Review Honda NSX-GT 2017

24/03/2019

Share this post:

Honda NSX 2017

Editor rate:

Lihat promo

Usai mendapat pembaruan aero, Honda NSX-GT 2017 membuktikan kepiawaiannya dalam ajang balap Super GT kelas GT500 musim lalu dengan menjadi juara musim lewat dua pembalapnya, Jenson Button dan Naoki Yamamoto. Sebelum bergulirnya musim balap 2019, Cintamobil.com tertarik untuk mengulasnya secara detail.

Review Honda NSX-GT 2017
Review Honda NSX-GT 2017
0 Gambar

Pengantar Honda NSX 2017

Mari kita simak spesifikasi Honda NSX 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Letak mesin di tengah menghasilkan distribusi bobot lebih seimbang

Terdapat berbagai fitur untuk kenyamanan pembalap

Kekurangan

Masih minim prestasi dibanding mobil Lexus dan Nissan

Berpotensi berubah bentuk sasis lagi, mengikuti regulasi Class One

Spek 2017 dari Nissan GT-R GT500, Lexus LC500, Honda NSX Concept GT

Tiga pabrikan peserta Super GT, Nissan, Lexus, dan Honda (foto: supergt.net)

Review Honda NSX-GT 2017 - Honda resmi bertarung sebagai penantang Nissan dan Toyota pada gelaran All Japan Grand Touring Championship (JGTC) 1998 dengan mobil NSX GT500. Kala itu persaingan tiga besar pabrikan Jepang di kelas premier masih diwarnai oleh mobil balap Eropa yang digeber tim-tim privat, seperti Ferrari F40 dan Lamborghini Diablo.

Pada musim debutnya, Honda meraup empat kemenangan, dua diraih oleh tim Castrol Mugen, sisanya masing-masing disabet oleh Mobil 1 Nakajima Racing dan Team Kunimitsu. Ketiganya masih membalap hingga saat ini.

Pabrikan bermarkas pusat di Minato, Jepang tersebut menjadi juara dua musim kemudian oleh Ryo Michigami, pebalap Castrol Mugen. Titel tersebut menjadi satu-satunya selama memakai nama JGTC. Di era Super GT (mulai 2005) Honda merengkuh tiga gelar, termasuk pada 2018 oleh duet Button-Yamamoto di Team Kunimitsu. Ya, produsen mobil berlogo H tersebut masih minim prestasi bila dibandingkan dengan pencapaian dua pesaingnya.

Gambar mobil Honda NSX Concept GT 2017 berwarna biru Team Kunimitsu

Jenson Button dan Naoki Yamamoto menjadi andalan Team Kunimitsu untuk meraih gelar 2018 (foto: supergt.net)

Honda NSX-GT mendapat facelift pada 2017. Terlihat beberapa bagian berubah, seperti sayap belakang tambah lebar, serta bodykit belakang berbentuk makin kotak. Tentang bentuk spoiler, sepertinya ada penyeragaman bentuk di tahun yang sama untuk seluruh mobil.

Sebelum kita mengupas setiap bagian, perlu diketahui bahwa seluruh peserta kelas GT500 Super GT masuk dalam kategori siluet, atau mobil balap bersasis tunggal dengan bodi sesuai bentuk mobil jalanannya. Dengan kata lain, NSX-GT ini bukan berasal dari Honda NSX yang dioprek menjadi mesin balap, namun lebih kepada rangka tunggal yang diberi cangkang. Bayangkan mobil mainan remote control atau Mini 4WD, seperti itulah konsepnya. 

Eksterior Honda NSX 2017

Review Honda NSX-GT 2017: Tampilan Depan

Tampak depan mobil Honda NSX Concept GT 2017 yang sedang menyala lampu depan

Gril depan tampak lebih kecil dibanding versi jalanannya 

Logo H merah terpampang jelas di bagian depan. Sudah menjadi tradisi bagi Honda menambah background merah untuk model balapnya, type R. Bagian diffuser depan lebih besar dibanding versi pertamanya, begitu pula untuk wheel fender-nya, terdapat sisik untuk memecah aliran angin. Lampu depan diperkecil, dengan tetap mempertahankan elemen versi jalan rayanya, sementara gril nampak lebih sempit, namun rasanya tidak terlalu masalah karena aliran angin telah terbantu oleh diffuser.

Review Honda NSX-GT 2017: Tampilan Samping

Gambar mobil Honda NSX Concept GT 2017 berwarna hitam dilihat dari sisi samping

Sejumlah bagian di bodykit samping mendapat pembaruan sejak edisi pertama, 2014

Lubang angin di samping pintu nampak rata, membentuk pola garis melengkung hingga ke spion. Winglet bawah pun mendapat pembaruan, di mana terdapat celah untuk masuk ke bagian dalam lantai. Bagian samping spoiler berbentuk kotak, sama seperti dua kompetitornya, Nissan dan Lexus. Terdapat dua lingkaran dengan tepian perak, merupakan tempat masuknya bahan bakar.

Review Honda NSX-GT 2017: Tampilan Belakang

Gamabr mobil Honda NSX Concept GT 2017 berwarna hitam dilihat dari sisi belakang

Sayap lebih lebar membuat mobil terlihat proporsional 

Pun demikian halnya dengan lampu belakang, mirip dengan model jalanannya. Bodykit belakang lebih kompleks dibanding versi Honda NSX Concept GT 2014, karena menyatu dengan salah satu bagian diffuser. Dari sudut pandang ini kita bisa melihat spoiler makin lebar dan knalpot yang dilengkapi filter. Honda sempat menerapkan model knalpot samping saat memakai HSV-010 pada 2010-2013. 

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Honda NSX 2017

Review Honda NSX-GT 2017: Setir dan Dashboard

Gambar menunjukkan desain bagian Interior Honda NSX Concept GT 2017

Demonstrasi cara mengemudikan Honda NSX Concept GT 2017 

Untuk bisa masuk ke kokpit, Anda harus menekan bagian kiri pintu hingga sisi kanan terangkat, sebelum menariknya hingga pintu terbuka. Kesan pertama saat melihat bagian dalam adalah penuh dengan sentuhan serat karbon. Terdapat berbagai tuas di sebelah kanan pembalap, seperti starter mesin dan tombol hujan. Bentuk setirnya mirip dasi kupu-kupu, lengkap dengan berbagai tombol, seperti radio dan winker (sinyal menyalip kepada kelas di bawahnya, GT300). Karena posisi setir sangat dekat dengan dada, bagian siku membentuk sudut 90 derajat.

Review Honda NSX-GT 2017: Jok

Gambar menunjukkan Pedal Honda NSX Concept GT 2017

Beda postur tubuh antar pembalap satu tim? Tenang, posisi pedal bisa diatur 

Satu unit Honda NSX-GT 2017 digeber minimal oleh dua pembalap. Karena perbedaan tinggi badan Yamamoto dan Button cukup besar, terdapat opsi untuk mengatur posisi pedal. Kedua pebalap Team Kunimitsu dijamin keselamatannya saat beraksi di lintasan berkat sabuk pengaman empat titik buatan Takata.

Berbeda dengan pengemudi biasa, posisi duduk pembalap dibuat sedekat mungkin dengan aspal, untuk memaksimalkan titik gravitasi sehingga mobil makin lincah dikemudikan. Posisi lutut saat berada di kokpit ada di angka lebih dari 90 derajat, kira-kira 100-110.

Jok dan seluruh komponen interior mobil masuk ke dalam sasis tunggal berbahan serat karbon, dengan bentuk berbeda dibanding Lexus dan Nissan karena posisi mesin ada di tengah.

Review Honda NSX-GT 2017: Tombol-Tombol Pendukung

Gambar menunjukkan Starter elektrik Honda NSX Concept GT 2017

Nyalakan dulu tombol ini sebelum mulai start mesin (foto: YouTube Official Super GT)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jeroan Honda NSX-GT 2017 menyimpan banyak knop untuk menggerakkan mobil. Sebelum menyalakan mesin, pebalap harus menekan starter listrik, lalu engine start di setir sembari menekan kopling. Sama seperti di F1, pembalap Super GT membawa botol minum yang disalurkan lewat selang. Berbagai informasi seperti kecepatan dan bagian belakang mobil tersaji lewat dua layar led, di depan dan samping pilot.

Menggeber mobil balap selama 2-5 jam tentu membuat pebalap lelah. Karenanya, seluruh mobil peserta telah dilengkapi sejumlah perangkat penunjang. Apa saja?

>>> Baca juga:

Fitur Honda NSX 2017

Gamabr menunjukkan memasang selang botol minum di mobil Honda NSX 2017

Selain mengganti komponen, petugas pit stop juga membantu memasang selang minum 

Baik Honda NSX-GT 2017 maupun mobil balap Super GT ainnya memiliki selang yang mengalirkan udara dingin supaya pebalap tetap merasa sejuk. Untuk mengaktifkannya, pebalap hanya cukup menekan pedal gas. Dilihat lebih dekat, terdapat dua mode AC, yakni auto dan full. Karena kinerja mobil balap sangat berat, rasanya tidak mungkin tim terus-terusan menyalakan pendingin layaknya mobil jalanan pada umumnya.

Gambar menujukkan Winker Honda NSX Concept GT 2017

Meski telah diberi sinyal, tak jarang terjadi kontak antar kelas 

Seluruh kompetitor GT500 biasa memberi sinyal saat hendak menyalip kelas dibawahnya, GT300. Ada dua sinyal lampu yang bisa digunakan, yakni depan dan belakang. Tombol winker di bagian kemudi berfungsi memberi tahu posisi menyalip, seperti lampu sein di mobil jalanan.

Selain AC, suhu tubuh pebalap akan tetap stabil berkat botol minum dengan kapasitas 500-700 ml. Untuk mengalirkannya, terdapat sedotan panjang di bagian mulut yang terhubung ke kabin botol. Tugas memasang selang saat berganti pilot dipercayakan kepada kru pit. 

>>> Lampu sein rusak? Baca cara memperbaikinya di sini!

Operasi Honda NSX 2017

Penutup mesin Honda NSX Concept GT 2017 dibuka

Posisi mesin sangat dekat dengan lantai mobil, membuatnya susah diintip dari jauh (foto: Racecar Engineering)

Honda NSX-GT 2017 menggunakan dapur pacu empat silinder direct injection berkapasitas 2 liter dilengkapi turbo. Mesin jenis tersebut juga dipakai di Audi RS5 DTM 2019 yang telah kami review beberapa waktu lalu. Tak mengherankan bila DTM dan Super GT makin menyeragamkan diri, mengingat keduanya telah masuk dalam regulasi Class One. Bahkan kedua kejuaraan tersebut akan mengadakan seri gabungan tahun ini. 

Geser ke bawah untuk spek lebih lengkapnya!

>>> Cocok Untuk Mobil Perkotaan, Ini Cara Memilih Honda Brio Bekas

Spesifikasi Honda NSX 2017

Berikut ini adalah spesifikasi Honda NSX GT 2017 terlengkap.

Mesin Honda NSX-GT 2017

Seri mesin

Inline 4 Cylinder with petrol direct fuel injection

Sistem Induksi

Turbocharger

Tenaga Maksimum

590 HP"}">> 590 HP

Posisi mesin

Tengah

Kapasitas Silinder

2.000 cc

Sistem Penggerak

Rear-wheel drive

Tipe Transmisi

6-speed sequential gearbox

Rangka Honda NSX-GT 2017

Panjang X Lebar X Tinggi

4.650 x 1.950 x 1.150mm

Jarak Sumbu Roda

2,750 mm

Panjang Sayap

1.900 mm

Berat

1.040 kg

Suspensi/Kaki-Kaki Honda NSX-GT 2017

Suspensi Depan & Belakang

Double wishbone with torsion bar stabilizers

Sistem Kemudi

Hydraulic power-assisted

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc

Struktur Sasis

Carbon fiber monocoque & steel roll cage

Struktur Bodi

Komposit

Pelek

6 Spoke Wheel

Supplier Ban

Bridgestone, Dunlop, Yokohama

Weight distribution

47/53

Daftar Harga Honda NSX 2017

Honda NSX-GT 2017 bukanlah mobil yang bisa dibeli begitu saja. Untuk bisa menggebernya, Anda wajib berstatus sebagai salah satu pebalap tim kelas GT500. Pengalaman terdekat untuk bisa mencicipinya adalah melalui video gim, seperti Gran Turismo Sport. Namun bila masih ingin merasakan sensasi NSX terbaru, kami telah menyediakan review versi jalanannya berikut ini! 

>>> Cek juga daftar harga mobil Honda terbaru di sini!

Kesimpulan Honda NSX 2017

Meski baru sekali merengkuh gelar, Honda NSX-GT 2017 makin matang dengan raihan beberapa tim penggunanya, seperti Team Kunimitsu dan ARTA. Ada satu hal berpotensi membuat Honda pusing, yakni salah satu poin regulasi Class One yang mewajibkan seluruh mobil memakai mesin depan bila ingin berlaga di Eropa. Sepertinya tahun depan kita akan melihat sasis baru Honda NSX-GT 2017 supaya bisa berkompetisi di Benua Biru atau mereka hanya bisa berlaga di Jepang. 

>>> Baca review mobil lainnya di Cintamobil.com!

Wisnu Setioko
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top