Review Ford Focus 2019

21/11/2018

Share this post:

Ford Focus 2019

Editor rate:

Lihat promo

Reputasi Ford Focus sudah melegenda sebagai hatchback yang sangat praktis dan menyenangkan untuk dipakai sehari-hari selama 2 dekade terakhir. Kini hadir generasi terbaru Ford Focus yang siap menjadi hatchback yang semakin asyik digunakan sebagai kendaraan sehari-hari.

Review Ford Focus 2019
Review Ford Focus 2019
0 Gambar

Pengantar Ford Focus 2019

Mari kita simak spesifikasi Ford Focus 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Generasi keempat Ford Focus semakin keren

Sistem keselamatan aktif lengkap

Mesin kompak dan efisien, tapi punya performa oke

Kekurangan

Ruang bagasi biasa saja

Kemungkinan besar tidak akan ada di Indonesia dalam waktu dekat

Review Ford Focus 2019 - Nama Ford Focus di industri otomotif dunia sudah cukup kuat selama 2 dekade terakhir. Mulai diperkenalkan di tahun 1998, sang suksesor Ford Escort ini bisa dibilang merupakan salah satu produk sukses Ford yang bukan ‘ber-KTP’ Amerika. Sebab kawasan pertama yang menerima Ford Focus ialah kawasan Eropa, kemudian baru dikembangkan ke Asia Pasifik dan Amerika Serikat.

Tiga generasi Ford Focus

Kiri: Ford Focus generasi pertama (atas) dan ketiga (bawah), Kanan: Ford Focus generasi kedua digunakan sebagai mobil Polisi Indonesia

Oh ya bicara Ford Focus di Indonesia, ada satu hal yang cukup menarik dan membuat pamor Ford Focus terangkat di Indonesia. Ya, sekalipun debut Ford Focus di Indonesia di mulai di tahun 2005 dan sudah menggunakan generasi kedua Ford Focus (baik versi sedan dan hatchback), namun di tahun 2009 Ford Focus (versi sedan) resmi dipergunakan sebagai armada kendaraan resmi Kepolisian Republik Indonesia. Tak ayal lebih banyak pengguna jalan mengenal Ford Focus sebagai mobil polisi.

Namun image tersebut mulai disingkirkan saat Ford memasukkan generasi ketiga Ford Focus di Indonesia pada ajang IIMS 2012. Tampil hanya dalam versi hatchback untuk pasar Indonesia, Ford Focus mulai menyasar segmen hatchback premium dengan fitur yang cukup wah dan performa yang oke.

Namun kini kita akan berbicara generasi terbaru dari Ford Focus, yang memasuki generasi keempat bertepatan dengan ultah Ford Focus yang ke 20 tahun. Jika berkaca pada spesifikasi Eropa, Ford Focus generasi keempat tersedia dalam versi hatchback dan estate, sedangkan di versi Australia tersedia dalam versi sedan. Dan untuk review Ford Focus 2019 kali ini kami akan fokus membahas versi hatchback dari mobil ini. Selamat menikmati.

Eksterior Ford Focus 2019

Ford Focus 2019 versi hatchback memberikan pendekatan karakter lebih tajam dan sporty untuk versi ST-Line, dan versi lebih elegan untuk Titanium. Yang akan dibahas secara detil dalam review Ford Focus 2019 oleh Cintamobil.com ialah versi ST-Line. Lebih detilnya bisa dilihat dari penjelasan di sisi eksterior depan, samping, hingga belakang.

Review Ford Focus 2019: Eksterior Depan

Wajah Depan Ford Focus 2019

Eksterior depan Ford Focus 2019

Ford sangat memperhatikan tampilan eksterior depan Ford Focus yang kini dirancang lebih aerodinamis namun tetap memiliki wajah yang sporty. Penggunaan bonnet depan yang memanjang turut mendukung fascia depan yang kini menggunakan grille trapezoidal berukuran masif yang dibekali teknologi Active Grille Shutter yang bisa membuka/menutup akses udara ke radiator saat tidak dibutuhkan.

Agak bergeser ke area bawah pada sisi bumper kiri dan kanan disematkan Air Curtain inlet yang berfungsi mereduksi turbulensi pada roda depan. Tak lupa di sektor headlight Ford Focus 2018 sudah menggunakan LED dengan desain two-piece yang dipisahkan oleh LED Daytime Running Light yang terasa segar dan menarik.

Review Ford Focus 2019: Eksterior Samping

Wajah samping Ford Focus 2019

Eksterior samping Ford Focus 2019

Dari sisi samping, Ford Focus 2019 tetap memperhatikan unsur aerodinamika melalui desain kaca spion yang dioptimalisasi untuk mengurangi efek drag. Selain itu lekuk character line pada Ford Focus 2019 juga mengalir dari garis headlight hingga titik tengah pada pintu belakang, sebelum kemudian hadir lagi hingga ke garis taillght belakang. Tak lupa untuk menambah karakter sporty di mobil ini disematkan velg 18 ici dengan model two-tone.

Review Ford Focus 2019: Eksterior Belakang

Wajah belakang Ford Focus 2019

Eksterior belakang Ford Focus 2019

Pada area eksterior belakang Ford Focus 2019 disematkan roof spoiler yang berguna dari sisi aerodinamika, serta panel window strakes yang meminimalisir efek drag pada sisi aero mobil. Di sisi lain taillight LED juga hadir memberikan kesan mobil ini memiliki postur bodi yang melebar dan sporty, terlebih dengan twin tailpipe yang dihadirkan di sisi kanan bumper bawah mobil.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Ford Focus 2019

Mengutamakan kenyamanan dari seluruh penumpang di kabin, Ford Focus menawarkan ragam material premium dan memaksimalkan kesan luas di kabin dengan sentuhan open panoramic roof. Masing-masing trim pada Ford Focus 2019 memiliki karakteristik tersendiri, dimana versi ST-Line yang Anda lihat saat ini akan lebih menonjolkan sisi sporty dari sang hatchback ini.

Review Ford Focus 2019: Dashboard & Setir

Setir & Dashboard Ford Focus 2019

Bentuk dashboard & setir Ford Focus 2019

Dashboard Ford Focus 2019 terasa futuristik dan modern berkat floating display di area tengah berukuran 8 inci yang bisa dioperasikan melalui sentuhan tangan. Pada sisi bawah untuk mayoritas pengaturan kontrol mobil ditempatkan dekat dengan tuas transmisi, sedangkan climate control diposisikan sejajar dengan kisi-kisi AC tengah.

Di sisi pengemudi selain dimanjakan dengan setir yang memiliki tombol multifungsi, juga terdapat head-up display yang pertama kali dimanfaatkan oleh FOrd. Lewat fitur ini, pengemudi bisa mendapatkan informasi seputar mobil tanpa perlu pengemudi kehilangan fokus saat berkendara

Review Ford Focus 2019: Jok

Jok Ford Focus 2019

Desain jok depan dan belakang Ford Focus 2019

Jok Ford Focus 2019 didesain untuk kenyamanan bagi 5 penumpang dewasa. Jok depan Ford Focus 2019 mengusung bentuk semi bucket seat dengan 18-way adjustable seat untuk pengemudi dan penumpang depan. Menariknya untuk jok baris belakang jika tidak dipergunakan, bisa dilipat dengan mudah melalui tombol dari ruang bagasi.

Review Ford Focus 2019: Bagasi

Bagasi Ford Focus 2019

Ruang Bagasi Ford Focus 2019 dalam kondisi jok belakang digunakan

Bicara soal ruang bagasi, Ford Focus 2019 memiliki kapasitas bagasi yang tergolong normal untuk sebuah hatchback. Dalam kondisi standar kapasitas bagasi Ford Focus 2019 seluas 375 liter, yang bisa diekspansi saat kondisi jok belakang dilipat hingga menjadi seluas 1.354 liter.

>>> Baca juga:

Fitur Ford Focus 2019

Review Ford Focus 2019: Fitur Keselamatan & Kemudahan Berkendara

Fitur keselamatan Ford Focus 2019

Simulasi fitur Pre-Collision Assist with Pedestrian and Cyclist Detection

Ford memaksimalkan keselamatan berkendara dengan Ford Focus 2019 melalui rangkaian teknologi cerdas seperti Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Assist with Pedestrian and Cyclist Detection; Evasive Steering Assist, Blind Spot Information System with Cross Traffic Alert; Rear wide-view camera, Wrong Way Alert, dan Post-Collision Braking.

Fitur parkir Ford Focus 2019

Fitur Active Park Assist 2 pada Ford Focus 2019

Selain sistem keselamatan canggih, untuk pengguna Ford Focus 2019 juga tidak perlu pusing melakukan manuver saat parkir. Soalnya kini Ford menyematkan teknologi Active Park Assist 2 yang lebih canggih dan mampu melakukan parkir otomatis baik dalam kondisi parkir paralel atau parkir seri.

Mode berkendara Ford Focus 2019

Mode berkendara pada Ford Focus 2019

Di sisi lain, Ford pun tak luput memaksimalkan pengalaman berkendara pada mobil ini melalui penggunaan Drive Mode yang lebih cerdas. Drive Mode ini juga bersinergi dengan  Continuously Controlled Damping di sektor suspensi, yang selama 2 milidetik akan selalu membaca gerakan suspensi, setir, body, tingkat pengereman, yang kemudian berpengaruh terhadap respon suspensi agar keasyikan berkendara lebih maksimal sekaligus kenyamanan tetap terjamin selama perjalanan.

Review Ford Focus 2019: Fitur Hiburan

Sistem hiburan Ford Focus 2019

Sistem Ford SYNC 3 support Apple CarPlay

Sistem infotainment Ford SYNC 3 tetap dipercaya sebagai fitur hiburan di Ford Focus 2019. Selain mampu mengatur konfigurasi mobil, navigasi, hingga hiburan secara lengkap, Ford SYNC 3 juga bisa dikoneksikan dengan smartphone Anda karena sudah support Apple CarPlay dan Android Auto.

Di sisi lain, Ford juga memanjakan indera pendengaran pengemudi maupun penumpang Ford Focus 2019 karena mengadopsi sistem speaker Bang & Olufsen Play dengan total 10 speaker dan subwoofer dengan output total 675-watt. Oh ya, Ford juga menyediakan wireless charging yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai apabila smartphone Anda sudah support teknologi Wireless Charging

>>> Jangan-Jangan Anda Belum Tahu, Inilah Tips Mengganti Wiper Mobil Saat Musim Hujan

Operasi Ford Focus 2019

Ford Focus 2019 memiliki mesin 1.0 liter dan 1.5 liter 3-silinder EcoBoost yang bisa menghasilkan tenaga 85 PS (83 dk) hingga 182 ps (180 dk). Tersedia juga opsi mesin diesel 1.5 liter dan 2.0 liter EcoBlue yang memiliki rentang tenaga 95 PS (93 dk) hingga 150 PS (148 dk). Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 8 percepatan.

Mesin Ford Focus 2019

Mesin EcoBoost Ford Focus 2019

Sisi menarik pada mesin bensin EcoBoost yang dipergunakan pada Ford Focus 2019 terletak pada teknologi silindernya yang bisa non aktif saat berkendara dalam kondisi konstan. Diklaim oleh Ford efisiensi yang didapat dari masing-masing pilihan mesin berkisar di 10% lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

>>> Tips Mempersiapkan Mobil Untuk Track Day dari Pembalap Tiga Generasi

Spesifikasi Ford Focus 2019

Spesifikasi Ford Focus 2019 yang bisa Anda simak di Cintamobil.com.

Dimensi/ Ukuran Ford Focus 2019

P x L x T

4.378 x 1.979 x 1.471 mm

Jarak poros roda

2.700 mm

Ground Clearance

135 mm

Mesin Ford Focus 2019

Jenis

Bensin: 1.0 liter & 1.5 liter 3-silinder EcoBoost

Diesel: 1.5 liter & 2.0 liter EcoBlue

Daya maksimum

Bensin (1.0 liter 3-silinder EcoBoost): 85 ps (83 dk), 100 ps (98 dk), 125 ps (123 dk)
Bensin (1.5 liter 3-silinder EcoBoost): 150 ps (148 dk), 182 ps (180)

Diesel (1.5 liter EcoBlue): 95  ps (93 dk), 120 ps (118 dk)

Diesel (2.0 liter EcoBlue): 150 ps (148 dk)

Torsi maksimum

Bensin (1.0 liter 3-silinder EcoBoost): 170 Nm (200 Nm Overboost)

Bensin (1.5 liter 3-silinder EcoBoost): 240 Nm

Diesel (1.5 liter EcoBlue): 300 Nm

Diesel (2.0 liter EcoBlue): 370 Nm

Transmisi

Manual 6-percepatan / otomatis 8-percepatan

Kaki-Kaki Ford Focus 2019

Suspensi depan/Suspensi Belakang

Independent MacPherson struts with offset coil spring over gas filled twin-tube damper, anti roll bar / Twist-beam geometry with force vectoring springs, Mono-tube rear damper

Rem Depan / Rem Belakang

Vented front discs / Solid rear discs

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil Ford lainnya di sini

Daftar Harga Ford Focus 2019

Harga Ford Focus 2019 saat ini masih dipasarkan di kawasan eropa dengan rentang harga £17,930 -  £22,500 (sekitar Rp299 jutaan - Rp375 jutaan). Sayangnya harga ini belum tersedia di Indonesia, mengingat Ford saat ini belum ada lagi representasi dari segi prinsipal maupun ATPM resmi di Indonesia.

>>> Simaklah harga dan promo mobil lainnya dengan klik sini

Kesimpulan Ford Focus 2019

Ford Focus 2019 sekali lagi membuktikan dirinya mampu menyajikan hatchback yang menarik untuk pengguna di kawasan urban. Bisa dikatakan kualitas pengendalian Ford Focus 2019 dirancang semakin baik, kenyamanan serta fun to drive-nya tetap terpelihara dengan baik, apalagi didukung berlimpahnya fitur yang menjadi perlengkapan standar.

Tampilan Ford Focus 2019 - Atap

Ford Focus 2019 merupakan hatchback yang menarik digunakan di penggunaan urban

Hanya saja mungkin untuk mengharapkan Ford Focus 2019 masuk ke Indonesia masih tergolong sulit. Ketiadaan ATPM Ford di Indonesia membuat kepemilikan Ford di Indonesia menjadi sulit, kecuali jika Anda punya dana berlebih dan mencoba memesan melalui Importir Umum.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top