Review Ford Ranger 2021: Ubahan Minor Di Tengah Generasi

01/01/2021

Share this post:

Ford Ranger 2021

Editor rate:

Rp 316.000.000

Pilihan Mobil Baru dan Bekas Ford Ranger Lihat promo

Untuk bersaing dengan Nissan Navara yang mendapatkan pembaharuan, Ford Ranger 2021 turut mengalami penyegaran, meski perubahan yang diberikan tak signifikan.

Review Ford Ranger 2021: Ubahan Minor Di Tengah Generasi
Review Ford Ranger 2021: Ubahan Minor Di Tengah Generasi
0 Gambar

Pengantar Ford Ranger 2021

Mari kita simak spesifikasi Ford Ranger 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Gaya gagah dan maskulin

Peningkatan teknologi pada mesin

Tambahan fitur bantuan mengemudi

Kekurangan

Kabin dipenuhi material plastik

Pengendaraan offroad masih kurang sempurna

Tak jelas apa yang baru dari teknologi mesin

Pasar mobil double cabin sangat besar di Thailand. Tentunya hal tersebut membuat Ford Motor Company tak ingin ketinggalan bersaing di segmen pikap yang menjadi andalannya. Pikap pekerja keras Ford Ranger 2021 merupakan pembaharuan yang diberikan untuk pasar Thailand dengan beberapa tambahan minor. Kenyamanan dan ketangguhannya terasa dari sasis ladder-frame yang digunakan dari basis SUV Ford Bronco yang lebih bertenaga.

Ford Ranger di Indonesia berwarna kuning

Mobil bekas Ford Ranger yang banyak ditemukan di Indonesia

Mobil ini pertama kali diluncurkan di Indonesia pada bulan Maret 2002 sebagai produk unggulan PT Ford Motor Indonesia (FMI) saat itu. Tipe XLT dan Hurricane adalah dua varian Ranger Double Cabin yang dipasarkan, diimpor secara utuh dari Thailand. Ranger bisa dibilang sebagai pionir pikap double cabin di Indonesia. Ranger menyabet banyak penghargaan hingga Ford hengkang dari Indonesia pada tahun 2016.

Gambar Ford Ranger 2021

Ranger 2021 mendapat ubahan minor

Sempat mati suri hingga akhirnya diperkenalkan kembali pada tahun 2019, Ranger mendapatkan berbagai teknologi baru penunjang kenyamanan berkendara dalam facelift kali ini. Mulai dari tampilan yang terasa lebih elegan serta peningkatan teknologi pada mesin juga bisa ditemukan pada pembaharuan tengah generasi Ranger. Perubahan kali ini dipercaya sebagai strategi Ford untuk menghadapi Nissan Navara yang mendapatkan pembaharuan sejak generasi ketika diperkenalkan pada tahun 2014 lalu. Mari kita simak pembaharuan dalam review Ford Ranger 2021 dari Cintamobil.com di bawah ini.

Mobil Baru Populer

Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Ford Ranger 2021

Meski ubahannya minor namun pembaharuan dari Ranger teranyar yang dirilis di Thailand bulan November 2020 lalu menunjukkan sedikit perubahan pada tampilan luar. Tak begitu kentara, tapi cukup untuk membuat mobil ini terasa lebih segar di mata konsumen.

Review Ford Ranger 2021: Eksterior Depan

Perubahan paling kentara bisa terlihat dari tampilan grille yang berbeda dibandingkan edisi sebelumnya. Desain lubang “hidung ganda” bergaya trapesium ini bisa ditemukan pada semua varian Ford Ranger saat ini. Sedangkan untuk pembeda masing-masing varian, Ford membedakan warna eksterior mobil ini.

Tampilan depan Ford Ranger 2021 berwarna kuning
Tampilan depan Ford Ranger 2021

Selain grille, tak terlihat perbedaan lain yang ditemukan pada mobil ini. Lampu depan serta tampilan bumper masih tetap sama, menegaskan tampilan maskulin yang menjadi ciri khas mobil ini. Begitu pula lampu kabut yang dipertahankan, memberikan visibilitas yang lebih baik ketika berkendara.

Review Ford Ranger 2021: Eksterior Samping

Gagang pintu berlapis chrome masih dipertahankan. Tapi Ranger tipe XLT mendapatkan footstep untuk memberikan kepraktisan bagi penumpang yang ingin masuk ke dalam kabin. Untuk mengisi lengkungan yang lebih lebar, trim tertinggi Wildtrak X hadir dengan velg unik berukuran 18 inci delapan palang yang baru, berwarna hitam dengan offset 35 mm.

Tampilan samping Ford Ranger 2021 berwarna kuning
Tampilan samping Ford Ranger 2021

Ada perbedaan bagi Ranger berpenggerak empat roda dan penggerak roda belakang. Ford menyebutkan ground clearance dari Ranger penggerak roda belakang tercatat 213 mm. Sedang Ford Ranger 4x4 dibuat lebih tinggi, yaitu 226 mm. Menegaskan kapabilitas berkendara di jalanan off-road yang lebih baik.

Review Ford Ranger 2021: Eksterior Belakang

Tampilan belakang Ford Ranger 2021 berwarna kuning
Tampilan belakang Ford Ranger 2021

Lampu belakang bertingkat masih ada pada bagian belakang. Termasuk rangka baja yang diberikan pada model FX4 Max yang dipasarkan di Australia. Ada penutup bak belakang menggunakan power roller sudah diberikan pada Ranger di pasar Thailand, sebelumnya sudah diberikan sebagai fitur standar bagi Ranger yang dipasarkan di Australia.

>>> Baca review paling lengkap dari Ford lainnya di sini


Interior Ford Ranger 2021

Tampilan dalam Ford Ranger memang tak jauh berbeda dibandingkan produk Ford lainnya. Desain dan bahan kabin bisa dibilang beragam. Mengandalkan material plastik murah yang bisa ditemukan pada beberapa tempat interior, tapi dilengkapi dengan potongan kecil trim yang terasa mewah.

Review Ford Ranger 2021: Dashboard

Memang tak begitu mewah dibandingkan model kendaraan penumpang Ford lainnya, tapi Anda sudah bisa mendapatkan material soft touch yang diberikan pada bagian atas dashboard Ford Ranger 2021. Head unit layar sentuh 8.0 inci dengan pengaturan AM/FM radio dan Bluetooth serta Port USB disediakan bagi penghuni baris depan.

dashboard Ford Ranger 2021 berwarna hitam
Dashboard Ford Ranger 2021

Konsol tengah juga praktis tanpa perubahan. Ada tuas persneling yang didominasi warna hitam serta aksen silver. Lengkap dengan sepasang cup holder sebagai tempat minuman Anda dan armrest yang akan memberikan kenyamanan berkendara ketika sedang bepergian jarak jauh.

Review Ford Ranger 2021: Setir

setir Ford Ranger 2021 berwarna hitam
Setir Ford Ranger 2021

Diperkenalkan dalam bentuk facelift, pengaturan setir juga masih tetap sama yakni mampu diatur secara tilt and telescopic. Setir palang empat ini lengkap dengan logo Ford di bagian tengah disandingkan dengan aksen perak pada beberapa bagian. Ada beberapa tombol yang dipasang untuk mempermudah Anda mengakses beberapa fitur yang disematkan pada mobil ini.

Review Ford Ranger 2021: Kursi

Di bagian dalam, Ford Ranger Wildtrak menggunakan trim jok kulit hitam yang unik dengan aksen Sabre orange. Ada tambahan lapisan kulit pada sisi samping yang menggantikan bahan suede. Sebagai truk pikap, memang kenyamanannya tak bisa dibandingkan dengan mobil penumpang. Tapi ruang kaki dan ruang kepala yang diberikan cukup baik bagi penumpang di belakang.

Kursi Ford Ranger 2021 berwarna hitam
Kursi Ford Ranger 2021

Ranger tersedia sebagai model extended cab (SuperCab) atau crew cab (SuperCrew). Kursi SuperCrew yang lebih lapang dapat menampung hingga lima orang dan dilengkapi dengan empat pintu di bagian samping. Sedangkan SuperCab menyediakan tempat duduk untuk empat penumpang serta memiliki dua pintu setengah yang lebih kecil.

Review Ford Ranger 2021: Bak Belakang

Bak belakang Ford Ranger 2021 dengan penutup
Bak belakang Ford Ranger 2021

Dengan tidak adanya perubahan dimensi, praksis kapasitas penyimpanan di bak belakang masih tetap sama. Material kokoh bisa menampung barang berukuran berat. Sedangkan untuk kepraktisan, bak belakang sudah bisa ditutup dengan power roller shutter otomatis. Melindungi barang bawaan dari hujan maupun ketika Anda sedang berkendara di jalanan berlumpur.

>>> Baca berbagai berita paling update dari Ford di sini

Fitur Ford Ranger 2021

Tak jauh berbeda dibandingkan model pikap lainnya, Ranger memang tak memiliki fitur hiburan yang sama lengkapnya seperti mobil penumpang biasa. Tapi untuk kenyamanan di dalam kabin, fitur dan teknologinya tak kalah menarik. Fitur hiburan standar termasuk empat speaker dengan sistem audio AM/FM, USB Port, serta hotspot Wi-fi yang bisa menyambungkan hingga 10 gadget.

Fitur Ford Ranger 2021 berwarna hitam
Fitur dalam Ford Ranger 2021

Sedangkan varian yang lebih tinggi mendapatkan beberapa penambahan fitur hiburan. Mulai dari layar sentuh 8.0 inci dengan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto serta radio satelit Sirius XM. Sistem navigasi terintegrasi dan sistem suara 10 speaker Bang & Olufsen tersedia bagi Anda. Semuanya menawarkan kontrol yang ramah pengguna.

Review Ford Ranger 2021: Fitur Keselamatan Aktif

Dalam pengujian yang dilakukan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), Ford Ranger 2021 mendapatkan empat dari lima bintang. Angka yang cukup baik untuk sebuah truk pikap. Fitur keselamatan penting yang disematkan pada mobil ini termasuk Forward-Collision Warning dan Automatic Emergency Braking, Blind-Spot Monitoring, Rear Cross-Traffic Alert, serta opsi Adaptive Cruise Control yang tersedia.

>>> Masih Tangguh dijalankan, Intip Harga Mobil Ford Ranger 4x4 Bekas Pekanbaru

Operasi Ford Ranger 2021

Tak ada perubahan pada mesin 2.2L turbo diesel maupun pilihan unit bi-turbo 2.0L yang digunakan. Mesin 2.0L tersebut masih menawarkan tenaga hingga 213 PS dan torsi 500 Nm. Kedua pilihan mesin ini disandingkan dengan girboks otomatis 10-percepatan. Namun Ford memberikan beberapa perubahan pada teknologi yang bisa dirasakan pada mobil ini.

Mesin Ford Ranger 2021 berwarna hitam
Mesin Ford Ranger 2021

Ada alasan khusus mengapa tenaga dan torsi sebesar itu lantas disalurkan melalui transmisi otomatis 10 tingkat percepatan. Dengan rasio gigi yang banyak, diharapkan membuat ‘nafas’ mesin menjadi lebih panjang, mengingat karakter alami mesin diesel yang tidak bisa berputar di putaran mesin tinggi. Berkat adanya rasio yang lebih banyak ini pula membuat mobil terasa lebih agresif terutama pada putaran mesin yang rendah.

>>> 5 Model Mobil Pick Up Terbaik Pada Tahun 2017

Spesifikasi Ford Ranger 2021

Berikut ini adalah spesifikasi Ford Ranger 2021.

Mesin Ford Ranger 2021
 Seri mesin

 2.0L : EcoBlue 'Panther' 2.0 Liter 4 Silinder Segaris Bi-Turbocharged

 2.2L : EcoBlue TDCi, 4 Silinder Segaris, VGT

 Pasokan Bahan Bakar

 Common Rail Direct Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup Inlet dan 2 Katup Outlet Per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 2.0L: 211,5 HP (213 Ps) @ 3.750 rpm

 2.2L: 158,5 HP (160 PS) @ 3.700 rpm

 Torsi Maksimum

 2.0L: 500 Nm @ 1.750 - 2.000 rpm

 2.2L: 385 NM @ 1.500 - 2.500 rpm

 Kapasitas Silinder

 2.0L: 1,996 cc

 2.2L: 2,198 cc

 Bore X Stroke

 2.0L: 84,0 mm X 90,0 mm

 2.2L: 86,0 mm X 94,6 mm

 Tipe Transmisi

 10 Tingkat Percepatan Otomatis, Penggerek Empat Roda

  Rangka Ford Ranger 2021
 Panjang X Lebar X Tinggi

 5.398 mm x 2.028 mm x 1.873 mm

 Jarak Sumbu Roda

 3.226 mm

 Dimensi Bak Angkut

 1.743 mm x 1.560 mm x 561 mm

 Ground Clearance

 213 mm & 226 untuk varian 4x4

 Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

 Radius Putar

 6,45 Meter

 Kapasitas Tangki

 80 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Ford Ranger 2021
Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Control Arm

 Belakang: Rigid Axle

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electric Power Assisted Steerinng (EPAS by Ford)

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Solid Disc

Teknologi Sistem Pengereman  ABS & EBD + BA
Teknologi Safety Sasis

 BORON STEEL by Ford

Struktur Sasis

 Ladder Frame, Pick Up Truck Segment

Pelek

 Alloy, 18 Inch

Jenis Ban

 Radial, 265/60R18

Daftar Harga Ford Ranger 2021

Melihat pasar Asia Tenggara, ada berbagai varian yang dipasangkan di Thailand. Mulai dari varian Ranger XL Street yang dibanderol 669.000 bath, atau setara dengan Rp 316 jutaan. Sedangkan harga Ford Ranger 2021 untuk varian tertinggi, yaitu Ranger Wildtrak dihargai mulai dari 979.000 (setara Rp 464 jutaan) untuk model 4x2 MT dan 1.265.000 baht (setara Rp 600 jutaan) bagi penggerak empat roda, atau Ranger 4x4 AT.

Kesimpulan Ford Ranger 2021

Ford memberikan beberapa perubahan minor untuk menyegarkan tampilan truk pikap bergaya premium ini. Ada peningkatan mesin yang dilakukan, walaupun tak mengungkapkan secara detail apa saja yang berubah dalam hal teknis dari mobil ini. Meski kemungkinan kembalinya Ford di Indonesia masih belum pasti, kehadiran Ford Ranger 2021 akan meramaikan di segmen truk pikap yang saat ini terkesan ‘mati suri’.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya 

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top