Review Honda Civic LX 1989: Pionir Sedan Jepang Berjiwa Sporty

06/12/2019

Share this post:

Honda Civic 1989

Editor rate:

Lihat promo

Menjelang akhir 80-an, trend mobil sedan di Indonesia mulai terlihat mengarah berjiwa sporty. Salah satu contoh keren di masanya adalah Honda Civic LX. Bagaimana kisah sedan ini di masa kini?

Review Honda Civic LX 1989: Pionir Sedan Jepang Berjiwa Sporty
0 Gambar

Pengantar Honda Civic 1989

Mari kita simak spesifikasi Honda Civic 1989 di bawah ini.

Review Honda Civic LX 1989 - Bila ditarik mundur ke belakang, Honda Civic pertama kali masuk ke Indonesia di tahun 1975 dalam konsep hatchback. Pada masanya Honda Civic generasi pertama terkenal dengan sebutan Honda Civic “Koper” karena konfigurasi pintu bagasi yang memiliki engsel bagasi di luar bodi.

Perjalanan mobil Honda Civic berkembang dengan hadirnya Honda Civic “Excellence” di tahun 1980, dan hadirnya varian hatchback Honda dan sedan di era Honda Civic “Wonder” di tahun 1984.

Gambar menunjukkan mobil Honda Civic 4th gen

Duet Honda Civic generasi keempat

Menjelang akhir tahun 1980an, penikmat Honda Civic pun akhirnya menikmati generasi terbaru Honda Civic yang terbagi dalam dua versi, yakni Honda Civic LX dan Honda Civic Nouva. Honda Civic LX sendiri pada masanya menjadi salah satu highlight penting di kancah sedan Jepang, karena Honda Civic ini memiliki teknologi handling yang tergolong maju di masanya.

Seiring Honda Civic yang kini sudah masuk ke generasi kesepuluh, Honda Civic LX lawas ini ternyata tetap memiliki fans dan peminat yang besar di Indonesia. Bahkan mobil bekas Honda Civic LX juga sudah mulai diincar, baik dalam kondisi “bahan” atau kondisi apik seperti saat pertama kali keluar pabrik.

Foto Honda Civic LC 1989 milik Malique Selatan Djakarta

Sosok Honda Civic LX 1989 milik Malique Selatan Djakarta

Satu contoh adalah Honda Civic LX 1989 milik diler Malique Selatan Djakarta. Dealer spesialis mobil klasik di Mall Blok M ini sempat memiliki Honda Civic LX 1989, yang masih dalam kondisi prima dengan informasi di odometer masih 15 ribu. Nah seperti apa kisah mobil klasik Jepang ini?

Eksterior Honda Civic 1989

Review Honda Civic LX 1989: Eksterior Depan

Foto Honda Civic LC 1989 dari sisi eksterior depan

Sisi ekterior depan Honda Civic LX 1989

Sisi depan Honda Civic LX 1989 memiliki ciri khas menarik, karena bentuk bonnet depan yang cukup landai dengan bentuk kaca windshield depan yang berukuran besar. Hal ini dikarenakan Honda Civic LX 1989 pada masanya mulai memperhatikan aspek aerodinamika mobil agar lebih baik.

Area depan Honda Civic LX 1989 menggunakan bumper depan sewarna bodi. Posisi headlamp memiliki bentuk trapesium yang cukup modern di masanya, dengan lampu tambahan untuk sein ditempatkan di bawah lis plastik pada bumper. Adapun di bawah logo Honda terdapat garis lis chrome yang memancarkan kesan mewah pada sisi depan mobil sedan medium ini.

Review Honda Civic LX 1989: Eksterior Samping

Foto Honda Civic LC 1989 dari sisi eksterior samping

Sisi ekterior samping Honda Civic LX 1989

Dari sisi samping, Honda Civic LX 1989 memiliki tarikan garis bodi yang cukup sederhana dan cenderung mengotak. Pada panel pintu terdapat lis plastik dengan detil chrome yang merupakan kelanjutan desain dari bumper depan sampai ke bumper belakang nantinya. Dan secara proporsi, bentuk kaca terasa besar, yang memungkinkan visibilitas di kabin bisa lebih optimal.

Untuk sedan pada masanya, Honda Civic LX 1989 sudah cukup canggih karena kaca spion yang digunakan bisa diatur secara elektrik. Meski di sisi lain, velg yang digunakan Honda Civic LX 1989 masih menggunakan velg kaleng dengan tutup dop.

Review Honda Civic LX 1989: Eksterior Belakang

Foto Honda Civic LC 1989 dari sisi eksterior belakang

Sisi ekterior belakang Honda Civic LX 1989

Buritan belakang Honda Civic LX 1989 terasa cukup menarik karena desain pintu bagasi yang dibentuk agar memiliki lekuk seperti ducktail. Kesan menarik juga terlihat dari adanya panel garnish berwarna merah yang menjadi “penyatu” antara tail light di sisi kiri dan kanan. Untuk penempatan plat nopol berada di area bumper belakang, tepatnya di sisi tengah bumper.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Honda Civic 1989

Review Honda Civic LX 1989: Dashboard & Setir

Foto Honda Civic LC 1989 dari sisi dashboard dan setir

Sisi dashboard dan setir Honda Civic LX 1989

Masuk ke dalam kabin, Honda Civic LX 1989 menggunakan dashboard yang cukup mengedepankan pendekatan desain yang simetris. Kesan ini terasa kala melihat desain kisi-kisi AC di dashboard, maupun desain panel instrumen, sampai ke central cluster yang menjadi tempat pengaturan AC, Audio, sampai asbak dan lighter.

Tersedia ruang penyimpanan terbuka di central console depan tuas transmisi, ruang penyimpanan tertutup ada di glove box pada sisi penumpang depan, serta ruang penyimpanan koin di sisi pengemudi.

Setir yang digunakan pada Honda Civic LX 1989 memiliki format palang tiga, dan memiliki ukuran cukup besar. Adapun posisi setir terasa ergonomis karena tersedia pengaturan tilt steering.

Review Honda Civic LX 1989: Jok

Gambar menunjukkan desain bagian jok dari mobil Honda Civic LC 1989

Tampilan jok depan Honda Civic LX 1989

Baik jok depan dan jok belakang pada Honda Civic LX 1989 memiliki material fabric, dimana saat mobil ini di foto masih dalam cover plastik. Pada jok pengemudi dan penumpang depan terdapat headrest dan sistem seatbelt 3 titik. Adapun di jok belakang belum menyediakan seatbelt dan hanya memiliki headrest terintegrasi pada sandaran jok.

>>> Baca juga: 

Fitur Honda Civic 1989

Foto Honda Civic LC 1989 dari sisi audio dan ac mobil

Tampilan tombol pengaturan AC dan sistem audio Alpine pada Honda Civic LX 1989

Untuk sedan Jepang di masanya, Honda Civic sudah menawarkan fitur-fitur yang fokus pada kenyamanan selama berkendara. Contohnya adalah sistem audio Alpine dengan fitur radio dan auto reverse cassette, sistem A/C dengan pengaturan arah angin, jam digital quartz, power window di semua pintu, sampai ke central door lock. Tersedia tuas khusus di bawah jok pengemudi, yang bisa digunakan kala ingin membuka pintu bagasi maupun pintu tangki bensin.

>>> TIPS BELI MOBIL BEKAS: Honda Civic Generasi Ke-8 FD, 2006-2011, Saatnya Memburu Generasi Civic Terbaik

Operasi Honda Civic 1989

Gambar menunjukkan desain bagian mesin dari mobil Honda Civic LC 1989

Tampilan area mesin Honda Civic LX 1989

Honda Civic LX 1989 menggunakan mesin 4-silinder1.5 liter 16-valve dengan sistem pengapian menggunakan karburator. Mesin ini berdasarkan spesifikasi resmi Honda memiliki kemampuan menghasilkan tenaga 90 hp dan torsi 120 Nm. Mesin disalurkan ke roda depan melalui sistem transmisi manual 5-percepatan, atau otomatis 4-percepatan.

Terkait handling mobil, Honda Civic LX 1989 di masanya sudah menggunakan teknologi suspensi mutakhir. Teknologi yang digunakan ialah double wishbone, dan disematkan baik di suspensi roda depan maupun roda belakang. Pengereman di roda depan mengadopsi rem cakram berventilasi, sedangkan rem belakang tetap menggunakan tromol. Adapun pada setir sudah menggunakan power steering, sehingga pengemudi akan lebih mudah mengatur kemudi mobil tanpa usaha berarti.  

>>> Review Honda Civic Estilo 1992: Dulu Murah, Sekarang Harganya 'Ngeri'

Kesimpulan Honda Civic 1989

Saat ini Honda Civic LX mulai menjadi salah satu pilihan mobil klasik incaran para hobbyist otomotif di beberapa kota besar di Indonesia. Tak ayal, harga mobil ini cukup stabil dan bahkan tergolong tinggi untuk kondisi fisik apik.

Seperti contoh untuk Honda Civic LX 1989 yang dimiliki dealer Malique Selatan Djakarta, pada saat Cintamobil.com meliput mobil ini dibanderol di kisaran harga Rp135 juta dan sudah laku terjual. Adapun di pasaran mobil bekas saat ini, Honda Civic LX dengan kondisi “bahan” alias apa adanya biasanya dijual di kisaran Rp30-50 jutaan. Sudah barang tentu kondisi yang lebih baik akan dibanderol lebih tinggi.

Pertanyaannya, apakah Honda Civic LX 1989 layak dikoleksi? Jika mencari sedan jepang klasik yang perawatannya sehari-hari yang relatif sederhana, dengan fitur yang sudah modern, dan harga mobil bekas masih tergolong terjangkau, ada baiknya melirik mobil ini sebagai calon koleksi mobil klasik. Tapi jangan lupa, siapkan dana cukup besar jika ingin merestorasi Honda Civic LX dengan kondisi prima.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
Share this post:

Review lain

Review All New Honda City 2020: Evolusi sebuah sedan perkotaan

Rp 270.064.385

28/11/2019

Editor rate:

Setelah siklus lima tahun dari generasi keempat, Honda menghadirkan generasi ketujuh All New Honda City yang kini lebih sporty, bertenaga, namun lebih efisien. Dengan modal ketiga hal tersebut, akankah City generasi baru ini meneruskan pendahulunya yang sukses besar di pasar Asia?

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis 1.8 G 2005: Pilihan Sedan Eksekutif Terjangkau

26/11/2019

Editor rate:

Toyota Corolla Altis 1.8 G 2005 dibekali mesin yang memuaskan, kabin yang nyaman serta harga yang terjangkau. Sedan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan sebuah sedan eksekutif yang dapat menjawab kebutuhan sekaligus status.

Lihat juga

Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018: Harganya Kini Menyentuh Rp 300 Jutaan, Masih Layak Dipinang?

24/09/2019

Editor rate:

16 tahun silam, Toyota Vios lahir di pasar mobil Indonesia untuk menggantikan Toyota Soluna dan langsung menggebrak pasar sedan kompak di tanah air. Produk satu basis dengan Toyota Yaris ini pun kami coba langsung tidak hanya di dalam kota, namun juga melaju di jalanan luar kota. Inilah review dan test drive mobil Toyota New Vios 1.5 E CVT 2018.

Lihat juga

Review Suzuki Baleno 1996: Masa Lalu Baleno, ‘Berjubah’ Sedan

04/09/2019

Editor rate:

Tahukah Anda bahwa Suzuki Baleno dulunya adalah mobil sedan, sebelum akhirnya menjadi Hatchback seperti saat ini? Mungkin sebagian pembaca sudah tahu kiprahnya yang dimulai sejak tahun 1996 silam. Kala itu, sosoknya menjadi salah satu mobil sedan kompak populer bagi kaula muda. Ada rencana membelinya? Mari kita simak review Suzuki Baleno 1996.

Lihat juga

Review Hyundai Accent 1998: Mobil Yang Sempat Jadi Kandidat Mobil Nasional

23/08/2019

Editor rate:

Indonesia dulunya punya sedan elegan asal Korea Selatan yakni Hyundai Accent. Sosoknya elegan, manis dipandang dan juga sangat irit bahan bakar. Harganya? Sangat murah sobat, ketimbang mobil sedan lainnya besutan Jepang. Tertarik untuk punya sedan elegan dan irit? Yuk, kita simak review Hyundai Accent 1998.

Lihat juga
back to top