Review Honda CR-V 2019

09/09/2018
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Sedikit tertinggal dari wilayah lainnya, Honda justru baru meluncurkan generasi terkini Honda CR-V 2019 bulan silam. Menggunakan sistem hybrid, akankah model ini diperkenalkan di Indonesia?

PENGANTAR Honda CR-V 2019

Review Honda CR-V 2019Lebih dulu diperkenalkan di negara aslinya sebelum dibawa ke negara-negara lain, penjualan Honda CR-V 2019 di Jepang akan dimulai dijual pada Kamis, 1 November 2018 di seluruh diler Honda di Jepang.

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995, Honda CR-V awalnya muncul semata-mata sebagai model penggerak empat roda yang didukung oleh 126 daya kuda dari mesin empat silinder 2.0 Liter.

Gambar yang menunjukan gambar Honda CR-V generasi pertama

Honda CR-V generasi I 

Berkembang dan menarik hati konsumen Honda di seluruh dunia, Honda CR-V kini dijual secara global dan telah berkembang menjadi salah satu model global yang mewakili merek Honda. Hingga saat ini Honda CR-V telah dijual di 130 negara dengan total penjualan 8,7 juta unit di seluruh dunia.

Gambar yang menunjukan mobil baru Honda CR-V 2017 di Indonesia

Honda CR-V keluaran 2017 

Generasi dijual sama dengan yang diluncurkan di Indonesia 2017 silam. Penampilannya pun bisa dibilang sama persis dengan model termahal di Indonesia, yaitu Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige.  Bedanya, model Honda CR-V 2019 untuk pasar Jepang hadir dengan varian hybrid. Dan untuk pertama kalinya di antara model-model Honda, versi 4WD akan tersedia dilengkapi dengan Sport Hybrid i-MMD (Intelligent Multi-Mode Drive), yaitu sistem hibrida 2 motor Honda.

Seperti apa Honda CR-V 2019? Simak review Honda CR-V 2019 oleh Cintamobil.com? Berikut adalah ulasan selengkapnya...

EKSTERIOR Honda CR-V 2019

Penampilan Honda CR-V 2019 di Jepang bisa dibilang sama persis dengan model Honda CR-V dijual di Indonesia. Varian tertinggi Honda CR-V Hybrid EX 2019 tampil dengan wajah bagaikan pinang dibelah dua dengan CR-V 1.5 Turbo Prestige versi Indonesia. All-New CR-V mencapai kemajuan besar dalam setiap aspek kendaraan, termasuk kerangka dasar dengan mengadopsi platform next-generation Honda yang mulai ditempatkan pada Civic terbaru.

Review Honda CR-V 2019: Bagian Depan

Gambar yang menunjukan bagian depan dari mobil baru Honda CR-V 2019

Tampilan depan Honda CR-V 2019 

Fascia depan masih sama seperti CR-V yang dikeluarkan tahun lalu di Indonesia. CR-V juga masih mengandalkan lampu depan LED DRL. Beberapa lampu seperti lampu depan yang seluruh permukaannya memancarkan cahaya secara keseluruhan dan posisi lampu menampilkan gradient radial dari intensitas cahaya menciptakan kesan khas dari generasi kelima CR-V yang baru direvitalisasi. New Honda CR-V 2019 mengadopsi tampilan depan berlampu full- LED dengan DRL juga dari LED.

Review Honda CR-V 2019: Bagian Samping

Gambar yang menunjukan bagian samping dari mobil baru Honda CR-V 2019

Tampilan samping Honda CR-V 2019 

Meski tidak terlihat, varian 4WD Honda CR-V 2019 memiliki ground clearance lebih tinggi 10 mm dibandingkan versi bermesin konvensional. Ia pun memiliki wheelbase lebih panjang dibandingkan Honda CR-V generasi IV. Pelek sama-sama mengadopsi diameter 18-inci, namun dengan desain lebih futuristik dibandingkan versi saat ini dijual di Indonesia. Fender depan dan belakang dengan overhang signifikan berkontribusi pada desain eksterior yang memunculkan citra dinamis dan dapat diandalkan, sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan SUV keluarga bercita rasa tangguh.

Review Honda CR-V 2019: Bagian Belakang

Gambar yang menunjukan bagian samping dari mobil baru Honda CR-V 2019

Tampilan bagian belakang Honda CR-V 2019 

Untuk bagian belakang juga tidak ada perubahan mendasar dalam hal kerangka dan desain. Hanya saja area yang patut ditelaah adalah fitur Hands-Free Access Power Tailgate, yang memungkinkan proses membuka atau menutup pintu belakang menggunakan sensor kaki di bawah bumper belakang. Teknologi di dalam mobil juga bisa menyimpan data dan mengingat pengaturan tinggi bukaan pintu belakang yang sering digunakan pengemudi.

Review Honda CR-V 2019: Pilihan warna

Gambar yang menunjukan bagian depan dari mobil baru Honda CR-V 2019 berwarna merah

Honda CR-V Premium Crystal Red Metallic 

Untuk meningkatkan gaya sporty, Honda CR-V generasi terbaru akan memberikan beberapa pilihan warna bagi konsumen. Warna yang bisa dipilih yaitu Premium White Pearl, Luna Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Ruse Black Metallic, Midnight Blue Beam Metallic, Premium Crystal Red Metallic.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Honda CR-V 2019

Review Honda CR-V 2019: Interior dalam

Gambar yang menunjukan bagian dalam dari interior Honda CR-V Hybrid

Bagian interior Honda CR-V 2019 

Sama dengan model dijual di Indonesia, Honda CR-V 2019 dengan yang lama adalah kotak console box tengah yang bisa digunakan dengan tiga cara, tergantung pemakaian pengemudi dan item yang dimasukkan, seperti handbag hingga smartphone. Cup holder dan kapasitas saku pintu depan dan belakang memberikan ruang bagi Anda meletakkan botol minuman selama perjalanan.

Tidak sama dengan generasi sebelumnya, CR-V teranyar ini memiliki desain kemudi dengan tambahan tombol fisik untuk memudahkan pengendara dalam mengakses fitur-fitur kendaraan. Layar sentuh 5 inci juga memperkaya kemewahan berkendara ditambah aksen kayu menambah peningkatan sisi eksklusifitas dasbor dan interior.

Review Honda CR-V 2019: Kursi

Kualitas visual dari kursi ditingkatkan melalui pemakaian kursi kulit asli yang dipadukan dengan menonjolkan kualitas interior bak tiga dimensi. Bagian kursi juga memiliki permukaan yang halus dan tekstur glossy serta kualitas warna yang segar.

Gambar yang menunjukan bagian interior dari Honda CR-V 2019

Desain 5 kursi penumpang Honda CR-V 2019 

Jika varian bensin terbagi menjadi 5 dan 7 tempat duduk bagi penumpang, maka CR-V Hybrid hanya menawarkan pilihan 5 tempat duduk. Tapi ruang kabin yang lapang dan nyaman serta pengaturan tempat duduk serbaguna masih menjadi andalan CR-V untuk menggaet konsumen. Pengaturan tempat duduk serbaguna dan ruang kargo yang besar serta mudah digunakan melalui teknologi packaging memungkinkan CR-V yang serba baru untuk mencapai efisiensi ruang kelas atas.

Review Honda CR-V 2019: Ruang kargo

Gambar yang menunjukan bagian kargo dari Honda CR-V 2019

Desain kargo yang luas 

Kenyamanan penumpang kursi belakang mendapatkan peningkatan dengan perluasan ruang kaki sebesar 50 mm dibandingkan dengan model CRV sebelumnya. Kenyamanan berkendara bagi penumpang ditegaskan melalui rasa ‘dipeluk’ oleh kursi dengan perpanjangan bantal dan sandaran kursi penumpang. Mekanis one–motion yang diadopsi untuk kursi belakang menciptakan ruang kargo besar dengan panjang maksimum 1.830 mm menawarkan kapasitas bagasi yang sangat baik.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Honda CR-V 2019

CR-V 2019 menjadi model Honda pertama yang diperkenalkan di Jepang memiliki fitur Hands-Free Access Power Tailgate yang memungkinkan pembukaan/penutupan tailgate dengan sensor yang bisa diaktifkan dari kaki bagian bawah bumper belakang, tapi juga memiliki fungsi untuk menghentikan bukaan atau penutupan tailgate yang diaktifkan tombol serta menyimpan data tentang tinggi pembukaan tailgate yang diinginkan penumpang.

Fitur lain yang disempurnakan untuk membantu menciptakan ruang mobilitas yang nyaman, termasuk kursi pengemudi dengan penyesuaian daya 8 arah serta fungsi memori yang bisa merekam dan mengetahui settingan yang biasa dipakai oleh penumpang, serta kursi pengemudi dengan dukungan pinggang empat arah untuk membantu mengurangi beban di punggung bawah pengemudi.

Review Honda CR-V 2019: Sistem Infotainment, Bluetooth dan navigasi

Beberapa fitur standar pada CR-V termasuk stereo empat speaker, Bluetooth, port USB, dan layar audio 5 inci. Fitur opsional termasuk kontrol iklim otomatis zona ganda, tombol start-stop, sistem audio premium, moonroof, stereo enam speaker, stereo delapan speaker, empat port USB, satelit radio, sistem infotainment layar sentuh 7 inci, Apple CarPlay, Android Auto, dan navigasi.

Gambar yang menunjukan bagian dasbor dari Honda CR-V 2019

Sistem infotainmen layar sentuh Honda CR-V 2019 

Sistem infotainment layar sentuh (standar pada semua tipe kecuali trim dasar), meningkatkan CR-V untuk pengendaraan harian. Tidak seperti versi sebelumnya, ada tombol fisik untuk mengontrol beberapa fungsi infotainment, seperti volume. Masalahnya, sistem ini bisa sedikit lambat dalam merespon sentuhan dan perintah yang diberikan, Namun Apple CarPlay dan Android Auto memungkinkan Anda mengintegrasikan smartphone ke mobil dan mengakses aplikasi favorit.

Review Honda CR-V 2019: Uji Kecelakaan

Honda CR-V memperoleh peringkat uji kecelakaan keseluruhan dan mendapatkan bintang lima dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). CR-V juga memperoleh bintang penuh dari kedua tes tabrakan, dari depan dan samping, serta empat bintang dari tes rollover. Menurut Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), CR-V mendapatkan peringkat tertinggi dalam tes kecelakaan dan menjadi salah satu IIHS Top Safety Pick 2018.

Review Honda CR-V 2019: Fitur keselamatan Aktif

Honda SENSING dilengkapi dengan teknologi keselamatan dan driver –assistive canggih yang tersedia sebagai pelengkapan standar untuk semua jenis kelas CR-V yang baru. Honda SENSING mendukung pengendaraan yang lebih aman, ketenangan pikiran, dan penghindaran tabrakan frontal dari depan dengan memperingatkan pengemudi melalui penggunaan radar gelombang millimeter dan kamera monocular untuk memastikan situasi di depan kendaraan.

Gambar yang menunjukan teknologi Honda Sensing pada CR-V

Honda SENSING pada Honda CR-V 2019 

Kamera pandangan belakang adalah satu-satunya fitur bantuan kemudi standar pada CR-V. Mendapatkan Honda SENSING, mencakup peringatan tabrakan depan pengereman darurat otomatis, peringatan perpindahan jalur, bantuan jalur jalan, serta kontrol pelayaran adaptif. Semua basis CR-V dilengkapi dengan Automatic High Beams, Blind Spot Monitoring, and Rear Cross Traffic Alert.

Semoga teknologi ini akan segera disematkan pada Honda CR-V versi Indonesia

OPERASI Honda CR-V 2019

CR-V terbaru akan tersedia dengan sistem hibrida Intelligent Multi Mode Drive (i-MMD) yang terdiri dari mesin 2.0 liter i-VTEC Atkinson dan dua motor listrik menghadirkan efisiensi berkendara. Sistem i-MMD tidak menggunakan transmisi konvensional, tapi unit yang lebih kompak memiliki rasio gigi tetap tunggal untuk menciptakan koneksi langsung antara komponen penggerak dan transfer torsi yang lebih halus.

Dilengkapi dengan Sport Hybrid i-MMD, varian hibrida pertama CR-V beroperasi dalam tiga mode pengendaraan yang berbeda – EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive – tergantung pada faktor termasuk situasi mengemudi dengan ekonomi bahan bakar mencapai 25.8 km/l. Pada saat yang sama, pengaturan yang tepat akan menyelaraskan kecepatan kendaraan dan suara mesin.

Gambar yang menunjukan mesin i-VTEC Turbo yang dimiliki Honda CR-V 2019

Mesin Sport Hybrid i-MMD 2.0 Liter VTEC Turbo 

All-New CR-V akan menjadi model pertama yang dilengkapi dengan Sport Hybrid i-MMD yang menawarkan versi 4WD. Real Time AMD akan tepat dan cepat mengontrol distribusi torsi ke roda depan dan belakang melalui kontrol elektronik, memungkinkan kinerja yang andal untuk berkendara di jalanan bersalju hingga pengendaraan berpetualang mendaki ke atas bukit.

Untuk mesin konvensional,  di Jepang mesin tipe 2.4L dan versi diesel tidak dipakai lagi dan diganti dengan mesin bensin 2.0 L. Varian bensin All New Honda CR-V hanya dilengkapi mesin VTEC Turbo 1.5 liter injeksi langsung dengan Dual VCT untuk asupan dan pembuangan. Dengan charger turbo yang dikembangkan secara eksklusif untuk model ini, CR-V baru memperoleh torsi ekuivalen lebih tinggi dibandingkan mesin 2.4 liter melalui rpm tinggi. Sama dengan model dijual di Indonesia saat ini.

spesifikasi Honda CR-V 2019

Meskipun Honda belum memberikan spesifikasi Honda CR-V 2019 secara lengkap, beberapa pengaturan dan komponen dasar kendaraan yang telah dirampung oleh tim Cintamobil.com yaitu.

Dimensi All New Honda CR-V

Panjang Keseluruhan

4.596 mm

Lebar Keseluruhan

1.820 mm

Tinggi Keseluruhan

1.685 mm

Suspensi/ Kaki All New Honda CR-V

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Rem

Disc brake dan electric Brake Booster

Sistem Kemudi

Electric Power Steering

Ukuran Pelek

Alloy 18”

Mesin All New Honda CR-V

Transmisi

CVT Automatic 7 percepatan

CVT listrik + Decelaration Selector (All New Honda CR-V Hybrid)

Mesin

1.5 L DOHC VTEC Turbo

2.0L DOHC i-VTEC + i-MMD (All New Honda CR-V Hybrid)

Tenaga Maksimum

113 kW @ 6.500 rpm

Torsi Maksimum

189 Nm @ 4.300 rpm

kelebihan & kekurangan Honda CR-V 2019

Perbedaan mesin dan fitur dari generasi sebelumnya, ada beberapa kelebihan dan kelemahan Hond CR-V 2019 yang dapat kita simpulkan, diantaranya yaitu,

Kelebihan

Kekurangan

Kabin yang luas

Harga masih relatif mahal

Memiliki fitur infotainment beragam

Desain terlalu mirip model generasi IV

Ground Clearance tinggi

 

Eksterior sporty

 

Sistem hybrid dan 4WD canggih

 

Bahan bakar nan efisien

 

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil Honda lainnya di sini

daftar harga Honda CR-V 2019

Di Jepang, harga Honda CR-V 2019 dijual pada rentang harga 3,23 – 4,36 juta yen (Rp431 juta - Rp582 juta). Sementara di Indonesia, harga Honda CR-V berada di kisaran Rp 437 – 511 juta on-the-road. Jika PT Honda Prospect Motor memutuskan akan menjual versi hybrid, Cintamobil.com memprediksi harga akan berada di atas Rp 700 jutaan.

>>> Ingin membeli Honda CR-V terbaru? Dapatkan berbagai informasinya hanya di sini

Video Honda CR-V 2019

Berikut video Honda CR-V 2019 seperti dirilis oleh Honda Jepang:

KESIMPULAN Honda CR-V 2019

Tidaklah salah jika Honda CR-V disebut sebagai salah satu medium-SUV terbaik di pasar. Desainnya atraktif, akomodasi lega dan tak lupa ruang kargo dan ruang penumpang yang luas cocok untuk mengajak keluarga dalam liburan dan berkendara jarak jauh

Berbagai sistem keselamatan mumpuni juga memberikan keamanan di jalan. Harga yang diprediksi menembus Rp 700 juta di Indonesia untuk model hybrid, tentu bisa dikesampingkan melihat apa saja yang ia berikan bagi Anda dan keluarga.

Semoga PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek (APM) Honda di Tanah Air juga akan menjual model ini seiring ancang-ancang Indonesia menuju era elektrifikasi.

>>> Dapatkan berbagai review mobil terbaik hanya di Cintamobil.com

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil