, harga Hyundai Creta Active 2022 pun jauh lebih rendah dibandingkan model tertinggi dengan perbedaan lebih dari Rp 100 jutaan.

Mobil ini dibanderol mulai dari Rp 279 jutaan, bandingkan dengan tipe tertinggi Creta Prime iVT Two Tone Roof yang bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 399 jutaan. Berikut harga tipe Hyundai Creta terbaru:

Tipe

Harga

Hyundai Creta Active MT

Rp 279.000.000

Hyundai Creta Trend MT

Rp 299.000.000

Hyundai Creta Trend iVT

Rp 319.000.000

Hyundai Creta Style iVT

Rp 359.000.000

Hyundai Creta Prime iVT

Rp 397.500.000

Hyundai Creta Prime Two Tone Roof iVT

Rp 399.000.000

Kesimpulan Hyundai Creta 2022

Ada banyak fitur unggulan yang dipangkas habis pada Hyundai Creta Active 2022 untuk memberikan harga yang terjangkau sebagai tipe terendah Creta yang dipasarkan di Indonesia.

Hyundai CRETA Active 2022

CRETA jadi daya tarik tersendiri produk Hyundai

Tapi desainnya yang terasa mewah dipadukan dengan mesin yang bertenaga dan ruang kabin yang praktis masih menjadi daya tarik tersendiri bagi mobil yang dibuat lebih terjangkau dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama.

>>> Simak review mobil baru dan bekas terbaik lainnya hanya di sini

Padli Nurdin
Share this post:

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

back to top