Review Honda Rugged Open Air Vehicle 2018 Indonesia

03/11/2018

Share this post:

Honda Rugged 2018

Editor rate:

Lihat promo

Konsep Honda Rugged Open Air Vehicle menggabungkan elemen-elemen dari truk pikap Ridgeline dengan memberikan tampilan sangar untuk dibawa ke bertempur ke medan-medan off-road, mulai dari gunung, hutan berlumpur, hingga padang pasir yang tandus.

Review Honda Rugged Open Air Vehicle 2018 Indonesia
Review Honda Rugged Open Air Vehicle 2018 Indonesia
0 Gambar

Pengantar Honda Rugged 2018

Mari kita simak spesifikasi Honda Rugged 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan desain yang kokoh untuk dibawa off-road

Cukup tenaga untuk menarik mobil di medan

Interior waterproof, cocok untuk dibawa berkendara di segala cuaca

Kekurangan

Bagasi di belakang mengganggu dan terlihat begitu besar ketika dibawa berjalan

 

Review Honda Rugged Open Air Vehicle 2018Diperkenalkan pertama kali Selasa (30/10) lalu di acara SEMA (Speed Equipment Manufacturing Association) 2018 di Las Vegas Convention Center, Honda Rugged Open Air Vehicle disebut sebagai “kendaraan petualangan Honda terbuka terbaik.” Di desain oleh operator Amerika yang beroperasi di Jepang, Honda menyebutnya “menggabungkan utilitas dari Honda Ridgeline dengan kekasaran off-road dan styling ekstrim dari Honda Pioneer 1000 berdampingan.”

Gambar yang menunjukan Honda Rugged Open Air Vehicle di SEMA 2018

Tampilan perdana Honda Rugged Open Air Vehicle di SEMA 2018

Berbasis pada tubuh dan suspensi Ridgeline yang dikombinasikan dengan elemen mobil ATV Honda Pioneer, mobil konsep ini menggunakan banyak komponen Honda saat ini, termasuk pintu produksi dan setir Pioneer. Bak juga menggunakan desain Pioneer sedangkan tempat duduk diambil dari Civic Type R yang dipasang ulang dengan bahan tahan air untuk bertahan di segala cuaca. Hal yang paling diperlukan mengingat mobil ini dibuat tanpa atap.

Gambar yang menunjukan Honda Rugged Open Air Vehicle di gurun pasir

Honda Rugged Open Air Vehicle sudah dibawa berkendara di gurun pasir

Hanya dipamerkan sebagai kendaraan konsep di SEMA 2018, berikut review Honda Rugged Open Air Vehicle 2018 yang dirangkum oleh tim Cintamobil.com.

Eksterior Honda Rugged 2018

Desain Honda Ridgeline jelas terlihat sebagai basis dari kendaraan ini. Hal ini terlihat jelas dari lampu depan dan belakang serta bagian bak. Jika dibandingkan dengan model asli yang diambil dari Honda Ridgeline, eksterior Honda Rugged Open Air Vehicle mendapatkan perubahan radikal, terlebih bagian badan yang dibuka, hanya menyisakan rangka-rangka besi layaknya ATV.

Review Honda Rugged Open Air Vehicle 2018​: Eksterior Depan

Meskipun masih menggunakan desain Ridgeline, eksterior depan Honda Rugged Open Air Vehicle mengandalkan tampilan sangar dan bersegi. Kap mesin sepertinya mengambil desain Pioneer 1000 yang dibuat lebih ‘kasar’ untuk memberikan perlindungan pada mesin. Lampu depan LED yang terlihat sipit juga sudah dipasang untuk membantu menerangi jalan ketika berkendara di malam hari.

Gambar yang menunjukan bagian depan Honda Rugged Open Air VehicleGambar yang menunjukan tampilan front-end Honda Rugged Open Air Vehicle

Bagian depan Honda Rugged Open Air Vehicle 2018

Front-end dilengkapi dengan rangka besi, tujuan tentu saja untuk melindungi bagian depan dari benda-benda keras yang kemungkinan besar akan menabrak atau ditabrak mobil ini. Ditambah dengan komponen alumunium di bagian gril bawah untuk membantu mobil ketika harus berhadapan dengan medan berat dan rintangan selama berkendara.

Review Honda Rugged Open Air Vehicle 2018​: ​Eksterior Samping

Rangka besi masih menjadi pelindung terbaik mobil ini, sebagaimana terlihat pada eksterior samping Honda Rugged Open Air Vehicle dimana terdapat pintu berangka besi. Bahkan tidak ada jendela, sedangkan bagian atas kendaraan hanya diberikan kandang besi, tidak ada jaring untuk menjaga penumpang agar tidak keluar ketika menghadapi medan berat.

Gambar yang menunjukan bagian samping Honda Rugged Open Air Vehicle

Bagian samping Honda Rugged Open Air Vehicle 2018

Ground clearance juga dibuat tinggi dengan suspensi yang membantu mobil ini melaju di medan-medan berat. meskipun Honda masih belum menjelaskan suspense apa yang dipakai, melihat penggunaan mobil ini, bisa jadi Honda akan memberikan suspensi MacPherson Strut yang digunakan Ridgeline.

Review Honda Rugged Open Air Vehicle 2018​: ​Eksterior Belakang

Gambar yang menunjukan bagian belakang Honda Rugged Open Air VehicleGambar yang menunjukan bak belakang Honda Rugged Open Air Vehicle

Bagian belakang Honda Rugged Open Air Vehicle 2018

Menggunakan platform Ridgeline, eksterior belakang Honda Rugged Open Air Vehicle masih mengambil bak belakang yang dimodifikasi sesuai desain Pioneer untuk menghasilkan bak yang lebih tangguh dibandingkan Ridgeline. Tak banyak komponen ditemukan pada bagian belakang, hanya dilengkapi oleh lampu rem yang terletak di bagian sisi bak.

>>> Dapatkan juga review Honda lainnya di sini:

Interior Honda Rugged 2018

Sesuai dengan namanya, “Open Air” mengindikasikan interior Honda Rugged Open Air Vehicle yang terbuka menghadap udara bebas. Interiornya berbasis Ridgeline. Bentuk dasbor dan area footwell tampak hampir sama serta kluster instrument-nya tidak berubah sedikitpun. Interiornya memiliki beberapa fitur keren, seperti full weatherproofing untuk elemen outdoor.

Review Honda Rugged Open Air Vehicle 2018​: ​Dasbor

Gambar yang menunjukan dasbor Honda Rugged Open Air Vehicle

Bagian dasbor Honda Rugged Open Air Vehicle 2018

Dasbor Honda Rugged Open Air Vehicle diambil langsung dari Ridgeline, tapi dengan sedikit perubahan untuk membuat mobil ini nyaman dibawa ke alam bebas. Ada dua pengapit RAM di atas dasbor yang bisa digunakan untuk memegang smartphone. Penggunaan telepon pintar memang diperlukan karena mobil ini sepertinya tidak dilengkapi dengan teknologi GPS atau navigasi. Permukaan cat yang tahan lama melindungi panel instrumen yang terbuka, Sistem infotainment jelas dihilangkan. Lagipula, untuk apa layar canggih jika tak mampu bertahan ditengah sinar matahari dan gempuran hujan?

Review Honda Rugged Open Air Vehicle 2018​: ​Kemudi

Gambar yang menunjukan kemudi Honda Rugged Open Air Vehicle

Bagian kemudi Honda Rugged Open Air Vehicle 2018

Menjadi perpaduan antara Ridgeline dan Pioneer 1000, kemudi Honda Rugged Open Air Vehicle diambil dari Pioneer 1000. Sistem kemudi tiga palang hanya menampilkan satu tombol klakson di tengah tanpa ada tombol-tombol pengaturan lainnya. Jadi kemudi memang dikhususkan hanya untuk mengarahkan mobil ini.

Review Honda Rugged Open Air Vehicle 2018​: ​Kursi

Gambar yang menunjukan bagian kursi depan Honda Rugged Open Air VehicleGambar yang menunjukan bagian kursi belakang Honda Rugged Open Air Vehicle

Bagian kursi Honda Rugged Open Air Vehicle 2018

Kursi Honda Rugged Open Air Vehicle berasal dari Honda Civic Type R, tetapi dilapisi dengan bahan tahan air yang sama dengan yang digunakan untuk Pioneer 1000. Mungkin ide yang bagus, mengingat interior benar-benar terbuka, dan tentu saja besar kemungkinan mobil ini akan berkendara di daerah berlumpur atau terkena hujan. Jika hanya menggunakan bahan kulit biasa, kebayang kan seperti apa membersihkannya?

Review Honda Rugged Open Air Vehicle 2018​: ​Bak Belakang

Gambar yang menunjukan bagian bak Honda Rugged Open Air Vehicle

Bagian bak Honda Rugged Open Air Vehicle 2018

Bak Honda Rugged Open Air Vehicle sama dengan Honda Ridgeline, yaitu bak besar yang mampu menampung hingga 960 liter bagasi. Bak tampak seperti ukuran Ridgeline, tetapi karena bodi yang lebih sempit, bak mobil ini terlihat lebih luas. Jika dibandingkan dengan Pioneer 1000 yang dibuat tanpa bagasi, mobil ini memiliki ruang cukup untuk membawa semua barang bawaan ketika berkelana di alam liar.

Fitur Honda Rugged 2018

Sebagaimana kendaraan konsep, Honda masih belum memberikan penjelasan lebih lanjut terkait detail kendaraan ini. Masih banyak misteri yang masih tersembunyi, terlebih untuk fitur Honda Rugged Open Air Vehicle. Namun sebagaimana dilihat dari bagian dalam dan dasbor kendaraan, Honda tidak ingin membebani pengemudi dengan berbagai sistem infotainment. Tentu saja, siapa pula yang ingin memakai sistem infotainment ketika sedang berkendara di alam liar?

Gambar yang menunjukan pengendaraan Honda Rugged Open Air Vehicle

Honda Honda Rugged Open Air Vehicle 2018 siap dibawa berpetualang di alam bebas

Selain itu, tidak ada informasi sedikitpun tentang fitur keselamatan aktif Honda Rugged Open Air Vehicle saat diperkenalkan di SEMA 2018. Tapi untuk dibawa ke medan berat, fitur modern seperti Adaptive Cruise Control atau Autonomous Parking sangat tidak diperlukan.

Operasi Honda Rugged 2018

Gambar yang menunjukan mesin V8 Honda Rugged Open Air Vehicle

Sistem operasi Honda Rugged Open Air Vehicle masih memakai mesin V8 Honda Ridgeline

Honda tidak menyebutkan perubahan mekanis apapun, namun kendaraan konsep ini kemungkinan memakai sistem operasi Honda Rugged Open Air Vehicle yang didukung oleh V6 3.5 liter yang sama dan digunakan dalam dapur pacu Honda Ridgeline yang memang dikhususkan untuk kendaraan yang ingin menempuh medan-medan berat. Mesin ini menghasilkan 280 daya kuda dan torsi maksimal 382 Nm untuk membawa kendaraan ini berkelana di semua jalur. Honda memang menawarkan Ridgeline dengan penggerak roda depan, tetapi masih belum ada penjelasan dari konsep ini.

Spesifikasi Honda Rugged 2018

Honda memang baru mengungkapkan mobil ini sebagai kendaraan konsep. Karena itu, tidak banyak detail lengkap untuk spesifikasi Honda Rugged Open Air Vehicle. Namun berikut beberapa detail yang berhasil dirangkum oleh Cintamobil.com.

Dimensi Honda Rugged Open Air Vehicle

Panjang x Lebar x Tinggi

A/N

Wheelbase

A/N

Berat

A/N

Kapasitas Tempat Duduk

4 orang

Volume Bagasi

960 liter

Mesin Honda Rugged Open Air Vehicle

Tipe Mesin

V6 24 katup SOHC i-VTEC

Isi Silinder

3.471 cc

Tenaga Maksimal

280 dk @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

382 Nm @ 4.700 rpm

Transmisi

6 kecepatan otomatis

Kaki-Kaki Honda Rugged Open Air Vehicle

Suspensi

A/N

Rem

A/N

Daftar Harga Honda Rugged 2018

Masih berbentuk mobil konsep, masih belum ada kejelasan apakah model ini akan menjadi salah satu lini produksi Honda di masa depan. Untuk harga Honda Rugged Open Air Vehicle juga masih belum terlihat. Namun jika menggunakan tolak ukur Honda Ridgeline yang menjadi basis mobil ini, sepertinya Honda akan meminta sekitar $ 30.000, atau jika dikonversikan menjadi Rp 450 jutaan untuk mendapatkan mobil ini.

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan Honda Rugged 2018

Bisa jadi mobil ini hanya sebagai kendaraan konsep tanpa pernah dibuat sebagai kendaraan produksi. Pasalnya, jika dibandingkan dengan pengendaraannya, Honda Ridgeline tetap menjadi opsi yang masuk akal untuk pembeli yang menginginkan truk pikap. Walaupun mobil konsep ini bisa menjadi pilihan bagi pecinta petualangan yang ingin memacu adrenalin dan ingin mengemudi di alam liar.

Gambar yang menunjukan pengendalian Honda Rugged Open Air Vehicle

Untuk menjelajahi alam liar, mobil konsep ini jelas sangat fungsional

Konsep yang ditawarkan oleh Honda untuk kendaraan ini bisa dibilang sebuah ide gila. Namun mengubah kendaraan biasa menjadi sebuah ide gila menang bagian dari SEMA. Konsep Honda Rugged Open Air Vehicle memiliki banyak pesaing untuk menjadi kendaraan paling kreatif dan gila pada kompetisi SEMA tahun ini.

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Review UD Truck Kuzer 2018: Kabin Terluas dan Tenaga Terbesar di Kelasnya

Rp 310.000.000

01/04/2019

Editor rate:

Disebut sebagai truk dengan kabin terluas pada segmennya, UD Trucks akhirnya memasarkan UD Truck Kuzer 2018 setelah tertunda selama satu tahun. Menggunakan tagline “memberikan ekstra”, mobil ini dipenuhi dengan teknologi terbaru serta kenyamanan tingkat tinggi bagi pengemudinya untuk segmen truck light duty.

Lihat juga

Review Tesla Cybertruck 2020: Truk Revolusioner Tesla Bergaya Cyberpunk!

28/11/2019

Editor rate:

Elon Musk tak henti-hentinya mengejutkan penggemar otomotif di seluruh dunia. Dan kali ini, ada Tesla Cybertruck 2020 yang memukau penggemarnya di Los Angeles Auto Show. Desainnya yang unik dan klaim anti peluru menjadi fitur menarik dari salah satu mobil revolusioner milik Tesla ini.

Lihat juga

Mitsubishi Strada Triton 2017 Di Indonesia: Pickup Truck Elegan dengan Citarasa SUV yang Kental

Rp 292.000.000

20/11/2017

Editor rate:

Segmen mobil Pickup Truck di Indonesia memang tak terlalu signifikan karena peminatnya cenderung terbatas. Namun hal itu tak menghalangi Mitsubishi sebagai salah satu produsen otomotif terbesar mengendurkan produksinya atas segmen Pickup Truck. Melalui Strada Triton, pabrikan yang memiliki logo tiga berlian ini yakin dapat terus eksis dan bersaing ketat dengan kompetitiornya yang juga meluncurkan varian mobil sejenis. Ada apa dengan Mitsubishi Strada Triton 2017 di Indonesia?

Lihat juga

Harga Chevrolet Colorado 2017: Pick Up Truck dengan Rasa SUV

Rp. 405.000.000

27/10/2017

Editor rate:

Chevrolet kembali mengeluarkan salah satukatalog terbaiknya di ranah pick up Truck yakni Chevrolet Colorado. Meskipun peminat mobil 4X4 ini bisa dibilang cukup segmented, pabrikan asal negeri Paman Sam itu tak gentar dan siap bersaing dengan kompetitornya macam Mitsubishi Triton, Nissan Teana dan lain sebagainya. Ada apa yang baru dari mobil ini? Silahkan bacalah tulisan review Chevrolet Colorado 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Review Mercedes-Benz Arocs 2536 L 2019 Indonesia: Pesona Baru Heavy Truck di Indonesia

30/06/2019

Editor rate:

Mengusung tema ‘New Dimension” untuk kelas truk di Tanah Air, Daimler Indonesia memperkenalkan Mercedes-Benz Arocs 2536 L 2019 Indonesia. Berbagai sistem keselamatan untuk menjaga pengemudi selama berkendara dipadukan dengan fitur canggih untuk kenyamanan di jalan.

Lihat juga
back to top