Review Honda Elysion 2004: The King of MPV Di Zamannya

06/02/2019

Share this post:

Honda Elysion 2004

Editor rate:

Lihat promo

Pernahkah Anda mendengar mobil bernama Honda Elysion? Mungkin sebagian dari Anda sudah mengenalnya dan sebagian belum. Tak heran, mengingat mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) ini hanya bisa didapatkan lewat jalur impor Importir Umum (IU) di tahun 2004. Bahkan, mobil ini terbilang sangat mewah di zamannya dan unsur kenyamanan yang diusungnya masih relevan untuk era modern. Berikut kita simak review Honda Elysion 2004.

Review Honda Elysion 2004: The King of MPV Di Zamannya
Review Honda Elysion 2004: The King of MPV Di Zamannya
0 Gambar

Pengantar Honda Elysion 2004

Mari kita simak spesifikasi Honda Elysion 2004 di bawah ini.

Kelebihan

Diingat akan pesonanya yang mewah dan sebutan The King of MPV di zamannya

Sliding Door sudah mendukung fungsi elektrik

Performa mesin bertenaga

Harga bekasnya sangat terjangkau

Kekurangan

Ruang kabin kurang akomodatif khususnya dalam hal Head Room

Langkanya Sparepart karena mobil ini merupakan kendaraan impor

Mobil ini diklaim kurang irit dengan estimasi konsumsi bahan bakar 5-7 Km/Liter

 

Review Honda Elysion 2004 - Kehadiran Honda Elysion sejatinya mengisi ruang kosong di antara Honda Odyssey dan Honda StepWGN. Pasalnya, Elysion menggunakan basis rangka bodi Odyssey RA namun dengan kelengkapan fitur layaknya StepWGN. Bahkan dari rekam jejaknya, Honda Elysion sempat dinobatkan sebagai ‘King of Multi Purpose Vehicle (MPV)’ oleh salah satu majalah otomotif Jepang.

Honda ASM 2003 adalah mobil konsep yang akhirnya diproduksi menjadi Elysion

Honda Elysion awalnya berangkat dari mobil konsep yang disebut Honda ASM di acara Tokyo Motor Show 2003

Namun jangan salah, Honda Indonesia sendiri tidak menjual Elysion secara resmi. Alasannya karena Honda Elysion tidak dirakit secara lokal. Tak heran, karena ketenaran Elysion terdengar hingga ke masyarakat Tanah Air, banyak dari mereka melakukan pemesanan lewat jalur impor. Hal ini sudah dimulai sejak tahun 2004, beberapa bulan setelah perilisannya di Jepang.

Honda Elysion menjadi mobil keluarga dilengkapi dengan Sliding Door

Inilah sosok Honda Elysion yang akhirnya dijual dalam versi produksi

Di Indonesia sendiri, Honda Elysion menjadi penantang kuat dari Toyota Alphard generasi pertama, Hyundai H-1 hingga Nissan Elgrand berkode bodi E51. Kiprahnya sendiri sudah cukup lama mulai tahun 2004 hingga 2013 silam yang akhirnya berhenti diproduksi. Meski begitu, tak jarang dari masyarakat yang masih memilih Elysion sebagai kendaraan mereka hingga saat ini. Kira-kira apa alasannya? Mari kita amati bersama dalam review Honda Elysion 2004.

Eksterior Honda Elysion 2004

Jika menelaah desain eksterior Honda Elysion 2004, tampilannya cenderung Oval dan membulat. Namun anehnya, lekuk sedan masih sangat terasa pada mobil ini. Melihat racikan desain seperti ini mengingatkan kami akan target perusahaan otomotif yakni mengurangi konsumsi bahan bakar lewat koefisien drag lebih rendah.

Review Honda Elysion 2004: Eksterior Depan

Hal paling ikonik dari wajah depannya adalah desain Grille Depan berbentuk V dilapisi aksen krom. Tentu hal ini menyiratkan kesannya yang cenderung Premium serta mewah bagi masyarakat kelas atas di zamannya. Adapun bentuk lampu utama dirancang minimalis dan lampu kabut dikemas sederhana. Meski tidak menonjol seperti desain masa kini tapi kami sudah cukup puas akan kualitas pencahayaan dari racikan lampu tersebut. Dalam hal ini, Honda Elysion menggunakan lampu HID Xenon.

Eksterior depan Honda Elysion 2004 menggunakan lampu HID Xenon

Wajah depannya masih menggunakan Grille minimalis berbentuk V

Review Honda Elysion 2004: Eksterior Samping

Jika mengamati dari sisi samping, Anda sekilas akan melihatnya terlebih sangat lebar dan panjang. Namun sejatinya, Elysion hanya memiliki selisih 1 cm dibanding Toyota Camry generasi kedua. Hal ini terjadi dikarenakan rancangan bodinya yang cenderung lebih berisi sehingga terasa besar untuk ukuran mobil MPV. Hal pemikat lain adalah pintu Sliding-nya yang tentu saja memberi esensi mewah bagi penumpang ketika membuka pintu sampingnya.

Eksterior samping Honda Elysion 2004 menggunakan dimensi bodi yang cukup panjang

Bodi sampingnya terlihat cukup besar dan sudah didukung pintu Sliding elektrik

Review Honda Elysion 2004: Eksterior Belakang

Melirik bodi belakangnya, Anda akan disuguhkan kaca Full Flat sehingga memberi visibilitas lebih jelas ke arah belakang. Apalagi, Elysion sudah dibekali kamera mundur sehingga proses parkir menjadi lebih mudah dan praktis. Di sisi lain, lampu belakang juga dikemas serupa dengan lampu depan, terkesan minimalis namun juga modern.

Eksterior belakang Honda Elysion 2004 menggunakan lampu minimalis mirip pada lampu depannya

Hal menarik dari belakang adalah kacanya yang Full Flat memberi visibilitas lebih baik

>>> Baca juga:


Interior Honda Elysion 2004

mewah, kabinnya juga terasa sangat lega untuk 7 orang. Hal ini menjadi penawaran paling menarik daripada Toyota Alphard maupun Nissan Elgrand.

Review Honda Elysion 2004: Dashboard

Sebagaimana barang impor, mobilnya dilengkapi fitur-fitur mewah sebagai pilihan standar. Bisa Anda amati pula bahwa dashboard-nya sudah dilapisi material kayu berkualitas dipadu beberapa aksen krom mengkilap. Untuk era 2000an, hal ini tentu saja terbilang sangat mewah.

Dashboard Honda Elysion 2004 menghadirkan fitur lengkap khususnya dalam hal hiburan

Bisa Anda amati bahwa desain dashboard-nya terlihat cukup mewah

Peletakan fitur-fiturnya juga tersaji lengkap mulai dari panel Head Unit hingga fitur penyejuk. Tak sulit untuk menjangkau tombol-tombolnya sehingga terkesan ergonomis bagi masyarakat Indonesia. Prediksi kami, hal ini disebabkan karena postur tubuh masyarakat Indonesia dan Jepang relatif sama.

Review Honda Elysion 2004: Setir

Kemudi setir sendiri sudah ditunjang dengan tombol praktis sekelas pengaturan audio dan Cruise Control. Tentu jika dibanding model saat ini, fitur tersebut jarang ditemui pada mobil di kisaran Rp. 100 jutaan. Hal ini terbilang menarik, bukan?

Review Honda Elysion 2004: Kursi

Lini kursi sendiri terbilang cukup menampung hingga 7 orang sekaligus. Namun tak heran apabila Head Room terasa kurang akomodatif karena memiliki dimensi tinggi bodi yang tak jauh dari Honda Odyssey.

Kursi Honda Elysion 2004 mampu menampung hingga 7 orang

Kursi Elysion juga dibalut kemewahan sejalan dengan tema Premium yang diusungnya

>>> Artikel terkait:

    Review Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004: Pilihan Mobil Bekas Menarik Besutan Toyota Paling murah adalah Honda Elysion tahun 2005 yang dijual di bawah Rp. 100 juta oleh pemiliknya, simak di sini Review Nissan Serena 2013: MPV Mewah Dengan Harga Terjangkau

Fitur Honda Elysion 2004

Apakah mobil ini memiliki performa mumpuni meski dimensi bodinya yang besar? Hal tersebut akan dijawab dalam segmen fitur Honda Elysion 2004.

Review Honda Elysion 2004: Fitur Keselamatan

Pertama, Honda Elysion menggunakan material besi 30% lebih kuat daripada besi konvensional. Hal ini terjawab dari teknologi yang disebut Honda G-Con. Diklaim hal tersebut mampu memberi performa lebih mumpuni dalam aspek kestabilan di area jalan buruk. Apalagi, mobil satu ini sudah dilengkapi teknologi Vehicle Stability Assist (VSA) dan Traction Control System (TCS) yang juga menunjang aspek kestabilan di area licin.

Fitur keselamatan Honda Elysion 2004 tawarkan rangka bodi G-Con, VSA, TSC dan ABS

Elysion juga sudah dilengkapi rangka bodi G-Con

Tak heran, mobil MPV besutan Honda ini memperoleh Rating tertinggi bintang 6 dari NASVA. Hal ini tentu saja membuktikan bahwa Honda Elysion menawarkan segi keselamatan yang mumpuni di antara mobil sekelasnya.

Review Honda Elysion 2004: Fitur Hiburan

Hal paling spesial dari mobil ini juga ditemui pada fitur Panoramic Sunroof yang hanya dihadirkan di varian tertinggi saja. Mengingat model ini cukup langka, tentu mencari varian tertingginya terbilang sulit. Namun tak perlu kecewa, bagi Anda yang menginginkannya, varian standar sudah cukup mewah dengan dilengkapi panel Head Unit sebagai hiburan Multimedia dan hadirnya fitur penyejuk AC.

Fitur Hiburan Honda Elysion 2004 berikan hal menarik seperti fitur penyejuk dan audio

Audionya juga dikemas dengan beberapa kelengkapan mumpuni

>>> Klik di sini untuk membaca ulasan menarik lainnya dari model-model besutan Honda

Operasi Honda Elysion 2004

Sejatinya, operasi mesin Honda Elysion 2004 hadirkan tiga pilihan meliputi 3.5 Liter, 3.0 Liter dan 2.0 Liter. Namun sayangnya, Indonesia hanya kedapatan dua pilihan mesin saja yakni 2.4 Liter dan 3.0 Liter V6. Meski begitu, kapasitas tersebut sudah terbilang cukup bertenaga untuk sekelas mobil keluarga.

Mesin 2.4 Liter-nya menerapkan kode K24A yang juga ditemui pada Honda CRV generasi kedua dan Honda Odyssey. Dari catatan resminya, mesinnya mampu mengeluarkan daya hingga 158 HP setara 5.500 Rpm dengan torsi maksimum di angka 218 Nm pada putaran 4.500 Rpm.

Jika Anda ingin performa lebih bertenaga, saran kami adalah mesin 3.0 Liter. Menggunakan konfigurasi V6, mesinnya mampu memberikan daya maksimum hingga 247 HP setara 6.000 Rpm dan torsi puncak sebesar 309 Nm di angka 5.000 Rpm. Adapun mesin ini mendukung teknologi Variable Cylinder Management (VCM). Ketika VCM aktif maka lampu ECO Indicator akan aktif sehingga dapat meminimalisir konsumsi bahan bakar. Menariknya lagi, racikan mesin 3.0 Liter-nya mampu meraih 0-100 Km/Jam dalam tempo di bawah 8 detik.

Operasi Mesin Honda Elysion 2004 tawarkan dua pilihan yakni 2.4 Liter dan 3.0 Liter

Performa mesin 3.0 Liter-nya mampu menghasilkan daya hingga 247 HP

>>> Bandingkan juga dengan model MPV menarik lainnya dengan klik link ini

Spesifikasi Honda Elysion 2004

Tak lupa, di segmen ini, Cintamobil.com hendak melampirkan spesifikasi Honda Elysion 2004 secara rinci.

SPESIFIKASI HONDA ELYSION 2004

Model

2.4 Liter

3.0 Liter

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.920 mm x 1.845 mm x 1.810 mm

Berat Kosong

2.020 Kg

MESIN

Tipe Mesin

K24A 2.4 Liter i-VTEC 4 Silinder Segaris DOHC

J30A 3.0 Liter i-VTEC V6 24 Katup SOHC

Daya Maksimum

158 HP / 5.500 Rpm

247 HP / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

218 Nm / 4.500 Rpm

309 Nm / 5.000 Rpm

Transmisi

5 Tingkat Percepatan Otomatis Tiptronic

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Helical Spring

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Daftar Harga Honda Elysion 2004

Perlu kami ingatkan kembali bahwa Elysion sudah berhenti diproduksi sejak tahun 2013 silam. Sehingga, Anda hanya bisa mendapatkan mobil ini dalam kondisi bekas saja. Berikut daftar harga Honda Elysion 2004.

TIPE MOBIL

HARGA HONDA ELYSION BEKAS

Honda Elysion i-VTEC 2006

Kisaran IDR. 135 jutaan

 

Kesimpulan Honda Elysion 2004

Honda Elysion adalah mobil mewah yang disiap menawarkan kenyamanan lebih khususnya bagi kebutuhan keluarga. Akomodasi 7 orang disertai pernak-pernik mewah menjadi salah satu hal spesial yang ditawarkan pada mobil ini. Belum lagi, aspek keselamatan yang dijunjung tinggi pada Elysion dapat memberi rasa aman lebih bagi Anda yang benar-benar mencintai keluarga. Tentu potensi kecelakaan dalam berkendara sering terjadi. Tak heran, pemilih kendaraan impian harus menyiapkan kendaraan yang bukan saja mewah namun juga aman untuk digunakan. Itulah esensi dari Honda Elysion.

Bagaimana pendapat Anda tentang Honda Elysion 2004 Indonesia? Apakah Anda tertarik dengan sosoknya? Tentu review ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih mobil, sisanya ada pada pilihan Anda.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
Share this post:

Review lain

Anda Pencinta Honda? Inilah 5 Pilihan MPV Honda Bekas

12/01/2019

Jual beli

Loyalitas konsumen terhadap satu merek masih ada hingga saat ini. Untuk Anda pencinta merek Honda, ada 5 pilihan MPV Honda bekas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Berikut pilihannya.

Lihat juga

Tidak Selamanya Lancar, Inilah Jenis Masalah Pintu Geser Elektrik

Mobil dengan pintu geser dan pintu bagasi elektrik menjamin kemudahan akses orang ke kabin maupun penempatan barang dibagasi. Namun, tidak selamanya bagian ini berfungsi lancar termasuk komponen motor penggeraknya. Inilah jenis masalah pintu geser elektrik.

Lihat juga

Cukup Mudah, Simak Tips Merawat Pintu Geser Elektris

Memiliki mobil dengan pintu geser elektris memberikan kemudahan untuk akses masuk ke kabin. Namun karena bekerja seara elektris, ada perawatan yang perlu dilakukan. Berikut tips merawat pintu geser elektris.

Lihat juga

Review Toyota Previa 2000: MPV Langka Yang Banyak Diminati Oleh Kolektor Mobil Eksotis Old Fashioned

27/07/2018

Editor rate:

Mungkin banyak dari kita kurang mengenal mobil Toyota Previa di Indonesia. Kedengarannya cukup asing, namun desas-desusnya masih terasa hingga kini. Ya, mobil Mini Van besutan Toyota ini masih mendunia di berbagai negara, namun kurang beruntung untuk area Indonesia. Padahal dari minimnya informasi yang didapat, kabar tentang Toyota Previa selalu tentang keunggulannya dalam memberi performa luar biasa dan mewah. Seperti apa sosoknya? Mari kita simak dalam review Toyota Previa 2000.

Lihat juga
back to top