Review Honda Elysion 2008: Salah Satu MPV Mewah Terbaik pada Zamannya

25/02/2019

Share this post:

Honda Elysion 2008

Editor rate:

Lihat promo

Disebut sebagai salah satu MPV mewah terbaik keluaran Honda, Honda ELysion 2008 merupakan perubahan dari generasi pertama yang dibawa tahun 2004 ke Indonesia. Meskipun hanya mendapatkan masa juang yang relatif singkat, tetapi Elysion memberikan dampak yang signifikan untuk kehadiran MPV premium Honda yang dilanjutkan dengan Honda Odyssey.

Review Honda Elysion 2008: Salah Satu MPV Mewah Terbaik pada Zamannya
Review Honda Elysion 2008: Salah Satu MPV Mewah Terbaik pada Zamannya
0 Gambar

Pengantar Honda Elysion 2008

Mari kita simak spesifikasi Honda Elysion 2008 di bawah ini.

Kelebihan

Kenyamanan kelas atas serta kabin yang luas

Handling presisi dan fitur yang lumayan lengkap

Desain eksterior dan interior modern dan image mewah

Kekurangan

Model yang sudah tak diproduksi lagi, sehingga tidak ada lagi perubahan maupun peningkatan

Teknologi yang sudah tertinggal dibandingkan MPV baru di segmen premium

Review Honda Elysion 2008Honda Elysion merupakan minivan (atau lebih dikenal dengan MPV) untuk tujuh hingga delapan penumpang yang awalnya hanya dipasarkan di pasar domestik untuk melawan Toyota Alphard dan Nissan Elgrand. Mendapatkan kedekatan dengan Honda Odyssey, tetapi sebenarnya Honda menggunakan Elysion untuk pasar dengan kendaraan yang lebih kecil dari Odyssey.

versi pre-facelift Honda Elysion berwarna putih

Versi sebelum facelift dari Honda Elysion

MPV ini pertama kali diperkenalkan sebagai mobil konsep yang disebut dengan Honda ASM pada Tokyo Motor Show pada akhir 2003 dan akhirnya dibuat sebagai model produksi setengah tahun kemudian. Dibandingkan versi konsep, beberapa penyesuaian kosmetik untuk lampu depan, gril depan, serta interior juga diubah untuk membuat mobil ini lebih ramah secara komersial.

Resmi diluncurkan pada pertengahan 2004 untuk pasar domestik Jepang. Pada tahun yang sama, Honda juga membawa mobil ini ke Indonesia melalui jasa Importir Umum (IU). Karena pada saat itu, ATPM Honda belum merakit mobil ini di Indonesia. Dan pada akhirnya, peningkatan tampilan dan bagian dalam diperkenalkan melalui facelift yang dikeluarkan tahun 2008.

Honda Elysion 2008 berwarna hitam

Peningkatan tampilan dari Honda Elysion 2008

Jika dilihat sekilas, ada beberapa perubahan yang membuat Elysion menunjukan lebih banyak kemewahan, baik bagian luar maupun isi kabin. Meskipun tidak lagi diproduksi, mobil ini banyak wara-wiri di pasar mobil bekas di Indonesia. Ingin membeli mobil ini? Simak lagi review Honda Elysion 2008 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Honda Elysion 2008

Sebagai salah satu lini produk Honda yang menargetkan pembeli dari kalangan atas, tampilan luar yang menjanjikan kemewahan menjadi daya tarik mobil ini. Perubahan jelas terlihat pada bagian depan dan belakang eksterior Honda Elysion 2008. Apa saja?

Review Honda Elysion 2008: Eksterior Depan

bagian depan Honda Elysion 2008 berwarna hitam

Eksterior depan Honda Elysion 2008

Jika pada versi pre-facelift Elysion desain gril berbentuk V dengan lampu depan menekuk tajam ke bawah menjadi tampilan versi awal mobil ini. Sedangkan ketika memasuki masa facelift, eksterior depan Honda Elysion 2008 mendapatkan sentuhan baru. Dengan ukuran gril yang dibuat lebih besar untuk menambah dan memperlancar asupan udara pada mesin, lampu depan juga diubah dengan lampu proyektor untuk menambah visibilitas di malam hari. Lampu kabut juga mendapatkan perubahan dari berbentuk lingkaran menjadi memanjang dan pipih.

Review Honda Elysion 2008: Eksterior Samping

bagian samping Honda Elysion 2008 berwarna hitam

Eksterior samping Honda Elysion 2008

Ketika versi awal Elysion mendapatkan dimensi yang lebih lebar jika dibandingkan Honda Odyssey RA Series dan lebih panjang dibandingkan Toyota Camry Gen2, eksterior samping Honda Elysion 2008 versi facelift bahkan menambahkan panjang mobil ini karena adanya perubahan pada bonnet depan. Sedangkan tampilan samping tidak begitu berbeda dibandingkan sebelumnya, dengan adanya ornament krom pada pegangan pintu dan perubahan pelek mobil.

Review Honda Elysion 2008: Eksterior Belakang

bagian belakang Honda Elysion 2008 berwarna hitam

Eksterior belakang Honda Elysion 2008

Perubahan jelas terlihat dari ukuran stoplamp yang lebih besar dipadukan dengan garnish yang memanjang serta posisi reflector yang diubah untuk memberikan tampilan baru pada eksterior belakang Honda Elysion 2008. Honda juga lebih mengutamakan kemewahan berupa penambahan ornamen krom di sekitar area plat nomor serta bagian atas stoplamp.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Interior Honda Elysion 2008

Sama seperti pendahulunya, bagian kabin dibungkus dengan bahan mewah yang dikombinasikan dengan lapisan kedap udara yang lebih dan ringan. Memberikan ketenangan di dalam mobil. Dengan semua bagian dalam dan luar, Elysion mendapatkan berat lebih dari 1.890 kilogram. Dengan lapisan dual tone pada bagian dalam, interior Honda Elysion 2008 tak kalah dengan kemewahan yang diberikan pesaingnya di kelas MPV.

Review Honda Elysion 2008: Dasbor

dasbor Honda Elysion 2008 berwarna cokelat

Dasbor Honda Elysion 2008

Kemewahan bisa dilihat dari dasbor yang kelengkapan yang menempel pada bagian kabin. Berubah dari tampilan ‘normal’ seperti yang diberikan pada generasi pertama, aksen dua warna dengan tampilan elegan bisa terlihat. Salah satu perubahan yang cukup signifikan adalah aksen kayu yang menambah tampilan premium dan berkelas dari dasbor Honda Elysion 2008. Dengan tombol yang cukup banyak serta pengoperasian yang sedikit ‘ribet’ pada awalnya, Anda bisa membaca buku petunjuk untuk bisa memakai berbagai fitur dalam mobil ini

Review Honda Elysion 2008: Kemudi

kemudi Honda Elysion 2008 berwarna cokelat

Kemudi Honda Elysion 2008

Tidak ada perubahan besar dari bagian setir Elysion. Masih menggunakan setir palang empat khas kendaraan jadul Honda, kemudi Honda Elysion 2008 mendapatkan sentuhan aksen kayu, mengikuti tampilan elegan dari dasbor yang serupa. Memang belum banyak tombol fitur, tetapi sayangnya tombol fitur mengalami pengurangan, jika dibandingkan edisi pre-facelift. Hanya ada beberapa tombol pada bagian kiri, dibandingkan kedua sisi dalam edisi sebelumnya.

Review Honda Elysion 2008: Kursi

kursi Honda Elysion 2008 berwarna putih

Kursi Honda Elysion 2008

Dilihat dari akomodasi yang diberikan Honda, terlihat bahwa mobil ini bisa menampung hingga 7 penumpang dengan lega. Tetapi jika dibandingkan dengan Alphard dan Elgrand, bagian dalam masih terasa sempit dengan alasan legroom dan headroom yang lebih kecil. Meskipun kursi Honda Elysion 2008 tetap saja memberikan tampilan yang unik dan nyaman untuk membawa semua anggota keluarga selama perjalanan jauh maupun dekat.

>>> Dapatkan berita terbaru Honda hanya di sini:

Fitur Honda Elysion 2008

Untuk sekelas MPV mewah, ada banyak fitur yang menjadikan mobil ini pilihan yang cukup baik. Beberapa fitur Honda Elysion 2008 yang terdapat dalam kabin adalah keyless entry and ignition, panel kayu, headunit double din yang dipadukan dengan LCD Monitor, cruise control, serta beberapa pengaturan tambahan seperti audio switch control, AC Climate Control, pintu geser elektrik, hingga panoramic sunroof (meskipun masih tergantung tipe yang diberikan).

fitur Honda Elysion 2008 berwarna hitam

Berbagai fitur yang diberikan pada Honda Elysion 2008

Review Honda Elysion 2008: Fitur Keselamatan Aktif

Selain itu, Honda juga sudah memberikan berbagai peningkatan untuk sistem keselamatan bagi penumpang. Jika terjadi tabrakan, peningkatan kinerja keselamatan pasif Elysion dari kerangka tubuh ‘Kontrol G’ Honda bertujuan mengurangi cedera pada penumpang dengan mengendalikan tumbukan. Sedangkan fitur keselamatan aktif Honda Elysion 2008 sudah dilengkapi dengan sistem airbag pengemudi dan penumpang, sistem airbag sisi, hingga sensor tampak samping yang dipasang pada kiri dan kanan kendaraan.

Operasi Honda Elysion 2008

Sama seperti edisi sebelumnya, ada dua pilihan tenaga yang diberikan dari Honda untuk mobil ini, yaitu versi 3.0 liter dan 2.4 liter yang juga digunakan pada Honda Odyssey dan Honda CRV generasi kedua. Sedangkan untuk varian 2.4 liter, Honda mengklaim bahwa sistem operasi Honda Elysion 2008 dibuat lebih besar. Dikawinkan dengan transmisi 5 percepatan otomatis serta penggerak roda depan yang biasa digunakan untuk kendaraan ‘pengangkut massa’, rata-rata efisiensi bahan bakar bisa dimaksimalkan hingga 11.8 km/liter.

mesin Honda Elysion 2008 berwarna hitam

Mesin Honda Elysion 2008

Sedangkan dengan mesin berkapasitas 3.0 liter V6 i-VTEC 24 katup mendapatkan teknologi VCM (Variable Cylinder Management) untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar. Dengan teknologi, VCM bisa menonaktifkan 3 silinder mesin ketika sedang tidak diperlukan. Dengan tenaga yang besar, Honda Elysion bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam di bawah 8 detik. Sebuah catatan yang cukup mengagumkan untuk sebuah mobil MPV.

>>> Tampilan Sporty, Simak Tips Beli Honda Mobilio Bekas

Spesifikasi Honda Elysion 2008

Memang Honda sudah menghentikan produksi mobil ini. Tetapi masih banyak Elysion berkeliaran di pasar mobil bekas Tanah Air karena kenyamanan dan kemewahannya bisa bersaing dengan mobil yang lebih baru. Nah, jika Anda ingin membeli mobil ini, lihat kembali spesifikasi Honda Elysion 2008 berikut ini.

Dimensi Honda Elysion 2008

Panjang x Lebar x Tinggi

4.920 mm x 1.831 mm x 1.810 mm

Jarak Poros Roda

2.900 mm

Ground Clearance

165 mm

Berat

1.820 kg

Mesin Honda Elysion 2008

Tipe Mesin

K24A 4 segaris i-VTEC PGI DOHC

Isi Silinder

2.354 cc

Tenaga Maksimum

158 dk @ 5.500

Daya Maksimum

218 Nm @ 4.500

Percepatan (0-100 km/jam)

12.7 detik

Kecepatan Tertinggi

184 km/jam

Transmisi

5 Percepatan Otomatis

Penggerak

Penggerak Roda Depan

Kaki-Kaki Honda Elysion 2008

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Helical Spring

Roda

215/60 R17H

Daftar Harga Honda Elysion 2008

Jika dibandingkan dengan MPV premium saat ini, Elysion masih memiliki harga yang relatif tinggi. Bahkan harga Honda Elysion 2008 sendiri sebenarnya memiliki harga yang bervariasi, tergantung kondisi mobil dan perawatan yang diberikan. Bahkan untuk sebuah mobil yang sudah diproduksi lebih dari 10 tahun yang lalu, penjual bisa saja menakar harga Elysion hingga Rp 250 jutaan. Meskipun Anda juga bisa mendapatkan mobil yang lebih murah dalam tahun yang sama.

>>> Klik sini untuk lihat promo yang menarik dari beberapa showroom di seluruh Indonesia di sini

Kesimpulan Honda Elysion 2008

Untuk sekelas MPV premium bekas, memang harga menjadi salah satu penghalang bagi Honda ELysion 2008 untuk bersaing dengan MPV lain yang lebih murah. Pasalnya, selain kondisi mesin yang cukup boros jika tidak mendapatkan perawatan yang baik, versi 3.0 liter juga memiliki sparepart yang langka, sehingga meningkatkan harga belinya.

mobil mewah Honda Elysion 2008 berwarna hitam

Kenyamanan dan kemewahan berkendara dari Honda Elysion 2008

Tetapi dengan berbagai kenyamanan yang diberikan, seperti tampilan dalam yang lebih mewah, eksterior dan interior modern, kabin besar untuk mengangkut 7 orang penumpang dengan nyaman (walaupun masih kalah jika dibandingkan dengan Alphard dan Elgrand) dan pintu geser elektrik (yang cukup mahal pada masanya) bisa menjadi alasan bagi Anda untuk membeli edisi facelift Honda Elysion 2008.

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Review lain

Spesifikasi Toyota Alphard Hybrid 2015: Mewah Dan Ramah Lingkungan

18/06/2018

Editor rate:

Toyota Alphard merupakan salah satu brand mewah Toyota yang mampu memikat hati para pecinta otomotif khususnya untuk tipe MPV premium. Mobil jenis ini mampu disejajarkan dengan mobil mewah lainnya di balik teknologi canggih pada rakitannya. Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Alphard Hybrid 2015.

Lihat juga

Review Nissan Elgrand Highway Star 2007

01/02/2019

Editor rate:

Di kancah MPV mewah asal Jepang, nama Nissan Elgrand termasuk salah satu pemain penting. MPV yang didatangkan melalui jalur importir umum ini menawarkan kemewahan dan kedinamisan dalam satu paket memikat.

Lihat juga

Review Nissan Evalia 2012 : Mobil Serbabisa, Jadi Mobil Keluarga Bisa, Niaga Bisa

07/01/2019

Editor rate:

Mungkin bagi Anda yang cukup bosan dengan mobil keluarga itu-itu saja, Nissan Evalia bisa menjadi pilihan. Selain memiliki kapasitas lega, mobil satu ini juga fleksibel berkat pintu gesernya. Di sisi lain, mobil ini juga cocok untuk jadi mobil niaga loh sobat. Coba simak ulasan lebih dalamnya dalam review Nissan Evalia 2012.

Lihat juga

Review Toyota NAV1 2012

06/01/2019

Editor rate:

Toyota NAV1 2012 menjadi salah satu simbol kendaraan MPV medium bercitra mewah untuk mengisi celah antara Toyota Kijang Innova dan Toyota Alphard. Seperti apa hebatnya MPV High Roof yang satu ini?

Lihat juga

Review Honda Odyssey Absolute 2004, MPV Berkarakter Sporty

15/06/2018

Editor rate:

Jika Honda Stream menyasar segmen Medium MPV, maka Honda Odyssey menyasar segmen High MPV. Mobil yang sudah memasuki generasi ketiga ini memulai debutnya di Indonesia pada tahun 2004 silam. cintamobil.com akan review Honda Odyssey Absolute 2004 secara lengkap di bawah ini.

Lihat juga