Review Ford Focus 2015: Sudah Jamannya Parkir Otomatis

03/01/2019

Share this post:

Ford Focus 2015

Editor rate:

Lihat promo

Dibanding perusahaan otomotif lainnya, Ford terbilang senyap dan kemudian mendobrak dengan hal-hal baru. Seperti halnya pada Ford Focus yang hadir dengan mesin 1.5 Liter Ecoboost Turbo. Bayangkan saja, performa mesinnya berada di atas rata-rata ketimbang pesaing lainnya. Selain jantung pacunya, apa saja kelebihan yang dimiliki? Berikut kita simak dalam review Ford Focus 2015.

Review Ford Focus 2015: Sudah Jamannya Parkir Otomatis
Review Ford Focus 2015: Sudah Jamannya Parkir Otomatis
0 Gambar

Pengantar Ford Focus 2015

Mari kita simak spesifikasi Ford Focus 2015 di bawah ini.

Kelebihan

Performa mesin bukan saja cepat namun juga irit bahan bakar

Fitur interior terbilang sangat lengkap

Parkir otomatis menjadi salah satu penawaran terbaik dari mobil ini

Kekurangan

Ruang bagasi kurang akomodatif karena adanya ban cadangan di sana

Diler Ford Indonesia sudah berhenti beroperasi sehingga Anda harus bergabung dengan komunitasnya supaya mudah mencari Sparepart

Harganya memang terbilang paling mahal dibanding kompetitor lainnya

Review Ford Focus 2015 - Sebagai mobil Hatchback stylish, Ford Focus pertama kali hadir di tahun 1998 menggantikan Ford Escort. Selama perjalanannya, Ford Focus juga sempat mengikuti World Rally Championship (WRC) mulai tahun 1999 hingga 2010. Kala itu, namanya disebut Focus RS WRC yang dibekali mesin 2.0 Liter dengan penggerak 4-Wheel Drive (4WD).

Ford Focus WRC 1999 menjadi cikal bakal dari modelnya hingga kini

Ford Focus RS WRC mulai dikenal sejak tahun 1999

Hingga kini, Ford Focus sudah memiliki tiga generasi. Kehadirannya di Indonesia baru dirasakan sejak tahun 2005 silam dan diberikan satu kali penyegaran dalam mode Facelift di tahun 2015. Sayangnya, PT. Ford Motor Indonesia (FMI) harus menutup segala operasinya di Tanah Air setahun setelahnya.

Cukup disayangkan, padahal penjualan Ford terbilang cukup bersaing yang berhasil menorehkan 4.986 unit selama tahun 2015. Sehingga, mobil Ford Focus yang hendak dibahas kali ini hanya bisa Anda dapatkan dalam mode bekas saja. Jujur saja, banyak orang kurang menangkap kelebihan mengesankan dari Focus dibanding pesaing lainnya. Sudah tugas kami untuk menjelaskan hal tersebut kepada Anda. Mari kita simak review Ford Focus 2015.

Ford Focus warna biru di jalan
Sosok Ford Focus 2015 memang terlihat berbeda daripada Hatchback besutan Jepang

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Ford Focus 2015

Sebagai perusahaan Amerika, desain eksterior Ford Focus 2015 terlihat cukup mengesankan. Seluruh bodinya dirancang dengan konsep Sporty Aerodynamic sehingga menjadi pembeda tersendiri daripada Toyota Yaris maupun Honda Jazz.

Review Ford Focus 2015: Eksterior Depan

Mengamati sisi depan, kami sangat menyukai desain Grille-nya yang terlihat mirip Aston Martin Wannabe dengan bentuk Trapezoidal. Supaya memperkuat tampilan sporty-nya, Ford Focus juga dibekali layar Honeycomb yang bukan hanya disematkan pada Grille namun juga pada lampu kabut dan bemper depannya. Dari racikan desain seperti ini, tentu terlihat jelas perbedaannya dengan Yaris ataupun Honda Jazz.

Eksterior depan Ford Focus 2015 tampil agresif dengan penyematan Honeycomb di beberapa sisinya

Eksterior depan Ford Focus 2015 terlihat menggunakan Grille berdesain mirip dengan Aston Martin Wannabe

Pemanis akhir adalah lampu utamanya yang berdesain sipit namun sayangnya belum mendukung fitur Projector. Tapi jangan kecewa dulu, lampu depannya sendiri sudah didukung LED Daytime Running Lights (DRL) sehingga tampak modern dan tajam.

Review Ford Focus 2015: Eksterior Samping

Jika diamati sekilas dari samping, Anda seakan melihat sebuah Hatchback besutan Aston Martin. Siluet dari konsep Kinetic Design membuat kami mendeskripsikan seperti itu. Adapun hal tersebut juga ditunjang dengan ban berukuran 195/50 R16 yang tampak proporsional dengan bodi mungilnya.

Eksterior samping Ford Focus 2015 sudah dilengkapi dengan kaca spion yang terintegrasi dengan lampu sein

Eksterior samping Ford Focus 2015 terlihat proporsional dengan ban berukuran 195/50 R16

Sedangkan dari segi fitur, kaca spion-nya terlihat sudah didukung pelipatan elektrik dan terintegrasinya lampu sein. Dari sisi ini, Ford terbilang sukses menangkap esensi praktis untuk kebutuhan anak muda masa kini.

Review Ford Focus 2015: Eksterior Belakang

Keseruan tak berhenti di situ saja, bodi belakang juga dibekali lekukan aerodinamis seperti konsep awalnya. Tak salah, apabila mobil ini pernah menyandang gelar ‘Car of the Year 2010’. Fitur menarik lainnya juga diamati pada Rear Spoiler dengan High-Mounted Stop Lamp yang berhasil memberi esensi lebih sporty khas anak muda. Hal tersebut juga ditunjang dengan lampu belakang LED Tail Lights yang memanjang hingga ke bodi samping. Terkesan stylish namun juga agresif ala mobil Eropa.

Eksterior belakang Ford Focus 2015 sudah dilengkapi dengan Rear Spoiler berukuran besar

Eksterior belakang Ford Focus 2015 menerapkan lampu LED Tail Lights yang memberi kesan stylish pada bodi sampingnya

>>> Baca juga:


Interior Ford Focus 2015

Untuk sekelas Hatchback, dimensi bodi Focus terbilang cukup panjang di angka 3.950 mm dengan Wheelbase sebesar 2.489 mm. Tentu saja, racikan tersebut berhasil memberi ruang lapang bagi interior Ford Focus 2015.

Review Ford Focus 2015: Dashboard

Jika Anda mencari mobil Hatchback berfitur lengkap, Ford Focus menjadi jawaban utama kami. Terbukti pada dashboard-nya yang sudah menghadirkan panel Head Unit 4,2 inci dengan 9 speaker Sony Sound System. Bisa terbayangkan bukan, betapa menggelegar dan jernih suara yang dihasilkan pada kabin Hatchback satu ini?

Dashboard Ford Focus 2015 dilengkapi Head Unit 4,2 inci

Dashboard Ford Focus 2015 memiliki desain yang cukup unik dan sudah dilengkapi fitur menarik

Mungkin bagi Anda yang belum terbiasa mengendarai Ford, desain dashboard-nya terkesan aneh dengan ukuran Console yang super besar. Namun Anda tak perlu khawatir, Anda hanya perlu terbiasa dengannya. Apalagi, tombol-tombolnya terbilang mudah dijangkau dan tulisannya tampak jelas seperti Dual Zone Automatic Control serta Push Start/Stop Button.

Review Ford Focus 2015: Setir

Lini setir juga tak luput dari esensi mewah. Terbukti dari balutan kulit yang dihadirkan serta penempatan berbagai tombol multifungsi menjadi sajian sempurna bagi kemudi setirnya. Sembari berkendara, Anda bisa mengubah musik serta meningkatkan Volume dengan tombol pada sisi kanan setirnya. Di sisi lain, Anda juga mengangkat telepon yang tersambung dengan Handphone Anda via Bluetooth. Tentu saja, hal ini menjadi penawaran yang patut untuk Anda pertimbangkan.

​Setir Ford Focus 2015 menggunakan model tiga palang yang dibekali tombol pengaturan audio, Cruise Control dan berbagai hal menarik lainnya

Setir Ford Focus 2015 juga sudah dipersenjatai dengan berbagai tombol multifungsi

Review Ford Focus 2015: Kursi

Dibanding Hatchback lainnya, kami memang sangat menyukai kursi buatan Ford. Sanggahan bantalan pada kursi kulitnya terasa sangat pas. Di sisi lain, ruang kaki juga terbilang lapang untuk Hatchback 5-Seaters.

​Kursi Ford Focus 2015 dibalut dengan kemewahan bahan kulit berkualitas

Kursi Ford Focus 2015 terlihat sangat nyaman dan mampu menampung hingga 5 orang sekaligus

Review Ford Focus 2015: Ruang Bagasi

Sayangnya, ruang bagasi kurang akomodatif dibanding kompetitornya. Pasalnya, bagasi Ford Focus juga diisi dengan ban cadangan yang ditempatkan di bagian bawah. Bisa saja ban tersebut dikeluarkan namun tak menjadi rekomendasi dari kami, ditakutkan ban bocor di tengah jalan.

Bagasi Ford Focus 2015 mampu menampung 3 hingga 4 tas berukuran besar

Dibanding pesaing lainnya, bagasi Ford Focus 2015 terbilang kurang lega

>>> Artikel terkait:

 

Fitur Ford Focus 2015

Setelah puas membahas banyak hal tentangnya, kini Cintamobil.com hendak mengulas lebih dalam tentang fitur Ford Focus 2015.

Review Ford Focus 2015: Fitur Keselamatan

Hal yang paling menarik dari mobil ini adalah fitur parkirnya, Active Park Assist. Bayangkan saja, sensor parkirnya ada 16 unit dengan formasi 6 pada sisi depan, 4 sensor di masing-masing sisi sampingnya dan 6 buah sensor pada bodi belakangnya. Jika sebelumnya hanya parallel parking, kini Focus sudah mendukung Perpendicular Parking. Fitur ini berfungsi untuk memberi kapabilitas parkir secara otomatis. Tak perlu menyentuh kemudi setirnya, Anda cukup mengikuti komando pada Console-nya untuk memindah transmisi saja. Sebuah fungsi futuristik yang hanya dimiliki beberapa mobil saja di dunia.

Fitur keselamatan Ford Focus 2015 sudah dibekali Active Parking Assist yang mampu memarkirkan kendaraan secara otomatis

Sedangkan untuk masalah fitur keselamatan lainnya, tak perlu ditanyakan lagi. Ford Focus menyuguhkan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) untuk memberi performa lebih pakem. Di sisi lain juga tersedia 6 buah Airbags termasuk Side & Curtain Airbags yang berfungsi untuk meminimalisir cedera ketika terjadi kecelakaan.

Review Ford Focus 2015: Fitur Hiburan

Dari lini hiburan, tampaknya Ford Focus Tak lagi menyediakan Panoramic Sunroof seperti pendahulunya. Kali ini, Hatchback besutan Ford ini mengandalkan sistem audio berukuran 4,2 inci yang terintegrasi dengan 9 buah Speaker Sony. Tentu saja, Anda bisa memutar musik serta video dari panel tersebut sehingga perjalanan Anda menjadi lebih berkesan. Di sisi lain, juga tersedia fitur penyejuk Dual Zone Climate Control untuk memberi kenyamanan mewah bagi seluruh penumpang.

Fitur hiburan Ford Focus 2015 hadirkan fitur penyejuk Dual Zone Climate Control dan Head Unit berukuran 4,2 inci

Fitur hiburan Ford Focus 2015 menghadirkan panel Head Unit mumpuni yang didukung 9 speaker Sony Sound System

>>> Klik di sini jika Anda tertarik untuk mengetahui mobil Ford terbaru

Operasi Ford Focus 2015

Mungkin bagi sebagian orang yang kurang memahami mesin, operasi mesin Ford Focus 2015 yang berkapasitas 1.497 cc terbilang kecil. Namun jangan salah sangka dulu sobat. Pasalnya, mesin tersebut sudah mendukung konfigurasi Turbo EcoBoost. Tak salah, apabila para pemujanya merasakan sensasi berkendara ala mobil sedan ketika mencoba Ford Focus.

Operasi mesin Ford Focus 2015 mampu memberi daya maksimum hingga 180 PS setara 6.000 Rpm

Operasi mesin Ford Focus 2015 menggunakan konfigurasi Turbo EcoBoost

Bahkan, di beberapa pesaing lainnya, daya maksimum Ford Focus terbilang paling mumpuni di angka 180 PS setara 6.000 Rpm dengan torsi puncak sebesar 240 Nm. Bagi pecinta mobil Jepang seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz, Anda akan terkesima ketika mengendarainya. Dalam hal ini, kami cukup mengerti bahwa Ford ingin menciptakan gambaran bahwa mobil Amerika juga pantas untuk dilirik oleh masyarakat Indonesia.

>>> Ingin membandingkan dengan model Hatchback lainnya? Klik di sini untuk mengetahuinya

Spesifikasi Ford Focus 2015

Supaya Anda semakin memahami segala hal tentangnya, berikut Cintamobil.com memberikan spesifikasi Ford Focus 2015.

SPESIFIKASI FORD FOCUS 2015

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.982 mm x 1.978 mm x 1.489 mm

Jarak Poros Roda

2.489 mm

Jarak Pijak Depan

1.477 mm

Jarak Pijak Belakang

1.466 mm

Radius Putar Minimum

5,05 m

Jarak Pijak Terendah

155 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.5 Liter Turbo EcoBoost

Kapasitas Silinder

1.498 cc

Daya Maksimum

180 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

240 Nm / 5.000 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Otomatis Dual-Clutch

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drums

Ukuran Ban

195/50 R16

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection (EFI)

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

43 Liter

Daftar Harga Ford Focus 2015

Karena mobil ini sudah tak lagi bisa didapatkan dalam kondisi baru, berikut terlampir daftar harga Ford Focus 2015 dalam kategori bekas.

TIPE MOBIL

HARGA FORD FOCUS BEKAS

Ford Focus 1.5 Liter EcoBoost

IDR. 85.000.000 – IDR. 170.000.000

*Catatan:

  • Harga bervariasi sesuai dengan kualitas mobil, performa mesin dan pertimbangan khusus dari penjual

Kesimpulan Ford Focus 2015

Cukup aneh rasanya jika melihat Ford Focus yang sudah dibekali mesin mumpuni dan teknologi parkir otomatis, bisa kalah saing dibanding kompetitornya. Dalam hal ini, kami berasumsi bahwa beberapa masyarakat Indonesia masih belum bisa beranjak dari pemikiran bahwa mobil Jepang adalah mobil terbaik. Bagi Anda yang berencana ingin berpindah ke lain hati seperti Ford Focus, ada baiknya Anda merasakan sensasi yang ditawarkan oleh perusahaan asal Amerika ini. Namun jangan lupakan catatan kami tentang bergabung dengan komunitasnya supaya pencarian Sparepart lebih mudah. Pasalnya, Ford sudah berhenti beroperasi di Indonesia.

Apa pendapat Anda tentang review Ford Focus 2015 Indonesia kali ini? Coba sampaikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top