Review Honda HR-V Sport 2019

04/12/2018
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
HR-V Sport 2019 kini hadir menggunakan jantung baru yang serupa dengan Honda Civic Turbo. Bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Simak review Honda HR-V Sport 2019 hanya di Cintamobil.com.

PENGANTAR Honda HR-V 2018

Gambar mobil Honda HR-V 2018 berwarna hitam yang dipasarkan di Indonesia

Honda HR-V juga baru saja mengalami facelift di Indonesia pada tahun 2018 ini

Review Honda HR-V Sport 2019 - Honda HR-V merupakan salah satu volume maker PT. Honda Prospect Motor di Indonesia. Varian yang muncul ke bumi pada tahun 2015 ini langsung mendapat sambutan positif konsumen di Indonesia. Baru-baru ini Honda meluncurkan tipe baru pada Honda HR-V. Namun, sayangnya Honda HR-V Sport 2019 ini belum akan masuk ke Indonesia. Seperti yang dikatakan oleh Jonfis Fandy pada saat Cintamobil.com temui di gelaran balap BSD City Grand Prix, Minggu (2/11) lalu, "Honda HR-V Sport belum akan masuk maupun dijual di Indonesia," begitu jelasnya kepada Cintamobil.com ketika kami menanyakan mengenai kehadiran mobil ini dipasar Eropa. 

Nampaknya mobil Honda HR-V Sport 2019 belum akan masuk Indonesia

Sayangnya, Honda HR-V Sport 2019 ini belum akan masuk dan dipasarkan ke konsumen Indonesia

Honda HR-V Sport 2019 begitu istimewa, karena sudah menggendong mesin Honda generasi terbaru yang dillengkapi dengan peranti induksi paksa Turbocharger. Mesin ini begitu fenomenal, karena dalam sejarahnya, hampir tidak pernah terjadi sebuah Honda menggunakan mesin yang dilengkapi sistem peranti pasokan udara paksa dan dijual ke konsumen umum. Mesin Turbo mulai dikembangkan oleh Honda sejak 2014 lalu, dengan tujuan bukan hanya mengejar performa yang lebih memukau, namun juga demi mencapai efisiensi maksimum, serta memenuhi standar emisi yang makin tahun harus semakin bersih atawa ramah lingkungan. Meski belum resmi dijual, apalagi masuk Indonesia, kami cukup yakin mobil ini akan diterima dengan baik di pasaran.

Lalu bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Simak terus review tim Cintamobil.com mengenai Honda HR-V Sport 2019 ini.

EKSTERIOR Honda HR-V 2018

Kami akan mengajak Anda melakukan in depth tour, bagaimana melihat tampilan eskteriornya dari segala sisi. Tentu saja ini sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan gambaran utuh mengenai mobil Honda HR-V Sport 2019 ini. Mari langsung saja Cintamobil.com bimbing langsung Anda melakukan hal ini.

Review Honda HR-V Sport 2019 : Tampilan Depan

Tampak tampilan depan sebuah Honda HR-V Sport 2019 berwarna abu-abu

Tampilan depan Honda HR-V Sport 2019 ini tak ubahnya HR-V versi 'lokal' yang dijual di Indonesia, hanya memang ada beberapa detail yang jadi pembeda

Secara umum sebenarnya tampilan eksterior depan Honda HR-V Sport 2019 ini masih identik dengan Honda HR-V versi 'lokal' yang dijual di Indonesia. Dari mulai lampu utama atau headlamp, grill depan, model kap mesin, hingga bumper depan. Namun, jika Anda perhatikan lebih seksama, ternyata tetap ada pembeda dari mobil ini dengan Honda HR-V 2018 versi Indonesia yang kami sudah tes lengkap. Perbedaan itu adalah bentuk rumah foglampnya. Bila versi negara tercinta kita menggunakan bentuk pipih dan memanjang seperti lampu DRL, maka di HR-V Sport 2019 ini pakai model bulat dan dibelakangnya ada jaring motif sarang lebah senada dengan yang dipasang dibawah grill berlapis black chrome yang keren banget kalau dilihat.

Review Honda HR-V Sport 2019 : Tampilan Samping

Tampilan samping sebuah Honda HR-V Sport 2019 berwarna abu-abu

Lagi-lagi tampilan samping masih mirip dengan Honda HR-V rasa 'lokal' yang dijual di Indonesia

Menengok ke sisi samping mobil ini, lagi lagi Anda akan mendapati tampilan samping yang masih sangat mirip dengan Honda New HR-V 2018 versi Indonesia yang pernah kami tes. Kami, menilai, sepertinya akan agak sulit bagi Honda Motor Japan untuk mempercantik tampilan mobil yang memang sudah proper ini. Namun, bukan berarti tampilan eksterior samping Honda HR-V Sport 2019 ini sama persis dengan Honda HR-V yang dijual di Indonesia. Ada beberapa pembeda utama yang cukup mencolok, antara lain penggunaan pelek dengan motif kipas dengan kelir black doff yang dinamis, dan ban Michelin dengan traction grade A yang memiliki performa cengkraman permukaan jalan yang baik.

Review Honda HR-V Sport 2019 : Tampilan Belakang

Tampilan belakang mobil Honda HR-V Sport 2019 berwarna abu-abu

Lampu belakang LED dengan ornamen bumper glossy black menjadi pembeda utama mobil ini dengan HR-V rasa 'lokal'

Beralih ke tampilan belakang Honda HR-V Sport 2019, kesan sporti akan langsung terlihat dari penerapan ornamen bumper dengan warna hitam glossy alias basah. Pun begitu dengan penggunaan stoplamp yang kini sudah menggunakan LED berdesain cantik yang memanjang ke samping secara horizintal. Kesan sporti dan sangar makin mencuat berkat penggunaan knalpot ganda yang makin menambah kesan garang dan juga sporti. Enggak heran, karena memang Honda HR-V Sport 2019 ini menggunakan mesin bawaan Honda Civic turbo.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Honda HR-V 2018

Mungkin Anda akan sedikit kecewa ketika masuk ke interiornya, karena Honda hanya mengubah sedikit pernik-pernik pada bagian dalam Honda HR-V Sport 2019 ini, lalu bagaimana pendapat kami mengenai interior Honda HR-V Sport 2019 ini? Ikuti terus ulasan mobil yang akan segera dijual di Eropa ini ya.

Review Honda HR-V Sport 2019 : Layout Interior

Layout interior mobil Honda HR-V Sport 2019 dengan kelengkapan fitur di bagian dashboard

Penggunaan kombinasi warna merah dan hitam pada interior Honda HR-V Sport 2019 membuat aura sporti semakin mencuat

Review Honda HR-V Sport 2019 : Konfigurasi Jok

Sebanyak lima penumpang dapat duduk dengan nyaman di kursi Honda HR-V Sport 2019 ini. Karena memang Honda terkenal sangat piawai meracik kabin mobil, meski dimensi secara keseluruhan bagian luar mobil nampak tidak besar namun ke-5 penumpang dapat duduk dengan nyaman diatas kursi yang dilapis dengan bahan kulit imitasi berpadu dengan kain berwarna hitam yang nyaman untuk diduduki. Legroom serta headroom Honda HR-V Sport 2019 ini kami yakini akan baik, karena dimensi mobil yang tidak ubahnya HR-V versi lokal yang telah kami coba.

Review Honda HR-V Sport 2019 : Panoramic Roof 

Nuansa sport bukan berarti harus mengorbankan kenyamanan interior, perjalanan Anda serta keluarga akan lebih menyenangkan berkat penggunaan panoramic roof dengan ukuran besar. Apalagi jika Anda berjalan di pegunungan, rasanya akan sangat menyenangkan untuk membuka atap kaca tersebut dan menikmati serta menghirup udara segar yang enggak akan Anda temukan ditengah hiruk pikuknya perkotaan. Memang, untuk pasar Indonesia, penggunaan panoramic roof ini terasa sedikit mubazir, namun di Eropa penggunaan panoramic roof akan sangat membantu kenyamanan kabin.

>>> Baca juga:

FITUR Honda HR-V 2018

Review Honda HR-V Sport 2019 : Rem Parkir Eletrik

Gambar Rem parkir otomatis pada Honda HR-V Sport 2019

HR-V Sport 2019 juga dilengkapi dengan rem parkir elektrik yang memudahkan (foto kami menggunakan HR-V 1.8 Prestige 2018)

Meskipun dinamai dengan embel-embel 'sport' namun urusan kenyamanan pengemudi tidak serta merta dilupakan. Tadinya kami pikir, mobil dengan nuansa sport, dengan mesin kencang macam Honda HR-V Sport 2019 akan menggunakan rem parkir model tarik atau model injak yang lebih terlihat macho. Namun, ternyata kami salah, karena Honda HR-V Sport 2019 tetap mengusung rem parkir elektrik dilengkapi dengan automatic brake hold. Rem ini sangat memudahkan Anda ketika ingin mengaplikasikan rem parkir maupun menahan kendaraan dengan rem ketika ditanjakan.   

Review Honda HR-V Sport 2019 : Sistem Keamanan

Tampak Ringkasan Fitur Keselamatan Pada Honda HR-V SPort 2019

Fitur Honda Sensing ini memang belum sepenuhnya diaplikasikan pada Honda yang dijual ditanah air

Fitur Honda Sensing merupakan sebuah rangkaian sistem fitur keamanan yang utuh dan dikembangkan oleh Honda untuk meningkatkan keselamatan dan rasa aman pengguna mobil Honda. Fitur ini meliputi Honda Collusion Mitigation Braking System yang merupakan sistem rem otomatis anti kecelakaan, lalu ada Honda Lane Keeping Assis System yang menjaga mobil Anda tetap pada jalurnya, dan tidak berpindah lajur secara sengaja, juga ada Honda LaneWatch yang mengurangi blind spot pada bagian kiri atau kanan mobil, serta ada Adaptive Cruise Control yang secara otomatis mengatur kecepatan mobil Anda mengikuti lalu lintas, dan yang terakhir adalah Lane Departure Warning yang dapat mencegah Anda pindah jalur secara tidak sengaja.

Review Honda HR-V Sport 2019 : Lampu utama LED

Gambar Lampu utama LED pada Honda HR-V Sport 2019

Lampu utama Honda HR-V Sport 2019 sudah dilengkapi dengan lampu LED

Selain keren, penggunaan lampu LED yang merupakan kependekan dari Light Emitting Diode juga menambah faktor keamanan dari Honda HR-V Sport 2019. Mobil ini juga tampil semakin canggih, keren, dan juga mewah berkat penggunaan lampu ini. Lampu hemat daya dengan pancaran cahaya warna putih ini membuat tampilan Honda HR-V Sport 2019 semakin memikat.

>>> Ini Yang Terjadi Pada Mobil (Dan Pengemudi) Ketika Anda Melanggar Lampu Merah

OPERASI Honda HR-V 2018

Ini adalah hal istimewa dari Honda HR-V Sport 2019, pasalnya jantung mekanisnya kini total berbeda dengan Honda HR-V 1500 cc yang menggunakan mesin berkode L15 maupun Honda HR-V 1800 cc yang menggendong mesin berkode R18. Mesin Honda HR-V Sport ini menggunakan mesin berkapasitas 1500 cc berkode L15B, dengan teknologi pengatur katup variabel VTEC. Mesin mungil ini mampu menyemburkan tenaga hingga 182 PS atau sekitar 179,5 Hp pada putaran mesin 5.500 rpm untuk yang bertransmisi manual 6 percepatan, serta lebih tinggi 500 rpm lagi untuk yang bertransmisi sejuta rasio alias CVT.

Gambar bagian mesin berkode L15B pada Honda HR-V Sport 2019

Mesin Honda HR-V Sport 2019 ini persis sama dengan yang digunakan pada Honda Civic Turbo dan Honda CR-V Turbo hanya beda pada rasio gigi

Torsi sebesar 240 Nm dari mesin istimewa ini juga dapat dirasakan sejak putaran mesin 1.900 rpm hingga 5.000 rpm untuk varian bertransmisi manual 6 speed, serta 220 Nm untuk yang bertransmisi CVT. Asyiknya, Honda HR-V Sport 2019 yang menggunakan transmisi pintar sejuta rasio ini, torsi yang disebut tadi sudah dapat dirasakan sejak putaran mesin 1.700 rpm hingga 5.500 rpm. Hal ini tentu penting, karena secara alami, transmisi otomatis memilki slip kopling, sehingga power loss pada mekanis akan menimbulkan kerugian penghantaran tenaga mesin. Menurut klaimnya, dari 0 ke 100 km/jam dapat tuntas hanya dalam waktu 8 detik, sedangkan top speed yang dapat diraih adalah 220 km/jam.

Gambar CVT pada mobil Honda HR-V 2019

Honda HR-V Sport 2019 juga ada varian yang bertransmisi CVT

Bukan Honda namanya jika hanya mengganti mesin dan tampilannya saja, suspensinya juga ikut dibenahi. Honda HR-V SPort 2019 menggunakan Performance Damper Technology, yang meliputi penggunaan adaptive roll bar pada bagian depan dan belakang, dan pembenahan batang torsion beam dan lateral yang diperkuat pada sasis, hal ini dimaksudkan agar mobil menjadi lebih stabil dalam melibas tikungan. Tidak hanya sampai disitu, rasio dari electronic power steeringnya juga diubah demi mendapatkan gaya mengemudi yang sporti, dinamis, dan juga lebih baik.

>>> Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Melakukan Engine Swap?

spesifikasi Honda HR-V 2018

Berikut ini adalah spesifikasi Honda HR-V Sport 2019.

Mesin Honda HR-V Sport 2019

Seri mesin

L15B

Bahan Bakar

Bensin

Tenaga Maksimum

179,5 Hp @ 5,500 rpm (6 MT) dan 6,000 rpm (CVT)

Torsi Maksimum

240 Nm @ 1,900 rpm - 6,000 rpm (6 MT)

220 Nm @ 1,700 rpm - 5,500 rpm (CVT)

Kapasitas Silinder

1.496 cc

Bore X Stroke

73 mm X 89,4 mm

Rasio Kompresi

10,4 : 1

Rangka Honda HR-V Sport 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

4.294 mm x 1.772 mm x 1.580 mm

Jarak Poros Roda

2,610 mm

Jarak Pijak Depan

1,535 mm

Jarak Pijak Belakang

1,540 mm

Radius Putar Minimum

5,3 meter

Suspensi/Kaki-Kaki Honda HR-V Sport 2019

Ban

Michelin Pilot Sport

Jenis Pelek

Alloy Black Doff

Ukuran Ban

215/55 R17

kelebihan & kekurangan Honda HR-V 2018

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan HR-V Sporty. Sebagai merek baru, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan HR-V Sport 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Akomodasi terbaik dikelasnya

Tidak dijual di Indonesia

Mesin bertenaga kuat

Transmisi otomatis masih menggunakan CVT

Lampu sudah LED baik headlight maupun tailamp

Kurang ciri khas “Sport” baik di eksterior dan interior

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil Honda lainnya di sini

daftar harga Honda HR-V 2018

Honda HR-V Sport 2019 belum akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat, sehingga belum ada harga resminya disini. Namun, harganya kami prediksi jika masuk Indonesia akan berada di angka Rp 600 juta.

>>> Bagi Anda yang berencana membeli mobil bulan ini, jangan tinggalkan promo mobil yang menarik di sini

Video Honda HR-V 2018

KESIMPULAN Honda HR-V 2018

 

Gambar mobil Honda HR-V Sport 2019 berwrna abu-abu hitam dilihat dari sisi belakang

Mobil yang bagus, sayangnya enggak masuk Indonesia

So, is this car for you? Bagi Anda yang tinggal di Indonesia, jangan harap dapat memiliki Honda HR-V Sport 2019 di sini, karena pihak PT. Honda Prospect Motor sudah menegaskan bahwa mobil ini tidak akan masuk Indonesia dalam waktu dekat. Namun, jika Anda sudah kesengsem mobil ini, silahkan minta bantuan pihak importir umum untuk segera memasukan mobil ini ke Indonesia untuk Anda. Dan juga, jangan lupa pajak barang impor saat ini tidak bersahabat bagi kendaraan berformat CBU. Namun meski demkian, kami dari Cintamobil.com sangat merekomendasikan mobil ini untuk Anda.

>>> Jangan lupa klik sini untuk membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

Cari review mobil