Review Honda Insight 2020: Temukan Desain Honda City Pada Sedan Ini

08/10/2019
editor rate: 4,7 user rate: 3,0
Sebagai perintis awal di segmen sedan Hybrid, Honda Insight adalah fenomena. Permasalah bahan bakar terbarukan, setidaknya terjawab mulai dari sini. Maka tak heran, Honda seakan ingin menghidupkan karakter Insight pada model lainnya seperti All-New City. Bagaimana sosoknya? Berikut kita simak dalam review Honda Insight 2020.

PENGANTAR Honda Insight 2020

Review Honda Insight 2020 - Bagi yang belum mengenal Honda Insight, mobil yang satu ini sejatinya adalah sebuah Hybrid Electric, dan hingga kini sudah memiliki tiga generasi yang ddimulai sejak tahun 1999 hingga kini. Generasi pertama Insight hanya memiliki dua pintu, dan kini menjelma menjadi sedan empat pintu di generasi ketiganya.

Sepanjang kiprah di pasar otomotif, Insight memang tak pernah menyentuh pasar Indonesia. Meski begitu, mobil ini memiliki rekam jejak emas sebagai salah satu perintis kehadiran mobil-mobil hybrid di pasar dunia. Bahkan lebih jauh lagi, umurnya beberapa bulan lebih tua dari mobil hybrid terfavorit di dunia, Toyota Prius.

Honda Insight 2020 punya tampilan yang tegas serta berwibawa, sebagai sedan 4 pintu

Honda Insight menjadi sedan Hybrid terlaris layaknya di Jepang dan juga Britania Raya

Soal wajah Honda Insight yang diisukan akan diadopsi pada All-New Honda City 2020, nyatanya bukan isapan jempol belaka. Terpantau dari situs CarDekho, foto Spyshot Honda City generasi kelima, terlihat sedang dicoba di jalanan India. Dari mimik wajah kamuflase, kami masih bisa melihat bahwa wajah depan City benar-benar sangat mirip Honda Insight.

Spy Shot All New Honda City 2020 tertangkap sedang berjalan di jalanan India dengan wajah mirip Honda Insight

All-New Honda City 2020 terpantau di India, menerapkan wajah mirip Honda Insight

Tapi khusus di artikel kali ini, Cintamobil.com tak mau berfokus pada All-New City, tapi lebih kepada Honda Insight. Dalam jajaran otomotif, penggunaan mesin konvensional seperti bensin atau diesel, lalu bertransisi ke Hybrid, adalah persoalan yang tak mudah. Masyarakat harus mulai dikenalkan pada solusi energi terbarukan. Selama prosesnya, mungkin akan banyak hambatan pada sesi awal, tapi mau tidak mau, hal tersebut haruslah dimulai. Nah, di titik itulah Honda Insight berdiri. Maka dari itu, review Honda Insight 2020 ini ada, melihat salah satu perintis sukses di segmen sedan Hybrid.

EKSTERIOR Honda Insight 2020

Dari banyaknya perusahaan otomotif, jujur kami menyukai desain revolusioner khas besutan Honda. Bodi sedan yang dulunya penuh sudut kotak dan terkesan kaku, kini tampil lebih istimewa. Seperti halnya pada eksterior Honda Insight 2020, perpaduan antara guratan-guratan aerodinamis, elegan dan sporty, seakan tergambarkan dengan sempurna.

Review Honda Insight 2020: Eksterior Depan

Dari desain fascia depan, bisa diamati bersama akan adanya satu palang tebal beraksen krom, menjadi penyambung dari dua lampu utamanya. Hal ini cukup mirip dengan Honda Accord terbaru. Tak lupa, Grille juga mendapat dukungan lampu utama LED Auto On/Off serta LED Fog Lights berdesain agresif.

Eksterior Depan Honda Insight 2020 dikemas dengan Grille menawan berlapis krom, menyambungkan kedua lampu utamanya

Diisukan, wajah depan Honda Insight akan dihidupkan kembali pada All-New Honda City

Review Honda Insight 2020: Eksterior Samping

Tampilan bodi sampingnya tampak proporsional dengan keseluruhan bodinya.,termasuk penggunaan ban berukuran 215/50 R17 91H. Belum lagi, desain peleknya yang sporty, memberi nuansa berjiwa muda. Sementara itu, jika menilik soal fitur, mobil ini juga dilengkapi kaca spion praktis yang bisa dilipat otomatis yang telah dilengkapi lampu sein.

Eksterior Samping Honda Insight 2020 tampak menarik dengan ban berukuran 215/50 R17 91H

Bodi samping dirancang cukup proporsional dipadu kontur elegan

Review Honda Insight 2020: Eksterior Belakang

Atap belakang Insight berkontur landai, sehingga menunjukkan tampilan yang agresif . Shark Fin Antenna menjadi salah satu aksen yang tampil menoinjol di atapnya, sedikitnya menekankan unsur tajam dan aroma sporty. Lampu belakangnya sendiri berteknologi LED, dengan desain yang tajam dan modern. 

Eksterior Belakang Honda Insight 2020 dilengkapi dengan berbagai hal menarik seperti lampu LED Taillights dan Shark Fin Antenna

Sektor buritannya punya Duck Spoiler minimalis, berkontribusi terhadap aerodinamika

>>> Baca juga:

INTERIOR Honda Insight 2020

Untuk sebuah sedan Hybrid, nuansa interior Honda Insight 2020 tampil dalam kemasan yang berkesan canggih. Hal ini tampaknya menjadi salah satu alasan kuat mengapa penjualan Insight cukup laris manis di pasar Jepang dan Britania Raya. Faktor kenyamanan menjadi salah satu poin utama bagi konsumen.

Review Honda Insight 2020: Dashboard

Di dalam kabinnya, konsumen akan langsung disuguhkan dashboard dengan pusat perhatian pada Head Unit berlayar sentuh 8 inci. Sistem informasi dan hiburan ini didukung berbagai fitur koneksivitas hiburan terkini seperti Apple CarPlay, Android Auto, Bluetooth dan Honda Link. Kehadiran fitur-fitur tersebut, tak heran menjadikan pengendara dan penumpangnya bisa menikmati perjalanan tak terlupakan.

Dashboard Honda Insight 2020 dipenuhi dengan fitur dan teknologi canggih, memfokuskan soal kenyamanan

Inilah suasana interior yang lekat akan nuansa elegan dan premium

Tak kalah menarik adalah hadirnya LED Ambient Console Lighting, yang menyediakan lampu suasana pada konsolnya, sehingga memberikan tak sekedar fungsionalitas, namun juga nilai estetika di malam hari. Untuk memberikan kesejukan kabin, Honda Insight 2020 sudah mengaplikasikan Dual-Zone Automatic Climate Control System.

Review Honda Insight 2020: Setir

Selain dashboard yang dipenuhi bahan bertekstur lembut (Soft Touch), lingkar kemudinya juga dibalut material kulit berkualitas yang menyuguhkan kemewahan. Hal ini sekaligus diklaim menjadikan genggaman terasa lebih solid yang dapat mendukung proses bermanuver. Tombol pengaturan audio, fungsi jawab telepon cepat serta Cruise Control, juga hadir dalam bentuk tombol-tombol pada setirnya.

Setir Honda Insight 2020 dikemas dengan balutan kain berkualitas dan dilengkapi tombol multifungsi

Di balik lingkar kemudi terdapat layar yang dapat memberikan informasi kondisi mobil, seperti tekanan angin ban

Review Honda Insight 2020: Kursi

Sedan empat pintu ini diklaim sangat nyaman untuk menampung lima orang sekaligus. Material pembungkus kursinya juga menggunakan bahan kulit berkualitas. Khusus kursi pengendara, telah memiliki pengaturan 8 arah, sehingga mudah mendapatkan posisi berkendara yang akurat dan sesuai postur tubuh.

Kursi Honda Insight 2020 mampu menampung hingga lima orang sekaligus dan sudah dibekali Head Rest di semua kursinya

Kursinya sendiri punya daya tampung hingga lima orang sekaligus

>>> Info menarik lainnya:

FITUR Honda Insight 2020

Dari situs resmi Honda, fitur Honda Insight 2020 yang ditawarkan sangat lengkap, terutama pada varian teratasnya, yaitu tipe Touring. Pada sedan sekelas Insight, kenyamanan berkendara memang menjadi prioritas utama yang ditawarkan, tak heran, selain balutan material kulit berkualitas pada kabinnya, Insight juga menawarkan kursi pengemudi dengan penghangat, moonroof, hingga hotspot WiFi. Bahkan untuk sistem audio, sudah dilengkapi dengan Premium Audio System berdaya 450 wartt dengan 10 speaker termasuk subwoofer.

Untuk keselamatan berkendara, Honda menjejali Insight dengan Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning (FCW) hingga Lane Departure Warning (LDW). 

Fitur Honda Insight 2020 sudah dibekali teknologi keselamatan canggih dan pengereman lengkap

Fitur-fiturnya sendiri sangat lengkap khususnya dalam hal keselamatan

Sementara untuk fitur peranti keselamatan pasif, Honda Insight 2020 telah dibekali Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Trio teknologi pengereman tersebut menjanjikan jaminan keselamatan karena memperkuat kemampuan pengereman. Selain itu masih ada pula fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Traction Control (TC) yang mendukung pengendalian semakin stabil.

>>> Bandingkan juga dengan model sedan menarik lainnya dengan klik link ini

OPERASI Honda Insight 2020

Operasi mesin Honda Insight 2020, mengusung teknologi hybrid yang memadukan mesin utama konvensional dengan motor listrik. Mesin utamanya menggunakan mesin bensin 4-silinder segaris berkapasitas mesin 1.500 cc i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga puncak 107 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 99 Lb-ft pada 5.000 rpm. Berpadu dengan motor listrik yang memiliki daya maksimum 129 PS total tenaga yang ditawarkan Insight mencapai151,5 PS.

Tersedia tiga pilihan mode berkendara yakni ECON, Sport dan EV. Mode berkendara ECON akan memaksimalkan soal efisiensi bahan bakar, sedangkan pada mode Sport, menawarkan performa mesin utama secara maksimal untuk mencapai kecepatan puncak yang diinginkan. Terakhir adalah mode berkendara EV, yang mana motor listrik beroperasi 100 persen, tanpa membutuhkan tenaga mesin utamanya.

Operasi Mesin Honda Insight 2020 juga menawarkan tiga pilihan berkendara yakni ECON, Sport dan EV

Tersedia tiga pilihan mode berkendara yang bisa dipilih

>>> Tertarik untuk tahu mobil Honda terbaru lainnya? Berikut informasinya

KESIMPULAN Honda Insight 2020

Wajah Honda Insight 2020, akhir-akhir ini kerap disebut-sebut karena diprediksi akan digunakan pada eksterior depan All-New Honda City. Foto-foto Spyshot juga sudah menjelaskan bahwa hal itu benar adanya. Terlepas dari itu, Honda Insight punya sejarah menarik karena menjadi salah satu perintis mobil Hybrid dalam dunia otomotif. Hampir pasti bahwa Honda akan membawa kembali memori tersebut melalui All-New Honda City terbaru nantinya.

>>> Simak selalu review mobil terbaru dan menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil