Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

15/04/2019
editor rate: 4,8 user rate: 5,0
Inilah Honda Jazz yang menjadi andalan tim Honda Racing Indonesia. Tim balap Honda yang dimotori oleh pebalap kawakan Alvin Bahar ini siap meramaikan dan mendominasi kejuaraan balap turing di Indonesia. Inilah review kami mengenai mobil Honda Jazz yang dipakai oleh ia di tahun 2019 ini.

PENGANTAR Honda Jazz 2019

Gambar tiga mobil Honda Jazz Fastron Racing berwarna merah, putih dan biru

Alvin Bahar (Jazz merah) sedang bersaing ketat dengan Sunny TS (Jazz putih) di kejuaraan Honda Jazz Speed Challange 2007

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia - Kiprah Honda Jazz di dunia balap nasional sudah dimulai sejak 14 tahun silam, tepatnya di tahun 2005. Saat itu mulai banyak tim-tim balap ditanah air melirik mobil ini. Well, memang Honda Jazz di Indonesia sudah diluncurkan sejak tahun 2004, namun saat itu sejak 2002 sampai 2006 tim balap Honda Racing Indonesia masih mengandalkan Honda City, baru kemudian tahun 2007 ke 2008 Honda Racing Indonesia tempat dimana pebalap Alvin Bahar bernaung mulai berfokus kepada varian mini-MPV (sekarang disebut hatchback) racikan Honda tersebut untuk digunakan pada event balap di tanah air.

Gambar menunjukkan Mobil Honda Jazz GD Balap 2007 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Honda Jazz begitu digemari insan balap mobil di tanah air, karena mesin Honda yang kencang, mudah di tuning, dan kompetitif

Meski tim balap utama Honda baru mengandalkan Honda Jazz dengan kode bodi GD ini tahun 2007, namun sudah banyak juga tim balap lain non pabrikan yang menggemari Honda Jazz untuk dipakai balap mobil di tanah air. Kehadiran Honda Jazz di balap tanah air ini bertepatan dengan hadirnya kelas baru GT Car, dimana Saat itu insan balap menginginkan ada kelas untuk mobil yang stadar dan mobil yang masih di produksi oleh APM (Agen Pemegang Merek) untuk bisa menjadi ajang promosi. Mengapa namanya bukan ITCC? Karena nama ITCC saat itu dikarenakan dari IMI kejurnas sudah ada kelas yang namanya ITCC dengan batasan umur mobil 15 tahun. Juga salah satu alasan dibuatnya kelas ini juga dimaksudkan untuk ‘menghadang’ laju Honda Civic Estilo yang ‘terlalu rajin’ juara mengalahkan mobil keluaran baru. Hal tersebut membuat APM sulit untuk melakukan promo, jadi dibuat lah kelas dengan nama GT car tersebut.

Gambar menunjukkan Tampak Honda Jazz GD 2008 Alvin Bahar

Alvin Bahar pebalap andalan Honda Racing Indonesia memperoleh juara nasional balap turing di tahun 2007 bersama Honda Jazz

Alvin Bahar sendiri berhasil meraih podium juara sekaligus mengukuhkan diri sebagai juara nasional di kelas paling bergengsi GT Car ini tahun 2007. Kejayaan Alvin dan tim Honda Fastron Racing mulai terlihat sejak sesi kualifikasi, dimana Alvin Bahar mencatat waktu tercepat dan berhak menempati pole position. Memulai lomba dari urutan terdepan, Alvin langsung memacu Honda Jazz-nya dan tidak terkejar lagi oleh para rivalnya di sepanjang 18 lap lomba. Bahkan Alvin melintasi garis finish dengan selisih waktu yang cukup meyakinkan, yakni terpaut 1,971 detik dari Haridharma Manopo dari Tim Djarum-Toyota Team Indonesia yang harus puas di posisi kedua.

Gamabr menunjukkan Tampak Sunny TS with tim Honda Jakarta Canter

Tahun-tahun setelahnya Honda Jazz makin ramai dipakai peserta balap, tampak Sunny TS dari tim Honda Jakarta Canter sedang leading lap

Sukses ganda Alvin dalam meraih pole position dan podium juara pertama sekaligus meneruskan prestasi serupa yang telah dicatat Alvin pada seri IV dan ke V seri IGTC ini. Dengan mengumpulkan total 77 point di akhir musim ini, Alvin kembali mencatatkan diri sebagai juara nasional IGTC. Prestasi yang sama diraih Alvin bersama Honda Jazz pada tahun 2007 lalu, serta sebelumnya bersama Honda City pada tahun 2002, 2003, 2004, dan 2006. Kejayaan Honda di seri terakhir ini juga semakin lengkap dengan kesuksesan Reynaldi Hutasoit, rekan Alvin di tim Honda Fastron Racing, meraih podium juara ketiga. 

Gambar menunjukkan Tampak Alvin Bahar bersama Honda Jazz balap 2019

Tahun 2019 ini Alvin Bahar bersama tim Honda Racing Indonesia mengandalkan Honda Jazz tahun lalu namun dengan spek terkini

Oke, cukup bicara kiprah Honda Jazz pada masa lalunya, mari kita fast forward ke tahun 2019. Tahun 2019 ini tim Honda Racing Indonesia kembali mengandalkan New Honda Jazz lansiran tahun lalu alias 2018, namun tentunya dengan improvement spek terkini. Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia yang diandalkan oleh Alvin Bahar ini berlaga dikelas ITCR (Indonesia Touring Car Race) 16 (Sebelumnya kelas ini bernama ITCC Max 1600), ini merupakan kelas tertinggi mobil jalan raya yang boleh dimodifikasi dengan kapasitas kubikasi maksimum 1600 cc. Lantas, bagaimana pendapat serta impresi kami terhadap mobil balap yang baru saja mendapatkan livery anyar ini? Ikuti terus ulasan kami mengenai mobil Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia ini.

Gambar menunjukkan Tampak sebuah Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia adalah salah satu mobil balap yang paling ditakuti oleh rival-rival dikelasnya

EKSTERIOR Honda Jazz 2019

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia : Tampilan Depan

Tampak tampilan depan Honda Jazz 2019 berwarna merah Honda Racing Indonesia

Bodi Honda Jazz yang sudah aerodinamis seakan hanya perlu ubahan sedikit saja agar makin top flow anginnya

Sepintas memang tidak ada beda bentuk antara Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia dengan Honda Jazz yang memang dijual di pasaran, namun jika diperhatikan perawakan mobil andalan Alvin Bahar ini lebih ceper lantaran menggunakan suspensi kompetisi. Dan juga cover foglampnya diganti corong udara untuk mendinginkan sistem pengereman kompetisi dan juga sebagian diarahkan ke bagian mesin. Untuk kap mesinnya dari yang aslinya pakai bahan besi diganti dengan bahan fiber agar lebih ringan. Serta diberi tuas khusus agar dapat dibuka dalam keadaan darurat misal terbakar saat jalannya balapan.

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia berwarna merah

Pelek Wedssport TC105N yang dipakai di mobil ini bukan hanya untuk tampilan, namun performa

Secara umum, proporsi bentuk dari mobil Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia ini tidak berubah dengan Honda Jazz yang dipasarkan di Indonesia, pembeda mencolok malah terlihat pada peleknya. Pelek 10 spoke berkelir putih bermerek Wedssport dengan tipe TC105N ini memiliki bobot yang ringan guna membantu meningkatkan performa dari mobil ini. Tak hanya itu saja, kaca samping serta belakang juga diganti dengan bahan polycarbonate yang enggak mudah pecah, serta seluruh pintu kecuali pintu driver pakai bahan fiberglass agar lebih ringan dan membantu performa mobil.

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia : Tampilan Belakang

Gambar mobil Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia berwarna merah dilihat dari sisi belakang

Bumper diberi pengunci khusus agar jika terjadi clash saat balapan dan bumper copot tidak harus masuk ke PIT

Sama seperti tampilan depan dan sampingnya, untuk bagian belakang mobil ini juga tak ubahnya dengan mobil produksi massal-nya, karena memang Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia ini menggunakan basis mobil jalan raya tersebut. Hanya saja, tetap sebagai mobil yang dibuat untuk trek balap, ada pembeda khusus. Diantaranya pintu bagasi menggunakan bahan fiber dan kacanya diganti polycarbonate agar lebih kuat dan ringan, lalu bumper diberi pengunci khusus agar jika terjadi tabrakan saat balapan, mobil tidak harus kembali ke PIT untuk membetulkan bumper yang copot. Juga Anda tak akan menemui wiper belakang pada mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Honda Jazz 2019

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Dasbor Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia ini tak ubahnya Honda Jazz mass product

Dasbor dari mobil Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia ini sebenarnya tak ubahnya dengan Honda Jazz yang diproduksi massal, masih terlihat jelas layout dasbor mobil ini diambil langsung dari mobil yang dijual di showroom, lantas diterondoli kelengkapannya. Bahkan panel AC digital bawaan Honda Jazz pun masih di pertahankan, plus ada berbagai macam gauge untuk mengontrol kondisi mesin dari dalam kabin.

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia : Setir

Gambar menunjukkan desian bagian Setir Sparco Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Jika sebelumnya Alvin Bahar mengandalkan setir bawaan Honda Jazz, kini ia menggunakan setir lansiran Sparco

Pada Honda Jazz andalan Alvin Bahar tahun sebelumnya, ia mengandalkan setir bawaan Honda Jazz produksi massal, yang masih terdapat tombol cruise control dan tombol pengaturan audio disetir. Namun, untuk tahun ini, Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia yang digunakan oleh Alvin ini menggunakan setir lansiran Sparco yang aseli Italia. Setir ini diklaim lebih enak dicengkram tangan dan menawarkan grip yang lebih baik. 

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia : Kursi

Gambar menunjukkan desain bagian Kursi Balap Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Senada dengan setirnya, kursi balap pada mobil Honda Jazz andalan Alvin Bahar ini juga pakai merek yang sama

Saat balapan berlangsung, manuver-manuver kencang tentunya tak terhindarkan, maka dari itu kursi harus dipilih yang menyangga badan dengan baik dan disesuaikan dengan postur tubuh pebalap. Untuk mobil Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia ini menggunakan merek Sparco tipe REV lengkap dengan seatbelt 6 titiknya. Kursi balap buatan Sparco ini sudah berhomologasi FIA dan layak digunakan untuk balap.

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia : Posisi Duduk

Gamabr menunjukkan desain untuk posisi duduk pada mobil Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Posisi duduk pada mobil balap Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia ini sudah disesuaikan dengan pebalapnya

Seperti lazimnya sebuah mobil balap yang akan berkompetisi pada suatu balapan, semua hal major maupun minor sudah dilakukan setup agar maksimal dan diharapkan akan berdampak positif pada hasil balap. Begitu pula posisi duduk pada mobil balap Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia ini sudah disesuaikan dengan pebalapnya. Posisi duduk diatur sedemikian rupa agar canter of gravity tetap low namun egronomika tetap dirasakan oleh pebalapnya.

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia : Pedal Set

Gambar desain pedal set Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Pedal set Sparco menjamin kontrol mobil makin sip saat pebalap ingin melakukan aksi left foot braking

Pedal set lansiran Sparco dipercaya untuk melapisi karet di pedal set bawaan mobil Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia ini. Hal ini memang terlihat sepele namun penting. Karena, saat pebalap ingin melakukan aksi left foot braking sepatu balap yang dikenakan pebalap tidak akan mudah selip, secara otomatis saat pebalap ingin melakukan kontrol mobil akan dapat dilakukan lebih presisi.

>>> Baca juga:

FITUR Honda Jazz 2019

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia : On Board Camera

Gambar menunjukkan On Board Camera Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Selain berfungsi sebagai 'barang bukti' ketika terjadi accident, rekaman saat balap juga sebagai bahan evaluasi pebalap

Keberadaan on board camera pada mobil balap, bukan hanya sebagai bahan VLOG atau dijadikan sebagai 'barang bukti' ketika terjadi accident. Namun, video rekaman saat balap juga berfungsi sebagai bahan evaluasi ketika balapan oleh pebalap. Maka dari itu, kamera yang 'ditugaskan' untuk on board camera harus memiliki kualitas perekaman yang jernih baik pada siang hari maupun malam hari.

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia : Tabung Pemadam Kebakaran

Gambar menunjukkan Tabung pemadam kebakaran mobil Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Tabung APAR atau Alat Pemadam Api Ringan hukumnya wajib di mobil balap

Resiko itu tidak bisa dihilangkan, namun resiko bisa dikurangi. Maka dari itu, regulasi di buku kuning (buku peraturan balap) mewajibkan adanya tabung APAR atau alat pemadam api ringan sebanyak dua buah. Ini hukumnya wajib dan Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia juga bukanlah suatu pengecualian dalam memasang alat safety ini. Tabung APAR ini diletakkan pada sisi kiri kabin, dan bagian tengah didekat pebalap.

Review Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia : Data Logger

Gambar menunjukkan data logger Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Tabiat dan tingkah laku mesin ketika balap, akan tersimpan pada alat yang bernama data logger ini

Setup mesin yang sudah diatur sedemikian rupa untuk keperluan balap tetap perlu dipantau oleh pebalap dan mekanik, oleh karena itu seluruh tabiat dan tingkah laku mesin mobil L15 ini ketika sedang dipacu ditrek balap akan terus dimonitor dan tersimpan pada alat yang bernama data logger. Untuk mobil Honda Jazz yang dipakai Alvin Bahar menggunakan data logger moTeC yang langsung terhubung pada ECU-nya, sedangkan untuk Honda Jazz yang dipakai rekan setimnya Rio SB yang berlaga dikelas berbeda dan pakai ECU standar pakai AiM SOLO.

>>> Uji Coba Honda Jazz 2020 Tertangkap Kamera di Eropa

OPERASI Honda Jazz 2019

Gambar menunjukkan Tampak sebuah suspensi dan rem Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Detail spesifikasi mesin Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia masih dirahasiakan oleh pihak Honda Racing Indonesia

Untuk detail spesifikasi dari mesin Honda Jazz 2019 andalan tim Honda Racing Indonesia ini masih dirahasiakan oleh pihak Honda Racing Indonesia. Yang jelas, jika mengacu pada peraturan balap kelas ITCR Max 16, kruk as dan cylinder head harus dalam keadaan standar. Artinya, untuk mengejar kubikasi maksimum 1600 cc, hal yang dapat dilakukan hanya melakukan bore up atau pasang piston forged oversize 2.00, karena connecting rod alias setang piston yang jadi satu dengan kruk as harus standar. Namun, sayangnya pihak Honda Racing Indonesia masih merahasiakan hal ini. Namun, kami memprediksi, yang dilakukan oleh tuner mobil ini adalah mengganti noken as (camshaft), melakukan multi angle valve cut serta ganti klep, dan porting and polished guna menaikkan tingkat efisiensi volumetrik.

Gambar menunjukkan Tampak ban dan pelek Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Berlaga dikelas ITCR Max 16, rem belakang Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia ini pakai rem cakram untuk membantu pengereman

Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia andalan Alvin Bahar ini berlaga dikelas ITCR Max 16, dalam regulasi memperbolehkan untuk melakukan banyak modifikasi. Salah satunya adalah sistem pengereman dan juga kopling. Untuk rem belakang, Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia ini mengadopsi tipe cakram guna membantu pengereman dan lebih cepat dalam melepas panas ketika pemakaian berat di sirkuit. Begitu juga dengan kopling, diperbolehkan untuk menggunakan tipe kompetisi. Sayangnya, pihak Honda Racing Indonesia masih menutup rapat mengenai spesifikasi yang digunakan. Salah satu yang istimewa adalah pemakaian pelek berlabel Wedssport tipe TC105N berukuran 15 inchi, bobot pelek ini ringan banget, satu buah peleknya hanya berkisar 4,7 kilogram saja.

>>> Dandan Ala Mobil Balap Jalanan, Honda Jazz RS Ge8 Asal Bali Sita Perhatian Pengunjung IAM Banyuwangi

spesifikasi Honda Jazz 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia.

Mesin Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Seri mesin

L15, SOHC, i-VTEC, DBW

Pasokan Bahan Bakar

Injeksi

Tenaga Maksimum

Prediksi diatas 150 Hp on Wheels

Torsi Maksimum

Prediksi diatas 200 Nm on Wheels

Kapasitas Silinder

Maksimum 1.600 cc (Sesuai regulasi)

Bore X Stroke

Dirahasiakan oleh pihak Honda Racing Indonesia

Tipe Transmisi

Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Depan

Rangka Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Panjang X Lebar X Tinggi

3.955 mm X 1.694 mm X 1.524 mm

Jarak Sumbu Roda

2.530 mm

Jarak Pijak Antar Roda Depan / Belakang

N/A

Radius Putar

N/A

Kapasitas Tangki

N/A

Suspensi/Kaki-Kaki Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia

Suspensi Depan & Belakang

Coilover Shock Racing Spec

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

N/A

Teknologi Safety Sasis

Welded Roll Cage, FIA Standart

Struktur Sasis

Monokok, B-Segment

Pelek

Wedssport TC105N, 15 inch

Jenis Ban

GT Radial Champiro SX2, 195/50 R15

kelebihan & kekurangan Honda Jazz 2019

Setelah membahas semua tentang Honda Jazz balap ini, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia.

Kelebihan

Kekurangan

Performa bengis

Jarak terendah ke tanah rendah

Handling lincah

Setup maksimum masih dicari

Dukungan penuh pabrikan Honda

Belum terbukti juara nasional (lagi)

Tampilan eksterior menarik

Belum sekencang Yaris TTI

daftar harga Honda Jazz 2019

Honda Jazz 2019 kepunyaan Honda Racing Indonesia ini tidak diketahui pasti berapa biaya pengembangannya. Pihak Honda Racing Indonesia menutup rapat-rapat berapa biaya yang dikeluarkan untuk riset sehingga Honda Jazz yang dikemudikan oleh Alvin Bahar ini menjadi kencang dan sulit dikalahkan oleh rival-rivalnya. Namun prediksi kami, biaya pengembangan Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia ini mencapai diatas Rp 500 juta. Untuk Honda Jazz sendiri di pasar mobil Indonesia diberikan penyegaran dari sisi eksterior maupun interior. Update terakhir adalah pada tanggal 26 Juli 2017. Bahkan pesona sporty kini semakin terpancar dari bodi luarnya. Nah, berikut Cintamobil.com hendak melampirkan daftar harga Honda Jazz terbaru 2019 di semua variannya.

TIPE MOBIL

HARGA HONDA JAZZ BARU (OTR)

Honda Jazz M/T

IDR. 239.000.000

Honda Jazz CVT

IDR. 249.000.000

Honda Jazz RS M/T

IDR. 269.500.000

Honda Jazz RS CVT

IDR. 279.500.000

*Harga per bulan April 2019

Video Honda Jazz 2019

KESIMPULAN Honda Jazz 2019

Gambar menunjukkan mobil Honda Jazz 2019 Balap Honda Racing Indonesia berwarna merah dilihat dari sisi depan

Berminat ikut balap? Apakah Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia ini akan kompetitif?

Apakah Honda Jazz 2019 Honda Racing Indonesia ini akan kompetitif? Melihat sumber daya yang ada, potensi mesin Honda, plus dimotori oleh pebalap berpengalaman dan jam terbang tinggi, rasanya untuk kembali menyabet gelar juara nasional tinggal menunggu waktu saja. Lantas apakah Honda Jazz layak diajak balap? Tentu saja layak, namun kami lebih merekomendasikan Anda untuk mencoba kelas Honda Brio terlebih dahulu sebelum naik ke kelas Jazz.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil

Iklan terkait