Review, Harga dan Spesifikasi Terlengkap Great New Xenia 2017: Low MPV yang Irit Bahan Bakar

07/09/2017
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Daihatsu Xenia bisa dibilang mobil sejuta umat. Mengapa? Mobil satu ini memang dikenal mampu menampung banyak penumpang, barang dan yang terpenting, memiliki performa yang cukup mumpuni serta harga yang cukup ekonomis untuk kendaraan yang bermain di ranah MPV. Semenjak debut pada tahun 2003 silam, Xenia terus mendapatkan respon positif dan pertumbuhan yang signifikan. Mengusung tahun 2017, mobil yang diproduksi PT Astra Daihatsu Motor (APM) memperkenalkan Xenia anyar dalam wujud Great New Xenia.

PENGANTAR Daihatsu Xenia 2017

Mobil Daihatsu Great New Xenia 2017 berwarna merah dilihat dari bagian depan

Daihatsu Great New Xenia 2017

Daihatsu Great New Xenia sejatinya merupakan sister car dari Grand New Avanza. Hal tersebut dapat dilihat dari bentuk interior maupun eksteriornya yang hampir-hampir mirip. Meskipun demikian, Daihatsu Xenia jelas memiliki beberapa differensiasi dibandingkan dengan saudaranya tersebut. Mulai dari dapur pacu, sistem injeksi dan lain sebagainya. Lantas, seperti apa wujud dari Daihatsu Great New Xenia 2017? Berikut pemaparannya.

EKSTERIOR Daihatsu Xenia 2017

Gambar bagian bumper mobil Daihatsu Xenia 2017 berwarna orange

Bagian depan mobil Daihatsu Great New Xenia 2017

Melalui sisi depan, Daihatsu Xenia coba menawarkan kesan stylish. Hal tersebut dapat dilihat dari tampilan bumper yang lebih mewah dari seri sebelumnya dan headlamp berbentuk trapesium yang cukup catchy. Selain itu, sisi grill depan juga terlihat sangat maskulin dengan desain melengkung dan dibubuhi aksen berwarna Chrome. Aksen ini pula yang pada akhirnya membedakan tampilan antara Daihatsu Xenia dengan Toyota Avanza.  Selain itu, front bumper yang agak menjorok kebawah juga menjadikan Daihatsu Xenia terlhat sangat kokoh. Sisi manis juga ditampilkan melalui pillar black out  berwarna hitam dove yang disempurnakan dengan fog lam yang tersisip di sudut kiri dan kanannya. Hadirnya fog lam sendiri tak lain untuk membantu kinerja lampu utama apabila mobil tengah berjalan dalam cuaca yang kurang bersahabat.

bagian samping Daihatsu Great New Xenia 2017 berwarna coklat

Tampilan samping Daihatsu Great New Xenia 2017

Beranjak ke sisi samping, kesan mewah terpancar dari desain jendela teranyar. Selain itu, sisi stylish juga diperkuat dengan keberadaan side skirt dengan aksen warna chrome di yang membingkai jendelanya.

tampilan belakang mobil Daihatsu Great New Xenia 2017 berwara coklat

Tampilan belakang Daihatsu Great New Xenia 2017

Beranjak ke belangang, desain yang ditampilkan Daihatsu Xenia 2017 kurang lebih meyerupai saudaranya Toyota Avanza. Namun Daihatsu Xenia memberikan perbedaan kecil dengan menyematkan aksen pillar black out. Sebagai pelengkap, Daihatsu Xenia mempercantik dirinya dengan desain velg yang lekat dengan aroma sporty. Secara keseluruhan, tampilan luar dari Daihatsu Great New Xenia memang terlihat lebih sporty dan maskulin dibandingkan dengan seri sebelumnya.

INTERIOR Daihatsu Xenia 2017

Bagian bangku duduk mobil Daihatsu Xenia dilihat dari atas tanpa atanya

Interior Daihatsu Great New Xenia 2017

Mengusung kesan sporty di bagian depan, Daihatsu Xenia 2017 menampilkan kesan sederhana dan namun elegan pada bagian dalam. Hal itu dapat dilihat dengan hadirnya nuansa two tone colour yang semakin menambah suasana kehangatan dan keceriaan layaknya ruang keluarga di rumah. Beranjak ke sisi dashboard, Daihatsu Xenia memliki tampilan dashboard dengan dua varian warna yang berbeda yakni cokelat terang pada bagian bawah dan cokelat gelap pada bagian atas. Tak hanya bermain dari sisi tekstur warna, tersemat pula panel Multi Information Display (MID) yang dihadirkan melalui panel LCD minimalis. 

bagian dasbor mobil Dahiatsu Great New Xenia 2017 berwarna hitam

Dasbor Mobil Daihatsu Great New Xenia 2017

Bergerak sedikit ke bagian kemudi, kita akan menemukan panel speedometer Daihatsu Xenia yang dilengkapi dengan ECO lamp indicator, fuel lamp indicator serta indikator utama yang siap memberikan informasi secara real time kepada pengemudi. Beranjak ke bagian kabin, mobil low MPV Daihatsu Xenia 2017 ini memiliki ruang yang cukup lapang dan nyaman. Kelapangan ruang ini tercermin dari kapasitas seatnya yang mampu menampung 7 penumpang sekaligus. Selain lapang, Daihatsu Xenia juga memberikan kenyamanan dari sisi material jok empuk yang dibaluri dengan bahan kulit berkualitas tinggi yang siap memberikan rileksasi kepada seluruh penumpangnya untuk menempuh berbagai jarak, mulai dari jarak pendek, menengah hingga jarak jauh. Selain itu, seat yang tersedia juga bisa diatur sesuai dengan selera para penupangnya.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang mobil Daihatsu lainnya, klik sini

FITUR Daihatsu Xenia 2017

anak dan ibu sedang memperkenalkan beberapa fitur dilengkapi di mobil Daihatsu Great New Xenia 2017

Fitur mobil Daihatsu Great New Xenia 2017

Memiliki kenyamanan dan kelapangan ruang di bagian dalam bukan berarti membuat Daihatsu Xenia melupakan fitur untuk menunjang keamanan, keselamtan serta kenyamanan dalam berkendara. Daihatsu Great New Xenia 2017 siap memberikan berbagai fitur mutahir untuk memberikan tiga aspek tersebut. Dimulai dengan hadirnya fitur jam protection yang tersemat pada bagian depan. Selain itu, Daihatsu Xenia juga memberikan teknologi side beam impact yang berfungsi untuk melindungi seluruh penumpang dari benturan yang siap terjadi kapan saja dari sisi samping. Selain itu, untuk mempertebal rasa aman, disematkan pula fitur dual SRS Airbag pada bagian depan. Kehadiran airbag ini memiliki fungsi untuk meminimalisir resiko cidera pada penumpang bagian depan apabila mobil mengalami kejadian yang tak menyenangkan. 

Bagian dasbor mobil Daihatsu Great New Xenia 2017 di depannya bisa lihat lapangan rumput berwarna hijau

Bagian dasbor Daihatsu Great New Xenia dengan fitur-fitur lengkap

Sementara dai sisi entertainment, Daihatsu Xenia membaginya bedasarkan type. Pada Daihatsu Xenia type X, disematkan fitur corner sensor. Sementara pada Daihatsu Xenia type R, Fitur Fresh Air Control serta MID dan Eco Indicator coba dihadirkan untuk memberikan kenyamanan yang maksimal. Lain lagi dengan Daihatsu Xenia type D. Di type tersebut, Daihatsu Xenia memberikan fitur Integrated Key serta Third row seatbelt untuk memberikan protksi pada penumpang seat ketiga apabila mobil melakukan pengereman secara mendadak. Meskipun setiap type memiliki berbagai fitur yang berbeda, namun kesemua type Daihatsu Xenia tersebut diklaim siap memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

OPERASI Daihatsu Xenia 2017

operasi Daihatsu Great New Xenia 2017 berwarna hitam

Dapur pacu Daihatsu Great New Xenia 2017

Daihatsu Great New Xenia hadir dengan dua varian mesin yakni Daihatsu Xenia 1.0 dan Daihatsu Xenia 1.3 liter. Untuk mesin berkapasitas 1.0, Daihatsu Xenia menawarkan Daihatsu Xenia type D dan Daihatsu Xenia type M kepada konsumen. Mesin bertipe EJ-VE DOHC VVT-i 3 silinder tersebut memiliki 16 katup dan mampu mengeluarkan tenaga hingga 63 PS pada putaran 5600 rpm dan mampu mengeluarkan torsi hingga 9,2 Nm pada putaran 3600 rpm. Mesin berkapasitas 989 cc ini diklaim sangat cocok untuk masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan karen dengan daya tersebut, Daihatsu Xenia type D dan Daihatsu Xenia type M disinyalir siap memberikan performa mesin yang halus serta irit dalam penggunaan bahan bakar.

Sementara pada mesin 1.3 liter, Daihatsu Xenia menawarkan mesin 1NR-VE DOHC Dual CCT-i. Mesin tersebut tersemat pada dua varian type yakni Daihatsu Xenia X dan Daihatsu Xenia R. Mesin kedua ini memiliki kapasitas yang cukup besar dibandingkan mesin pertama yakni 1329 cc. Dengan kapasitas tersebut, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 97PS pada putaran 6000 rpm serta mampu memuntahkan torsi hingga 12,3 Nm pada putaran 4200 rpm. Daihatsu Xenia type X dan Daihatsu Xenia type R ini sangat cocok untuk anda yang memiliki jiwa sporty dengan mobilitas tinggi. Sekedar tambahan, kedua mesin tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi EFI yang mampu membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Selain itu, Daihatsu Great New Xenia  2017 juga hadir dalam dua pilihan transmisi yakni Daihatsu Great New Xenia 4 percepatan otomatis dan Daihatsu Great New Xenia 5 percepatan manual.

KESIMPULAN Daihatsu Xenia 2017

mobil Daihatsu Xenia 2017 berwarna putih sedang parkir di depan vila mewah di Indonesia

Daihatsu Great New Xenia 2017: Low MPV yang Irit Bahan Bakar

Secara keseluruhan Great New Xenia merupakan mobil yang cocok dipacu di jalanan perkotaan. Dengan dua type mesin (989 dan 1329cc) Daihatsu Xenia menawarkan opsi kepada konsumen untuk memilih kedua type tersebut. mobil ini juga memiliki keunggulan dari sisi efisiensi bahan bakar karena telah dilengkapi dengan teknologi injeksi EFI. Bagi anda yang memiliki jiwa sporty dan merindukan kenyamanan dari sisi interior, Daihatsu Great New Xenia rasanya pantas menjadi opsi terbaik untuk dipilih. Dari sisi harga, Low MPV satu ini dirasa cukup murah. Daihatsu Xenia type terendahnya dengan mesin 1.0 liter dibandrol mulaidari harga Rp 155-168 jutaan. Sementara Daihatsu Xenia type tertinggi, yakni Daihatsu Xenia type R, dibuka mulai dari angka Rp 198-209 jutaan. Dengan harga dibawah seperempat miliar dan dilengkapi denganfitur yang mumpuni, Daihatsu Great New Xenia sangat cocok untuk anda yang ingin memiliki mobil dengan kapasitas luas yang siap menembus jalanan perkotaan.

>>> Klik sini untuk membaca tulisan review mobil lainnya

 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil