Review Honda Freed 2010

29/01/2018

Share this post:

Honda Freed 2010

Editor rate:

Lihat promo

Honda Freed merupakan mobil MPV yang didesain elegan dan mulai diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2009 silam. Sebelumnya mobil ini diperkenalkan di Jepang pada tahun 2008 silam. Mobil ini bisa dikatakan mobil baru yang belum pernah ada di Indonesia pada awal kemunculannya sehingga menjadi primadona tersendiri. Apa saja kelebihan dari mobil ini? Review Honda Freed 2010 akan dijabarkan di bawah ini.

Review Honda Freed 2010
Review Honda Freed 2010
0 Gambar

Pengantar Honda Freed 2010

Mari kita simak spesifikasi Honda Freed 2010 di bawah ini.

Kelebihan

Mampu menampung hingga 6-7 orang

Memiliki ruang kabin dan ruang kaki yang cukup luas

Desain eksterior dan interior yang modern

Performa mesin lebih mumpuni

Kekurangan

Ukuran bagasi tidak terlalu luas

Tidak semua fitur ditanamkan pada beberapa tipe mobil

Harganya sedikit lebih mahal

Review Honda Freed 2010 - Kalau di Indonesia Honda Mobilio diperkenalkan setelah Honda Freed, maka di negara asalnya, Honda Freed diperkenalkan untuk menggantikan Honda Mobilio. Honda Freed sendiri hampir sepenuhnya menggunakan basis dari Honda Jazz, namun dilakukan sedikit perubahan agar memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda dari Honda Jazz. Indonesia menjadi negara kedua yang memperkenalkan mobil ini setelah Jepang, lalu disusul oleh Thailand dan Singapura, kemudian terakhir yaitu Malaysia. Di Indonesia, Honda Freed dirakit di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Review Honda Freed 2010 secara lengkap oleh cintamobil.com bisa dibaca di bawah ini.

Eksterior Honda Freed 2010

Eksterior Honda Freed 2010 memiliki desain berbentuk trapesium siku-siku yang berbeda dibandingkan dengan mobil lainnya sehingga memberikan kesan yang unik namun tetap mewah.

  • Desain bagian depan

Gambar bagian depan Honda Freed 2010 berwarna silver

Bagian depan Honda Freed 2010 yang terlihat berbeda

Tampilan depan mobil ini terlihat sederhana namun elegan karena penggunaan grille yang berbentuk trapesium ditambah dengan Front Garnish berbentuk tiga garis beraksen krom. Desain head lamp dibuat menyipit agar memberikan kesan tajam. Tidak lupa juga ada fog lamp yang berbentuk bulat terintergrasi dengan bumper depan dan lubang udara yang semakin menguatkan kesan elegan dan sporty pada mobil ini.

  • Desain bagian samping

Gambar bagian samping Honda Freed 2010

Bagian samping Honda Freed 2010

Di bagian samping mobil ini terlihat gagah berkat pelek yang memiliki desain sporty berukuran 15 inci yang dibalut dengan ban berukuran 185/65 R15 Alloy Wheel. Tidak hanya itu, bagian samping mobil ini terlihat mewah karena penggunaan pintu baris kedua yang menggunakan sistem buka geser atau sliding doors yang dilengkapi dengan Dual Power di beberapa tipe sehingga memberi kemudahan untuk masuk atau keluar mobil bagi penumpangnya.

  • Desain bagian belakang

Gambar bagian belakang Honda Freed 2010 berwarna putih

Bagian belakang Honda Freed 2010

Bagian belakang mobil terlihat begitu sederhana karena tidak menambahkan fitur-fitur apapun. Hanya desain stop lamp yang terlihat unik dan sedikit plat beraksen krom yang menghiasi bagian belakang mobil ini. Sedikit memiliki kesan tegas karena menggunakan kata 'Freed' dan logo Honda yang beraksen krom.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Honda Freed 2010

Lanjut ke bagian interior Honda Freed 2010. Bagian interior mobil ini didesain agar terlihat elegan layaknya mobil High Class MPV yang memiliki desain interior premium. Walaupun ukuran kabin tidaklah sebesar mobil High Class MPV pada umumnya, namun masih memiliki ruang kabin yang cukup luas sehingga mampu memberikan ruang yang cukup lega bagi para penumpangnya.

  • Dashboard dan setir

Gambar dashboard dan setir Honda Freed 2010

Desain dashboard dan setir yang terlihat layaknya High Class MPV

Walaupun tidak semewah High Class MPV, namun desain dashboard yang dibuat bertingkat pada mobil ini sudah mampu memberikan kesan yang elegan. Di bagian atas terdapat MID dengan indikator bensin dan kilometer digital serta Single Din Audio Player yang akan menghibur anda disepanjang perjalanan. Di bagian bawah terdapat AC Control dan tuas transmisi yang dipasang di area dashboard sehingga memberikan ruang kaki yang cukup lega di bagian depan. Setir pada mobil ini terkesan sederhana namun disematkan fitur Electric Power Steering yang akan memudahkan pengemudi mengendalikan setir kemudinya.

  • Kursi

Gambar bagian kursi mobil Honda Freed 2010 dengan jok ditutupi dengan warna abu-abu

Bagian kursi Honda Freed 2010 yang mengusung model 3 baris

Bagian jok menggunakan material berkualitas dan mengusung model tiga baris tempat duduk mampu membawa penumpang hingga 6 sampai 7 orang. Semua kursi mampu digerakkan untuk mengatur luas ruang kaki agar bisa memberikan kenyamanan bagi penumpang dan pengemudinya.

  • Bagasi

Gambar bagasi Honda Freed 2010 dengan sebuah ruang bagasi yang luas

Bagian bagasi Honda Freed 2010

Bagian bagasi mobil ini sayangnya memiliki ukuran yang tidak terlalu luas ketika semua penumpang berada di dalam mobil ini sehingga hanya mampu membawa barang yang tidak terlalu banyak. Tetapi ruang bagasi akan menjadi luas ketika kursi baris terakhir tidak digunakan dan dilipat.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Honda Freed 2010

Gambar airbag di bagian kursi depan mobil Honda Freed 2010

Airbag pada Honda Freed 2010

Karena mobil ini termasuk dalam mobil lama, maka informasi tentang fitur keselamatan dan keamanan pun sangat minim. Namun Honda sendiri mengatakan bahwa fitur keamanan dan keselamatan pada mobil ini pun cukup lengkap. Fitur keselamatan yang hanya diketahui saat ini hanya seat belt yang ada di setiap kursinya dan Dual SRS Airbag di bagian depan yang akan melindungi penumpang bagian depan ketika terjadi kecelakaan. Fitur keamanannya yang diketahui berupa Immobilizer yang akan menjaga mobil tetap aman ketika sedang tidak digunakan.

>>> Klik sini untuk tahu harga semua merek mobil di Indonesia

Operasi Honda Freed 2010

gambar bagian mesin mobil Honda Freed 2010

Mesin Honda Freed 2010

Honda Freed 2010 menggunakan mesin L15A i-VTEC 1.5L 4 silinder segaris 16 katup yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 118 Ps pada putaran 6.600 rpm dan torsi maksimum sebesar 146 Nm pada putaran 4.800 rpm. Tenaga yang dihasilkan akan disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan transmisi manual 5 percepatan.

>>> Klik sini untuk tahu apa kelebihan dan kekurangan mobil Honda Freed di Indonesia ini

Spesifikasi Honda Freed 2010

Spesifikasi Honda Freed 2010 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Honda Freed 2010

Tipe Mesin

L15A i-VTEC 1.5L 4 silinder segaris 16 katup

Kapasitas Silinder

1.500 cc

Power Maksimal

118 Ps / 6.600 rpm

Torsi Maksimal

146 Nm / 4.800 rpm

Transmisi

Manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan

Rasio Kompresi

10,4:1

Sasis Honda Freed 2010

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Rigid Axle

Ban/Velg

185/65 R15

Daftar Harga Honda Freed 2010

Karena Honda Freed 2010 termasuk mobil lama, maka harga Honda Freed 2010 dalam kondisi bekas berkisar antara Rp 120.000.000 hingga Rp 180.000.000.

>>> Klik sini untuk membaca semua tulisan review terlengkap

Kesimpulan Honda Freed 2010

Mobil MPV yang didesain hampir menyerupai High Class MPV ini sudah menawarkan fitur-fitur yang cukup mumpuni di awal kemunculannya. Desain mobil yang unik, fitur-fitur keselamatan yang cukup lengkap, ditambah dengan ruang kabin yang lega membuat mobil ini mampu memberikan kenyamanan layaknya mobil premium.

Handy Goeyana
Share this post:

Review lain

Harga Honda Mobilio Facelift 2016 Indonesia, Mini MPV Harian Terbaik Dari Honda

30/11/2017

Editor rate:

Honda Mobilio merupakan sebuah mobil low MPV yang ddiperkenalkan pada tahun 2014 untuk pasar Indonesia dan India. Mobil rupanya sangat laris di Indonesia, padahal produksi mobil ini sudah dihentikan di Jepang sana. Apa saja kelebihan dari Mobilio sehingga mampu bersaing dengan mobil low MPV lainnya yang sudah ada di Indonesia?Simaklah harga Honda Mobilio Facelift 2016 di bawah ini.

Lihat juga

Profil Honda Odyssey 2010, High MPV Yang Di-’Sedan’-kan

02/07/2018

Editor rate:

Setelah sukses dengan generasi ketiga yang memulai debutnya di Indonesia pada tahun 2004 silam, kali ini Honda Odyssey generasi keempat atau yang bernama New Honda Odyssey siap menggantikan pendahulunya untuk kembali memegang predikat High MPV terlaris.

Lihat juga

Review Honda Elysion 2004: The King of MPV Di Zamannya

06/02/2019

Editor rate:

Pernahkah Anda mendengar mobil bernama Honda Elysion? Mungkin sebagian dari Anda sudah mengenalnya dan sebagian belum. Tak heran, mengingat mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) ini hanya bisa didapatkan lewat jalur impor Importir Umum (IU) di tahun 2004. Bahkan, mobil ini terbilang sangat mewah di zamannya dan unsur kenyamanan yang diusungnya masih relevan untuk era modern. Berikut kita simak review Honda Elysion 2004.

Lihat juga

Harga Datsun GO+ 2017: MPV LCGC Paling Terjangkau

Rp. 103.300.000

30/09/2017

Editor rate:

Datsun bangkit kembali dengan menawarkan mobil LCGC yang diberi nama Datsun Go dan varian MPV-nya dengan nama Datsun GO+. Apa saja yang membuat Datsun Go+ menjadi sebuah pilihan MPV dalam kelas LCGC ini? Beriktu adalah ulasan review Datsun Go+ 2017.

Lihat juga

Harga Daihatsu Sigra 2017: MPV dengan Harga Kompetitif untuk Keluarga Indonesia

29/09/2017

Editor rate:

Daihatsu meluncurkan Sigra dalam katalog penjualannya guna menghangatkan persaingan dengan kompetitor di ranah MPV LCGC. Tingginya minat konsumen akan mobil bersegmen MPV yang irit bahan bakar membuat Daihatsu selaku pabrikan memutar otak untuk menterjemahkan keinginan tersebut. Seperti apa detail Daihasu Sigra terbaru ini? Mari bacalah tulisan review Daihatsu Sigra 2017 di bawah ini

Lihat juga