Review Honda Jazz RS CVT 2017

19/04/2019
editor rate: 4,2 user rate: 4,5
Inilah mobil yang membuka kelas baru pasar mobil anak muda di Indonesia, meski kini kehadirannya sudah bergeser ke konsumen yang lebih mapan namun tetap saja kiprah Honda Jazz di Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Mobil ini sempat mengalami ubahan minor di tahun 2017, so inilah ulasan kami mengenai Honda Jazz tipe RS 2017

PENGANTAR Honda Jazz 2017

Gambar menunjukkan Tampak Honda Jazz RS CVT 2017 berwarna orange

Inilah tampang terakhir penyegaran Honda Jazz dengan kode bodi GK5 yang dijual di Indonesia

Review Honda Jazz RS CVT 2017 - Jujur saja, saat ini market dari Honda Jazz perlahan tapi pasti sudah mulai tergencet dengan sesama produk Honda sendiri. Konsumen yang dulunya merasa "pas" di kelas ini, kini banyak yang menggeserkan pilihannya ke Honda HR-V. Dengan platform sama, ditambah sentuhan mewah serta tongkrongan jangkung khas SUV membuat Honda Jazz semakin kurang diminati. Apalagi beberapa bulan lalu All New Honda Brio diluncurkan di Indonesia, dengan harga lebih rationable, bodi kompak serta rasa berkendara yang semakin mirip Jazz lawas, membuat Honda Jazz semakin tertekan. Meski demikian, kami dari Cintamobil.com menemukan alasan mengapa Honda Jazz 2017 yang masih dijual hingga hari ini tetap layak untuk Anda pertimbangkan. Berikut ulasan kami mengenai mobil ini.

EKSTERIOR Honda Jazz 2017

Review Honda Jazz RS CVT 2017 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan Tampak tampilan depan Honda Jazz RS CVT 2017 berwarna orange

Grill berlapis krom serta tarikan garis yang membuat grill seolah menyatu dengan headlamp menambah pesonannya

Seperti biasa, kami dari Cintamobil.com akan mengajak Anda berkeliling 360 derajat dari mobil ini untuk mengetahui apa saja ubahan yang dilakukan Honda terhadap mobil ini. Pertama, saat melihat tampilan depan dari eksterior Honda Jazz 2017 ini, Anda akan melihat grill berlapis krom dari sebelumnya berwarna hitam piano black. Tarikan garis yang dibuat oleh desainer Honda ini membuat grill seolah menyatu dengan headlampnya. Ini akan menambah pesonanya dijalan.

Gambar menunjukkan Tampak Headlamp Honda Jazz RS CVT 2017

DRL berwarna putih dan nampak serasi dengan bohlam LED yang terpasang di headlamp Honda Jazz 2017 ini 

Review Honda Jazz RS CVT 2017 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan Tampak tampilan samping Honda Jazz RS CVT 2017

Tampilan samping dari mobil Honda Jazz 2017 ini lebih dinamis dengan adanya bodykit anyar

Tampilan samping dari mobil Honda Jazz ini kini lebih terlihat dinamis dan bergaya berkat pemasangan new dynamic side skirt yang menambah tampilan sporti dari mobil. Hal ini pun diperkuat dengan spion yang warnanya dibedakan dengan warna bodi. Hal ini mencuatkan kesan sporti namun juga dinamis pada mobil Honda Jazz ini. Belum lagi pelek two tone yang bentuk palangnya dibuat aerodinamis dengan tujuan memperkecil hambatan koefisien aerodinamika mobil secara keseluruhan.

Review Honda Jazz RS CVT 2017 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan Tampak tampilan belakang Honda Jazz RS CVT 2017

Honda tetap mempertahankan karakter sporti dari Honda Jazz 2017 ini, dan itu pun tercermin dari tampilan belakangnya

Honda Jazz dari sejak awal diluncurkan tahun 2004 memang sudah diarahkan ke karakter yang sporti, apalagi sejak ada Honda Jazz dengan varian mesin L15  VTEC pada tahun 2005 (dahulu Honda Jazz punya dua pilihan mesin yaitu i-DSI dan VTEC). Karakter sporti khas Honda ini tetap dipertahankan pada Honda Jazz yang terakhir mengalami penyegaran di tahun 2017 tersebut. Hal itu tercermin dari tampilan belakangnya yang menambahkan aksen diffuser di mobil ini.

Gambar menunjukkan Tampak Diffuser belakang Honda Jazz RS CVT 2017

Meski diffuser belakang ini enggak mempengaruhi aerodinamika, namun tetap saja membuat tampilan mobil jadi keren

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Honda Jazz 2017

Review Honda Jazz RS CVT 2017 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Tampak Layout dasbor Honda Jazz RS CVT 2017

Secara umum layout dasbornya tak ubahnya dengan Honda Jazz tahun 2014, hanya saja ada sedikit modernisasi

Masuk ke bagian dalam interior dari Honda Jazz 2017 ini, secara umum layout dasbornya tak ubahnya dengan Honda Jazz 2014 dimana Jazz dengan kode bodi GK5 pertama kali menginjakkan kakinya di bumi pertiwi Indonesia. Hanya saja, tetap ada sedikit sentuhan modernisasi yang dilakukan oleh Honda terhadap mobil ini. Diantaranya adalah dengan penerapan touchscreen digital panel AC seperti yang akan kita bahas dibawah ini, serta head unit floating monitor dengan ragam fungsi.

Review Honda Jazz RS CVT 2017 : Touchscreen Digital Panel AC

Gambar menunjukkan Tampak digital panel AC Honda Jazz RS CVT 2017

Pengaturan AC digital dengan touchscreen menambah kesan canggih dan modern pada mobil ini

Pengaturan AC model digital dengan pengoprasian touchscreen terkesan canggih dan modern. Namun sayangnya pengaturan AC model begini memang terasa canggih namun terasa kurang intuitif dan perlu perhatian ekstra saat difungsikan sembari mengemudi. Pengaturan AC seperti ini juga akan Anda temui pada Honda HR-V. Namun, meski demikian AC pada Honda Jazz ini sudah menganut sistem automatic climate control yang dapat secara otomatis menyesuaikan suhu kabin.

Review Honda Jazz RS CVT 2017 : Floating Monitor Head Unit

Gambar menunjukkan Tampak Floating Monitor Head Unit Honda Jazz RS CVT 2017

Head unit model floating terlihat keren dan funky, namun ini bukan selera semua orang

Honda Jazz 2017 menggunakan head unit dengan model floating monitor yang keren dan funky. Namun sayangnya head unit model seperti ini bukanlah selera semua orang. Yes, kami akui banyak fitur dan input serta format lagu yang dapat dimainkan oleh head unit kerjasama Honda dengan Kenwood/JVC ini. Namun sayangnya, pengoprasian saat kami hendak memasukkan CD sangat tidak memudahkan, Anda perlu melepas dulu pengunci layar di bagian atas, setelah itu layar Anda geser secara manual ke atas. Sungguh aneh.

Review Honda Jazz RS CVT 2017 : Sporty Pedal Set

Gambar menunjukkan Tampak Sporty Pedal Set Honda Jazz RS CVT 2017

Sporty pedal set ini sangat membantu kaki Anda memperoleh 'grip' yang baik pada pedal gas dan rem

Pedal set yang dipasang pada Honda Jazz tipe RS CVT 2017 ini terlihat sporti. Pedal set seperti ini akan sangat membantu kaki Anda untuk memperoleh 'grip' yang baik pada pedal gas dan pedal rem. Pedal set yang sama pun dapat Anda temukan pada Honda HR-V 1.5 E CVT Special Edition 2018 yang pernah kami tes jalan secara lengkap. Kami pribadi sangat menyukai pedal set dengan pelapis yang sporti seperti ini.

>>> Baca juga:

FITUR Honda Jazz 2017

Review Honda Jazz RS CVT 2017 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Tampak SRS Airbag Honda Jazz RS CVT 2017

Kantung udara alias airbag akan melindungi Anda dan pasangan Anda ketika terjadi kecelakaan

Honda Jazz bisa disebut dengan pionir hatchback atau mini MPV dengan fitur keselamatan yang terlengkap dikelasnya.dan Honda Jazz 2017 tipe RS CVT ini bukanlah suatu pengecualian. Sebut saja fitur keselamatan aktif rem anti mengunci yang biasa disebut ABS (Anti-lock Braking System), lalu ada EBD (Electronic Brake-forced Distribution) yang mampu mengatur pembagian tekanan minyak rem sesuai bobot di masing-masing roda, serta BA atawa Brake Assist yang membuat tekanan ke pedal rem bisa lebih lembut namun tetap mencengkram. Serta fitur keselamatan pasif seperti dual SRS Airbag sudah tersemat di Honda Jazz generasi ketiga ini. Bahkan untuk generasi terkini Honda Jazz sudah dilengkapi dengan kontrol kestabilan. Bagaimana dengan airbag dan seatbelt pretensioner? Tentu saja sudah ada. Jangan ragukan Honda Jazz soal peranti keselamatan.

Gambar menunjukkan Tampak Seatbelt Pretensioner Honda Jazz RS CVT 2017

Seatbelt pretensioner akan mengurangi cidera karena mampu mengurangi tahanan saat terjadi benturan

Review Honda Jazz RS CVT 2017 : Paddle Shift & Cruise Control

Gambar menunjukkan Tampak Paddle Shift Honda Jazz Rs CVT 2017

Butuh engine brake? Tarik tuas ini maka mobil Honda Jazz 2017 ini akan berdeselerasi secara halus

Fitur paddle shift ini mungkin tidak terlalu berguna ataupun akan jarang digunakan karena tidak terbiasa. Namun bagi pengemudi antusias seperti kami, fitur perpindahan gigi melalui tuas dibalik setir ini sangat membantu ketika ingin berdeselerasi ataupun hendak menaikkan posisi gigi. Apalagi dijalan berkelok seperti pegunungan yang membutuhkan kesigapan dari pengemudi. Sebenarnya fitur ini di Honda Jazz generasi pertama pun sudah ada, namanya saat itu steermatic. Namun, penggunaan steermaric dirasa kurang natural bagi sebagian pengemudi, karena tidak senada dengan gaya laju mobil saat berakselerasi. Bukan hanya untuk melaju kencang saja, sesuai nama tipenya yakni RS (Road Sailing) yang bermakna mobil ini enak saat dibawa ‘berselancar’ di jalar raya, fitur cruise control sangat membantu bagi Anda yang ingin menikmati mobil ini dengan kecepatan konstan.

Gambar menunjukkan Tampak Cruise Control Honda Jazz RS CVT 2017

Ingin melaju konstan di jalan bebas hambatan? Tekan saja tombol SET+CRUISE di spoke kanan setir mobil ini

Review Honda Jazz RS CVT 2017 : Tombol Start/Stop

Gambar menunjukkan Tampak tombol start/stop engine Honda Jazz RS CVT 2017

Penggunaan tombol start stop berwarna merah seperti ini menambah kesan sporti dari mobil

Satu lagi detail yang kami sukai dari Honda Jazz 2017 tipe RS CVT ini, yakni penggunaan tombol start-stop berwarna merah seperti ini menunjukkan kesan sporti yang kuat pada mobil ini. Apalagi, ketika sebelum ditekan atau lampu senja diaktifkan, tombol start-stop engine button ini akan menyala berpendar warna merah. Ini keren banget dan memberi sedikit perasaan menggugah saat Anda berada di dalam kabin mobil ini.

Review Honda Jazz RS CVT 2017 : Multi Information Display

Gambar menunjukkan Tampak Spidometer Honda Jazz RS CVT 2017

Warna pada sisi luar cluster spidometer mobil ini dapat menunjukkan seberapa hemat Anda mengemudi

Ada satu yang menarik perhatian kami saat memperhatikan layout panel spidometer mobil Honda Jazz 2017 tipe RS bertransmisi CVT ini. Yaitu pada sisi luar cluster spidometer mobil ini punya kemampuan untuk menunjukkan seberapa hemat Anda sedang mengemudi. Jika, lampu berpendar warna putih maka Anda sedang mengemudi dengan normal alias fair, saat menyala cahaya hijau maka selamat Anda sedang mengemudi secara hemat. Sayang, layar Multi Information Display pada Jazz 2017 tipe RS CVT ini masih sederhana dan belum menganut layar high resolution. Pun begitu dengan info yang ditampilkan juga hanya odometer, trip A dan B, serta konsumsi BBM real time (aktual) serta average (rata-rata).

Gambar menunjukkan Tampak Multi Information Display Honda Jazz RS CVT 2017

Sayang meski layout MID-nya keren namun layarnya belum high resolution 

>>> Uji Coba Honda Jazz 2020 Tertangkap Kamera di Eropa

OPERASI Honda Jazz 2017

Gambar menunjukkan Tampak Mesin L15 Honda Jazz RS CVT 2017

Tenaga mesin L15 berteknologi katup variabel i-VTEC merupakan yang terbesar dikelasnya

Handling seakan sudah menjadi kelebihan mobi-mobill keluaran Honda. Dan Honda Jazz 2017 yang merupakan Jazz generasi ketiga ini bukanlah suatu pengecualian. Ditambah dengan karakter dari mesin berkode L15 bertenaga 120 PS atau sekitar 117,5 Hp yang disemburkan pada putaran mesin 6.600 rpm. Membuat akselerasinya sigap, bahkan dari diam hingga sprint ke 100 km/jam hanya butuh waktu sekitar 11 detik saja.

Gambar menunjukkan Tampak tuas transmisi Honda Jazz RS CVT 2017

Transmisi CVT menyalurkan tenaga dengan halus dan tak ada hentakan sama sekali

Transmisi otomatis dengan tipe CVT-nya pun menyalurkan tenaga ke dua roda depan dengan halus. Asyiknya lagi mesin dengan single katup alias SOHC ini sangat enak digunakan pada putaran rendah, dengan kombinasi teknologi katup variable i-VTEC membuat tenaganya terus mengisi hingga putaran atas. Apalagi torsi mesin sebesar 145 Nm di kitiran 4.800 rpm juga cukup membantu mobil ini dari berhenti hingga hendak berjalan. Torque boost resonator pada mobil ini juga memperbaiki karakter mesinnya diputaran rendah, sehingga aksi stop and go dapat dilakukan dengan mudah, sehingga tidak heran konsumsi bahan bakar mobil ini juga termasuk kategori irit.

Gambar menunjukkan Tampak Ban dan pelek Honda Jazz RS CVT 2017

Cengkraman ban Bridgestone Turanza patut diacungi jempol meski road noise-nya seharusnya bisa lebih diredam

>>> Dandan Ala Mobil Balap Jalanan, Honda Jazz RS Ge8 Asal Bali Sita Perhatian Pengunjung IAM Banyuwangi

spesifikasi Honda Jazz 2017

Berikut ini adalah spesifikasi Honda Jazz RS CVT 2017.

Mesin Honda Jazz RS CVT 2017

Seri mesin

L15, SOHC, i-VTEC, DBW

Bahan Bakar

Bensin Oktan 92

Tenaga Maksimum

117,5 Hp (120 Ps) @ 6.600 rpm

Torsi Maksimum

145 Nm @ 4.800 rpm

Kapasitas Silinder

1.496 cc

Bore X Stroke

73 mm X 89,4 mm

Transmisi Tipe

CVT, Penggerak Roda Depan

Rangka Toyota Honda Jazz RS CVT 2017

Panjang Keseluruhan

3.900 mm

Lebar Keseluruhan

1.695 mm

Tinggi Keseluruhan

1.525 mm

Jarak Poros Roda

2.500 mm

Kapasitas Tangki

42 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Honda Jazz RS CVT 2017

Ban

Bridgestone Turanza

Pelek

Alloy Two Tone

Power Steering

Electronic Power Steering

kelebihan & kekurangan Honda Jazz 2017

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Honda Jazz RS CVT 2017 yang Cintamobil.com dapat.

Kelebihan

Kekurangan

Nama besar Honda di Indonesia

Harga jual paling mahal bila dibandingkan dengan pesaingnya

Handling dan performa terbaik di kelasnya

Fitur kalah banyak dibandingkan pesaingnya

Radius putar kecil, dan lincah bermanuver

Road noise (kebisingan) ban sangat mengganggu

daftar harga Honda Jazz 2017

Cintamobil.com hendak melampirkan daftar harga Honda Jazz terbaru 2019 di semua variannya.

TIPE MOBIL

HARGA HONDA JAZZ BARU (OTR)

HARGA HONDA JAZZ BEKAS

Honda Jazz M/T

IDR. 239.000.000

IDR. 158.000.000 (2011)

Honda Jazz CVT

IDR. 249.000.000

IDR. 140.000.000 (2011)

Honda Jazz RS M/T

IDR. 269.500.000

IDR. 135.000.000 (2010)

Honda Jazz RS CVT

IDR. 279.500.000

IDR. 160.000.000 (2010)

*Harga per bulan April 2019

>>> Klik sini untuk lanjut update informasi terbaru tentang harga dan promo mobil Honda Jazz di pasar Indonesia

Video Honda Jazz 2017

KESIMPULAN Honda Jazz 2017

Gambar menunjukkan tampilan bagian depan dan bagian belakang mobil Honda Jazz RS CVT 2017

Lantas dengan segala kelebihan serta kekurangannya layakkah mobil ini Anda pinang?

Bagi Anda yang mencari hatchback dengan kenikmatan berkendara yang hakiki, Anda dapat melirik Honda Jazz 2017 tipe RS dengan transmisi CVT ini. Namun, jika mobil ini dirasa terlalu mahal, Anda dapat meminang All New Honda Brio RS CVT 2018 saja, handlingnya sudah hampir setara dengan mobil ini.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil