Review Ford GT 2017

01/03/2019

Share this post:

Ford GT 2017

Editor rate:

Lihat promo

Inilah salah satu mahakarya Ford di dunia. Sebuah mobil dengan desain yang abadi, bahkan untuk generasi pertamanya yang lahir pada tahun 2004, masih terasa timeless hingga kini. Kami dari tim Cintamobil.com akan mengulas secara lengkap mengenai Ford GT generasi kedua ini, inilah review Ford FT 2017

Review Ford GT 2017
Review Ford GT 2017
0 Gambar

Pengantar Ford GT 2017

Mari kita simak spesifikasi Ford GT 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin beringas dengan karakter overbore

Salah satu mobil paling eye catching di bumi

Punya sejarah manis di balap ketahanan

Kekurangan

Mahal

Kurang bernuansa aristokrat

Tidak dijual bebas di Indonesia

Gambar menunjukkan Mobil balap Ford GT40 berwarna biru muda dilihat dari sisi samping

Ford GT40 adalah sumber inspirasi adanya Ford GT series yang muncul pada tahun 2005

Review Ford GT 2017 - Berbicara mengenai Ford GT, tentunya tidak afdol jika kita tidak membahas sang 'kakek' yaitu sebuah Ford GT40. Mobil Ford GT40 ini bisa dibilang sebagai salah satu produk Ford Motor Company yang ter-sukses di ajang balap. Karena sejak pertama kali kemunculannya di 1964, ia sudah berhasil menjuarai banyak perlombaan balap ketahanan. Ford GT40 sengaja dibuat oleh Ford untuk balas dendam akan kekalahannya dengan Ferrari di ajang balap ketahanan. Ford GT40 sendiri diproduksi tak sampai 150 unit, hanya 105 unit tercatat mobil Ford GT40 ini pernah dibuat. Periode pembuatannya juga hanya 5 tahun saja.

Gambar mobil Ford GT 1st Gen berwrna merah dilihat dari sisi samping

Ford GT dipamerkan pertama kali pada tahun 2005, dan mendapat sambutan hangat dari racing enthusiast

Berselang 36 tahun sejak kehadiran pertamanya, Ford Motor Company merasa kangen dan ingin membangkitkan kembali mobil yang bersejarah bagi pabrikan blue oval tersebut. Maka pada tahun 2005 dibukalah selubung mobil Ford GT generasi pertama. Sontak, mobil Ford GT generasi pertama ini mendapat sambutan yang hangat dari kalangan racing enthusiast. Aroma nostalgia akan kemenangan Ford yang begitu sensasional pada 36 tahun yang lalu kembali menyeruak ke permukaan. Maka tidak heran, banyak dari para penikmat balap menantikan kehadiran mobil ini di arena balap.

Gambar menunjukkan tampilan Interior Ford GT 1st Gen

Kabin dari Ford GT generasi pertama sangat bernuansa retro classic

Ford GT generasi pertama sendiri hadir dengan pendekatan bernuansa retro classic, Anda lihat saja desain mobilnya secara keseluruhan, sangat beraroma mobil kompetisi yang legendaris itu yaitu Ford GT40. GT sendiri merupakan akronim dari Grand Touring. Meski bentuknya hampir sama dengan GT40, namun secara dimensi ternyata berbeda dengan sang suksesor Ford GT40. Si Ford GT generasi pertama ini lebih tinggi 76 mm dari sang buyut. Namun, meski demikian aura retro classic tetap kental pada mobil yang telah diproduksi sebanyak 4.038 unit ini.

Gambar menunjukkan tampilan bagian Mesin mobil Ford GT 2006

Mesin 5400 cc supercharged diandalkan Ford Motor Company untuk jadi sumber tenaga dari Ford GT generasi pertama ini

Berbeda dengan sang kakek Ford GT40 yang mengusung mesin 4.700 cc dengan layout mesin tengah dan pakai konvigurasi V8, untuk Ford GT generasi pertama ini menggendong mesin 5.400 cc dengan induksi udara paksa supercharged. Layout mesin ditengah ini membuat distribusi bobot nyaris sempurna, sehingga dapat memperbaiki pengendalian dari Ford GT ini. Ada alasan khusus mengapa Ford lebih mempercayakan supercharged yang ikut putaran tali kipas dibandingkan dengan sistem turbocharged yang mengandalkan tekanan exhaust gas buang. Yaitu distribusi tenaga awal hingga tengah yang lebih merata, hal ini akan sulit ditemui pada mesin dengan induksi turbocharged yang wajib menunggu hingga turbo spooling di putaran mesin tertentu.

Gambar menunjukkan tampilan mobil Ford GT LE dengan banyak sticker di bagian bodi

Ford GT generasi pertama mengikuti jejak pendahulunya yaitu GT40 dengan berlaga diajang balap ketahanan

Mesin bertenaga, kabin kental aura racing serta retro membuat mobil Ford GT generasi pertama ini cukup mendapat banyak apresiasi dari media luar negeri. Akhirnya pada tahun 2015, tepatnya pada event tahunan North American International Auto Show 2015, untuk pertama kalinya selubung Ford GT generasi kedua dibuka. Saat itu tepat dengan launching video game Forza Motorsport 6. Mobil Ford GT generasi kedua ini sengaja diluncurkan bertepatan dengan 50 tahun kemenangan Ford GT40 pada tahun 1966. Mobil Ford GT generasi kedua ini tampil jauh lebih futuristis dari generasi pertamanya.

Gambar menunjukkan tampilan mobil Ford GT 2nd Gen 2017 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Tahun 2016 akhirnya diperkenalkan generasi penerus dari Ford GT, ubahan besar-besaran dilakukan oleh Ford Motor Company

Ford GT generasi kedua ini juga mengikuti jejak sang kakek dengan turun di kejuaraan World Endurance Championship.Dan berhasil memberikan perlawanan bagi pabrikan lain. Ford GT generasi kedua ini menggunakan mesin berkode D35 dengan teknologi turbocharger EcoBoost khas Ford. Lantas dengan segala macam keunggulan dan kecanggihan Ford GT 2017 ini, bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Simak terus ulasan lengkap dan mendalam dari kami seputar mobil Ford GT 2017 ini hanya di Cintamobil.com.

Gambar menunjukkan tampilan mobil Ford GT WEC berwarna biru dilihat dari sisi depan

Sama seperti pendahulunya, Ford GT generasi kedua ini juga berlaga diajang balap ketahanan World Endurance Championship

Eksterior Ford GT 2017

Review Ford GT 2017 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Ford GT 2017 berwarna putih

Karakter mobil balap tetap kental pada tampilan depan Ford GT 2017 ini

Tampilan depan dari Ford GT 2017 ini sangat kental dengan aura mobil balap modern, berbeda sekali dengan Ford GT generasi pertama yang seolah-olah dicopy langsung dari Ford GT40 yang sudah melegenda itu. Secara umum tidak ada yang komplain dari sisi desain mobil Ford GT 2017 ini. Aura modern juga semakin dipancarkan dengan headlamp yang mengadopsi bohlam tipe LED (Light Emitting Diode) dengan konsumsi daya hemat namun tetap terang.

Review Ford GT 2017 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Ford GT 2017 berwarna putih

Desain slim and sleek sangat kentara pada Ford GT 2017 ini

Tampilan samping dari Ford GT 2017 ini juga sama seperti tampilan depannya, sangat berkarakter dan modern. Bahkan desain seperti ini disinyalir akan bertahan lama, bahkan setelah 2 dekade kedepan. Bentuknya begitu slim and sleek, mengentalkan karakter sporti dan aerodinamis dari mobil Ford GT 2017 ini. Namun, desain seperti ini juga bukannya tanpa alasan, karena akan membantu efek aerodinamika yang sangat dibutuhkan oleh mobil berperforma tinggi.

Review Ford GT 2017 : Tampilan Belakang

Gamabr menunjukkan tampilan belakang Ford GT 2017 berwarna putih

Dua buah muffler yang ditempatkan sejajar dengan stoplamp membuat karakter garang sekaligus gagah dari mobil ini

Posisi mesin ditengah membuat distribusi dari bobot mobil Ford GT 2017 ini nyaris mendekati sempurna, apalagi posisi duduk dirancang sangat rendah khas-nya mobil sport, membuat handling dari mobil ini akan sangat baik. Namun, bukan sampai disitu saja, jika Anda melongok ke belakang Anda akan menemui dua buah muffler yang ditempatkan sejajar dengan stoplamp LED mobil ini. Sontak, penempatan muffler yang tidak biasa tersebut membuat karekter garang sekaligus gagah dari mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Ford GT 2017

Review Ford GT 2017 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan desain Layout dasbor Ford GT 2017

Dasbor dilapis suade berkualitas dan banyak bahan soft touch

Ada alasan khusus mengapa suade dan beludru dipilih menjadi bahan pelapis dasbor pada mobil ini, selain menambah aura sporti karena warnanya hitam dan terasa berkualitas, juga warna hitam lebih sedikit memantulkan cahaya saat pengemudi mengemudikan mobil ini di siang hari. Apalagi ketika pengendaraan di sirkuit yang membutuhkan kelincahan dan juga kecepatan reaksi pengemudi. Hal sekecil apapun dapat mengganggu. Untuk desain layout dasbornya bagaimana? Kami rasa Anda dapat menilai sendiri bagaimana mobil ini. Memukau!

Review Ford GT 2017 : Kursi

Gambar menunjukkan tampilan Kursi Ford GT 2017

Jok bucket khas mobil balap ini dapat memeluk Anda ketika menikung ekstrim

Jok bucket yang ada pada mobil Ford GT 2017 ini sangat keren, bukan hanya karena warna hitamnya yang memunculkan kesan wibawa, namun unsur aluminium yang ada di sandaran kepala kursi ini menambah aura keren. Namun, enggak hanya mengandalkan tampilan saja, ketika mobil ini Anda bawa menikung ekstrim dengan kecepatan tinggi jok bucket ini dapat memeluk Anda dengan erat, seperti pacar atau istri Anda yang memeluk erat ketika ingin dibelikan tas branded anyar.

Review Ford GT 2017 : Konfigurasi Jok

Gambar menunjukkan Konfigurasi Jok Ford GT 2017

Karena memang didesain sebagai mobil sport dengan layout mesin tengah, maka kursi mobil ini hanya dua buah saja

Karena didesain sebagai mobil sport dengan layout mesin tengah, maka tak heran jika kursi pada mobil ini hanya dua buah saja, yaitu jok pengemudi dan jok penumpang depan. Posisi duduk dari jok ini juga rendah untuk mengoptimalkan titik gravitasi agar selalu rendah. Sehingga dapat memperbaiki pengendalian dari mobil Ford GT 2017 ini.

>>> Baca juga:

Fitur Ford GT 2017

Review Ford GT 2017 : Aerodinamika

Gambar menunjukkan Aerodinamika mobil Ford GT 2017 berwarna putih

Sebagai mobil sport kekinian tentunya unsur aerodinamika menjadi salah satu perhatian utama oleh Ford

Unsur aerodinamika adalah salah satu hal terpenting pada sebuah mobil sport, para desainer harus memikirkan desain rancang bangun yang benar agar mobil dapat melaju secara efisien dan minim terkena hambatan angin (punya nilai coeficient of drag rendah). Maka tidak heran sebuah mobil sport itu rata-rata dirancang dengan ground clearance rendah, bentuk slim dan ke-semua partnya dibuat one piece dan memiliki fungsi aerodinamis. Sebut saja spion pada mobil Ford GT 2017 ini yang dirancang dengan menggunakan tangkai serta rumah spion yang slim. Lalu sistem bodywork aerodinamika aktif yang dapat membantu kestabilan Ford GT 2017 ini ketika

Review Ford GT 2017 : Multi Information Display

Gambar menunjukkan tampilan Multi Information Display dan Active Body Work pada mobil Ford GT 2017

Mobil Ford GT 2017 ini punya segudang fitur yang membantu dan menginformasikan pengemudi seputar kondisi mobil

Sebagai mobil sport, Ford GT 2017 ini punya segudang fitur yang dapat membantu pengemudi menginformasikan seputar kondisi mobil. Saat mobil Ford GT 2017 ini digunakan untuk keperluan dalam kota atau sekadar show off saja, layar dapat menginformasikan seputar konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, dan kondisi spare part. Ketika mobil digunakan di sirkuit balap, layar dapat menampilkan waktu tempuh per lap setelah di setup. Apalagi layar multi information display ini punya resolusi yang tajam.

Review Ford GT 2017 : Lampu LED

Gambar menunjukkan tampilan Lampu LED Ford GT 2017

Lampu LED dengan desain bertumpuk pada mobil Ford GT 2017 ini sangat keren

Lampu depan mobil Ford GT 2017 ini menggunakan desain bertumpuk yang sangat keren, lampu dengan bohlam jenis LED (Light Emitting Diode) ini sangat terang dan hemat daya. Memang bukan suatu hal penting, karena mobil dikelas LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) saja kini sudah ada yang menggunakan lampu LED. Namun, bentuknya yang keren abis, membuat kami tidak ingin melewatkannya dalam mengulas lampu depan pada Ford GT 2017 ini.

>>> Klik sini untuk baca Review Mazda MX-5 Miata 30th Anniversary Edition 2019 terlengkap

Operasi Ford GT 2017

Gambar menunjukkan tampilan Mesin 3.5 V6  EcoBoost Ford GT 2017

Mesin D35 dengan turbo berteknologi EcoBoost akan membantu performanya

Mesin dengan performa hebat sangat diperlukan oleh sebuah mobil sport, agar bertaji dan enggak malu-maluin ketika akan digeber di sirkuit. Dan tradisi mesin hebat ini dilanjutkan ke Ford GT generasi kedua ini. Mesin D35 dengan konvigurasi V6 90 derajat ini dilengkapi dengan turbocharger berteknologi EcoBoost. Mesin ini berkarakter overbore, maksudnya mesin overbore itu punya langkah piston yang lebih pendek dari diameter pistonnya sehingga penampang gesekan liner lebih pendek daripada mesin umum berkarakter overstroke. Mesin dengan karakter overbore akan jauh lebih tahan pada putaran mesin yang tinggi serta sangat cocok digunakan pada mobil sport seperti Ford GT 2017. Dan biasanya mesin mobil dengan karakter overbore umumnya 'dikawinkan' dengan girboks closed ratio alias perbandingan antar giginya pendek sehingga akselerasi menjadi lebih brutal.

Gambar mobil Ford GT WEC LE 2017 di jalan Indonesia

Performa hebat dari Ford GT 2017 membuatnya diandalkan oleh Ford Motor Company untuk berlaga di ajang balap ketahanan

>>> Dikeluhkan Pembeli Cina, Ini Teknologi Baru Ford untuk Menghilangkan Bau Mobil Baru

Spesifikasi Ford GT 2017

Berikut ini adalah spesifikasi Ford GT 2017.

Mesin Ford GT 2017

Seri mesin

D35 EcoBoost, Turbocharger V6

Rasio Kompresi

10,5 : 1

Tenaga Maksimum

674 Hp @ 6.250 rpm

Torsi Maksimum

746 Nm @ 5.900 rpm

Kapasitas Silinder

3.496 cc

Bore X Stroke

92,5 mm X 86,7 mm

Tipe Transmisi

Ford PowerShift 7 Percepatan Skuensial by Getrag

Dimensi Ford GT 2017

Panjang X Lebar X Tinggi

4.762 mm X 2.004 mm X 1.110 mm

Jarak Sumbu Roda

2.710 mm

Berat Kotor

1.521 kilogram

Jumlah Tempat Duduk

2

Rangka/Suspensi/Kaki-Kaki Ford GT 2017

Suspensi Depan & Belakang

Pushrod Suspension System

Sistem Kemudi

Hydraulic power-assisted rack and pinion

Rem Depan & Belakang

Brembo Berpendingin Udara, dengan kaliper 4 piston

Struktur Sasis

Monokok

Struktur Bodi

Aluminium, Carbon Fibre

Daftar Harga Ford GT 2017

Harga Ford GT 2017 adalah sekitar Rp 5,000,000,000 off the road, dan bukan dalam kondisi full option, namun sayang sekali mobil ini tidak masuk Indonesia, karena APM atau Agen Pemegang Merek Ford sendiri sudah hengkang dari Indoensia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk cek harga dan promo mobil-mobil lainnya

Kesimpulan Ford GT 2017

Gambar menunjukkan tampilan mobil Ford GT 2017 berwarna merah saat launching

Lantas, dengan segala keunggulannya dari sisi teknis, apa layak mobil ini Anda miliki?

So, is this car for you? Kami akan langsung jawab Ya! Mobil Ford GT 2017 ini dapat Anda miliki untuk trackday atau hanya sekadar koleksi saja, apalagi mobil yang memiliki sejarah panjang, akan dapat menjadi barang investasi dengan nilai yang menggiurkan.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top