Review Honda Freed Crosstar 2020: MPV Kompak Berwajah Maskulin Bagi Keluarga Petualang

01/11/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Honda menghadirkan varian terbaru dalam jajaran Freed, yakni Crosstar. Dengan desain yang sedikit lebih maskulin, membuat Honda Freed Crosstar 2020 siap mengeluarkan sisi petualang dari MPV kompak andalan Honda tersebut.

PENGANTAR Honda Freed 2020

Review Honda Freed Crosstar 2020 - Selain memperkenalkan generasi terbaru dari Honda Jazz di ajang Tokyo Motor Show 2019 lalu, pabrikan asal jepang ini juga merilis wajah baru untuk MPV kompak andalan mereka, Honda Freed, dengan penambahan varian baru, yakni Freed Crosstar. Daya tarik dari desain Honda Freed Crosstar 2020 adalah sosoknya yang beraroma maskulin lewat penambahan beberapa detail eksterior. Honda tampaknya memang ingin memberikan nuansa gagah ala SUV pada Honda Freed Crosstar 2020

Gambar menunjukkan sebuah mobil Honda Freed Crosstar 2020 berwarna orange dilihat dari sisi depan

Sosok Honda Freed Crosstar 2020 yang tampil lebih maskulin

Langkah penyegaran tersebut dilakukan Honda demi mempertahankan kesuksesan Freed sebagai MPV paling populer, tak hanya di Jepang, namun juga di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. Namun bagi Anda yang sudah tak sabar untuk meminangnya, sepertinya harus siap-siap kecewa, lantaran Honda Freed Crosstar 2020 dikabarkan hanya akan tersedia untuk pasar Jepang. Namun untuk mengobati rasa ingin tahu Anda, kami akan ulas Honda Freed Crosstar 2020 dalam sebuah review berikut ini.

EKSTERIOR Honda Freed 2020

Review Honda Freed Crosstar 2020: Tampak depan

Kesan maskulin sudah sangat terasa ketika bertatap muka dengan Honda Freed Crosstar 2020. Namun selain maskulin, MPV kompak ini juga berpenampilan lebih modern, dengan penggunaan lampu depan dengan lensa proyektor dan reflektor yang berukuran lebih panjang, layaknya yang digunakan pada jajaran Honda Freed generasi terbaru. Namun yang membedakannya adalah desain lower grill yang lebih besar berwarna gelap dengan aksen krom pada bagian atasnya. 

Gambar sebuah mobil Honda Freed Crosstar 2020 tampak frontal dari depan

Honda Freed Crosstar 2020 menggunakan beberapa detail warna gelap di sekujur eksteriornya

Selain itu, detail berwarna gelap juga digunakan pada lower body cladding yang dipadu dengan lower skid plate berwarna silver. Kehadiran sepasang fog lamp LED kini ymenggunakan desain horizontal, yang seakan harmonis dengan garis desain wajah Honda Freed Crosstar 2020 yang didominasi garis vertikal. Sementara pada bagian atap, juga dilengkapi dengan roof rail, sehingga mampu menyiratkan kesan lebih gagah dan siap diajak berpetualangan bersama keluarga. 

Review Honda Freed Crosstar 2020: Tampak samping

Foto Honda Freed Crosstar 2020 berwarna merah dilihat dari tampak samping

Desain Honda Freed Crosstar 2020 tampak lebih membulat

Aplikasi lower body cladding dengan warna gelap juga terdapat di bagian bawah pintu. Semakin kontras dengan penambahan detail warna silver pada cover kaca spion dan handel pintu, sehingga terlihat sedikit lebih atraktif, khususnya pda bagian samping. Tampilan ruang roda Honda Freed Crosstar 2020 juga semakin menarik dengan penggunaan pelek alloy berukuran lebih besar, yakni 16 inci dengan finishing two tone. Aplikasi kaca pada pilar A selain berfungsi untuk meminimalisir blind spot pengemudi, namun juga membuat sosok Honda Freed Crosstar 2020 menjadi terlihat lebih bongsor.

Review Honda Freed Crosstar 2020: Tampak belakang 

Gambar sebuah mobil Honda Freed Crosstar 2020 berwarna merah dilihat dari tampak belakang

Honda Freed Crosstar 2020 lebih kekar dengan penggunaan side bumper moulding dan rear skid plate

Tampilan paling mencolok dari bagian belakang Honda Freed Crosstar 2020 adalah kehadiran lampu belakang yang kini berukuran lebih besar serta menganut desain ala anak panah dengan berhias sudut tajam. Sepasang lampu belakang desain baru tersebut dipadu dengan side bumper moulding yang justru membuat Honda Freed Crosstar 2020 terlihat lebih sporty. Honda tampaknya memang tak ingin melepaskan image sporty pada seluruh jajaran produknya. Side bumper moulding tersebut semakin terlihat bold ketika dipadu dengan rear skid plate yang menggunakan warna silver.

>>> Baca juga:

INTERIOR Honda Freed 2020

Review Honda Freed Crosstar 2020: Dashboard dan setir

Gambar menunjukkan desian bagian dasbor dan setir Honda Freed Crosstar 2020

Dasbor Honda Freed Crosstar 2020 terlihat lebih mewah dengan kehadiran panel kayu

Ketika masuk ke dalam kabin, interior Honda Freed Crosstar 2020 dilengkapi dengan panel kayu dengan motif ala plywood pada dashboard, sehingga terlihat lebih mewah. Desain dashboard pun masih didominasi dengan desain vertikal dengan bentuk mengotak khas sebuah MPV. Desain panel instrumen pun tak berbeda jauh dengan generasi sebelumnya dengan desain fascia yang menghadap ke atas. Kolom shift knob pun terasa lebih praktis dengan konstruksi menyatu dengan panel instrumen. Pada bagian setir, mengadopsi desain 3 spoke khas Honda, sehingga terasa sporty ketika digenggam.

Review Honda Freed Crosstar 2020: Jok

Gambar menunjukkan  desain jok Honda Freed Crosstar 2020

Ergonomis jok Honda Freed Crosstar 2020 lebih baik

Honda Freed Crosstar 2020 menggunakan jok yang dilapisi bahan kombinasi kulit dan fabric. Tersedia tiga pilihan warna dan pola jahitan pada jok. Desain ergonomikanya juga dimaksimalkan dengan kenyamanan yang lebih baik untuk pengemudi dan penumpang. Tersedia beberapa pilihan konfigurasi jok, mulai dari 5, 6, 7 dan 8 penumpang. Untuk pengemudi dan penumpang depan menggunakan jok dengan model captain seat. Sementara untuk konfigurasi 6 penumpang, jok captain seat juga tersedia untuk penumpang bagian tengah. 

>>> Simak juga:

FITUR Honda Freed 2020

Review Honda Freed Crosstar 2020: Fitur berkendara

Untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan dan berkendara dengan Honda Freed Crosstar 2020, beberapa fitur keselamatan juga ditambahkan, seperti Honda Sensing, yang mencakup emergency braking, adaptive cruise control dan lane keeping assist. Tak hanya itu, Honda Freed Crosstar juga mendapatkan fitur keselamatan yang dapat mencegah mobil maju atau mundur akibat salah menginjak pedal antara gas dan rem. 

Foto konfigurasi jok Honda Freed Crosstar 2020

Honda Freed Crosstar 2020 memiliki konfigurasi jok untuk 5,6,7 dan 8 penumpang

Honda juga membekali teknologi downshift control terbaru yang membantu pengereman ketika sedang berkendara di permukaan jalan menurun. Fitur downshift control ini akan otomatis aktif ketika komputer mesin membaca adanya penggunaan rem hingga batas tertentu, sehingga selain membantu kinerja pengereman, fitur ini juga dapat membantu pengemudi untuk menjaga kontrol mobil di jalanan menurun. 

>>> Review Daihatsu All New Sirion SE A/T 2019, Most Wanted Car Daihatsu Di GIIAS 2019

OPERASI Honda Freed 2020

Foto mesin L15B bawaan Honda Freed Crosstar 2020

Mesin 4 silinder L15B masih dipercaya sebagai sumber tenaga Honda Freed Crosstar 2020

Honda Freed Crosstar 2020 menggunakan pilihan mesin yang sama dengan Honda Freed generasi terbaru, yakni dengan menggunakan mesin 4-silinder dari L15B yang berkapasitas 1.500 cc dan bertenaga 120 hp dan torsi 193 Nm. Opsi mesin ini akan ditemani transmisi CVT dengan penggerak roda depan dan AWD. Tersedia pula opsi mesin hybrid dengan mesin bensin berkapasitas 1.500 cc bertenaga 110 hp dan torsi 134 Nm dengan sebuah motor listrik yang jika digabungkan akan menghasilkan tenaga 137 hp dan torsi 170 Nm. Teknologi hybrid ini mampu memberikan konsumsi bahan bakar sangat efisisen, yakni mencapai 20,3 km untuk setiap liternya.

>>> Masalah Electronic Parking Brake, Penjualan Honda Jazz 2020 Ditunda?

spesifikasi Honda Freed 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Honda Freed Crosstar 2020.

Mesin Honda Honda Freed Crosstar 2020

Tipe Mesin

4 silinder iVTEC + iDCD 16 Katup DOHC & 4 silinder iVTEC + Motor elektrik (Hybrid)

Kapasitas Silinder

1.496 cc

Daya Maksimum

130 hp @ 6.600 Rpm & 137 hp @ 6.600 Rpm (Hybrid)

Torsi Maksimum

155 Nm @ 4.600 Rpm & 170 Nm @ 4.600 Rpm (Hybrid)

Sistem Transmisi

7 Tingkat Percepatan A/T dan CVT

Handling Honda Freed Crosstar 2020

Sistem Kemudi

Rack and Pinion with EPS

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Ukuran Ban

185/65 R15

Bahan Bakar Honda Freed Crosstar 2020                                  

Sistem Bahan Bakar

PGM-FI Injection

Dimensi Honda Freed Crosstar 2020                                          

Panjang

4.265 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.735 mm

Jarak Sumbu Roda

2.740 mm

kelebihan & kekurangan Honda Freed 2020

Berikut kelebihan dan kelurangan dari Honda Freed Crosstar 2020 menurut Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Desain lebih maskulin dan atraktif

Hanya tersedia di Jepang

Kepraktisan khas MPV dan lebih lapang dari generasi sebelumnya

Jok baris ketiga cukup terbatas untuk penumpang dewasa

Tersedia varian Hybrid dan penggerak AWD

 

daftar harga Honda Freed 2020

Berikut ini adalah harga Honda Freed Crosstar 2020 yang Cintamobil.com mendapat.

TIPE MOBIL

DAFTAR HARGA HONDA FREED CROSSTAR 2020

Honda Freed Crosstar FWD 2020

Rp 360 juta (di Jepang)

Honda Freed+ Crosstar AWD 2020

Rp 394 juta (di Jepang)

Video Honda Freed 2020

KESIMPULAN Honda Freed 2020

Keputusan Honda untuk menghadirkan versi maskulin dari Freed lewat varian Crosstar, dinilai mampu menarik calon konsumen baru di Jepang yang ingin nuansa berbeda dari sebuah MPV kompak, dengan nuansa maskulin khas sebuah SUV. Namun sayangnya di Indonesia, Honda memutuskan untuk tak lagi menghadirkan Freed sejak 2015, meski kami yakin masih banyak penggemar MPV kompak dengan pintu geser elektrik ini yang juga sangat menunggu Honda untuk kembali menghadirkan Honda Freed generasi terbaru. Akankah Honda akan berubah pikiran dan kembali membawa Honda Freed generasi terbaru, termasuk varian Crosstar? Nampaknya kita harus menunggu waktu lebih lama untuk menjawab pertanyaan tersebut.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Pratomo FJ
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil