Review Honda Jazz 2013

17/01/2018

Share this post:

Honda Jazz 2013

Editor rate:

Lihat promo

Tahun 2013 lalu, Honda Jazz kembali dirilis ke pasaran. Hatchback yang sudah eksis sejak tahun 2004 ini memang langsung menjadi jagoan Honda untuk urusan penjualan. Dari tahun ke tahun, permintaan konsumen akan mobil ini terus melonjak. Bagaimana spesifikasi lebih lanjut dari mobil ini? Well, cintamobil.com akan memberikan review Honda Jazz 2013 terlengkap untuk Anda. Selamat membaca!

Review Honda Jazz 2013
Review Honda Jazz 2013
0 Gambar

Pengantar Honda Jazz 2013

Mari kita simak spesifikasi Honda Jazz 2013 di bawah ini.

Kelebihan

Desain Terasa Lebih Fresh

Irit Bahan Bakar

Fitur Terbilang Lengkap

Kekurangan

Ground clearance terlalu rendah

Interior terlalu standar

Ac Belum Menggunakan Teknologi climate

Gambar mobil Honda Jazz 2013 berwarna hijau dilihat dari bagian depan

Honda Jazz 2013: Hatchback Sporty yang Makin Trendi

Review Honda Jazz 2013 - Honda Jazz merupakan mobil hatchback yang cukup digandrungi kaum muda. Baik pria maupun wanita sangat menggandrungi mobil ini. Hal tersebut tak lepas dari desainnya yang elegan serta flesibel untuk gender manapun. Selain itu, Jazz juga memiliki harga yang kompetitif serta irit bahan bakar. Nampaknya, hal tersebut menjadi pertimbangan Honda untuk terus merilis jagoannya ini ke berbagai negara di seluruh penjuru dunia.

Bisa dibilang pula, Jazz merupakan pionir sekaligus pembuka jalan untuk berbagai mobil hatchback di tanah air. Pada edisi tahun 2013 lalu, Honda merilis lima varian Jazz dengan harga dan spesifikasi berbeda. Di samping itu, berbagia pembaharuan juga diberikan guna membuat mobil ini menjadi lebih fresh. Apa saja yang ditawarkan Honda untuk Jazz? Dan, apakah mobil ini masih kompetibel untuk dipacu di jalanan perkotaan empat tahun setelah diperkenalkan? Cintamobil.com akan coba membedahnya untuk anda. Berikut ini adalah review Honda Jazz 2013. Selamat membaca.

Eksterior Honda Jazz 2013

Dari sisi eksterior Honda Jazz 2013 memiliki desain yang masih sporty seperti seri-seri sebelumnya. tak hanya sporty, mobil ini juga masih cukup dinamis berkat berbagai lekuk yang tersemat di sekujur tubuhnya. Tak hanya itu, aura mobil khas anak muda juga tetap dipertahankan oleh Jazz. Berbagai pembaharuan pun juga disematkan. Seperti bentuk lampu yang menjadi lebih besar, bumper yang makin dinamis dan lain sebagainya. Alangkah lebih baik jika kita coba mendedah mobil ini bagian per bagian.

  • Desain Bagian Depan

Gamabr mobil Honda Jazz 2013 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Sisi ini nampak tak jauh berbeda dengan Jazz seri sebelumnya

Pada bagian depan, Jazz memiliki desain grill yang didesain layaknya sabuk. Dua aksen pilihan dihadirkan disini. Untuk beberapa warna tertentu, grill ini disusupi warna silver. Selain silver, ada pula warna hitam dope sebagai opsi pilihan warna. Di samping grill, tersemat sepasang lampu berukuran besar dengan teknologi halogen yang siap memberikan pencahayaan maksimal, terutama saat mobil dipaksa melewati berbagai medan dengan pencahayaan yang minim. Di bagian atas headlamp, tepatnya pada bagian kap mesin, tersemat pula gradasi lekuk berbentuk v-shape yang membuat Jazz nampak begitu elegan.

Bergeser ke bawah, mobil ini hadirkan kesan aerodinamis di sisi bumper dengan menyematkan rongga udara yang membujur hingga ke sisi samping. Rongga udara ini juga menjadi pembeda Jazz dibandingkan dengan kompetitor yang biasanya hanya meletakan bagian penyaring udaranya  di sisi tengah. Selain itu, tersemat pula lekuk tipis di bagian kiri dan kanan bumper. Sebagai penutup, hadir pula fog lamp yang menyatu dengan rongga udara tersebut. Penempatannya sendiri secara kasat mata memang tak terlihat. Apakah keberadaan fog lamp ini memang menjadi “surprise” dari Honda untuk para konsumen Jazz? Entahlah.

  • Desain Bagian Samping

Gamabr mobil Honda Jazz 2013 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Perubahan yang diberikan di sisi samping cukup minim

Sementara pada bagian samping, tak banyak perubahan pada sektor ini. Jazz masih setia menyematkan lekuk tipis di bagian bawah pintu. Sisanya, hanya ada velg racing yang hadir guna menyelimuti keempat roda mobil ini. sungguh minim memang.

  • Desain Bagian Belakang

Gamabr mobil Honda Jazz 2013 berwarna hijau dilihat dari sisi belakang

Sisi belakang juga tak menglaami perubahan yang signifikan

Bergerak ke bagian belakang, Jazz lagi lagi tak memiliki sesuatu yang spesial. Desain yang disematkan pada mobil yang dirilis hampir lima tahun lalu ini masih mengandalkan desain lama, yakni stop lamp minimalis, spoiler pada bagian pintu bagasi. Lekuk tipis di kedua sisi bawah pintu bagasi. Hingga bumper berukuran besar di bagian belakang. Semuanya boleh dibilang memiliki frekuensi kemiripan yang amat sangat tipis dengan seri sebelumnya.

>>> Baca juga:


Interior Honda Jazz 2013

Setelah membedah bagian luar, kini tiba waktunya untuk membedah lebih lanjut apa-apa saja yang tersemat pada sisi interior Honda Jazz 2013. Kenyamanan dan keamanan tetap menjadi kunci utama Jazz demi suguhkan pengalaman berkendarak kepada para penggunanya. Di samping itu, tersemat pula berbagai fitur modern di dalam kabin untuk memberikan suasana yang berbeda dalam berkendara.

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Honda Jazz 2013 dengan warna utama yaitu hitam

Sisi dashboard mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan dengan seri sebelumnya

Di bagian dashboard, panel multimedia yang siap menyuguhkan berbagai kebutuhan entertainment sudah disiapkan. Melalui perangkat ini, pengguna bisa menikmati musi terbaik melalui medium radio maupun CD player. Di bagian bawah, tersemat juga beberapa tombol multifungsi seperti fast forward/rewind, pengaturan volume dan lain sebagainya. Berbagai tombol standar yang biasa hadir juga terlihat dengan mudahnya di sisi ini. Sementara itu, di bagian atas, tersemat pula dua lubang Ac dengan desain yang tak umum disematkan, yakni trapezium. Honda nampaknya coba tunjukan kesegaran tersendiri melalui desain tersebut.

  • Steering

Gambar bagian setir mobil Honda Jazz 2013 dengan setir ditutupi dengan kulit berwarna hitam

Bagian setir nampak begitu sporty berkat tambahan list chrome di berbagai sisi

Bergeser ke bagian steering, Honda Jazz 2013 sudah delengkapi dengan steering switch control. Melalui fitur ini, pengguna bisa mengaplikasikan fitur multimedia di bagian kabin seperti me-rewind/fast forward lagu, membesar kecilkan volume dan lain sebagainya. Terkait bantingan, Jazz menawarkan keringanan dalam pengendaliannya karena sudah dilengkapi dengan power steering. Sementara sebagai pelengkap, speedometer dengan tiga panel juga telah dihadirkan. Fitur ini sendiri mampu memberikan informasi terkini seputar kendaraan mulai dari penggunaan bensin, kilometer yang tengah ditempuh hingga berbagai indikator lainnya.

  • Kursi

Gambar ruang bagasi mobil Honda Jazz 2013 dengan kursi berwarna putih

Ruang yang disediakan pada seat Jazz dirasa cukup mumpuni untuk menjaga mobilitas pengguna sepanjang perjalanan

Di bagian seat sendiri, Jazz memiliki dua kursi depan yang cukup fleksibel karena ruang untuk kaki bisa diatur sedemikian rupa. Mengapa demikian? Jawabannya terletak pada hadirnya sliding seat di bagian bawah. Sementara di bagian belakang, ruang yang tersedia untuk kaki dan kepala penggunanya juga dirasa cukup mumpuni untuk berikan mobilitas terbaik sepanjang perjalanan.  Di kursi belakang, sisi tengah juga bisa dijadikan arm rest apabila taka da penumpang berlebih di bagian ini. Keberadaan arm rest ini sangat berguna untuk melepaskan penat penumpang bagian belakang. Tak berhenti sampai di situ, keberadaan safety belt di seluruh kursi juga siap tawarkan keamanan tersendiri bagi para penggunanya.

  • Bagasi

Gambar ruang bagasi mobil Honda Jazz 2013 berwarna merah dan ruang bagasi ini cukup luas untuk menaruh barang

Bagasi Jazz lumayan luas untuk membawa barang berukuran besar

Di sektor terakhir, yakni kargo, Jazz memiliki ruang yang cukup mumpuni. Beberapa tas besar, koper dan barang lain yang berukuran cukup lumayan bisa masuk ke bagian paling akhir ini. meskipun berkonsep facelift, Honda nampaknya paham betul bagaimana mengkondisikan sisi ini agar bisa tetap dimaksimalkan saat penggunanya harus membawa barang dengan jumlah cukup besar.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Honda Jazz 2013

Gambar mennunjukkan fitru airbags di mobil Honda Jazz 2013

Dual Airbag di bagian depan yang siap meminimalisir resiko terjadinya cidera

Dari sisi fitur Honda Jazz 2013 sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menunjang keamanan dan keselamatan penggunanya. Berbagai fitur seperti sperti dual airbag di bagian depan telah dihadirkan untuk meminimalisir resiko cidera saat terjadi hal yang kurang diinginkan. Di bagian setir juga sudah disematkan Steering Tilt Adjustment guna mendapatkan posisi genggaman terbaik saat mengemudikan kendaraan. Kehadiran fitur ini juga akan membuat pengemudi mendapatkan kualitas dalam memacu facelift legendaris ini.

Sementara untuk fitur keselamatan aktif, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan kombinasi pengereman ABS dan EDB yang berfungsi untuk meminimalisir terjadinya selip pada ban dan menjaganya agar tetap stabil saat mobil diharuskan melakukan pengereman darurat. Sebagai penutup, dihadirkan pula Immobilizer dan anti theft guna melengkapi rangkaian fitur interior dari Honda Jazz 2013.

>>> Untuk dapat informasi lebih lengkap tentang mobil lainnya, silahkan klik sini

Operasi Honda Jazz 2013

Gambar bagian mesin mobil Honda Jazz 2013 di Indonesia

Selain bandel, mesin Jazz juga cukup irit bahan bakar

Terkait sistem operasi Honda Jazz 2013 sendiri sudah dilengkapi dengan mesin1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC yang siap melontarkan tenaga hingga 120 PS /6.600 rpm. Untuk torsinya sendiri, mesin ini mampu tampil hingga titik maksimal di angka 145Nm/4.800 rpm. Cukup lumayan bukan? Satu yang terpenting, mobil Honda sendiri memang dikenal cukup irit bahan bakar namun bisa tetap bandel di berbagai lintasan

Untuk menggerakan mesin, Honda telah mempersiapkan dua jenis transmisi, yakni manual dengan 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan. Dua transmisi ini bisa dipilih sesuai dengan keinginan konsumennya.

>>> Untuk dapat harga semua mobil di Indonesia baik baru atau bekas, silahkan klik sini

Spesifikasi Honda Jazz 2013

Bagaimana dengan spesifikasi Honda Jazz 2013 ini? Kami telah mempersiapkan ringkasannya untuk anda.

Mesin Honda Jazz 2013

Seri mesin

1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC

Kubikasi

1.497 cc

Tenaga Maksimum

120PS/6.000 rpm

Torsi Maksimum

145Nm/4800 rpm

Transmisi

Manual/ Automatic with 5 Speed

Dimensi Honda Jazz 2013

Panjang x Lebar x Tinggi

3.965 mm x n1.094mm x  1.524 mm

Jarak Poros Roda

2530 mm

Tempat Duduk

4-5 Seats

Kaki-kaki Honda Jazz 2013

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Ban

176 / 65 R15

Daftar Harga Honda Jazz 2013

Karena termasuk katalog lama, Jazz 2013 pastinya akan dihargai dalam keadaan second. Lantas, berapa harga yang harus dikeluarkan untuk menebus mobil ini?

Tipe mobil

Harga Honda Jazz 2013

Honda Jazz 2013  All Variant

Rp 120-150 Jutaan (Second)

Kesimpulan Honda Jazz 2013

Secara keseluruhan, Honda Jazz 2013 memang masih identik dengan mobil anak muda. Hal ini pun tak berubah Jazz di tahun-tahun berikutnya. Mobil ini juga masih tetap irit bahan bakar dan tetap mampu berakselerasi maksimal di jalan raya. Anda tertarik untuk membawa pulang mobil ini? segera kunjungi situs jual beli mobil favorit seperti cintamobil.com misalnya. Siapa tahu disini, anda akan mendapatkan harga terbaik, bukan begitu?

Heri Susanto
Share this post:

Review lain

Review Datsun GO Panca 2014: Mobil Hatchback Murah Dan Punya Fitur Nyaman? Ini Pilihan Terbaiknya

16/09/2019

Editor rate:

Tepat di tanggal 20 Agustus 2014, Datsun GO Hatchback hadir di Tanah Air untuk pertama kalinya. Menjadi model kedua setelah perilisan GO+ yang berdiri di kategori LMPV, di awal tahun serupa. Apa saja fiturnya? Simak informasi selengkapnya dalam review Datsun GO Panca 2014.

Lihat juga

Review Daihatsu Sirion 2015: Hatchback Paling Sporty Di Kelasnya

10/01/2019

Editor rate:

Dari lini Hatchback, Daihatsu memiliki dua model Line-Up yakni Ayla yang dibanderol mulai Rp. 90 jutaan dan Sirion dengan harga mulai Rp. 180 jutaan. Jika Anda menginginkan performa dan fitur mumpuni lebih daripada Ayla, Sirion bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik dari kami. Ada beberapa keunggulan menarik yang ditawarkan oleh mobil satu ini. Kira-kira apa ya? Mari kita cari tahu bersama dalam review Daihatsu Sirion 2015.

Lihat juga

Review Suzuki Baleno Hatchback AT 2018: Wajib Segera Facelift!

22/12/2019

Editor rate:

Suzuki Baleno Hatchback 2018 bisa menjadi pilihan hatchback menarik yang bisa Anda miliki. Berbagai keunggulan yang ditawarkan patut menjadi pertimbangan.

Lihat juga

Review Toyota Glanza 2019: Hatchback Hybrid ‘Murmer’ Anak Pertama Toyota-Suzuki

12/06/2019

Editor rate:

Toyota akhirnya meluncurkan hatchback terbarunya di India pada 6 Juni lalu. Bermitra dengan Maruti Suzuki India, Toyota Glanza 2019 merupakan versi lain dari Maruti Suzuki Baleno facelift yang diluncurkan pada Januari 2019. Apa saja persamaan dan perbedaan kedua mobil ini?

Lihat juga

Review Suzuki Swift GS 2016: Hatchback Paling Fun to Drive

Rp 170.000.000

21/12/2019

Editor rate:

Jika berbicara tentang Suzuki Swift, secara pamor mobil ini memang tidak sementereng Toyota Yaris dan Honda Jazz. Namun, mobil ini bisa jadi alternatif jika Anda membutuhkan sebuah hatchback yang memiliki unsur fun-to drive dan fitur melimpah.

Lihat juga