Review Ford Raptor 2020: Bukan Sekadar Ranger Biasa

30/04/2020

Share this post:

Ford Ranger 2020

Editor rate:

Rp. 768.090.000

Jual mobil Ford Ranger Lihat promo

Tahun lalu Ford meluncurkan 'adik' dari Ford F-150 Raptor yang legendaris. Ini adalah Ford Raptor 2020, seberapa hebat mobil yang bukan Ranger biasa ini?

Review Ford Raptor 2020: Bukan Sekadar Ranger Biasa
Review Ford Raptor 2020: Bukan Sekadar Ranger Biasa
0 Gambar

Pengantar Ford Ranger 2020

Mari kita simak spesifikasi Ford Ranger 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Tenaga & torsi terbesar di kelasnya

Fitur keselamatan lengkap 

Suspensi FOX berperforma baik

Kekurangan

Belum masuk Indonesia

Harga jual tinggi

Eksterior masih 'terasa' Ranger

 

Gambar menunjukkan Ford F-150 Raptor 2020

Nama 'Raptor' merujuk ke kakaknya yakni Ford F-150

Review Ford Raptor 2020 - Ford tentu tidak main-main ketika meluncurkan Ford Raptor 2020 ini. Maklum saja, nama besar Raptor sebenarnya merujuk ke sang kakak yakni Ford F-150 sebuah full size pickup truck yang punya panjang nyaris 6 meter dan mesin V6. Tahun 2018 di Thailand, Ford mengadakan seremonial besar ketika meluncurkan Ford Raptor dan Ford Ranger, dan tahun lalu Ford juga mengadakan media drive yang sensasional di Maroko, Afrika Utara untuk membuktikan kehebatan mobil ini.

Gambar menunjukkan Ford Raptor 2020 sedang bermanuver

Ford Raptor lahir berbasis Ranger T6 namun ia bukanlah Ranger biasa

Jelas, Ford Motor Corporation ingin semua awak media yakin dengan kehebatan mobil ini. Dan terbukti, setelah melewati serangkaian tes dengan obstacle berat bahkan ekstrim, nyaris semua awak media yang datang dan mencoba Raptor di acara tersebut meyakini kehebatan Ford Raptor ini. Hal ini membuktikan bahwa meskipun berbasis dari Ford Ranger, namun Ford Raptor bukan sekadar Ranger biasa. Lantas seperti apa kehebatan dual cabin ini? Simak terus review Ford Raptor 2020 ini.

Gambar menunjukkan Ford Ranger 2020 line up

Meski lahir dari basis Ranger tapi Raptor punya performance rating jauh lebih baik

Eksterior Ford Ranger 2020

Review Ford Raptor 2020: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Ford Raptor 2020

Tulisan 'FORD' yang besar membuat kesan garang di Raptor ini

Ford ingin menjauhkan kesan bahwa model ini bukanlah sekedar upgrade dari Ford Ranger dengan kode bodi T6. Yang menjadi kiblat mobil ini jelas adalah Ford F-150, hal tersebut terlihat dari grill besar dengan tulisan FORD yang massive (besar) membuat aura maskulin kian mencuat. Kombinasi dari Raptor muscular body kit dengan fender yang lebih besar, plus skid plate berkelir satin silver juga membuat aura gagah.

Review Ford Raptor 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Ford Raptor 2020

Raptor lebih lebar 150 mm bila dibandingkan dengan Ranger T6

Lanjut ke bagian samping eksterior mobil ini, fender yang lebih lebar 150 mm dari Ranger T6 ‘standar’ adalah untuk mengakomodasi penggunaan pelek dan ban yang ukurannya lebih lebar dari Ranger standar. Namun, bukan itu saja, ruang spakbor yang lebar juga agar suspensi FOX yang memiliki travel yang lebih panjang dari sok standar bisa bersemayam di dalam. O ya, Ban BF Goodrich All Terrain 33 inchi ini dikembangkan khusus untuk Ford Raptor dan diklaim dapat melewati medan apapun tanpa masalah sama sekali.

Review Ford Raptor 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Ford Raptor 2020

Tampilan buritan tidak seheboh bagian depan dan samping

Sayangnya untuk tampilan belakang dari Ford Raptor 2020 ini tidak seheboh tampilan eksterior depan dan sampingnya. Namun, jangan khawatir tampilan eksterior buritannya tetap punya aura kokoh, hal tersebut tercermin dari penggunaan bumper belakang dengan model yang lebih kokoh dari Ranger T6 standar. Melakukan manuver kala parkir dengan Raptor juga tetap mudah karena telah dilengkapi dengan kamera parkir dan juga sensor parkir.  

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Ford Ranger 2020

Review Ford Raptor 2020: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout Dasbor Ford Raptor 2020

Dasbor besar dan lebar khas mobil Ford kekinian

Padu padan tiga warna pada dashboardnya membuat aura sporty di Raptor ini kian terasa. Kelir hitam sebagai fondasi utama, dikombinasi dengan jahitan biru dan aksen krom mengkilap memperkuat kesan sporty namun tetap mewah. Meski layout dasbornya lebar, namun tata letak tombol di dashboardnya terasa cukup ergonomis. Berbagai tombol untuk mengakses fitur terasa cukup mudah diakses oleh pengendara.

Review Ford Raptor 2020: Setir

Gambar menunjukkan setir Ford Raptor 2020

Jahitan biru dan tanda red point pada setir membuat aura sporty

Lingkar kemudi juga tak kalah menarik, setir dengan desain palang tiga ini dikombinasikan dengan balutan kulit yang berkualitas. Selain membuat setir jadi nyaman di genggaman, setir ini juga tampil sporty dengan paduan jahitan biru dan ‘pointer’ berwarna merah pada sisi atas. Hal-hal detail seperti ini pada kenyataannya mampu meningkatkan rasa percaya diri bagi sang pemilik.

Review Ford Raptor 2020: Kursi

Gambar menunjukkan layout kurs Ford Raptor 2020

Lima orang dewasa dapat duduk dengan nyaman di kabin Raptor

Seperti halnya varian Performance dari Ford, ciri khas jahitan biru menjadi aksen utama pada kursi Ford Raptor 2020 ini. Lima orang dewasa dapat duduk dengan nyaman dan aman di dalam kabin mobil ini. Hal itu lantaran kelima kursi sudah mendapatkan headrest adjustable yang dapat diatur ketinggiannya, dudukan ISOFIX plus sabuk keselamatan ELR di semua kursi.

>>> Baca juga:

Fitur Ford Ranger 2020

Review Ford Raptor 2020: Multi Information Display

Gambar menunjukkan

Info di MID lengkap dan setir dilengkapi dengan paddleshift magnesium

Panel Multi Information Display (MID) tersedia di panel instrumen Ford Raptor 2020 ini. Ia memiliki ukuran bentang layar 4,2 inci dan mampu menyajikan informasi terkini seputar kondisi kendaraan seperti konsumsi BBM, jarak tempuh, kondisi mesin hingga mode berkendara yang sedang dipilih. MID tersebut bisa dioperasikan dengan menekan tombol yang terpasang di lingkar kemudi setirnya.

Review Ford Raptor 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan ban dan pelek Ford Raptor 2020

Fitur keselamatan Raptor berlimpah

Mobil asal Amerika jelas tidak main-main menyoal aspek keselamatan. Mobil ini sudah tersedia Airbags hingga 6 buah, seatbelt 3 titik di semua kursi, hingga sensor alarm dan MyKey. Menariknya, mobil ini juga akan memberikan notifikasi pengingat ketika pengendara maupun penumpang lupa menggunakan seatbelt. Seperangkat fitur canggih seperti Advanced Off-Road yang dibekali dengan teknologi Dynamic Stability Control (DSC), Hill Descent Control (HDC) dan Hill Launch Assist (HLA) juga tersedia di mobil ini.

Review Ford Raptor 2020: Setup Suspensi

Gambar menunjukkan suspensi depan FOX Ford Raptor 2020

Travel suspensi FOX di Raptor lebih panjang dari suspensi standar Ranger

Bisa dibilang suspensi FOX Racing Shock Dampers 2,5 inch beserta ban BF Goodrich All-Terrain ukuran 33 inch di keempat roda adalah senjata utama dari Ford Raptor 2020 ini. Suspensi asal Amerika plus ban ini dikembangkan khusus untuk Ford Raptor dan dengan bantuan suspensi dengan travel yang lebih panjang dari standar, diklaim dapat membuat Ford Raptor 2020 mampu melewati medan apapun tanpa masalah sama sekali.

Gambar menunjukkan gardan solid axle + suspensi FOX Ford Raptor 2020

Gardan diperkuat agar lebih tangguh di medan off-road

Kehebatan suspensi dan ban tersebut lantas dikombinasi dengan mode berkendara BAJA (baca: Baha), Mode BAJA adalah mode paling responsif yang dapat Anda rasakan di mobil ini. Nama BAJA terinspirasi dari balap BAJA 1000 Desert Race. Mode Baja ini akan lebih terasa jika digunakan di area berpasir, Raptor akan menawarkan stabilitas dan rasa percaya diri pada kecepatan tinggi serta peningkatan aspek responsif.

 

Operasi Ford Ranger 2020

Gambar menunjukkan mesin EcoBlue Panther Ford Raptor 2020

Mesin diesel 2000 cc Ford merupakan yang paling bertenaga dibanding para rival

Mesin yang digunakan oleh Ford Raptor 2020 ini adalah mesin bensin tipe terbaru, yakni EcoBlue atau akrab juga disebut Panther engine. Mesin ini memiliki konfigurasi 4 silinder segaris dengan kubikasi 2000 cc dilengkapi dengan Bi-Turbocharged. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 213 Ps atau sekitar 211,5 Hp pada putaran mesin 3.750 Rpm serta torsi raksasa sebesar 500 Nm di rentang putaran 1.750 hingga 2.000 rpm.

Foto turbocharger Ford Raptor 2020

Penggunaan turbocharger membuat performa Raptor kian menggigit

Tenaga dan torsi sebesar itu lantas disalurkan pada keempat roda melalui transmisi otomatis 10 tingkat percepatan. Dengan rasio gigi yang banyak, diharapkan membuat ‘nafas’ mesin menjadi lebih panjang, mengingat karakter alami mesin diesel yang tidak bisa berputar di putaran mesin tinggi. Berkat adanya rasio yang lebih banyak ini pula membuat mobil terasa lebih agresif terutama pada putaran mesin yang rendah.

Foto transmisi 10 percepatan Ford Raptor 2020

Transmisi 10 percepatan menjamin penyaluran tenaga kian sempurna

Kombinasi tenaga, torsi besar dan suspensi lansiran FOX membuat pengendalian mobil ini begitu memukau terutama di medan berpasir dan off-road. Rasanya melewati medan apapun tidak akan menjadi masalah berarti bagi mobil ini. Sayangnya, penggemar mobil dual cabin di Indonesia masih harus bersabar, sebab  PT RMA selaku agen pemegang merek Ford di Indonesia belum berniat memasukkan Ford Raptor 2020 ini dalam waktu dekat.

Gambar menunjukkan Ford Raptor 2020 sedang jumping

Performa Raptor sangat mengagumkan

Spesifikasi Ford Ranger 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Ford Raptor 2020.

Mesin Ford Raptor 2020
 Seri mesin  EcoBlue 'Panther' 2.0 Liter 4 Silinder Segaris Bi-Turbocharged
 Pasokan Bahan Bakar  Common Rail Direct Injection
 Jumlah Katup  16 Katup (2 Katup Inlet dan 2 Katup Outlet Per Silinder)
 Tenaga Maksimum  211,5 Hp (213 Ps) @ 3.750 Rpm
 Torsi Maksimum  500 Nm @ 1.750 - 2.000 rpm
 Kapasitas Silinder  1,996 cc
 Bore X Stroke  84,0 mm X 90,0 mm
 Tipe Transmisi  10 Tingkat Percepatan Otomatis, Penggerek Empat Roda
  Rangka Ford Raptor 2020
 Panjang X Lebar X Tinggi

 5.398 mm x 2.028 mm x 1.873 mm

 Jarak Sumbu Roda  3.220 mm
 Dimensi Bak Angkut  1.743 mm x 1.560 mm x 561 mm
 Ground Clearance  283 mm
 Jumlah Tempat Duduk  5 Tempat Duduk
 Radius Putar  6,45 Meter
 Kapasitas Tangki  80 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Ford Raptop 2020
Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Independent SLA dengan Aluminium Arms, FOX 2.5” Internal Bypass Shock Absorbers dan Position Sensitive Damping

 Belakang: Multilink Solid Rear Axel dengan Watt’s Linkage, FOX 2.5” Internal Bypass Shock Absorbers dan Position Sensitive Damping

Sistem Kemudi  Rack and Pinion with Electric Power Assisted Steerinng (EPAS by Ford)
Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc & Ventilated Disc
Teknologi Sistem Pengereman  ABS & EBD + BA
Teknologi Safety Sasis  BORON STEEL by Ford
Struktur Sasis  Ladder Frame, Pick Up Truck Segment
Pelek  Alloy, 17 Inch
Jenis Ban  BF Goodrich All-terrain 285/70 R17

Daftar Harga Ford Ranger 2020

Berikut ini adalah harga Ford Raptor 2020 yang sudah dirilis di Thailand, untuk harga di Indonesia kemungkinan besar akan menyentuh Rp800 juta.

TIPE MOBIL

HARGA FORD RANGER RAPTOR (Thailand)

HASIL KONVERSI DARI BAHT THAILAND KE RUPIAH INDONESIA

(Dibulatkan)

Ford Ranger Raptor

THB 1.699.000

IDR. 768.090.000

*Catatan:

  • Mengingat model ini belum dirilis secara resmi di Indonesia, maka harga di atas hanya bersifat sebagai referensi
  • Harga di atas adalah harga dari versi Thailand yang kemudian dikonversi ke Rupiah
  • Tentu jika dirilis di Indonesia akan ada beberapa penambahan biaya terkait masalah dokumentasi, impor dan pertimbangan lainnya

>>> Terupdate harga mobil baru di Indonesia

Kesimpulan Ford Ranger 2020

Ilustrasi kesimpulan review Ford Raptor 2020

Ayo dong RMA Indonesia masukkan model ini ke Indonesia

Ford Raptor 2020 mampu menjadi jagoan baru di kelas pick up truck atau kendaraan dengan kabin ganda. Kombinasi hebat antara mesin bertorsi besar, dengan suspensi keluaran FOX Racing Shock membuat mobil ini jelas tidak bisa disaingi oleh para rival lainnya asal Jepang. Ford Raptor 2020 seolah membuka kelas baru yakni persaingan double cabin berperforma tinggi. Ford Raptor mampu membuktikan ia bukan sekadar Ranger biasa. Sayangnya, penggemar mobil double cabin di Indonesia masih harus bersabar, sebab  PT RMA selaku agen pemegang merek Ford di Indonesia belum berniat memasukkan Ford Raptor 2020 ini dalam waktu dekat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya 

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Mahindra Scorpio S6 Single Cabin 4x4 MT 2019: Bakal Jadi Lawan Tangguh Pikup 4x4 Jepang?

30/11/2019

Editor rate:

Setelah puas mencoba Mahindra Scorpio S6 tipe Dual Cabin kini kami mencoba langsung varian single cabinnya. Apakah Mahindra Scorpio S6 Single Cabin 4x4 MT 2019 akan jadi lawan tangguh pikup 4x4 asal Jepang?

Lihat juga

Review Tesla Cybertruck 2020: Truk Revolusioner Tesla Bergaya Cyberpunk!

28/11/2019

Editor rate:

Elon Musk tak henti-hentinya mengejutkan penggemar otomotif di seluruh dunia. Dan kali ini, ada Tesla Cybertruck 2020 yang memukau penggemarnya di Los Angeles Auto Show. Desainnya yang unik dan klaim anti peluru menjadi fitur menarik dari salah satu mobil revolusioner milik Tesla ini.

Lihat juga

Review Chevrolet Silverado 2020: Intip Yuk, Si ‘Monster’ Gagah Asal Amerika

09/10/2019

Editor rate:

Tepat pada tanggal 22 Mei 2019 lalu, Chevrolet meluncurkan sebuah mobil gagah di Amerika yang dinamai Silverado. Ketimbang versi sebelumnya, Chevrolet Silverado kini benar-benar dirancang sangat tangguh, dipenuhi teknologi Trailering dan mampu melahap berbagai medan. Yuk, kita intip si gagah asal Amerika dalam review Chevrolet Silverado 2020.

Lihat juga

Review Mitsubishi New Triton HDX D-Cab 4WD M/T 2019: Makin Istimewa Sebagai Mobil Pekerja

24/08/2019

Editor rate:

Inilah mobil dual cabin termurah dan paling tangguh keluaran Mitsubishi Motors. Jika sebelumnya kami telah membahas tuntas dan lengkap dua varian lain dari New Mitsubishi Triton yakni Ultimate dan GLS, kini saatnya kami melakukan ulasan mengenai Mitsubishi New Triton HDX D-Cab 4WD M/T 2019.

Lihat juga

Review Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019: Tipe Termahal New Carry Pick Up

21/08/2019

Editor rate:

Inilah tipe tertinggi dari New Carry Pick Up yang dijual di Indonesia. Tipe wide deck ini menawarkan dek yang lebih lega dibanding tipe biasa. Bagaimana impresi kami mengenai mobil Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019? Ikuti terus ulasan mendalam kami mengenai mobil ini.

Lihat juga
back to top