Review Honda Civic TCR 2018: Civic Yang Lebih 'Atletis'

21/03/2019
editor rate: 4,8 user rate: 4,3
Inilah Honda Civic yang dipergunakan khusus untuk balap, uniknya mobil ini dibuat oleh pihak ketiga J.A.S Motorsport bekerja sama dengan J.A.S Asia dan hanya yang mempunyai nyali besar yang dapat mengendalikan Civic yang lebih 'atletis' ini secara baik. Inilah pendapat kami mengenai Honda Civic TCR 2018 yang sempat mejeng di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018

PENGANTAR Honda Civic 2018

Tampak mobil Honda Civic TCR FK1 dan FK7 (latest model)

Honda Civic TCR 2018 diharapkan mampu meneruskan kesuksesan Honda Civic di ajang balap Touring Car Racing Campionship

Review Honda Civic TCR 2018 - The New Global Touring Car Racing Campionship (TCR) pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 yang merupakan 'terusan' dari 'Touring Car Pyramid' yang membuat mobil dengan kelas ini dapat berkompetisi di kelas nasional, regional negara, bahkan di kelas internasional. J.A.S Motorsport merupakan official Honda partner sejak tahun 2002 dan berkantor pusat di Milan, Italia ini berdiri tahun 1995. Kini mereka bersama J.A.S Asia membuat Honda Civic TCR 2018 yang dikembangkan langsung di Sepang International Circuit. J.A.S Asia secara khusus meng-handle untuk mobil-mobil yang basis produksinya di Asia.

Tampak mobil Honda Civic TCR 2017

JAS Motorsport awalnya 'meracik' Honda Civic TCR dengan basis model Honda Civic FK1

Berbicara mengenai Honda Civic TCR 2018 tentunya tidak lengkap bila tidak membahas sejarahnya terlebih dahulu. J.A.S Motorsport awalnya 'meracik' pertama kali Honda Civic TCR dengan menggunakan basis Honda Civic jalan raya yang berpintu lima. Semua peralatan yang 'tidak diperlukan' ditanggalkan oleh para teknisi di J.A.S Motorsport ini. Mesin Honda yang memang sudah potensial di-blueprint ulang agar kemampuannya lebih optimal. Seluruh peranti kelistrikan dikontrol oleh modul MoTeC C127 untuk display serta data logger dan MoTec PDM30 buat power box-nnya. 

Tampak Honda Civic TCR 2018

Honda Civic TCR 2018 diharapkan akan meneruskan kesuksesan di ajang TCR

Pada tahun 2018 J.A.S Asia yang merupakan kepanjangan tangan dari J.A.S Motorsport mengembangkan versi terbaru dari Honda Civic TCR. J.A.S Asia mengembangkan Honda Civic TCR 2018 pakai basis Honda Civic berkode bodi FK7 yang merupakan latest model dari Honda Civic. J.A.S Asia mengklaim mobil ini jauh berbeda secara teknik dan performa bila dibandingkan dengan Honda Civic TCR 2015- 2016, karena Honda Civic TCR 2018 ini pakai rancangan geometri suspensi baru, serta peranti elektronik anyar. Lalu, bagaimana pendapat kami mengenai Honda Civic TCR 2018? Simak terus ulasan kami di bawah ini.

EKSTERIOR Honda Civic 2018

Review Honda Civic TCR 2018 : Tampilan Depan

Tampak tampilan depan Honda Civic TCR 2019

Meski sekilas tampak sama saja dengan Honda Civic yang dijual 'masal' namun mobil ini sama sekali berbeda

Melihat dari tampilan depan mobil Honda Civic TCR 2018 ini, mungkin Anda akan mengira mobil ini sama saja dengan Honda Civic yang dijual 'masal'. Padahal, mobil ini berbeda sekali, bodi memang sama, namun bahan yang digunakan adalah bahan komposit yang ringan serta kuat, bukan pakai bahan galvanis dan plastik seperti Honda Civic versi jalan raya. Tampilannya yang ceper nan 'down to earth' juga membantu untuk memperkecil nilai hambatan aerodinamika-nya.

Review Honda Civic TCR 2018 : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping Honda Civic TCR 2018

Suspensi Ohlins yang digunakan pada mobil ini membuat tampilan samping Honda Civic TCR 2018 begitu 'membumi'

Dilihat dari sisi samping, Honda Civic TCR 2018 ini begitu ceper nan membumi, ini disebabkan mobil ini punya body kit yang lumayan agresif serta punya suspensi yang mampu disetel 3 way baik depan maupun belakang. Suspensinya sendiri menggunakan lansiran Ohlins yang aseli Swedia. Untuk bagian depan J.A.S Asia menyematkan Ohlins TTX yang punya jenis MacPherson Strut, sementara pada bagian belakang dipasang Ohlins S46 dengan konstruksi torsion beam

Review Honda Civic TCR 2018 : Tampilan Belakang

Tampak tampilan belakang Honda Civic TCR 2018

Sayap belakang besar mendominasi tampilan belakang Honda Civic TCR 2018 ini

Jika Anda beranggapan keberadaan sayap besar pada bagian belakang Honda Civic TCR 2018 ini hanya untuk gaya-gayaan semata tentunya Anda salah besar. Karena, meskipun dari lahirnya mobil ini sudah disiapkan untuk melibas sirkuit bahkan dibekali dengan suspensi khusus serta ban dengan traksi maksimal, mobil ini masih membutuhkan downforce agar lebih 'lengket' dengan aspal. Alhasil sayap belakang besar mendominasi tampilan belakang Honda Civic TCR 2018.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Honda Civic 2018

Review Honda Civic TCR 2018 : Layout Interior & Setir

Tampak Layout interior dan setir Honda Civic TCR 2018

Interiornya dibuat simpel agar memudahkan para pembalap dalam beradaptasi maupun fokus balapan

Beda jauh dengan interior Honda Civic versi jalan raya yang rumit nan njelimet meskipun berkesan canggih, untuk interior Honda Civic TCR 2018 ini sengaja dibuat simpel oleh J.A.S Motorsport agar memudahkan para pembalap dalam beradaptasi serta fokus balapan. Setir dengan kombinasi suade memiliki cengkraman maksimal saat digenggam dan dijamin tidak akan licin jika Anda menggenggamnya dengan sarung tangan balap khusus balap. Terdapat banyak tombol untuk mengatur beberapa fitur yang terdapat dalam mobil ini seperti speed limiter saat mobil hendak masuk PIT, tombol radio komunikasi, tombol lampu turning signal, hingga tombol start stop engine. Didepan setir ada layar LCD MoTeC C127 yang mampu menampilkan beragam info yang dibutuhkan pembalap serta mekanik.

>>> Baca juga:

FITUR Honda Civic 2018

Gambar menunjukkan Sistem Aerodinamika pada mobil Honda Civic TCR 2018

Meskipun Honda Civic TCR 2018 tidak dilengkapi dengan sistem aerodinamika aktif, namun sistem aerodinamika mobil ini layak disimak

Oke, kami tahu mobil Honda Civic TCR 2018 yang sedang kami bahas ini tidak dilengkapi dengan sistem aerodinamika aktif yang mampu menggerakkan sirip, sayap bahkan bodywork lainnya. Namun, sistem aerodinamika dari mobil ini amat layak untuk disimak. Pertama dari 'moncong' depannya, terdapat dua buah lubang yang berfungsi mengarahkan angin ke brake duct untuk mendinginkan sistem pengereman. Lalu, air dam dirancang besar guna membantu pendinginan ke ruang mesin. Setelah angin melewati bagian depan mobil, angin kembali diarahkan ke bagian atas serta samping mobil melalui celah yang ada dikap mesin serta dibelakang sepatbor depan. Terakhir, sisa angin yang melewati bagian atas mobil diarahkan ke belakang melewati sayap belakang untuk membantu daya cengkram ban.

>>> Ribuan mobil sedan Honda Civic dijual dengan harga sangat terjangkau. Klik untuk dapat informasi terlengkap

OPERASI Honda Civic 2018

Gambar menunjukkan desain bagian Mesin mobil Honda Civic TCR 2018

Mesin standar Honda Civic Type-R di-tune ulang agar tenaga semakin optimal

Mesin berkarakter overbore bawaan Honda Civic Type-R yang menjadi basis Honda Civic TCR 2018 ini sebenarnya sudah sangat potensial dan kencang. Namun, bukan J.A.S Motorsport namanya jika mesin bawaan dari mobil ini dimaksimalkan lagi output-nya. Mesin serta seluruh peranti kelistrikannya diturunkan total bersama dengan transmisinya dan dilakukan balanced ulang alias proses blueprint engine. Transmisi 'standar' manual H-pattern 6 percepatan-nya 'ditukar' dengan transmisi skuensial bawaan SADEV dan XTRAC yang sudah terkenal mampu melayani torsi hingga diatas 800 nm. Kombinasi tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga diatas 340 Hp dan torsi sebesar 420 Nm.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Honda Civic TCR 2018 berwarna putih dengan banyak sticker di bodi yang sedang bermanuver

Suspensi 3 way buatan Ohlins membantu Honda Civic TCR 2018 dalam melibas tikungan

>>> Wajib baca: Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic 2017 Hatchback

spesifikasi Honda Civic 2018

Berikut ini adalah spesifikasi Honda Civic TCR 2018.

Mesin Honda Civic TCR 2018

Seri mesin

K20C, VTEC Turbocharger

Jumlah Silinder

4 Silinder

Tenaga Maksimum

Approx. 340 Hp

Torsi Maksimum

Approx. 420 Nm

Kapasitas Silinder

1.996 cc

Bore X Stroke

86 mm X 85,9 mm

Tipe Transmisi

6 Percepatan Skuensial dengan Paddleshift, By SADEV Transmission serta punya opsi transmisi XTRAC. Keduanya sama-sama punya layout penggerak roda depan.

Rangka Honda Civic TCR 2018

Struktur Roll Cage

MSA certified Welded cage with lifting devices

Special Internal Equipment

OMP Composite HTE seat, Automatic extinguisher, Pedal box with remote bias and limiter

Exhaust System

3 inchi, stainless steel 310 - silenced option available

Berat Dengan Driver

1.265 Kilogram

Kapasitas Tangki

80 Liter with FIA Homologation Safety Tank

Suspensi/Kaki-Kaki Honda Civic TCR 2018

Suspensi Depan & Belakang

Ohlins TTX MacPherson Strut, with Coil Spring, adjustable anti-roll bar 3 position & Ohlins S46 eye-eye Torsion beam, with coil spring, adjustable anti-roll bar 3 position

Sistem Kemudi

Electronic power-assisted, rack and pinion

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc 6 Pot Piston - 380 mm & Solid Disc 2 Pot Piston - 258 mm

Struktur Sasis

Monokok

Struktur Bodi

Komposit

Handbrake

Mekanikal

Pelek

O.Z. Racing 18x10 inchi

Jenis Ban

Soft Compound, or Racing Slick

kelebihan & kekurangan Honda Civic 2018

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Honda Civic TCR 2018 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Honda Civic TCR 2018 ini.

Kelebihan

Kekurangan

Mesin beringas dengan karakter overbore

Tidak dijual bebas

Serupa dengan produk yang dijual masal

Hanya legal digunakan di sirkuit

Punya sejarah manis di balap turing

Tidak dijual di Indonesia

daftar harga Honda Civic 2018

Honda Civic TCR 2018 memang tidak dijual bebas, harganya juga bisa diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar (belum termasuk pajak dan biaya masuk ke Indonesia) karena biaya riset dan pengembangan mobil ini yang mahal. Namun, bagi Anda yang menginginkan Honda Civic, jangan khawatir. berikut Cintamobil.com melampirkan daftar harga Honda Civic terbaru 2019 di semua tipenya.

TIPE MOBIL

HARGA HONDA CIVIC BARU

All New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC

IDR. 507.000.000

Honda Civic Hatchback S

IDR. 414.500.000

Honda Civic Hatchback E

IDR. 453.500.000

Honda Civic Type R M/T

IDR. 1.032.500.000

*Harga per tanggal 1 Maret 2019

>>> Klik sini untuk melihat harga dan promo semua mobil Honda

Video Honda Civic 2018

KESIMPULAN Honda Civic 2018

Gambar sebuah mobil Honda Civic TCR 2019 berwarna putih dilihat dari sisi depan sedang berjalan di jalan Indonesia

Lantas apakah dengan hanya tuning ulang mesin, ganti suspensi serta kelistrikan membuat ia layak untuk dimiliki?

Perlu diingat, meskipun mobil ini akan sangat 'bersahabat' bila Anda gunakan disirkuit, meskipun dengan ubahan yang ada ia tetap layak dikemudikan di jalan umum, namun Anda tidak akan merasa nyaman menggunakan mobil non AC, punya suspensi keras, dan jok racing di jalan raya. So, belilah mobil ini ketika Anda ingin balapan atau sekadar ingin merasakan sirkuit kala trackday, apalagi harganya juga tidak murah.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil