Review Honda WR-V 2023: Small SUV Perkotaan Bergaya Premium

04/11/2022

Share this post:
Honda WR-V 2022
Editor rate:

Rp 271.900.000

Lihat promo

Dikembangkan khusus untuk Indonesia, Honda WR-V 2023 datang sebagai pelengkap dengan desain elegan, tenaga terbesar dan ground clearance tertinggi di segmennya.

Review Honda WR-V 2023: Small SUV Perkotaan Bergaya Premium
Review Honda WR-V 2023: Small SUV Perkotaan Bergaya Premium
0 Gambar

Pengantar Honda WR-V 2022

Mari kita simak spesifikasi Honda WR-V 2022 di bawah ini.

Kelebihan
  • Desain elegan dan interior terkesan premium
  • Tenaga dan torsi terbesar di kelasnya
  • Ground clearance tertinggi di segmen LSUV
  • Kapasitas bagasi luas
Kekurangan

Harga lebih mahal dari pesaing
Belum memiliki mesin turbo
Fitur Honda Sensing hanya tersedia di tipe tertinggi

Honda WR-V 2023 menjadi jawaban dari PT Honda Prospect Motor untuk masuk ke segmen Small SUV yang semakin banyak diminati di Indonesia. Diperkenalkan khusus untuk konsumen Tanah Air, WR-V akhirnya debut world premiere pertama pada hari Rabu, 2 November 2022.

mobil baru Honda WR-V 2023 di Indonesia
Mobil baru Honda WR-V 2023 baru saja dirilis di Indonesia

Mobil ini dibuat khusus untuk pasar Indonesia. Termasuk dengan melakukan pengetesan di berbagai kondisi jalan di Tanah Air. Honda menyebutkan bahwa hal ini dilakukan demi mendapatkan mobil yang pas bagi konsumen Indonesia. Pengembangannya sudah dikerjakan sejak lima tahun yang lalu dan sempat terhenti akibat pandemi.

Sebanyak 1.700 unit dipersiapkan untuk dikirim ke pelanggan di tahun 2022. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai apa saja yang ditawarkan oleh SUV terbaru Honda ini, simak review Honda WR-V 2023 terlengkap di bawah ini.

Daftar mobil termurah di Cintamobil

Hanya di Cintamobil

Mobil Toyota Kijang Innova 2016 G terbaik di DKI Jakarta

List cheapest

DKI Jakarta, jual mobil Toyota Avanza G 2011 dengan harga terjangkau

List cheapest

Jual cepat Honda HR-V E 2015 di Banten

List cheapest

Jual cepat Honda HR-V E 2015 di Banten

Rp 195.000.000

Banten

130.000 km

Honda CR-V 2.4 2016

List cheapest

Honda CR-V 2.4 2016

Rp 77.000.000

Jawa Tengah

20.158 km

Jual Honda Mobilio E 2016 harga murah di Jawa Barat

List cheapest

Jual Honda Mobilio E 2016 harga murah di Jawa Barat

Rp 132.000.000

Jawa Barat

130.000 km

Promo Mitsubishi Pajero Sport murah

List cheapest

Promo Mitsubishi Pajero Sport murah

Rp 178.000.000

Nusa Tenggara Barat

30.900 km

Toyota Fortuner 2008 Jawa Timur dijual dengan harga termurah

List cheapest

Promo Toyota Calya G MT murah

List cheapest

Promo Toyota Calya G MT murah

Rp 96.000.000

Jawa Barat

98.000 km

DKI Jakarta, Suzuki Ertiga GX 2014 kondisi terawat

List cheapest

DKI Jakarta, Suzuki Ertiga GX 2014 kondisi terawat

Rp 122.000.000

Jakarta

43.000 km

Daihatsu Xenia Li Special Edition 2008 MT

List cheapest

Daihatsu Xenia Li Special Edition 2008 MT

Rp 80.000.000

Jawa Barat

200.000 km

Eksterior Honda WR-V 2022

Kesan stylish langsung terasa ketika melihat bagian luar WR-V. Apalagi dengan grille yang lebar serta tampang sporty membuatnya pas untuk diajak berkendara di dalam kota.

Review Honda WR-V 2023: Eksterior Depan

Fascia depan memperlihatkan bahasa desain yang sama dengan model terbaru Honda, semisal Honda City Hatchback yang dirilis tahun lalu. Desain lampu depan LED dengan aksen C terasa dari belahan DRL LED.

eksterior depan mobil baru Honda WR-V 2023 di Indonesia
Desain fasia depan mengikuti bahasa desain terbaru Honda

Menariknya, lampu kabut atau foglamp juga mendapatkan LED untuk menambah visibilitas berkendara di kala hujan. Ada saluran udara di bagian bawah lengkap dengan pelindung bumper depan. Perpaduan warna hitam dan silver serta eksterior merah membuatnya terkesan atraktif.

Review Honda WR-V 2023: Eksterior Samping

Kesan menawan tak ketinggalan bisa dilihat pada bagian samping. Dimana mobil ini menyiratkan tampilan elegan nan sporty dengan guratan yang tegas. Ada dua pilihan tipe velg, dimana velg 16 inci untuk tipe E diambil langsung dari BR-V. Sedang tipe RS menggunakan velg 17 inci two tone yang menawan.

eksterior samping mobil baru Honda WR-V 2023 di Indonesia
WR-V memiliki ground clearance tertinggi di kelasnya

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.5 meter dan radius putar 5 meter. Ground clearance 220 mm yang dimiliki WR-V merupakan yang tertinggi di kelasnya. Sehingga membuat mobil ini tetap tangguh untuk dibawa berkendara ke berbagai kondisi jalan, termasuk melintasi genangan air yang menjadi momok menakutkan bagi pengendara Indonesia.

Review Honda WR-V 2023: Eksterior Belakang

eksterior belakang mobil baru Honda WR-V 2023 di Indonesia
Desain belakang tak jauh berbeda dengan mobil baru Honda

Beralih ke belakang, sebenarnya tak begitu jauh berbeda dibandingkan dengan model SUV Honda lainnya. Spoiler dan shark fin antenna bisa ditemukan, termasuk wiper yang akan membantu ketika berkendara saat hujan. Termasuk bumper yang sudah dilengkapi dengan pelindung serta reflektor.

>>> World Premiere Honda WR-V Khusus Indonesia, Siap Tantang Duo Raize-Rocky


Interior Honda WR-V 2022

Keunggulan bagian interior Honda WR-V 2023 dari Honda adalah ruang kabin yang kedap untuk kenyamanan yang lebih baik. Termasuk dengan mengurangi road noise dan suara mesin yang terkadang masuk ke dalam kabin. Ada insulator yang dipasang di berbagai area kabin, seperti dashboard dan fender.

Review Honda WR-V 2023: Dashboard

Bagian dashboard yang menawan menambah kesan elegan dan stylish ketika masuk ke dalam kabin. Tak jauh berbeda dengan model Honda lainnya, WR-V menyediakan layar sentuh 7.0 inci. Fitur hiburan termasuk pemutar radio AM/FM, pemutar video, handsfree telephone, dan konektivitas smartphone.

dashboard pada interior Honda WR-V 2023 terbaru di Indonesia
Dashboard dilengkapi layar sentuh 7.0 inci

Tipe RS sudah mendapatkan kluster instrument interaktif 4.2 inci TFT yang menawarkan grafik animasi baru. Ada shift knop dengan pelapis kulit pada konsol tengah, lengkap dengan cupholder serta kompartemen penyimpanan. Sayang WR-V masih belum menawarkan wireless charging seperti yang ditemukan pada Kia Sonet.

Review Honda WR-V 2023: Setir

setir mobil baru Honda WR-V 2023 di Indonesia
Setir palang tiga khas Honda

Tampilan setir juga tak banyak berubah dibandingkan model Honda lainnya. Masih dengan tipe setir palang tiga yang khas, dipenuhi dengan tombol multifungsi di bagian dalam untuk mempermudah akses ke berbagai fitur di dalam kabin, seperti telepon handsfree dan volume audio.

Review Honda WR-V 2023: Kursi

Duduk di depan setir, WR-V menghadirkan kenyamanan berkendara gaya SUV dengan posisi duduk yang tinggi. Memberikan visibilitas yang lebih baik bagi pengemudi. Ground clearance yang lebih tinggi juga berfungsi untuk meningkatkan daya pandang ke depan ketika mengendarai mobil ini.

kursi mobil baru Honda WR-V 2023 di Indonesia
Kursi memiliki sudut pandang yang baik untuk visibilitas

Kenyamanan di dalam kabin cukup baik dengan ruang kaki dan ruang kepala yang lega. Sebagai pembeda, WR-V tipe E hanya menawarkan pelapis kain atau fabric, sementara kursi WR-V RS sudah mendapatkan pelapis kulit dengan jahitan merah yang membuatnya terasa lebih sporty.

Review Honda WR-V 2023: Bagasi

kapasitas bagasi Honda WR-V 2023 terbaru di Indonesia
Ruang bagasi mampu menampung hingga 380 liter

Selain ruang bagasi belakang yang luas, mencapai 380 liter, pengguna bisa menambah kompartemen dengan menidurkan bangku baris kedua dengan pengaturan 60:40. WR-V juga menawarkan kompartemen penyimpanan yang tersebar di dalam kabin, serta power outlet yang bisa ditemukan pada bangku baris pertama dan kedua.

>>> Review All New Honda HR-V 2022: SUV Honda Jadi Lebih Stylish dan Megah

Fitur Honda WR-V 2022

Beragam fitur Honda WR-V 2023 membuatnya tak kalah mentereng dibandingkan pesaingnya. Bahkan tipe terendah sudah mendapatkan fitur Remote Engine Start dan One Push Ignition System. Bedanya, tipe E masih dibekali kluster instrument MID dan 4-speaker, sementara tipe RS mendapatkan 4,2 TFT Display serta sistem 6-speaker.

head unit Honda WR-V 2023 dengan layar 7.0 inci
Head unit Honda WR-V dengan konektivitas smartphone

Khusus untuk fitur keselamatan, WR-V dilengkapi dengan sistem 6-airbag, Vehicle Stability Assist, serta fitur Hill Start Assist. Semua tipe WR-V juga sudah dilindungi oleh rangka G-CON+ACE with side impact beam guna mencegah cedera serius ketika terjadi tabrakan.

Sementara untuk sistem keamanan WR-V termasuk Walk-Away Auto Lock, dimana mobil akan terkunci sendiri ketika pemilik mobil yang membawa kunci menjauh dari mobil. Selain itu ada pula sistem alarm, immobilizer, dan Rear Seat Reminder.

Fitur Honda Sensing

Yang membuat WR-V semakin menawan adalah mobil ini sudah mendapatkan fitur Honda Sensing, rangkaian sistem keselamatan canggih yang sudah ditawarkan Honda pada mobil premiumnya di Indonesia. Fitur Honda Sensing milik WR-V meliputi:

  • Collision Mitigation Braking System
  • Lane Keeping Assist System
  • Road Departure Mitigation System
  • Adaptive Cruise Control
  • Lead Car Departure Notification System
  • Auto-High Beam

Semua fitur ini menghasilkan rasa nyaman dan aman ketika berkendara. Sayangnya baru tipe tertinggi yang ditawarkan dengan fitur ini. Kemungkinan besar untuk memangkas harga agar tak terlalu tinggi.

>>> Punya Pertanyaan Seputar Mobil Honda? HANI Siap Melayani!

Operasi Honda WR-V 2022

Keseluruhan tipe yang dipasarkan di Indonesia sama-sama menggendong mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang sudah dilengkapi dengan teknologi Drive by Wire milik Honda. Teknologi terbaru ini disebut menawarkan performa yang lebih baik di jalanan.

Tenaga yang ditawarkan mencapai 121 PS pada 6.600 rpm serta didukung torsi puncak 145 Nm pada putaran 4.300 rpm. Honda pun membanggakan WR-V sebagai mobil dengan tenaga terbesar dibandingkan dengan model lain di segmen ini.

mesin mobil baru Honda WR-V 2023 berkapasitas 1.5 liter
Mesin Honda WR-V dengan teknologi baru Honda

Dipadukan dengan transmisi CVT, satu-satunya jenis transmisi yang digunakan pada mobil ini. Namun peningkatan teknologi menggunakan sistem G-design shift diklaim menghasilkan efisiensi bahan bakar 4% lebih baik dibandingkan transmisi CVT sebelumnya.

Penggunaan transmisi CVT disebut menghasilkan rasa berkendara yang menyenangkan. Peningkatan handling disebut memberikan rasa fun to drive yang khas dari mobil Honda. Apalagi didukung dengan sistem suspensi MacPherson Strut di depan dan H-Torsion Beam di belakang.

>>> Mulai dari Rp180 Jutaan, Intip Beda Tipe Honda HR-V Bekas Gen 1

Spesifikasi Honda WR-V 2022

Mesin Honda WR-V 2023

Seri Mesin

1.5L DOHC i-VTEC + DBW

Pasokan Bahan Bakar

PGM – FI

Jumlah Katup

16

Tenaga Maksimum

121 PS @ 6.600 rpm

Torsi Maksimum

145 Nm @ 4.300 rpm

Kapasitas Silinder

1.498 cc

Diameter x Langkah

73 x 89,5

Tipe Transmisi

CVT

Dimensi Honda WR-V 2023

Panjang x Lebar x Tinggi

4.060 mm x 1.780 mm x 1.608 mm

Jarak Sumbu Roda

2.485 mm

Ground Clearance

220 mm

Kapasitas Tangki

 

Suspensi/Kaki-Kaki Honda WR-V 2023

Suspensi Depan & Belakang

Suspensi Depan: MacPherson Strut

Suspensi Belakang: H-Shape Torsion Beam

Rem Depan & Belakang

Rem Depan: Ventilated Disc

Rem Belakang: Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS + EBD + BA

Struktur Sasis

G-CON + ACE with Side Impact Beam

Velg

Tipe RS: 17 inci (17x7J)

Tipe E: 16 inci (16 x 7J)

Jenis Ban

Tipe RS: 215/55R17

Tipe E: 215/60R16

Daftar Harga Honda WR-V 2022

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WR-V dipasarkan dengan tiga varian berbeda, dimana varian tertinggi semakin lengkap dengan fitur Honda Sensing dan tentunya harga yang lebih tinggi. Harga Honda WR-V 2023 sendiri dimulai dari Rp271,9 jutaan, sedangkan tipe WR-V RS Honda Sensing dibanderol Rp309,9 jutaan.

Kesimpulan Honda WR-V 2022

Sebagai mobil SUV perkotaan, Honda WR-V 2023 menghadirkan tampilan yang stylish dan kenyamanan layaknya SUV premium. Begitu pula didukung dengan rasa berkendara yang menyenangkan khas Honda, menambah keunggulan mobil ini dibandingkan pesaingnya. Tapi tentu saja, ada harga ada barang. Banderol yang lebih tinggi perlu dipertimbangkan bagi Anda yang ingin meminang mobil ini.

>>> Simak beragam review mobil baru lainnya hanya di sini

Padli Nurdin
Share this post:
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top