Review Hyundai Creta 2020: Mendominasi India, Siap Datang ke Indonesia?

13/11/2020

Share this post:

Hyundai Cakra 2020

Editor rate:

TBA

Mobil baru dan bekas Hyundai terbaik ada di sini Lihat promo

Menghadapi tantangan dari Kia Seltos, Hyundai Creta 2020 siap merajai kembali segmen pasar SUV kompak India dengan kemungkinan masuk ke pasar Indonesia.

Review Hyundai Creta 2020: Mendominasi India, Siap Datang ke Indonesia?
Review Hyundai Creta 2020: Mendominasi India, Siap Datang ke Indonesia?
0 Gambar

Pengantar Hyundai Cakra 2020

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Cakra 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Peningkatan desain yang lebih elegan

Fitur terbaik di kelasnya

Banyak pilihan mesin dan transmisi

Kekurangan

Kabin masih dipenuhi material plastik keras

Sebagian fitur penting hanya tersedia pada varian tertentu

Bagasi termasuk yang terendah di kelasnya

Pertengahan tahun lalu, Hyundai memperkenalkan generasi kedua dari Hyundai Creta 2020 yang menjadi salah satu SUV kompak terpopuler di India. Creta yang merupakan versi modifikasi dari Hyundai ix25 yang dijual di China mendapatkan perubahan desain yang signifikan serta penambahan teknologi yang ditawarkan.

mobil generasi pertama Hyundai Creta 2015
Generasi pertama Hyundai Creta keluaran tahun 2015

Sejak debut generasi pertama di India pada 2015, Hyundai Creta membawa model yang stylish, kabin yang penuh fitur, serta didukung harga yang terjangkau. Selama lima tahun terakhir, Creta menjadi pemain dominan di segmennya dan menjadi salah satu model tersukses Hyundai di India. Tantangan baru pun datang dari peluncuran Kia Seltos pada Agustus 2019 lalu.

Akhirnya generasi kedua datang dengan penambahan sistem, revisi desain, dan peningkatan mesin untuk menanggalkan kesan kuno setelah kedatangan Seltos.Ditambah dengan teknologi Blue Link dari Hyundai untuk konektivitas yang lebih baik di dalam kabin. Kenyamanan terasa dengan kepraktisan dari fitur-fitur yang diberikan pada Creta.

dua mobil Hyundai Creta 2021 berwarna hitam dan merah
Hyundai Creta generasi kedua yang meluncur pertengahan tahun lalu

Dibandingkan generasi pertama, perubahan yang diberikan pada Creta bisa dibilang sangat signifikan dengan berbagai peningkatan yang ditawarkan. Dengan kemungkinan masuk ke Indonesia semakin besar, simak apa saja yang diberikan pada SUV kompak dalam review Hyundai Creta 2020 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Eksterior Hyundai Cakra 2020

Tak jauh beda dari Indonesia, konsumen India sebagian besar membeli mobil berdasarkan desain yang maskulin. Inilah yang membuat Hyundai memperhatikan kembali tampilan desain Creta dan membawa citra yang lebih maskulin dibandingkan generasi sebelumnya.

Review Hyundai Creta 2020: Eksterior Depan

Dibandingkan generasi pertama, Creta baru mendapatkan tampilan visual yang lebih membulat dibandingkan profil yang tajam. Terlihat dari grille depan yang jauh lebih lebar serta lekukan yang meluas hingga lampu depan dan DRL. Mengikuti bahasa desain Hyundai, “Sensuous Sportiness”, Creta terlihat mirip dengan gaya Hyundai Venue, terutama dari lampu depan LED yang dibuat lebih besar.

Tampilan depan Hyundai Creta 2020 berwarna hitam
Tampilan depan Hyundai Creta 2020

Beralih ke bawah, ada banyak perubahan yang diberikan. Termasuk pada lampu kabut yang mendapatkan desain baru. Skid plate dilapisi warna hitam untuk varian bensin. Secara keseluruhan, Hyundai mengurangi penggunaan chrome untuk membuat mobil ini terasa lebih sporty.

Review Hyundai Creta 2020: Eksterior Samping

Dari samping, Hyundai mempertahankan sebagai besar model aslinya. Namun penyegaran dilakukan dengan menghadirkan lengkungan roda yang lebih menonjol serta aksen perak yang terdapat pada pilar C untuk menghadirkan kesan elegan pada mobil ini. Guratan sisi samping dibuat lebih halus. Dan tak lupa desain velg two tone baru terlihat sebagai pemanis di bagian samping.

Tampilan samping Hyundai Creta 2020 berwarna hitam
Tampilan samping Hyundai Creta 2020

Mengikuti arah perkembangan SUV global, Creta dibuat lebih panjang 30 mm dan lebih lebar 10 mm dibandingkan generasi pertama. Dilanjutkan dengan wheelbase yang lebih panjang 20 mm. Walaupun tak begitu banyak berubah, namun memberikan kesan yang lebih kekar dibandingkan sebelumnya.

Review Hyundai Creta 2020: Eksterior Belakang

Bagian belakang mendapatkan spoiler yang halus dan terintegrasi dengan rapi. Sama seperti lampu depan, Creta mendapatkan cluster lampu depan dengan desain heksagonal yang terbelah. Beberapa varian tertentu sudah mendapatkan lampu belakang LED. Pada bagian belakang terdapat tulisan ‘CRETA’ berwarna chrome. Selain itu, tak ada penggunaan chrome pada bagian belakang.

Tampilan belakang Hyundai Creta 2020 berwarna hitam
Tampilan belakang Hyundai Creta 2020

Bumper belakang hampir tidak menonjol. Sehingga berpengaruh pada buritan yang akan lebih mudah gores ketika terjadi tabrakan pada bagian belakang. Sebagai pembeda, ada knalpot twin chrome yang diberikan secara eksklusif untuk varian bermesin bensin turbo.

>>> Baca juga review model Hyundai lainnya di sini


Interior Hyundai Cakra 2020

Ambient light yang halus, pengisian daya nirkabel, glove box berpendingin, serta air purification system merupakan sebagian fitur yang ditawarkan di dalam mobil. Sayang, interior Hyundai Creta masih dipenuhi dengan plastik keras. Memang membuat arga menjadi lebih terjangkau, tapi sedikit mengurangi kesan mewah pada kabin mobil.

Review Hyundai Creta 2020: Dashboard

Material plastik yang digunakan pada dashboard memang mengurangi kesan elegan di dalam mobil. Tapi Creta sudah mendapatkan head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci yang cukup besar. Menghadirkan berbagai fitur hiburan anyar Hyundai, termasuk untuk kebutuhan navigasi, radio dna pemutar musik, serta kontrol kualitas udara.

dashboard Hyundai Creta 2020 berwarna hitam
Dashboard Hyundai Creta 2020

Ada dua cupholer yang terletak pada konsol tengah yang tetap menggunakan material plastik keras serta rem parkir elektronik. Air purifier dengan dispenser parfum yang pertama terdapat pada Seltos juga bisa ditemukan pada mobil ini. Ditempatkan pada bagian bawah armrest di tengah dan dapat diaktifkan melalui head unit.

Review Hyundai Creta 2020: Setir

setir Hyundai Creta 2020 berwarna hitam
Setir Hyundai Creta 2020

Setir yang sudah dilapisi kulit dengan jahitan berwarna merah atau hitam, tergantung varian yang Anda pilih. Hanya saja kemudi multi-fungsi baru mendapatkan fitur tilt untuk penyetelan ketinggian. Belum ada telescopic, bahkan untuk varian tertinggi. Yang baru dari generasi kedua adalah cluster 7 inci di belakang roda kemudi dengan tampilan digital dan menyajikan informasi terkait pengendaraan.

Review Hyundai Creta 2020: Kursi

Desain kursi yang berbeda menjadi bagian penting dalam kenyamanan di dalam kabin. Kursi baris depan mendapatkan pengaturan elektrik untuk ketinggian dan recline, memudahkan Anda untuk mendapatkan posisi berkendara terbaik. Kenyamanan berkendara di udara panas cukup terjaga, mengingat Hyundai memberikan kursi berventilasi. Fitur yang cocok jika dibawa ke Indonesia.

kursi Hyundai Creta 2020 berwarna hitam
Kursi Hyundai Creta 2020

Ruang kaki di belakang cukup baik untuk menampung hingga tiga orang di baris kedua. Terutama dengan kehadiran ventilasi AC dan port pengisian daya pada kursi belakang. Ada dua headrest dan armrest yang terdapat pada bagian tengah bangku dan bisa dibuka dengan menarik tuas. Selain bangku belakang yang dibuat rebah, Creta juga menjadi SUV pertama di kelasnya yang menawarkan headrest cushion.

Review Hyundai Creta 2020: Bagasi

bagasi Hyundai Creta 2020 berwarna hitam
Bagasi Hyundai Creta 2020

Ruang penyimpanan di belakang sudah cukup untuk menyimpan berbagai barang sepanjang perjalanan. Ruang bagasi mendapatkan penambahan 33 liter, menjadikan total ruang penyimpanan menjadi 433 liter. Ruang bagasi yang hampir sama dengan Kia Seltos. Bukaan pintu belakang cukup lebar, sehingga memberikan kepraktisan tersendiri ketika akan memasukkan barang ke bagasi.

>>> Beragam berita terbaru mengenai mobil Hyundai ada di sini

Fitur Hyundai Cakra 2020

Head unit layar sentuh 10,25 inci yang lebih besar menghadirkan sistem antarmuka yang lebih canggih. Teknologi Blue Link milik Hyundai akhirnya disematkan pada Creta. Memberikan kemudahan dengan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto. Sistem suara didukung oleh Bose yang akan menemani Anda sepanjang perjalanan.

fitur Hyundai Creta 2020 berwarna hitam
Fitur Hyundai Creta 2020

Tentu saja dengan bodinya yang tinggi, body roll masih terasa. Namun Hyundai menawarkan berbagai fitur pengendaraan untuk menanggulangi hal ini. Seperti Electronic Stability Control (ESC) dan Vehicle Stability Management (VSM) siap mendukung pengendaraan sepanjang perjalanan.

Review Hyundai Creta 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Berbicara mengenai sistem keselamatan, ada dual airbag bagi penghuni baris depan. Tak ketinggalan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), sensor parkir belakang dan seatbelt reminder sebagai sistem standar. Sedangkan varian tertinggi sudah mendapatkan 6 airbag, Hill Assist dan Tire Pressure Monitoring System.

>>> 4 Pilihan All-New Hyundai Terbaik di Daftar Mobil Cintamobil.com

Operasi Hyundai Cakra 2020

Ada tiga pilihan mesin yang tersedia. Tambahan mesin diesel 1.5L bertenaga 115 PS dan torsi 221 Nm yang baru memang tak begitu bertenaga dibandingkan mesin 1.4L Kappa bertenaga turbo yang mengeluarkan tenaga hingga 140 PS dan torsi 242 Nm. Namun cukup baik jika hanya dibawa di jalanan perkotaan yang dinamis. Sebagai pelengkap, ada mesin bensin 1.5L Smartstream dengan keluaran 115 PS dan 144 Nm torsi maksimal.

mesin Hyundai Creta 2020 berwarna hitam
Mesin Hyundai Creta 2020

Masing-masing mesin juga mendapatkan pengaturan transmisi yang disesuaikan oleh Hyundai. Contohnya mesin 1.4L Kappa turbo mendapatkan sistem transmisi 7-percepatan dual clutch, mesin 1.5L Smartstream menawarkan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan CVT, dan mesin 1.5L diesel membawa transmisi 6-percepatan manual dan otomatis.

Tenaga disalurkan ke roda depan dengan perpindahan yang dibuat cukup baik. Bahkan pada gigi rendah, Creta tetap tenang dan memberikan pengendaraan yang mulus. Dan tentu saja, mesin 1.4L turbo hadir bagi Anda yang menginginkan tenaga dan performa yang lebih menggigit.

>>> Cari Diskon Mobil Baru Hyundai Terbaik? Cintamobil.com Pilihkan Buat Anda

Spesifikasi Hyundai Cakra 2020

Dimensi Hyundai Creta 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.300 x 1.790 x 1.620 mm

Jarak Poros Roda

2.610 mm

Ground Clearance

190 mm

Radius Putar

5.3 m

Mesin Hyundai Creta 2020

Tipe Mesin

1.4L Kappa II T-GDi

1.5L Smartstream G1.5 MPi

1.5L U II CRDi

Kapasitas Silinder

1.397 cc

1.495 cc

1.493 cc

Tenaga Maksimal

140 PS @ 6.000 rpm

115 PS @ 6.300 rpm

115 PS @ 4.000 rpm

Torsi Maksimal

242 Nm @ 1.500 – 3.200 rpm

144 Nm @ 4.500 rpm

221 Nm @ 1.500 – 2.750 rpm

Transmisi

7-percepatan DCT

6-percepatan manual dan CVT

6-percepatan otomatis dan 6-percepatan manual

Percepatan (0-100 km/jam)

9.7 detik

185 km/jam

11.3 detik

Kecepatan Tertinggi

12.2 detik

170 km/jam

173 km/jam

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Kaki-Kaki Hyundai Creta 2020

Suspensi Depan

McPherson Strut Type with Coil Spring

Suspensi Belakang

Coupled Torsion Beam Axle

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Discs

Roda

215/60 R17

Velg

17 inci

Daftar Harga Hyundai Cakra 2020

Sayangnya Creta baru bisa ditemukan di pasar India sejak pertama diperkenalkan pertengahan tahun ini. Harga Hyundai Creta sendiri dimulai dari 9,99 lakh rupee, atau setara dengan Rp 192 jutaan untuk varian bermesin bensin dan transmisi manual. Sedangkan varian Creta bermesin diesel dengan transmisi otomatis dibanderol 15,79 lakh rupee, atau setara Rp 304 jutaan dalam kurs saat ini.

Kesimpulan Hyundai Cakra 2020

Hyundai sepertinya serius ingin mempertahankan posisinya sebagai jawara SUV kompak di India ketika membawa generasi kedua Hyundai Creta 2021. Penyegaran tampilan, penambahan fitur yang ditawarkan serta peningkatan kenyamanan kabin menjadi senjata utama mobil ini. Menarik dilihat apa saja yang dibawa Hyundai Indonesia ketika memasukkan mobil ini ke Indonesia nantinya. Akankah menjadi lawan sepadan bagi Honda HR-V maupun Wuling Almaz yang baru naik daun?

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Review lain

Review Hyundai Tucson 2021: Transformasi Agresif Bergaya Futuristik

TBA

21/09/2020

Editor rate:

Bukan hanya tampilan konsep, ubahan radikal Hyundai Tucson 2021 membuat tampilannya lebih agresif, didukung penambahan teknologi dan mesin baru Hyundai.

Lihat juga

Harga Hyundai H1 2017: MPV Murah Nan Mewah

26/10/2017

Editor rate:

Di acara GIIAS 2017, Hyundai memperkenalkan Hyundai H1 facelift terbaru untuk mobil kelas MPV-nya. Apa saja hal baru yang dimilliki oleh mobil ini dibandingkan dengan generasi sebelumnya? Marilah simak tulisan review Hyundai H1 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Review Hyundai Tucson GLS 2016: Tucson Terganteng Di Indonesia

RP220.000.000

27/06/2020

Editor rate:

Hyundai Tucson yang kita bahas ini adalah generasi Tucson terganteng di Indonesia, seperti apa ulasannya, simak hingga tuntas Review Hyundai Tucson GLS 2016 ini

Lihat juga

Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016: Si Pendiam Bertorsi Besar

Rp. 280.000.000

25/06/2020

Editor rate:

Mobil ini mengusung mesin diesel yang membuatnya menjadi jagoan di kelasnya, lebih lengkapnya simak secara tuntas Review Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016 ini...

Lihat juga

Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Edisi Khusus Seharga Low MPV

Rp 250.000.000

16/06/2020

Editor rate:

Ingin mendapatkan mobil edisi khusus berkualitas? Ada Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 dengan mesin yang bertenaga dan fitur canggih dengan harga terjangkau.

Lihat juga
back to top