Review Honda Jazz 2012

19/01/2018

Share this post:

Honda Jazz 2012

Editor rate:

Daftar Harga Honda Jazz Terbaru April 2020 Lihat promo

Sebagai salah satu kendaraan hatchback yang sangat populer di Indonesia, Honda Jazz tidak pernah kehilangan peminatnya. Sejak kemunculannya di tahun 2003, mobil ini terbukti menjadi salah satu produk Honda yang berhasil menguasai pasar di segmen hatchback city car. Pada tahun 2010, mobil ini mengalami perubahan yang signifikan dalam desainnya sehingga nampak lebih sporty dan dinamis. Honda Jazz 2012 merupakan salah satu produk yang masih banyak orang cari. Berapa harga Honda Jazz 2012 ini?

Review Honda Jazz 2012
Review Honda Jazz 2012
0 Gambar

Pengantar Honda Jazz 2012

Mari kita simak spesifikasi Honda Jazz 2012 di bawah ini.

Kelebihan

Desain lebih sporty dan aerodinamis

Interior lebih lega

Kekurangan

Mesin cenderung kasar

Body roll cukup terasa

Material interior bukan kualitas terbaik

Review Honda Jazz 2012 - Honda Jazz 2012 termasuk kepada generasi kedua yang diluncurkan pada tahun 2010. Secara bentuk body, mobi ini memang tidak terlalu berbeda dengan Honda Jazz yang dikeluarkan pada tahun 2010 atau 2011. Tetapi yang menjadi kelebihan dari Honda Jazz 2012 adalah mesin yang digunakannya memiliki isi silinder yang lebih besar yaitu sebesar 1.500 cc. Dengan tenaga yang lebih besar, mobil ini memang didesain untuk lebih sporty dan agresif ketika berada di jalanan. Jadi berapa harga Honda Jazz 2012 ini dan bagaimana spesifikasi lebih lengkap? Untuk tahu urusan Honda Jazz 2012 lebih detil, silahkan membaca tulisan di bawah ini. 

Eksterior Honda Jazz 2012

Desain semakin sporty

Gamabr mobil Honda Jazz 2012 berwarna merah sedan berlaju di jalan

Desain mobil Honda Jazz semakin sporty

Pergantian chasis di Honda Jazz generasi kedua terbukti memberikan hasil yang sangat baik untuk mobil ini. Mobil Honda Jazz generasi ini diklaim memiliki tingkat rigiditas yang meningkat hingga 164% dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu dengan desainnya yang lebih sporty membuat mobil ini banyak digandrungi di kalangan anak muda di Indonesia.  

Desain bagian depan 

Gambar mobil Honda Jazz 2012 berwarna merah dilihat dari bagian depan sedang parkir di depan pantai di Indonesia

Bagian depan Honda Jazz 2012 semakin dinamis

Di bagian depan, bentuk muka Honda Jazz semakin terlihat dinamis dengan desain headlamp yang menyatu dengan kap mobil ini. Bagian grill yang dibuat lebih kecil dengan filter dibagian front bumper  

Desain bagian samping 

Gambar mobil Honda Jazz 2012 berwarna merah dilihat dari sisi samping sedang parkir di depan pantai di Indonesia

Bagian samping sangat halus dan aerodinamis

Dari bagian samping, mobil ini benar-benar nampak sangat halus dan aerodinamis. Dengan ground clearance yang lebih rendah, mobil ini bisa lejau cukup lincah di jalanan kota. Bila dilihat dari bagian samping, bentuk mobil ini cukup cantik dengan desain yang sangat aerodinamis. Adanya rear spoiler membuat mobil ini memiliki kesan sporty yang sangat kental. 

Desain Bagian belakang

Gambar mobil Honda Jazz 2012 berwarna silver dilihat dari sisi belakang

Bagian belakang terlihat sederhana

Desain bagian belakang mobil ini dibuat sangat sederhana tanpa menggunakan terlalu banyak lekukan body. Di bagian rear bumper, kita bisa melihat adanya light reflector dan dengan sedikit bukaan udara sebagai aksen.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Honda Jazz 2012

Ruang kabin lega 

Di bagian ruang kabin, mobil ini mengalami sedikit peningkatan ruang dibandingkan dengan generasi sebelumnya sehingga penumpang bisa sedikit lebih leluasa bergerak. Tetapi, jangan berharap peningkatan ini akan terasa membawa banyak perubahan  karena mobil ini tetap akan terasa sesak walaupun penumpang di bagian belakang hanya diisi oleh dua orang penumpang. 

Desain bagian dashboard 

Gambar bagian dashboard mobil Honda Jazz 2012 dengan kelengkapan fitur di dalamnya
Desain bagian dashboard Honda Jazz 2012 kali ini ada sedikit perubahan

Bagian dashboard mengalami sedikit perubahan dalam desain dengan menggunakan desain bertingkat untuk pengaturan AC dan lebih driver oriented. Tetapi dari segi material, mobil ini tidak terlalu mengalami banyak perubahan masih mengandalkan  

Desain bagian setir 

Gambar bagian setir mobil Honda Jazz 2012
Bagian setir dengan pengaturan audio steering switch

Untuk bagian setir mobil, tidak terlalu jauh berbeda dengan model Honda Jazz lainnya, dengan pengaturan audio steering switch. Dengan sedikit aksen chrome di bagian palang setir, Honda berusaha memberikan kesan mewah di mobiil ini.   

Desain kursi

Gambar bagian kursi mobil Honda Jazz 2012 dengan kulit berwarna abu-abu
Kursi depan dengan desain semi bucket

Kursi Honda Jazz 2012 di desain cukup nyaman dengan menggunakan desain semi bucket di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang kursi ini bisa memuat hingga tiga orang penumpang dengan cukup nyaman walalupun bagi beberapa orang bentuknya terlalu tegak. Sehingga kurang nyaman untuk perjalanan jauh ke luar kota.

Ruang bagasi

Gambar ruang bagasi mobil Honda Jazz 2012 berwarna hijau

Honda Jazz 2012 memiliki ruang bagasi cukup luas

Dibandingkan dengan mobil hatchback sejenisnya, bagian bagasi dari Honda Jazz bisa dibilang cukup luas dan bisa memuat barang yang cukup besar. Jika membutuhkan ruang yang lebih besar, kursi di baris kedua bisa dilipat dan menghasilkan permukaan yang rata di dalammnya. 

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Honda Jazz 2012

Dari fitur yang ditawarkan, Honda Jazz 2012 bisa dibilang cukup mumpuni untuk memberia. Berikut ini beberapa fitur Honda Jazz 2012. 

  • Fitur keselamatan

Di bagian keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi oleh Double Safety Airbag untuk penumpang depan dengan seatbelt. Bagian penumpang belakang juga dilengkapi dengan seatbelt untuk mencegah terjadinya benturan ketika terjadi kecelakaan. Sistem pengereman ABS dan EBD juga sudah tersedia di mobil ini sehingga pengereman akan lebih presisi dan mudah dikendalikan jika terjadi pengereman mendadak. Fitur lainnya yang ada di mobil ini diantaranya sensor parkir, child lock, dan adjustable steering column serta desain body G Con + ACE. Untuk keamanannya sendiri dilengkapi dengan fitur Alarm, dan Immobilizer.

  • Fitur hiburan

Di bagian hiburan terdapat sebuah head unit di bagian dashboard integrated yang bisa memainkan hiburan dari CD, MP3 dan radio. Memang bisa dibilang untuk masalah hiburan, mobil ini masih membutuhkan peningkatan dibandingkan dengan pesaingnya. Dengan fitur seperti itu, berapa harga Honda Jazz 2012 ini?

>>> Untuk dapat informasi terbaru dan terlengkap tentang harga mobil, silahkan klik sini

Operasi Honda Jazz 2012

Gambar bagian mesin mobil Honda Jazz 2012

Mesin 1.5L SOHC 4 silinder 16 katup mobil Honda Jazz 2012

Di bagian mesin Honda Jazz 2012 dilengkapi dengan mesin Honda 1.5L SOHC 4 Silinder, 16 katup dengan sistem bahan bakar iVTEC + DBW. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 120 PS dengan torsi maksimum 145 Nm. Dengan tenaga sebesar ini, Honda Jazz tentunya sangat mumpuni untuk digunakan sebagai kendaraan harian di dalam kota. Kecepatan akselesari dari mobil ini juga mendapatkan banyak pujian karena bisa bergerak dari 0 sampai 100 km/jam dalam waktu 10 detik. 
Sementara di bagian suspensi, mobil ini menggunakan sistem suspensi McPherson Strut di bagian depan dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang. Sehingga Anda akan sangat nyaman berkendara di jalanan yang mulus. Mobil ini tidak disarankan untuk jalan yang kurang bagus karena ground clearancenya yang cukup rendah. 

Spesifikasi Honda Jazz 2012

Berikut ini adalah spesifikasi Honda Jazz 2012 terlengkap.

MESIN HONDA JAZZ 2012

Type

1.5L SOHC 4 cylinder dengan 16 katup iVTEC + DBW

Sistem Suplai Bahan Bakar

PGM-FI

Diameter x Langkah

73 mm x 88,4 mm

Perbandingan Kompresi

10,3 : 1

Tenaga Maksimum

120 PS / 6000 rpm

Torsi Maksimum

145 Nm / 4800 rpm

Kapasitas Tangki BBM

40 Liter

DIMENSI HONDA JAZZ 2012

Panjang x Lebar x Tinggi

3.985 mm x 1.695 mm x  1.525 mm

Jarak Poros Roda

2.500 mm

KAKI-KAKI HONDA JAZZ 2012

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban/Velg

175 / 65 R15 84S

Daftar Harga Honda Jazz 2012

Inilah Harga Honda Jazz 2012 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Harga bergantung kepada kondisi dan kelengkapan kendaraan yang dijual untuk model ini.

Model

Harga Honda Jazz 2012

Honda Jazz 2012 tipe S, R dan RS

Rp140.000.000 - Rp180.000.000

*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu 

Kesimpulan Honda Jazz 2012

Honda Jazz di generasi keduanya ini memberikan kesan sporty yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebeumnya. Desainnya yang sangat ciamik ini menjadikan Honda Jazz keluaran tahun 2012 menjadi salah satu mobil hatchback yang cukup favorit.  Kemampuan mesinnya yang cukup mumpuni dengan tenaga yang cukup besar bagi sebuah mobil hatchback membuat mobil ini bisa melaju kencang tanpa masalah. Tetapi, bukan berarti Honda Jazz ini tidak ada masalah, karena body roll mobil ini cukup terasa bila Anda mengendarainya dalam kecepatan yang terlalu tinggi. Harga Honda Jazz 2012 ini layak dengan apa yang tersedia untuk dia. Dengan segala kelebihannya, mobil ini rasanya memang layak menjadi salah satu mobil favorit untuk digunakan oleh segala kalangan. Jika Anda ingin membeli mobil, jangan lupa kunjungi situs jual beli mobil online cintamobil.com ya.  

Ryan Sugandy
Share this post:

Review lain

Review Honda Accord 2015

24/01/2018

Editor rate:

Honda Accord merupakan mobil sedan besutan Honda yang sudah malang melintang di pasar otomotif Indonesia sejak tahun 1978. Mobil sedan yang dibuat khusus untuk pangsa pasar menengah ke atas ini telah memasuki generasi kesembilan. Dengan pangsa pasar tersebut sudah pasti mobil ini dibuat secara eksklusif dan mampu bersanding dengan mobil premium lainnya. Review Honda Accord 2015 secara lengkap akan dijabarkan dibawah ini.

Lihat juga

Review Honda Civic 2014

25/01/2018

Editor rate:

Honda Civic merupakan mobil jenis sedan yang diproduksi oleh perusahaan Honda. Honda Civic yang sudah melewati beberapa generasi ini mulai diperkenalkan di pasar Indonesia pada tahun 2006 silam. Mobil yang sudah memasuki generasi kedua di pasar Indonesia ini (generasi kesembilan untuk pasar global) diberi nama Honda Civic FB2. Mobil ini awalnya dirilis di Indonesia pada tahun 2012 silam sebelum mendapat facelift dua tahun berikutnya. Review Honda Civic 2014 akan dijabarkan dibawah ini.

Lihat juga

Review Honda CR-Z 2016

Rp 529.000.000

26/01/2018

Editor rate:

Honda CR-Z 2016 merupakan mobil coupe sport buatan Honda yang didesain ramah lingkungan, irit serta memiliki harga yang terjangkau demi memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen kalangan menengah ke atas. Mobil yang awalnya diciptakan sejak tahun 2010 silam ini memiliki generasi terakhir yang diluncurkan pada tahun 2014 lalu. Mobil ini diluncurkan kembali pada tahun 2016 dengan desain yang lebih sporty dan agresif. Review Honda CR-Z 2016 secara lengkap akan dijabarkan dibawah ini.

Lihat juga

Review Honda Brio 2015

27/01/2018

Editor rate:

Setelah sukses dengan mengeluarkan Honda Brio pada 2012 silam, kali ini PT. Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek Honda memperkenalkan versi LCGC pada mobil ini, yaitu Honda Brio Satya pada tahun 2013 silam. Walaupun sedikit terlambat dari pesaingnya namun mobil city car dengan konsep LCGC besutan Honda ini memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan pesaingnya. Apa saja kelebihan mobil ini? Selengkapnya bisa dibaca dalam review Honda Brio 2015 dibawah ini.

Lihat juga

Harga Honda Odyssey 2017

06/10/2017

Editor rate:

Honda nampaknya tengah serius untuk menancapkan taringnya di tahun 2017 ini. Pabrikan asal Jepang ini terus memperbaharui katalognya seperti Honda CR-V, HR-V dan lain sebagainya. Seakan tak pernah puas, Honda kembali merilis Odyssey untuk meramaikan dan menggempur pasar. Mobil dengan segmentasi menengah ke atas ini dihadirkan sebagai jawaban untuk konsumen yang menginginkan MVP dengan kelas premium. Ada apa dengan mobil itu? Bacalah tulisan review Honda Odyssey 2017 di bawah ini.

Lihat juga