Review Ford Laser Champ 1991: Tertantang Untuk Merawat Mobil Tua? Mulailah Dari Mobil Ini

11/07/2019
editor rate: 3,8 user rate: 4,5
Selain punya nilai eksotis tinggi, memelihara mobil tua juga didasari akan alasan filosofis bagi para pemiliknya. Unsur filosofis? Ya, benar-benar punya makna terselubung, mencerminkan kepribadian dari para pemilik mobil tua. Ford Laser menjadi satu-satunya sosok yang sukses menggambarkan fenomena tersebut. Merasa tertantang untuk memilikinya? Ini dia review Ford Laser Champ 1991.

PENGANTAR Ford Laser 1991

Review Ford Laser Champ 1991 - Mungkin sebagian dari kita banyak merasa sedikit aneh serta penasaran, ingin mengetahui apa alasan orang memiliki dan setia pada mobil tuanya? Sekilas melihat mungkin seperti itu. Padahal tak begitu adanya, unsur filosofis benar-benar melekat di sana.

Filosofi jawanya, memelihara mobil tua sama saja dengan merawat orang yang sudah sepuh, perlu dirawat sangat baik atas dasar kasih sayang. Banyak para pengguna Ford Laser menceritakan latar belakang tersebut, membuat kami sedikit terenyuh.

Lewat fenomena tersebut, tim Cintamobil.com akhirnya mulai tertarik untuk mendalami sebuah mobil tua bernama Ford Laser. Masih ingat di benak kami, Ford sempat mengakuisisi 25 persen saham Mazda di tahun 1979.  Kesempatan emas itu akhirnya membuat Ford membuat sebuah produk baru yang mengadopsi Mazda Astina. Ya, produk barunya itu dinamai Ford Laser.

Brosur Ford Laser yang dirilis langsung oleh PT. IRMC dan HMN

Brosur dari Ford Laser yang dijual langsung oleh PT. Indonesia Republic Motor Company (IRMC)

Barulah pada tahun 1986, Ford menghadirkan Laser dalam tiga pilihan bodi utama yakni sedan 4 pintu (Tipe GL serta Ghia), Hatchback 5 pintu (Tipe GL serta Ghia) dan Hatchback 3 pintu (Tipe TX3). Perbedaan utama antara tipe GL, Ghia dan TX3, terletak pada aspek fitur saja.

Brosur Ford Laser TX3 yang menjelaskan penggunaan mesin berkapasitas 1.600 cc

Brosur resmi Ford yang menjual Laser TX3

Memasuki tahun 1989, tersedia pula tiga model terbaru yakni Ford Laser Sonic, Gala dan juga Champ. Ford Laser Sonic adalah varian paling ekonomis, menawarkan sedikit fitur dan juga mesin 1.3 Liter. Tak heran, sosoknya lebih cocok untuk dijadikan taksi. Kedua, Ford Laser Gala hadir dengan mesin 1.6 Liter, Power Steering dan berbagai fitur menarik lainnya. Terakhir adalah Ford Laser Champ yang menduduki kasta tertingginya, Liftback, menggunakan mesin 1.8 Liter.

Brosur Ford Laser Champ yang menjelaskan tentang mesin 1.800 cc

Dinamai Champ, karena mesinnya melampaui zaman, paling buas di antara mobil di eranya

Yang akan dijelaskan di artikel kali ini justru varian paling menariknya yakni Ford Laser Champ. Sosoknya berdiri di kasta Hatchback atau Liftback 5 pintu. Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh mobil ini? Simak informasi selengkapnya dalam review Ford Laser Champ 1991 berikut ini.

EKSTERIOR Ford Laser 1991

Karena latar belakang sebelumnya yakni pembelian saham Mazda sebesar 25 persen oleh Ford di kala itu, eksterior Ford Laser Champ 1991 justru sangat mirip dengan Mazda Astina. Sekilas memandang, memang lebih oke si Astina. Tapi tak bijak rasanya jika hanya membandingkan dari segi desain saja, sebelum membedah segala kelebihan dari Ford Laser Champ.

Review Ford Laser Champ 1991: Eksterior Depan

Fascia depan Ford Laser Champ terlihat serba minimalis, kental akan nuansa Jepang. Tradisi mobil Jepang di masa lalu masih melekat, menggunakan sudut bodi yang serba kotak. Hal ini bisa dibuktikan pada alur bodinya yang mengikuti garis tegas kap mesinnya.

Eksterior Depan Ford Laser Champ 1991 menggunakan desain yang minimalis, khas mobil sedan dipadu kultur Jepang

Ford Laser Champ sudah dilengkapi lampu utama, tersambung dengan lampu seinnya

Tersedia pula sebuah aksen berwarna hitam dipadu garis putih minimalis, memutari keseluruhan bodinya. Tak lupa, lampu utama menyatu apik dengan lampu seinnya, memberi kesan modern di zamannya. Satu hal disayangkan, mobil satu ini belum dilengkapi fitur Fog Lamp.

Review Ford Laser Champ 1991: Eksterior Samping

Malahan jika mengamati sisi sampingnya, desain bodi serba kotak justru terlihat lebih jelas. Setiap sudut bodinya dikemas tegas tanpa lekuk sedikitpun, ciri khas mobil tua Jepang yang penuh aspek simetris.

Eksterior Samping Ford Laser Champ 1991 menggunakan pelek berdesain sporty di eranya

Bodi sampingnya terlihat cukup sporty berkat satu garis tegas berwarna hitam dan putih

Di sisi lain pula, hal yang membuat tampilannya cukup sporty berkat garis hitam dan putih yang mengelilingi bodinya. Hal tersebut juga ditunjang kuat dengan desain atap ala Liftback, menjadi pembeda langsung dari varian Ford Laser lainnya.

Review Ford Laser Champ 1991: Eksterior Belakang

Tampilan lampu Stop yang panjang, dari ujung ke ujung, menjadi esensi karismatik dari Laser Champ. Menariknya lagi, sudah tersedia sebuah Rear Wiper untuk memberi visibilitas yang baik pada kaca belakang selagi hujan atau kabut. Ya, kami menyadari, sekilas melihat Wiper-nya terkesan unik dan lucu. Tapi jangan salah dulu, fitur tersebut sudah sangat fungsional di kondisi tertentu yang kami sebutkan tadi.

Eksterior Belakang Ford Laser Champ 1991 tampil dengan lampu eksotis, memanjang dari ujung ke ujungnya

Bodi belakangnya menghadirkan Wiper yang terlihat cukup unik

Fitur yang hanya dimiliki Ford Laser Champ adalah knalpot yang diklaim lebih sporty daripada varian Laser lainnya. Hal ini memang sengaja diberikan untuk Champ, sehingga memiliki perbedaan yang cukup unik dibanding kembarannya, Mazda Astina.

>>> Baca juga:

INTERIOR Ford Laser 1991

Tak relevan rasanya jika di segmen interior Ford Laser Champ 1991, kita menilai kabinnya dari segi desain. Tentu, kita semua sepakat bahwa desain kabin interior mobil terkini tak bisa dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh Ford Laser Champ. Lebih bijak rasanya jika menilai kabin mobil ini dari segi fitur yang cukup lengkap dibandingkan mobil di eranya.

Review Ford Laser Champ 1991: Dashboard

Panel dashboard dikemas dengan dominasi warna hitam saja. Adapun bahan yang digunakan masih plastik biasa dan kurang atraktif dipandang. Mungkin kata monoton cukup tepat menggambarkan bagaimana desain dashboard-nya.

Dashboard Ford Laser Champ 1991 dibalut dengan dominasi warna hitam

Dashboard kurang oke soal desain, tapi untungnya hal tersebut ditutupi oleh fiturnya yang cukup lengkap

Tapi kembali lagi, kami menyukai semua fitur pada dashboard-nya. Mulai dari fitur AC pendingin, panel radio AM/FM dipadu Stereo 4 Speaker, sudah tersemat apik. Meski tidak secanggih seperti model saat ini, tapi kedua fitur tadi sudah sangat membantu proses berkendara. Setidaknya, mengendarai mobil klasik tak membosankan adanya.

Review Ford Laser Champ 1991: Kursi

Sejatinya Ford Laser Champ mampu menampung hingga lima orang dalam kabinnya. Tapi jika dilihat dari jumlah Headrest yang ada, hanya berjumlah empat saja, dua pada bangku depan dan dua lagi di bangku belakang. Tentu Headrest ini sangatlah penting untuk keselamatan, melindungi kepala penumpang supaya tidak terpental ke belakang jika terjadi kecelakaan. Jadi ada baiknya Ford Laser Champ hanya diisi oleh empat orang saja.

Kursi Ford Laser Champ 1991 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus

Sayang, kursinya masih menggunakan bahan beludru belum mendukung bahan kulit

Sementara itu, bahan yang digunakan untuk kursinya masih kain beludru. Belum mendukung material kain sintetis atau bahkan kulit. Kekurangan bahan beludru ialah daya serap yang tinggi, membuat rentan akan bau serta apabila terkena air atau minuman.
Hal menarik yang kami temui pada kursinya adalah soal kemudahan. Kursi bisa diatur sedemikian rupa sehingga seluruh penumpang bisa mendapatkan posisi duduk yang pas. Tak heran, banyak penggunanya mengklaim bahwa Ford Laser Champ cukup nyaman diajak melaju di perjalanan jauh.

>>> Informasi menarik lainnya:

FITUR Ford Laser 1991

Untuk mobil di eranya, fitur Ford Laser Champ 1991 sudah sangat lengkap. Bayangkan saja, pada kemudi setir misalnya, sudah tersaji fitur Tilt Steering yang berfungsi untuk mengatur posisi setir sesuai gaya berkendara Anda.

Hal menarik yang mungkin tak banyak diketahui orang adalah sabuk pengamannya. Ya, sabuk pengaman Ford Laser Champ bisa mengencang dan mengendur secara otomatis. Apabila Anda sedang dalam proses menikung di atas 50 Km/Jam, maka sabuk pengaman akan seketika mengencang. Sedangkan jika dalam laju standar, sabuk pengaman akan mengendur, kembali ke posisi normal.

Tak lupa, fitur praktis seperti Central Lock, Power Window dan Electric Mirror, menunjang esensi praktis dari Laser Champ. Sebagai informasi saja, varian Ford Laser lainnya tak mendapati fitur selengkap ini sehingga disarankan untuk memilih tipe Champ jika hendak meminangnya.

Pastikan pula untuk mengecek semua fitur di atas sebelum membelinya. Hal ini dikarenakan, semua fitur tersebut berhubungan langsung dengan kelistrikan. Apabila dalam fakta lapangan, semua berjalan normal, maka mobil tersebut sangatlah oke untuk dipinang.

>>> Lihat juga daftar mobil-mobil Ford terbaru lainnya di sini

OPERASI Ford Laser 1991

Dari seluruh jajaran Laser, tipe Champ yang memiliki performa mesin paling buas. Perlu diketahui sebelumnya, operasi mesin Ford Laser Champ 1991 menggunakan kapasita 1.800 cc 4 silinder segaris 16 katup DOHC. Secara spesifikasi, performanya tak berbeda jauh dengan kembarannya, Mazda Astina.

Daya yang dihasilkan oleh mesinnya mampu mencapai 140 HP dan catatan torsi sebesar 162 Nm. Jika dibandingkan dengan model saat ini, sebut saja Toyota Corolla Altis maupun Honda Civic, tenaga Ford Laser Champ tak jauh berbeda. Mungkin terdengar biasa saja bagi Anda. Tapi perlu menjadi catatan, tenaga yang ditawarkan oleh Laser Champ di eranya, sudah berhasil melampaui mobil-mobil di zamannya.

Operasi Mesin Ford Laser Champ 1991 mampu melakukan akselerasi 0-100 Km/Jam dalam waktu 10,12 detik

Mesin Ford Laser Champ adalah paling tinggi kapasitasnya dari varian lainnya

Sebagai referensi tambahan, mesinnya mampu berakselerasi dari 0-100 Km/Jam dengan tempo 10,12 detik. Sungguh mengesankan buat kami, tak bisa meremehkan sebuah mobil tua. Di sisi konsumsi bahan bakar, banyak penggunanya mengklaim Ford Laser Champ mampu mencapai angka 13,6 Km/Liter (estimasi paling hemat). Sedangkan paling borosnya, hanya berada di kisaran 8 Km/Liter.

>>> Jangan lupa untuk membandingkan juga dengan model-model sedan tak kalah menarik lainnya

spesifikasi Ford Laser 1991

Untuk seputar hal teknis, Anda bisa mengamati tabel spesifikasi Ford Laser Champ 1991 di bawah ini.

SPESIFIKASI FORD LASER CHAMP 1991

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.270 mm x 1.695 mm x 1.375 mm

Jarak Sumbu Roda

2.500 mm

Jarak Pijak Depan

1.430 mm

Jarak Pijak Belakang

1.430 mm

Ground Clearance

150 mm

Berat Kosong

1.025 Kg

MESIN

Tipe Mesin

1.8 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC (HLA)

Kapasitas Silinder

1.839 cc

Daya Maksimum

140 PS / 6.500 Rpm

Torsi Maksimum

162 Nm / 4.700 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

HANDLING

Suspensi Depan dan Belakang

All Round Independen, McPherson Strut Per Koil dengan Stabilisator

Sistem Kemudi

Engine Speed Sensitive (ESS) Power, Tilt Steering dan Rack & Pinion

Rem Depan

Cakram Berventilasi

Rem Belakang

Cakram Solid

Ukuran Ban

185/60 HR14

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection (EFI)

kelebihan & kekurangan Ford Laser 1991

Setelah cukup banyak membahas tentangnya, kini saatnya memberikan opini terkait kelebihan dan kekurangan Ford Laser Champ 1991.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Performa mesinnya berada di atas rata-rata untuk model di zamannya

Siapkan Budget tambahan untuk melakukan restorasi, sekitar 10 jutaan, karena banyak part-nya sudah berumur. Ditakutkan tidak diperiksa secara berkala oleh pemilik sebelumnya

Harga beli bekasnya cukup terjangkau

Untuk urusan desain eksterior, masih lebih stylish Mazda Astina

Sparepart cukup berlimpah dan bisa saling tukar dengan Mazda Astina

Tatanan desain interior kurang relevan dengan basis tren masa kini

Ramah untuk kegiatan modifikasi

Fitur yang lengkap, diharuskan untuk melakukan pengecek lebih lanjut karena berurusan dengan masalah kelistrikan

daftar harga Ford Laser 1991

Di eranya, Ford Laser Champ dihargai Rp. 100 jutaan. Beda halnya dengan kini, daftar harga Ford Laser Champ 1991 bekas dijual mulai Rp. 30 jutaan. Itu pun tergantung kondisi serta beberapa faktor lainnya.

TIPE MOBIL

HARGA FORD LASER CHAMP BEKAS

Ford Laser Champ

Rp. 30 jutaan - Rp. 40 jutaan

>>> Klik di sini untuk melihat daftar harga lengkap dari mobil Ford Laser yang dijual di Indonesia

Video Ford Laser 1991

KESIMPULAN Ford Laser 1991

Memiliki dan merawat mobil tua, bukanlah perkara yang mudah. Jika di Jawa, filosofi para pemilik mobil tua selalu identik dengan merawat mereka yang sepuh dengan penuh kasih sayang dan loyalitas. Tak mudah serta penuh tantangan. Ford Laser Champ merupakan salah satu mobil sukses menggambarkan latar belakang tersebut. Bernostalgia kembali ke era 1990-an. Apalagi mesinnya yang siap diajak kebut-kebutan di masa lalu, memberi imajinasi segar, betapa indahnya masa lalu.

Bagi generasi millennial yang ingin meneruskan filosofi tersebut, bisa diawali dengan meminang Ford Laser Champ. Kami pun tentu memberi dua jempol bagi mereka pemilik mobil tua. Bukan lagi dianggap sebagai orang kurang gaul, tapi lebih daripada itu. Setidaknya, para pemilik mobil tua memiliki kepribadian serupa yakni benar-benar tahu cara merawat sesepuh, layaknya mereka merawat mobil tua kesayangannya.

>>> Simak juga review mobil terbaru dan terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil