Review Ford Kuga 2020: Ada Kenyamanan Spesial Di Balik Nama Kontroversialnya

03/06/2019
editor rate: 4,7 user rate: 4,5
Jika berbicara masalah mobil terlaris buatan Ford di Eropa, Kuga menduduki peringkat ketiga setelah Fiesta dan Focus. Pencapaian ini dinilai positif oleh para petinggi Ford dan akhirnya memutuskan untuk memberikan pembaruan dalam versi All-New Kuga di tahun ini. Menariknya, mobil satu ini dirancang dengan performa elektrik, suatu hal yang sedang tren dalam dunia otomotif akhir-akhir ini. Untuk informasi selengkapnya, mari kita simak bersama dalam review Ford Kuga 2020.

PENGANTAR Ford Kuga 2020

Review Ford Kuga 2020 - Mengapa namanya Kuga? Tentu kami menyadari bahwa sebagian dari pembaca, mungkin teringat pada sosok Kamen Rider Kuuga. Namun fakta sebenarnya berbeda, pihak Ford Eropa menamainya Kuga, plesetan dari kata Cougar, dianggap sebagai sebuah ide yang bagus. Padahal, banyak orang dan media internasional menganggapnya kontroversial. Sedangkan dari Ford Amerika dan Australia, tampaknya lebih bermain aman dengan menyebutnya Ford Escape.

Berbicara Ford Kuga di Indonesia, rasanya masih menjadi hal yang tidak Familiar di telinga masyarakat, mengingat mobil ini belum pernah dirilis resmi di Indonesia, dengan mengemban nama Kuga. Adapun versi yang dihadirkan di Tanah Air, memiliki sebutan lain yakni Ford Escape. Itu pun masih hadir dengan generasi lamanya, bertahan dari tahun 2002 hingga akhirnya terhenti di tahun 2012. Lucunya, di negara  maju seperti Eropa, Ford Kuga malah terbilang sukses, berdiri sebagai mobil terlaris ketiga setelah Fiesta dan Focus.

Ford Kuga 2020 berdiri sebagai mobil SUV Compact dan tergolong populer di negara Eropa

Kuga sukses menjadi mobil Ford terlaris ketiga di Eropa

Dikutip dari CNN Indonesia, RMA Group selaku pihak pemegang kendali layanan purna jual Ford di Indonesia, menuturkan bahwa memang ada inisiatif untuk membawa Sport Utility Vehicle (SUV) Kuga di Indonesia. Namun fakta pahitnya, hal tersebut masih belum terwujud hingga saat ini. Yang jelas, inisiatif RMA Group dianggap menjadi angin segar bagi para pecinta Ford di Tanah Air.
Generasi paling terbaru adalah yang hendak dibahas kali, dirilis tepat pada tanggal 2 April 2019. Dengan generasi terbarunya kini, Ford Kuga total telah memiliki tiga generasi yang diawali sejak tahun 2008 silam. Lantas apa yang ditawarkan oleh generasi paling anyarnya ini? Perlu Anda ketahui, mobil Compact SUV ini ditawarkan dalam tiga pilihan mesin Hybrid yakni Plug-In Hybrid, EcoBlue (Mild-Hybrid) dan Hybrid (Full Hybrid). Tentu hal ini adalah sebuah langkah berani dari Ford menyambut dunia otomotif masa depan. Di sisi lain, tim Cintamobil.com juga memprediksi bahwa Kuga adalah model paling tepat dalam memperkenalkan Hybrid kepada masyarakat Tanah Air, sebelum akhirnya kita beralih ke era mobil listrik. Untuk lebih lanjut, mari kita lihat kelebihannya dalam review Ford Kuga 2020.

EKSTERIOR Ford Kuga 2020

Ford mengklaim bahwa desain eksterior Ford Kuga 2020 terlihat lebih Premium daripada sebelumnya. Dimensi Wheelbase dan Bonnet, memiliki dimensi lebih panjang sehingga terlihat lebih atletis serta berkarakter. Energetik, mungkin adalah kata yang pas menggambarkan sosok luarnya.

Review Ford Kuga 2020: Eksterior Depan

Mata sipit, terpancar tegas nan tajam dari lampu depannya. Fitur sekelas Daytime Running Light (DRL) menjadi penguat pesannya sebagai SUV bergaya Urban. Sedangkan jika mengamati Grille depan, panel ini dirancang dengan ukuran sangat besar, berbentuk mirip tekstur berlian yang dipadukan dengan siluet bemper tegas dan sporty. Nuansa energetik rasanya sudah tersampaikan jelas dari raut wajah depannya.

Eksterior depan Ford Kuga 2020 dihias menarik dengan Grille berukuran besar dan dilengkapi lampu DRL

Wajah depannya benar-benar sukses menyampaikan kesan modern sebagai SUV perkotaan

Review Ford Kuga 2020: Eksterior Samping

Beralih ke sisi samping, Ford Kuga dibekali dengan pelek berukuran 17 inci sebagai pilihan standar. Sementara itu, penguat pesan maskulin SUV juga tersirat dari fitur Roof Rail yang tertancap pada atapnya. Pemanis lain juga ditampilkan dari aksen krom, baik pada Roof Rail hingga ke pelipis kaca samping.

Eksterior Samping Ford Kuga 2020 juga dibalut menarik dengan fitur Roof Rail beraksen krom

Bodinya tampak proposional dengan ban berukuran 17 inci, memperkuat tema maskulinnya

Review Ford Kuga 2020: Eksterior Belakang

Lain ceritanya jika mengamati pada sektor buritannya. Bagi kami sendiri, dimensi bodi belakangnya cenderung terlalu bulat, terkesan kurang atletis. Namun untungnya, Twin Sport Tailpipe Exhaust menjadi salah satu panel penghias bodi belakang Ford Kuga. Di sisi lainnya, Rear Spoiler bergaya minimalis, juga sukses menyampaikan aroma Crossover pada tubuhnya.

Eksterior Belakang Ford Kuga 2020 sudah dilengkapi lampu berdesain modern dan elegan

Sentuhan paling menarik terletak pada Rear Spoiler, terlihat minimalis serta sporty

>>> Informasi menarik:

INTERIOR Ford Kuga 2020

Jika dibanding generasi keduanya, ruang interior Ford Kuga 2020 terasa lebih lega dan lebar. Hal ini bisa diamati dari data spesifik-nya yang mana bodinya lebih panjang 89 mm, lebih lebar 44 mm dan dimensi Wheelbase meningkat sebanyak 20 mm. Bukan saja, Head Room yang menjadi lebih tinggi namun juga kelegaan kursi yang lebih nyaman.

Review Ford Kuga 2020: Dashboard

Dari informasi yang kami dapatkan, memang rancangan dashboard Ford Kuga dibuat sangat nyaman. Bahkan, segala tombol yang tertata apik seakan membuat pengendara dan kendaraan ini menyatu. Semua hal menjadi lebih mudah dioperasikan, mulai dari kebutuhan berkendara, navigasi hingga Multimedia.

Dashboard Ford Kuga 2020 sudah dibekali berbagai macam fitur hiburan menarik

Inilah sosok dashboard Ford Kuga yang dikemas penuh nuansa elegan

Hal paling menarik dashboard-nya ialah panel Head Unit berukuran 12,3 inci bergaya Digital, mendukung 24-Bit True Color. Semua hal yang ditampilkan pada layar tersebut sangatlah memanjakan mata berkat didukungnya fitur High Definition dan Full Colour Spectrum. Hal ini yang benar-benar dianggap sebagai kenyamanan kelas satu bagi masyarakat internasional ketika mengamati kabin Ford Kuga.

Review Ford Kuga 2020: Setir

Kemudi setir juga dibalut bahan kulit yang mewah, memberi kenyamanan Premium bagi sang pengendara. Desainnya sendiri cukup sedap dipandang, mengingat bentuknya yang bundar diberi tekstur agak mengotak pada sisi bawah. Sedangkan dari segi fitur, setirnya sudah dilengkapi teknologi Cruise Control, pengaturan audio dan menjawab telepon cepat.

Setir Ford Kuga 2020 sudah didukung dengan berbagai tombol multifungsi

Kemudi setirnya memiliki tekstur yang unik, diklaim mampu memberi kenyamanan lebih bagi pengendara

Review Ford Kuga 2020: Kursi

Kursi juga mendapat ubahan dari segi kelegaan mengingat dimensi bodinya bertambah panjang dan lebar dari sebelumnya. Bahkan, pihak Ford mengklaim bahwa kursi pada Kuga adalah Best in Class, mengingat Legroom di bagian belakang bisa ditingkatkan hingga 1.035 mm. Ya, pasalnya kursi deret kedua bisa diatur sedemikian rupa untuk mendapat kelegaan pada saat duduk atau menambah kapasitas bagasi.

Kursi Ford Kuga 2020 diklaim mampu memberi kenyamanan mewah bagi setiap penumpangnya

Bisa diamati bersama bahwa kursinya dirancang untuk memiliki ruang kaki lega dan mudah diatur sesuai kebutuhan

>>> Baca juga:

FITUR Ford Kuga 2020

Di balik namanya yang kontroversial, fitur Ford Kuga 2020 tak bisa diremehkan begitu saja. Baik dari sisi keselamatan maupun hiburan, Kuga sudah dibekali fitur sangat lengkap.

Review Ford Kuga 2020: Fitur Keselamatan

Sama seperti mobil masa kini, Ford Kuga dipersenjatai dengan teknologi inovatif. Mungkin bagi kita yang sudah terbiasa dengan jenis mobil yang beredar di Indonesia, teknologi pada Kuga masih terasa asing. Hal ini bisa dimaklumi, mengingat Indonesia sedang beranjak ke tahap tersebut.
Blind Spot Information System (BLIS) serta Lane Keeping System (LKS), adalah salah satu fitur menarik tersebut yang memiliki fungsi untuk menjaga pandangan pengendara di titik buta dan menjaga laju kendaraan supaya tetap pada marka jalan. Hal ini sengaja dirancang semata-mata agar pengguna menjadi lebih aman dalam berkendara.

Performa Ford Kuga 2020 didukung dengan fiitur inovatif mulai dari menjaga laju berkendara hingga memantau titik buta dari kursi pengendara

Fiturnya yang lengkap menjadikan proses berkendara menjadi lebih aman dan nyaman

Di sisi lain, tersedia juga fitur seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Stop & Go, Speed Sign Recognition dan Lane Centring. Kombinasi fitur ini dirancang supaya pengendara dapat berkendara dengan aman dan nyaman, meskipun menempuh jarak yang jauh. Memantau batas aman kecepatan, membaca rambu-rambu lalu lintas serta menjaga laju kendaraaan.
Sedangkan dari aspek parkir, Ford membekali Kuga dengan teknologi Active Park Assist 2 yang mana kendaraan bisa melakukan proses parkir secara otomatis tanpa perlu kendali dari pengendara. Dalam hal ini, pengendara hanya perlu menemukan ruang parkir yang pas untuk mobil lalu menekan tombol Active Park Assist. Cukup canggih, bukan?

Fitur Ford Kuga 2020 terbilang cukup praktis dan inovatif yang mana pengendara dapat memantau kondisi kendaraan langsung dari Handphone

Hal menarik juga terletak pada kemudahan pengecekan kondisi mobil lewat aplikasi Ford Pass

Review Ford Kuga 2020: Fitur Hiburan

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Ford Kuga dipersenjatai dengan fitur FordPass Connect yang mana mobil bisa menyediakan WiFi Hotspot untuk 10 Gadget. Hal ini tentu sangat menunjang aktivitas perkotaan Anda baik untuk kegiatan komunikasi kantor hingga perkuliahan. Di sisi lain, tersedia juga Live Traffic Updates dari sistem navigasi sehingga Anda dapat mencari jalur berkendara yang cepat dan aman mencapai tempat tujuan.
Semua hal ini bisa diaplikasikan pada LCD Instrument Cluster berukuran 12,3 inci yang sudah dijelaskan pada segmen Dashboard. Semua informasi tertera sangat jelas dan mudah dibaca, mengingat fitur High Definition sudah diaplikasikan pada panel tersebut. Menariknya lagi, panel audionya sudah didukung dengan B&O Sound System, 10 Speaker berkualitas sehingga memastikan seluruh penumpang dapat mendengarkan musik dengan kualitas suara mumpuni.

Fitur Hiburan Ford Kuga 2020 hadir sangat lengkap khususnya pada panel Panoramic Sunroof

Selain menghadirkan audio berkualitas, Ford Kuga juga mengandalkan panel Sunroof sebagai fitur hiburan spesial

>>> Mulai tertarik dengan kecanggihan dari mobil Ford? Simak ulasan lengkap kami tentang mobil Ford menarik lainnya

OPERASI Ford Kuga 2020

Berbeda dengan Hyundai Ioniq yang kami bahas sebelumnya, menawarkan mesin tiga ‘rasa’ mulai dari mesin Hybrid, Plug-In Hybrid dan Electric. Operasi mesin Ford Kuga 2020 tampil berbeda yang tidak menawarkan Full-Electric, namun hanya jenis Hybrid dalam tiga konfigurasi. Tersedia setidaknya tiga ‘rasa’ juga meliputi Kuga Plug-In Hybrid, EcoBlue Hybrid dan Kuga Hybrid. Lantas apa perbedaannya?

Operasi Mesin Ford Kuga 2020 memiliki tiga pilihan konfigurasi yang mana semuanya bergantung pada sistem Hybrid

Ford Kuga ditawarkan dalam tiga pilihan mesin Hybrid mulai dari versi Plug-In, EcoBlue dan Full-Hybrid

Pertama, Ford Kuga Plug-In Hybrid adalah penggabungan mesin konvensional dengan motor elektrik. Bensin menjadi bahan bakar utama dan di sisi lain juga dibutuhkan pengisian elektrik. Nah, di sini perbedaannya yang mana daya listrik bisa diisi dari stasiun pengisian listrik dan dari proses pengereman Regenerative Charging. Daya yang dihasilkan dari Kuga Plug-In Hybrid bisa menyentuh angka 225 PS dan estimasi konsumsi bahan bakar 1,2 Liter untuk jarak tempuh 100 Km.
Kedua adalah Ford Kuga EcoBlue Hybrid. Varian ini menggunakan mesin EcoBlue diesel dengan kapasitas 2.0 Liter. Sontak, versi Kuga EcoBlue Hybrid adalah model ekonomis dengan estimasi 5.0 Liter / 100 Km. Belt Driven Integrated Starter / Generator (BISG) bekerja sebagai alternator dengan fungsi untuk mengisi daya listrik lewat pengereman. Daya yang mampu dihasilkan mencapai 150 PS.
Ford Kuga Hybrid bergantung pada pengisian daya elektrik pribadi, Self-Charging Full-Hybrid. Mobil jenis ini memiliki estimasi konsumsi bahan bakar 5,6 Liter / 100 Km, terasa lebih boros dari versi Plug-In Hybrid. Hal ini dikarenakan Kuga Hybrid tidak menggunakan baterai sebesar Plug-In Hybrid, namun memiliki hal positif dari segi harga yang lebih terjangkau.

Cuplikan singkat tentang kecanggihan Ford Kuga terbaru

>>> Jangan lupa untuk membandingkan dengan mobil SUV terbaru lainnya di sini

KESIMPULAN Ford Kuga 2020

Meski namanya terdengar kontroversial dan tidak bisa diterima positif oleh banyak pihak, Ford Kuga justru makin percaya diri dengan menghadirkan generasi ketiganya di tahun 2019 ini. Rencananya, model satu ini akan dipasarkan di awal tahun 2020 mendatang. Bagi kami yang menilai kendaraan bukan dari namanya namun dari aspek fitur dan kenyamanan, jelas bahwa Ford Kuga adalah model menarik dan tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Harapan kami, justru supaya Ford Kuga 2020 juga bisa hadir di Tanah Air sehingga bisa selaras dengan kebijakan pemerintah dalam memasuki tahap Hybrid lebih dulu sebelum akhirnya beranjak ke mobil Full Electric.

>>> Sebelum memilih dan membeli mobil, pastikan Anda mengetahui ulasan kritis dan lengkap tentangnya hanya dari situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil