Review Honda CR-V 2020: Ucapkan Selamat Datang Pada SUV Hybrid Pertama Besutan Honda

16/10/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Honda CR-V 2020 akhirnya mendarat di Amerika Serikat, mengusung teknologi Hybrid untuk pertama kali dalam sejarah. Fitur-fiturnya pun semakin lengkap, memprioritaskan kenyamanan berkendara serta bodi tangguh. Mari kita intip bersama dalam review Honda CR-V 2020.

PENGANTAR Honda CR-V 2020

Review Honda CR-V 2020 - Jika melihat fakta penjualan di Indonesia, data dari GAIKINDO menunjukkan bahwa Honda CR-V masih punya ‘taring’. Bayangkan saja, penjualan di tahun 2016 berhasil mencatatkan rekor sebanyak 7.853 unit, meningkat pesat menjadi 15.905 unit pada tahun 2017. Sedangkan setahun setelahnya, penjualan agak sedikit menurun di angka 14.230 unit. Meski begitu, sosoknya masih gagah berdiri di podium Medium Sport Utility Vehicle (SUV) terlaris.

Bukan saja di Indonesia, tampaknya penjualan Honda CR-V di Amerika juga cukup moncer. Dengan optimis, pihak Honda selalu mengungkapkan fakta tersebut di berbagai Press Release. Maka tak heran, di tahun 2020 mendatang, Honda CR-V akan ikut meramaikan persaingan segmen Medium SUV lewat hadirnya teknologi Hybrid.

Peluncuran Honda CR-V 2020 dilakukan di Detroit dan diperkenalkan sebagai SUV Hybrid pertama Honda

Suasana perkenalan Honda CR-V 2020 Hybrid di Detroit

Tepat pada tanggal 18 September 2019, pihak Honda mengatakan bahwa CR-V 2020 yang akan dirilisnya, adalah model Hybrid pertama di antara jajaran SUV milik Honda. Tentu hal ini akan sangat menarik buat masyarakat Urban saat ini, menginginkan kendaraan hemat bahan bakar dan punya perawakan tangguh. Untuk selengkapnya, mari kita simak dalam review Honda CR-V 2020.

EKSTERIOR Honda CR-V 2020

Perubahan bukan saja ditemui pada mesin tapi juga desain eksterior Honda CR-V 2020. Wajahnya agak sedikit berubah dibanding desain yang dijual di Indonesia kini. Tapi hebatnya, kami masih mengenalinya bahwa sosok ini adalah karakter asli dari Honda CR-V.

Review Honda CR-V 2020: Eksterior Depan

Dari fascia depan, ubahan lebih ditujukan pada sisi Grille serta bemper. Pada sektor Grille misalnya, dirancang dengan latar berwarna hitam dipadu aksen krom tipis pada pelipisnya. Begitu juga soal bemper, tampil lebih agresif dari versi sebelumnya. Tapi jujur saja, aksen krom lebih dikurangi sehingga kesan mewah terkesan menjadi unsur pendukung saja.

Eksterior Depan Honda CR-V 2020 berubah soal tampilan seperti desain Grille dan hadirnya lampu 5 buah LED pada versi Hybrid

Inilah tampilan wajah depan Honda CR-V 2020

Pada versi Hybrid, tersedia lampu kabut berbentuk kotak dilengkapi lima buah LED. Di sisi lain, hal menarik lainnya ditemui pada logo Honda pada Grille, yang diberi tambahan warna biru. Hal ini sukses menjadi pembeda utama dari versi Hybrid dengan versi lainnya.

Review Honda CR-V 2020: Eksterior Samping

Untuk urusan bodi sampingnya terdapat ubahan pada peleknya 18 inci, yang menerapkan warna Dark Gray dan sentuhan ala Machined. Hal ini terasa cukup menggoda, memberi aura sporty sekaligus maskulin pada sisi sampingnya.

Eksterior Samping Honda CR-V 2020 hanya berubah pada tampilan peleknya saja

Sisi sampingnya hanya berubah pada segi pelek saja

Review Honda CR-V 2020: Eksterior Belakang

Perubahan paling banyak ditemui pada sektor buritannya. Khusus pada varian Hybrid Touring misalnya, mendapatkan desain lebih unik. Lihat saja pada komponen Tailpipe disematkan agak samar pada sisi bawah. Lebih daripada itu, lampu Taillights juga diberi ubahan pada sisi Garnish, tepat di bawah kaca belakang.

Eksterior Belakang Honda CR-V 2020 malah berubah lebih berkesan dari sebelumnya, terlihat berwibawa dan juga agresif

Perubahan mencolok lebih terlihat pada bodi belakangnya

>>> Info menarik lainnya:

INTERIOR Honda CR-V 2020

Ada perbedaan mencolok pada interior Honda CR-V 2020 versi Hybrid dan Non-Hybrid. Yang paling unik justru tipe Hybrid, lebih kaya akan fitur karena pengoperasiannya yang sedikit berbeda dengan mesin konvensional.

Review Honda CR-V 2020: Dashboard

Dari dalam kabinnya, Anda akan disuguhkan pemandangan yang cukup memanjakan mata. Dashboard dikemas dengan warna hitam kalem dipadu sedikit sentuhan Dark Brown. Bahan-bahannya sendiri menggunakan material Soft Touch, sukses memberi kesan Premium nan elegan.

Dashboard Honda CR-V 2020 tampil dengan fitur-fitur yang sangat lengkap baik dari segi hiburan dan pengoperasian Hybrid

Inilah suasana kabin Honda CR-V 2020 Hybrid

Nah, unsur unik sendiri terletak pada panel Head Unit-nya yang menyampaikan informasi tambahan seperti status pengisian daya baterai motor listriknya. Di sisi lain terdapat pula tiga pilihan mode berkendara seperti ECON, Sport dan EV. Sayangnya, fitur satu ini hanya didapati pada Honda CR-V 2020 Hybrid saja.

Review Honda CR-V 2020: Setir

Perihal kemudi setir, fitur-fitur yang ditawarkan masih sama yakni tombol pengaturan audio, Cruise Control dan tombol panggilan cepat. Yang berbeda yakni tersedia Deceleration Selector Paddles di sisi kiri. Fungsinya tak lain adalah mempercepat pengisian daya baterai motor listrik lewat perputaran deselerasi.

Setir Honda CR-V 2020 menghadirkan berbagai tombol multifungsi seperti Cruise Control, pengaturan audio serta konektivitas telepon

Kemudi setir sudah menyediakan berbagai tombol multifungsi

Review Honda CR-V 2020: Kursi

Membahas soal kursinya, kenyamanan seakan menjadi prioritas utama. Pada kursi penumpang depan misalnya, sudah didukung 4-Way Power Adjustment. Lebih daripada itu, kursi pengendara justru lebih lengkap yang ditopang fitur 8-Way Power Adjustment. Sehingga, pengendara dapat menentukan posisi berkendara dengan lebih leluasa.

Kursi Honda CR-V 2020 mampu dilipat pada kursi belakang, sehingga kapasitas bagasi bisa bertambah

Kursi belakang sendiri sudah dapat dilipat supaya mendapat kapasitas bagasi lebih lega

>>> Baca juga:

FITUR Honda CR-V 2020

Apa saja fitur Honda CR-V 2020 yang menarik pada versi terbarunya ini? Menjawab hal tersebut, Cintamobil.com akan memaparkan dua hal meliputi aspek keselamatan dan hiburan.

Review Honda CR-V 2020: Fitur Keselamatan

Sepertinya memang benar, teknologi Honda Sensing akan terus digencarkan pada produk-produk Honda terbaru. Seperti halnya pada Honda CR-V yang juga menerapkan teknologi tersebut sebagai kelengkapan standar di setiap variannya.

Dari halaman resminya, Honda CR-V 2020 akan dilengkapi teknologi sekelas Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKAS) serta Adaptive Cruise Control.

Fitur Keselamatan Honda CR-V 2020 berhasil mendapatkan rating bintang 5 pada NCAP

Fitur keselamatan yang ditawarkan sangatlah lengkap

Lewat kelengkapan tersebut, Honda CR-V 2020 berhasil meraih skor  bintang 5 NCAP dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Bahkan, pihak Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) juga turut memberikan rating TOP SAFETY PICK+ untuk unsur keselamatan pada CR-V terbaru.

Review Honda CR-V 2020: Fitur Hiburan

Tak perlu khawatir merasa bosan, kabinnya sudah punya hiburan cukup lengkap. Bahkan, bagi Anda yang mengikuti tren Smartphone, Honda CR-V 2020 Hybrid Touring kini sudah menghadirkan fitur Wireless Charging tanpa kabel. Menarik, sungguh menarik buat kami, mengingat fitur tersebut jarang ditemui pada mobil-mobil keluaran saat ini.

Fitur Hiburan Honda CR-V 2020 sudah dilengkapi dengan Wireless Charging yang dapat mengisi daya Smartphone yang sudah didukung fitur serupa

Tampak jelas fitur Wireless Charging sedang mengisi daya Handphone tanpa kabel

Untuk fungsi Multimedia seperti mendengarkan radio dan video, sudah tertanam apik sebuah layar berukuran 7 inci Touchscreen. Format modern seperti Apple CarPlay dan Android Auto, sudah dihadirkan sehingga lebih memudahkan dalam menikmati musik.

>>> Merasa ingin mobil-mobil Honda terbaru lainnya? Klik di sini untuk mengetahui informasi selengkapnya

OPERASI Honda CR-V 2020

Tiba saatnya bagi Cintamobil.com untuk membahas lebih dalam terkait operasi mesin Honda CR-V 2020. Dalam visi dan misinya, Honda memang berniat untuk membuat produk-produknya punya mesin bertenaga listrik di tahun 2030 mendatang. Maka dari itu, Honda CR-V adalah salah satu produk perintis dalam mencapai visi tersebut.

Cuplikan resmi Honda CR-V 2020 Hybrid

Tenaga yang digunakan untuk Honda CR-V 2020 Hybrid adalah 2.0 Liter 16 katup DOHC dikombinasikan dengan dua motor listrik. Untuk motor listriknya sendiri diadopsi secara langsung dari Honda Accord Hybrid, menjanjikan performa 40 persen lebih efisien. Hmm, tak sabar rasanya untuk mencobanya apabila sudah tiba di Indonesia kelak.

>>> Honda Tetap Percaya Diri, Konsumen Honda CR-V Beda Dengan Konsumen SUV Buatan China

KESIMPULAN Honda CR-V 2020

Honda CR-V 2020 sebagai SUV Hybrid pertama Honda, rasanya akan terlihat seksi dalam beberapa tahun mendatang. Melihat latar belakangnya yang laris manis di berbagai negara, dirasa akan mampu menarik perhatian konsumen untuk beralih ke arah Hybrid. Belum lagi, teknologi keselamatan Honda Sensing, sukses menjadikan Honda CR-V 2020 punya skor keselamatan bintang 5 NCAP dan TOP SAFETY PICK+. Jika kami disuruh memilih, mana SUV Hybrid terbaik? Tentu kita sudah punya jawabannya.

>>> Ingin tahu mobil apa saja yang baru? Amati terus review mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil