Review Honda Odyssey 2021: Kepraktisan Maksimal Khusus Pasar Jepang

01/01/2021

Share this post:

Honda Odyssey 2021

Editor rate:

TBA

Daftar Harga Mobil Honda Odyssey Terbaru Lihat promo

Honda Odyssey 2021 di Jepang mendapatkan pembaharuan tampilan yang lebih elegan serta berbagai fitur penunjang kepraktisan yang membuatnya terasa lebih premium.

Review Honda Odyssey 2021: Kepraktisan Maksimal Khusus Pasar Jepang
Review Honda Odyssey 2021: Kepraktisan Maksimal Khusus Pasar Jepang
0 Gambar

Pengantar Honda Odyssey 2021

Mari kita simak spesifikasi Honda Odyssey 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Ubahan eksterior membuat lebih elegan

Kabin lega

Kepraktisan meningkat

Kekurangan

Mesin tidak ada ubahan

Kalah pamor dari Alphard

Khusus untuk pasar Jepang

Honda Odyssey generasi terkini baru saja melewati tujuh tahun masa edarnya secara global. Meskipun pernah mendapatkan facelift ringan pada tahun 2017, tapi Honda seakan tak puas dan tahun ini memperkenalkan pembaharuan bagi minivan premium bernama Honda Odyssey 2021 ini. Odyssey yang akan dijual tahun 2021 ini merupakan revisi kedua dengan ubahan yang dijamin lebih komprehensif dibandingkan tiga tahun lalu.

Gambar Honda Odyssey generasi pertama tahun 1994

Odyssey pertama kali lahir tahun 1994

Honda Odyssey bisa disebut sebagai minivan premium dengan tampilan yang elegan. Hanya saja Honda membedakan spesifikasi dan tampilan Odyssey yang dipasarkan di Jepang dan model global. Di Indonesia, Honda Odyssey bersaing dengan Nissan Elgrand dan Toyota Alphard. Ubahan terakhir diberikan pada tahun 2018 menawarkan revisi pada tampilan dan teknologi yang digunakan.

Honda Odyssey 2020 Indonesia berwarna hitam
Honda Odyssey yang dipasarkan di Indonesia saat ini

Perubahan kali ini memang dikhususkan untuk pasar Jepang. Mengingat Odyssey memang memiliki pangsa yang lebih besar di Negeri Sakura tersebut. Awalnya direncanakan untuk didebut di bulan April pada New York International Auto Show, Honda akhirnya merilis ubahan terbarunya secara virtual. Honda Odyssey masih dipasarkan di Indonesia meski penjualannya tak begitu memuaskan. Pembaharuan ini dipercaya bisa meningkatkan tajinya guna bersaing dengan model lain di segmennya, Sebelum itu, mari kita simak apa saja yang baru di review Honda Odyssey 2021 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Honda Odyssey 2021

Menyasar pasar minivan premium, tentu saja kesan mewah menjadi andalan bagi mobil ini. Untuk tahun depan, ubahan paling signifikan terlihat dari desain grille yang menggunakan lebih banyak aksen chrome dibandingkan sebelumnya. Selain itu, tampilan belakang juga mendapatkan beberapa ubahan. Rincian ubahan pada Honda Odyssey 2021 adalah sebagai berikut.

Review Honda Odyssey 2021: Eksterior Depan

Tampilan depan Honda Odyssey 2021 berwarna putih
Tampilan depan Honda Odyssey 2021

Ciri khas Honda Odyssey menjadikannya lebih berbeda dibandingkan model Honda lainnya. Apalagi dengan grille depan dibuat lebih besar dibandingkan sebelumnya, Diapit oleh lampu depan yang terasa lebih stylish. Di bagian bawah ada bumper depan dengan tampilan yang maskulin. Terlihat lebih banyak garis horizontal pada edisi terbaru ini.

Review Honda Odyssey 2021: Eksterior Samping

Tampilan samping Honda Odyssey 2021 berwarna putih
Tampilan samping Honda Odyssey 2021

Bagian samping terkesan tanpa perubahan. Dengan guratan yang halus termasuk dimensi yang tak berubah, tak begitu banyak ornamen yang ditawarkan di samping. Tapi Honda menyematkan fitur baru, yaitu gesture control. Fitur ini bisa membantu Anda membuka pintu samping dengan mudah hanya dengan melambaikan tangan pada sensor yang terdapat di bagian pintu mobil. Sangat berguna ketika tangan sedang terisi penuh barang belanjaan.

Review Honda Odyssey 2021: Eksterior Belakang

Tampilan belakang Honda Odyssey 2021 berwarna putih
Tampilan belakang Honda Odyssey 2021

Dibandingkan dengan tampilan depan, perubahan desain bagian belakang tak terlalu drastis. Tapi tetap ada perubahan yang diberikan. Pintu belakang terlihat lebih halus dengan garis-garis bodi yang tidak terlalu menonjol. Termasuk lampu belakang juga terlihat baru, memberikan penyegaran tersendiri pada mobil ini di bagian belakang

>>> Baca beragam review mengenai mobil Honda di bawah ini


Interior Honda Odyssey 2021

Ubahan di dalam kabin juga tak begitu banyak. Tapi Honda memberikan peningkatan pada teknologi yang digunakan, tentu saja memberikan kepraktisan lebih ketika berkendara bersama mobil ini.

Review Honda Odyssey 2021: Dashboard

Dashboard mendapatkan revisi desain dengan tambahan aksen kayu imitasi untuk membawa kesan yang lebih elegan di dalam kabin. Panel instrumen 7.0 inci baru terpasang, meningkat dibandingkan model 3,5 inci yang sebelumnya. Ditambah sistem infotainment 10.0 terpasang di bagian tengah dashboard. Honda juga menawarkan monitor 11.6 inci untuk menghibur orang-orang di belakang.

dashboard Honda Odyssey 2021 berwarna hitam
Dashboard Honda Odyssey 2021

Konsol tengah menghadirkan desain terbuka dengan kompartemen penyimpanan. Pengemudi dan penumpang depan bisa mengatur sandaran tangan sesuai dengan keinginan Anda. Odyssey juga menghadirkan pengisi daya nirkabel yang baru, jadi Anda tinggal letakkan saja smartphone Anda di sana maka secara otomatis baterai akan terisi. Tapi harus diingat, smartphone Anda harus sudah support pengisian daya nirkabel.

Review Honda Odyssey 2021: Setir

setir Honda Odyssey 2021 berwarna hitam
Setir Honda Odyssey 2021

Setir dengan gaya khas Honda masih dipertahankan. Roda kemudi palang tiga dengan aksen silver pada beberapa bagian dilengkapi berbagai tombol pengaturan antara lain untuk mengatur audio di spoke kiri serta mengatur cruise control pada palang setir sebelah kanan. Jelas, deretan tombol tersebut memudahkan pengemudi mengakses berbagai fitur di dalam mobil. Di belakang kemudi ada panel instrument yang memperlihatkan informasi berkendara.

Review Honda Odyssey 2021: Kursi

Salah satu keunggulan Honda Odyssey 2021 akan kenyamanan kursi yang diberikan. Kursi berlapis kulit dengan pengaturan yang mudah akan menemani Anda selama berkendara. Tak ketinggalan pengatur suhu otomatis tiga zona untuk menambah rasa nyaman ketika berkendara. Deretan fitur pada kursi ini membuat Anda seolah berada di penerbangan kelas satu.

kursi Honda Odyssey 2021 berwarna hitam
Kursi Honda Odyssey 2021

Minivan Odyssey mendapatkan kursi MagicSlide yang memungkian kursi meluncur maju, mudur, maupun digeser dari sisi ke sisi. Menciptakan tata letak yang berbeda. Kursi belakang juga mudah dilepas. Sehingga meningkatkan kepraktisan di dalam kabin, terlebih ketika Anda ingin membawa barang dengan ukuran yang tidak kecil.

Review Honda Odyssey 2021: Bagasi

Tak banyak yang bisa disebutkan dari ruang penyimpanan mobil ini. Jika benar tanpa perubahan, penyimpanannya terasa cukup untuk membawa beberapa koper berukuran medium. Tapi dengan kepraktisan dari kursi belakang yang bisa dilepas, Anda bisa mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan pada bagian belakang.

>>> Baca berbagai berita terbaru Honda di sini

Fitur Honda Odyssey 2021

Pembaharuan yang diberikan pada Odyssey memang rasa minor, tapi ada fitur baru yang membuat perbedaan besar. Diantaranya sistem pengingat pada kursi belakang yang dipasangkan dengan kamera CabinWatch. Ketika Anda mematikan mobil dan ada sesuatu atau penumpang di belakang, layar infotainment akan menampilkan gambar kabin dan alarm berbunyi mengingatkan pengemudi.

Fitur lainnya yang juga menambah kepraktisan di dalam mobil yaitu fitur kursi elektris yang bisa keluar dari pintu samping. Baik untuk kursi baris pertama hingga kursi penumpang di baris kedua. Fitur ini disebut akan membantu lansia maupun orang dengan disabilitas tanpa perlu lagi repot-repot masuk ke dalam mobil.

kursi otomatis Honda Odyssey 2021 yang keluar dari mobil
Fitur kursi otomatis Honda Odyssey 2021

Odyssey varian tertinggi juga mendapatkan spion samping auto-dimming, jok kulit berlubang di baris pertama dan kedua, serta keset lantai baru dengan desain tiga warna. Kehadiran model baru ini menghadirkan suasana yang lebih elegan pada interior. Dan tak ketinggalan tampilan kamera pada sistem infotainment yang lebih baik.

Review Honda Odyssey 2021: Fitur Keselamatan Aktif

Honda Sensing, rangkaian teknologi keselamatan Honda menjadi fitur standar di semua Odyssey. Adaptive Cruise Control dengan diikuti kecepatan rendah sekarang dalam melambat hingga berhenti di lalu lintas berkecepatan rendah. Ada pula Collision Mitigation Braking dengan deteksi pejalan kaki menggunakan unit radar baru untuk fungsi yang lebih baik. Membantu Odyssey mendapatkan Top Safety + dari lembaga IIHS.

>>> Kelebihan dan Kekurangan Honda Odyssey 2017

Operasi Honda Odyssey 2021

Mesin Honda Odyssey 2021 berwarna hitam
Mesin Honda Odyssey 2021

Terdapat dua pilihan mesin pada Honda Odyssey terbaru ini. Khusus untuk pasar Jepang, pilihan mesin V6 3.500 cc kini ditiadakan. Sebagai gantinya dipasang dua jantung mekanis yakni 2.400 cc dan 2.000 cc yang masing-masing memiliki konvigurasi 4-silinder segaris berteknologi katup variabel i-VTEC khas Honda. Untuk output tenaga dan torsi serta transmisi Honda Odyssey 2021 ini Anda bisa cek langsung pada tabel spesifikasi yang telah kami siapkan.

>>> MPV Bergaya Station Wagon, Inilah Tips Lengkap Beli Honda Odyssey 2012 Bekas

Spesifikasi Honda Odyssey 2021

Berikut ini adalah spesifikasi Honda Odyssey 2021

Mesin Honda Odyssey 2021

Seri mesin

 2.400 cc: K24W, 4-Silinder Segaris, i-VTEC

 2.000 cc: LFA H4, 4-Silinder Segaris, i-VTEC + Electric Motor

Pasokan Bahan Bakar

 2.400 cc: Progammable Fuel Injection (PGM-FI)

 2.000 cc: Progammable Fuel Injection (PGM-FI)

Jumlah Katup

 2.400 cc: 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

 2.000 cc: 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

 2.400 cc: 187 PS @ 6.400 rpm

 2.000 cc: 215 PS @ 6.200 rpm

Torsi Maksimum

 2.400 cc: 245 NM @ 3.900 rpm

 2.000 cc: 175 NM @ 3.500 rpm + 315 NM Electric Motor

Kapasitas Silinder

 2.400 cc: 2,356 cc

 2.000 cc: 1,993 cc

Bore X Stroke

 2.400 cc: 87,0 mm X 99,1 mm

 2.000 cc: 81,0 mm X 96,7 mm

Tipe Transmisi

 2.400 cc: CVT, Penggerak Roda Depan (FWD)

 2.000 cc: eCVT, All Wheel Drive (AWD)

  Rangka Honda Odyssey 2021

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.840 mm X 1.820 mm X 1.695 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.900 mm

Ground Clearance

 150 mm

Kapasitas Tangki

 50-55 Liter

Radius Putar

 5,4 Meter

Suspensi/Kaki-Kaki Honda Odyssey 2021

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: McPherson Strut

 Belakang: Torsion Beam

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 Honda G-Force Control Technology (G-CON), Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, MPV D-Segment

Pelek

 Alloy, 17 inch

Jenis Ban

 Radial, 215/55 R17

Daftar Harga Honda Odyssey 2021

Di Jepang, Odyssey tersedia dengan mesin hybrid 2.0L dan dua motor listrik dengan harga mulai dari 4.198.000 yen, atau setara dengan Rp 575 jutaan. Sedangkan harga Honda Odyssey 2021 untuk varian yang lebih terjangkau dengan mesin 2.4L mulai dari 3.495.000 yen (setara dengan Rp 480 jutaan). Bandingkan dengan model yang dipasarkan di Indonesia saat ini, bermesin 2.4L yang bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 776 jutaan.

Kesimpulan Honda Odyssey 2021

Perubahan kali ini memberikan tampilan yang lebih elegan baik di luar maupun bagian dalam Honda Odyssey 2021. Penambahan fitur yang ditawarkan jelas meningkatkan kepraktisan berkendara bersama minivan premium milik Honda ini. Hanya saja perubahan kali ini khusus diperuntukan bagi pasar Jepang. Namun tak menutup kemungkinan beberapa fitur yang baru, seperti gesture control, akan disematkan di Honda Odyssey yang dibawa ke Indonesia nantinya.

>>> Review mobil terbaru lainnya bisa Anda dapatkan di sini

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Harga Honda Odyssey 2017

06/10/2017

Editor rate:

Honda nampaknya tengah serius untuk menancapkan taringnya di tahun 2017 ini. Pabrikan asal Jepang ini terus memperbaharui katalognya seperti Honda CR-V, HR-V dan lain sebagainya. Seakan tak pernah puas, Honda kembali merilis Odyssey untuk meramaikan dan menggempur pasar. Mobil dengan segmentasi menengah ke atas ini dihadirkan sebagai jawaban untuk konsumen yang menginginkan MVP dengan kelas premium. Ada apa dengan mobil itu? Bacalah tulisan review Honda Odyssey 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Review Honda Odyssey 2016 Indonesia

17/01/2018

Editor rate:

Kalau Honda Mobilio mengusung konsep MPV dengan harga yang terjangkau, maka Honda Odyssey mengusung konsep MPV dengan kualitas premium. Honda memperkenalkan Honda Odyssey terbaru dengan beberapa tambahan atau facelift pada 2014 silam. Mobil ini begitu cocok bagi para konsumen kelas menengah ke atas yang menginginkan mobil MPV dengan desain yang mewah ditambah dengan spesifikasi yang mumpuni dan fitur-fitur yang canggih. Selengkapnya bisa dibaca Review Honda Odyssey 2016 Indonesia di bawah ini.

Lihat juga

Review Honda Odyssey Absolute 2004, MPV Berkarakter Sporty

15/06/2018

Editor rate:

Jika Honda Stream menyasar segmen Medium MPV, maka Honda Odyssey menyasar segmen High MPV. Mobil yang sudah memasuki generasi ketiga ini memulai debutnya di Indonesia pada tahun 2004 silam. cintamobil.com akan review Honda Odyssey Absolute 2004 secara lengkap di bawah ini.

Lihat juga

Review Honda Odyssey 2018, Jagoan Baru Honda Di Kelas Premium MPV

26/04/2018

Editor rate:

Persaingan dunia otomotif di Indonesia memang bisa dibilang sangat ketat. Tidak hanya di kelas mobil LCGC, rupanya perusahaan otomotif di Indonesia juga bersaing di kelas mobil MPV mewah. Sebagai strategi untuk menyaingi Toyota di kelas MPV mewah, Honda Prospect Motor mengeluarkan Honda Odyssey 2018 dengan peningkatan desain dan fitur di dalamnya. Seperti apakah mobil yang dibanderol dengan harga Rp720 jutaan ini? Berikut ini adalah sedikit review Honda Odyssey 2018.

Lihat juga

Profil Honda Odyssey 2010, High MPV Yang Di-’Sedan’-kan

02/07/2018

Editor rate:

Setelah sukses dengan generasi ketiga yang memulai debutnya di Indonesia pada tahun 2004 silam, kali ini Honda Odyssey generasi keempat atau yang bernama New Honda Odyssey siap menggantikan pendahulunya untuk kembali memegang predikat High MPV terlaris.

Lihat juga
back to top