Review Ford Everest 2021: Facelift Rasa Aktualisasi

30/11/2020

Share this post:

Ford Everest 2021

Editor rate:

Rp. 605.648.255

Mobil Ford Everest dijual Lihat promo

Ford Everest kembali mendapatkan facelift kedua untuk model tahun 2021 di Thailand. Meski demikian, agak sulit membedakan dari model sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, simak review berikut ini.

Review Ford Everest 2021: Facelift Rasa Aktualisasi
Review Ford Everest 2021: Facelift Rasa Aktualisasi
0 Gambar

Pengantar Ford Everest 2021

Mari kita simak spesifikasi Ford Everest 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin kompak namun bertenaga

Fitur super lengkap

Garansi powertrain 10 tahun

Kekurangan

Nyaris tanpa ubahan interior-eksterior

Head unit berukuran kecil

Harga lumayan mahal

Sejak PT Ford Motor Indonesia menghentikan operasinya di Indonesia tahun 2015, cukup banyak line-up terbaru pabrikan Blue Oval yang dilewatkan di Bumi Pertiwi. Salah satunya Ford Everest, SUV yang debut tahun 2003 untuk pasar Asia-Pasifik, dan sempat jadi lawan sepadan bagi Toyota Fortuner sebagai pionir kelas SUV ladder frame.

Tapi seperti dijelaskan di atas, peredaran Ford Everest di Indonesia cuma sampai generasi satu setelah APM Ford di Indoensia minggat tahun 2015, bertepatan dengan hadirnya generasi kedua.

Ford Everest generasi pertama tahun 2009

Ford Everest generasi pertama cukup populer di Indonesia

Masih jadi ujung tombak Ford untuk segmen SUV di pasar Asia-Pasifik, Everest generasi kedua sudah mendapatkan beberapa kali penyegaran. Yang pertama pada 2018, dan setelah 2 tahun Ford Everest kembali mendapatkan penyegaran untuk model tahun 2021 di Thailand.

Dibandingkan facelift pertama, ubahan yang didapat Ford Everest 2021 memang tidak sedramatis sebelumnya. Mungkin lebih ke penyematan teknologi terbaru dan beberapa touch-up halus agar tampilan mobil semakin segar.

Untuk lebih jelasnya, simak review Ford Everest 2021 yang telah disusun oleh redaksi Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Ford Everest 2021

Seperti dijelaskan di atas, Ford Everest 2021 tidak mendapat ubahan sedramatis sebelumnya. Pada dasarnya, tidak ada perubahan terlalu kentara dari facelift pertama yang hadir dua tahun lalu, bahkan jika dibandingkan versi pre-facelift. Untuk lebih jelasnya, simak uraiannya di bawah ini.

Review Ford Everest 2021: Eksterior depan

Tampilan depan Ford Everest 2021

Selain grile dan emblem Evrest di kap mobil, tidak ada lagi rasanya ubahan di depan

Tak butuh waktu lama untuk menemukan perbedaan antara Ford Everest 2021 dengan model facelift pertama, model grilnya tiga baris yang terlihat sporty diubah menjadi pattern mesh yang terlihat mewah apalagi dengan aksen krom.

Selain itu, di bagian kap mesin terlihat emblem tulisan Everest ada tepat di atas grile yang semakin menguatkan kesan mewah. Selebihnya sih gak ada perbedaan berarti. Mulai dari model lampu depan bi-LED (dual-LED) dengan lampu utama memakai model projector, sedang di sisi samping lampu ada lampu DRL dengan pattern L shaped.

Bagian bawah mobil diberi finishing silver plastik yang meliputi bagian bumper depan, housing lampu kabut, sampai underguard yang menciptakan aura kalem pada fascia Ford Everest 2021.

Review Ford Everest 2021: Eksterior samping

Tampilan samping Ford Everest 2021

Beralih ke bagian samping, semuanya hampir sama seperti model facelift pertama

Pindah ke samping, perbedaan antara kedua model facelift Ford Everest semakin sulit ditemui. Ford mengatakan ada beberapa ubahan pada Everest 2021, mulai dari door handle dan cangkang kaca spion yang diberi finishing krom, serta foot step dengan tepian diberi finishing chrome.

Walaupun jika kita melihat lebih seksama ke sisi samping Ford Everest facelift pertama, sudah ada aksen serupa di bagian tersebut. Jadi apa bedanya?

Review Ford Everest 2021: Eksterior belakang

Tampilan belakang Ford Everest 2021

Bagian belakang juga terlihat sangat minim ubahan, kalau tidak mau dikatakan tak ada

Sama seperti bagian depan dan belakang, bagian belakang Ford Everest 2021 juga hampir tidak ada bedanya dari model pre-facelift. Model lampu belakang masih sama, di mana stop-lamp dengan lampu LED membentuk huruf C dengan lampu sein dan mundur menyatu dengan back garnish yang diberi finishing krom.

Turun ke bawah, bumper Everest facelift kedua hadir dengan finishing yang sama seperti bumper depan dengan tambahan ornament seperti reflector lamp dan underguard untuk bagian belakang mobil.

>>> Review mobil Ford terbaru Cintamobil.com


Interior Ford Everest 2021

Setelah melihat tampilan eksterior yang nyaris tidak ada perbedaan, sepertinya dalam kabin tidak akan jauh berbeda, apa iya seperti itu? Simak lanjutan review Ford Everest 2021 untuk bagian interior

Review Ford Everest 2021: Layout interior

Dasbor Ford Everest 2021

Layout interiornya tidak berubah dari model pre-facelift yang rilis 2015

Yap, sesuai dengan prediksi di atas interior Everest facelift kedua masih terlihat sangat identik bahkan jika dibandingkan model pre-facelift yang sudah berusia 5 tahun. Tidak ada fitur-fitur modern seperti instrument cluster digital, atau head unit ukuran besar yang sudah lumrah ada di kebanyakan mobil modern.

Ford Everest facelift masih menawarkan layout yang sama seperti facelift pertama, lumayan disayangkan sih. Tapi di balik semua minus tersebut, model setir yang dipakai memiliki ukuran palang horizontal yang cukup gemuk. Di kedua palang tersebut  terdapat banyak tombol untuk mengatur berbagai fungsi, mulai dari audio, telepon, sampai cruise control.

Review Ford Everest 2021: Tempat duduk

Kabin Ford Everest 2021

Kabin Ford Everest 2021 bisa dibilang cukup lega dan bisa mengakomodir penumpang secara baik

Untungnya, layout interior yang tanpa ubahan ini terbayarkan oleh desain kursi yang cukup gemuk dan empuk khas Ford Everest. Hal ini memberi kenyamanan lebih baik dalam perjalanan jauh berbekal keergonomisan yang sangat baik, apalagi dengan material kulit.

Bukan cuma kursi yang sangat suportif, kabin mobil juga terasa cukup lega untuk ukuran SUV. Kursi depan mendapatkan pengaturan elektrik 8-way, sedang bangku baris kedua dan ketiga bisa dilipat secara individual, masing-masing 60:40 dan 50:50.

>>> Simak berita terbaru seputar Ford di sini

Fitur Ford Everest 2021

Review Ford Everest 2021: Terrain Management System

Drive selector Ford Everest 2021

Setidaknya ada lima mode penggerak yang dipilih di drive selector

SUV Ford terkenal dengan ketangguhan dalam menjelelajah berbagai medan, tak terkecuali Ford Everest yang notabenenya dirakit di Thailand, ya meski cuma sebatas off-road ringan. Untuk mengakomodir kegiatan off-road, Ford Evreest 2021 berpenggerak four-wheel drive dilengkapi drive selector yang disebut Terrain Management System.

Untuk pengaturan mode berkendara, Anda bisa memutar kenop di sebelah persneling. Adapun mode yang bisa dipilih meliputi Normal Mode, Snow/Mud/Grass, Sand, Rock, Low Range, dan Hill Descent Control.

Review Ford Everest 2021: Fitur Multimedia

Head unit Ford Everest

Meski modelnya sedikit jadul, kelengkapan head unit Ford Everest 2021 cukup lengkap 

Memang, layar ukuran 8 inci yang ditawarkan Ford Everest 2021 terasa terlalu kecil jika dibandingkan dengan rival di kelasnya. Namun, hal ini terbayar lunas dengan fitur multimedia yang mumpuni. Dimulai dari koneksi, head-unit ini sudah mendukung Ford Sync3 yang sudah mendukung konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi, serta integrasi smartphone Android Auto dan Apple CarPlay, sampai sistem navigasi. Keluaran suaranya juga bisa dibilang cukup impresif dengan total 10 speaker di dalam kabin.

Review Ford Everest 2021: Fitur Berkendara & Safety

Kamera parkir belakang Ford Everest 2021

Sangking lengkapnya, fitur kamera belakang sudah jadi standar di seluruh varian

Soal fitur berkendara dan keamanan, Ford Everest 2021 boleh berbangga diri. Kelengkapan seperti 7 buah airbag, sensor mundur kamera mundur, sampai fitur seperti Electronic Stability Program, Traction Control, Hill Launch Assist, sampai Roll Over Mitigation hadir sebagai standar.

Untuk varian Titanium+ 4x4, hadir tambahan fitur mengemudi seperti Adaptive Cruise Control, Autonomous Emergency Braking (AEB) dengan Pedestrian Detection, Driver System Alert, Forward Collision Warning System, Lane Keeping System.

Sedang untuk fitur safety, varian tertinggi mendapat tambahan Blind Spot Information System, Cross Traffic Alert, Sensor Parkir Depan, Hill Descent Control, dan Tire Pressure Monitoring System.

>>> Inovasi Terbaru, Kursi Ford F-150 2021 Bisa Rebah 180 Derajat

Operasi Ford Everest 2021

Mesin diesel 2.0L bi-turbo Ford Everest 2021

Meski kubikasinya kecil, performa mesin 2.0L diesel bi-turbo milik Everest 2021 cukup impresif

Ford Everest 2021 mempertahankan mesin bi-turbo 2.0L yang menghasilkan tenaga puncak 210 HP di 3.750 rpm dan torsi puncak 500 Nm di 1.750-2.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan oleh girboks otomatis 10-percepatan menuju sistem penggerak empat roda dengan Terrain Management System untuk varian 4x4, dan penggerak roda belakang untuk varian 4x2.

Spesifikasi Ford Everest 2021

Dimensi Ford Everest 2021
Panjang x Lebar x Tinggi 4.903 x 1.869 x 1.837 mm
Wheelbase 2.850 mm
Ground Clearence 225 mm
Performa Ford Everest 2021
Powertrain 2.0L Diesel bi-turbo with intercooler
Tenaga Maksimal 210 HP @ 3.750 rpm
Torsi Maksimal 500 Nm @ 1.750-2.000 rpm
Transmisi Otomatis 10-percepatan dengan SelectShift
Akselerasi 0-100 km/jam N/A
Top Speed N/A
Sistem Penggerak Full time 4x4 & Rear-wheel Drive
Kaki-Kaki dan Suspensi Ford Everest 2021
Suspensi Depan / Belakang Double Wishbone with Coil Spring and Anti-roll Bar / Coil Spring with Watt's Link and Anti-roll Bar
Rem Depan / Belakang Ventilated Disc/Disc
Sistem Kemudi EPAS with Pull Drift Compensation Technology
Ukuran Pelek / Ban Alloy 20 inch / 265/50 R20 (Titanium), Alloy 18 inch / 265/60 R18 (Trend)

Daftar Harga Ford Everest 2021

Ford Thailand menjual lima varian Everest 2021, dengan Trend jadi trim paling murah dengan harga THB 1.299.000 (Rp 605 juta), dan varian Titanium+ 4x4 paling mahal dengan harga THB 1.799.000 (mendekati Rp 840 juta). Untuk lebih jelasnya, simak tabel di bawah ini.

Daftar Harga Ford Everest 2021
Varian Harga (THB/RP)
Ford Everest 2.0L Turbo Trend 4x2 10AT THB 1.299.000 / Rp 605.648.255
Ford Everest 2.0L Turbo Titanium 4x2 10AT THB 1.399.000 / Rp 652.272.447
Ford Everest 2.0L Turbo Titanium 4x2 10AT - SPORT THB 1.429.000 / Rp 666.259.704
Ford Everest 2.0L Turbo Titanium+ 4x2 10AT THB 1.599.000 / Rp 745.520.831
2.0L Bi-Turbo Titanium+ 4x4 10AT THB 1.799.000 / Rp 838.769.215

Sebagai catatan, tiap kali pembelian Ford Everest 2021 di Thailand mendapatkan paket garansi Driveline Care yang mencakup powertrain dan girboks selama 10 tahun atau 150.000 km (mana lebih dulu).

Kesimpulan Ford Everest 2021

Ford Everest 2021

Terlepas dari harga mahal dan desain yang itu-itu saja, Ford Everest jelas jadi opsi SUV ladder frame yang menarik

Saat ini, belum ada omongan apakah RMA Indonesia ingin kembali membawa Ford Everest 2021 ke Indonesia, dan jadi tumpuan bersama Ford Ranger yang cukup populer di segmen pick-up dual cabin.

Tapi jika mengacu ke harga yang ditawarkan, serta desain eksterior dan interior mobil yang cenderung monoton, rasanya agak sulit Ford Everest untuk bersaing lawan Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport.

Namun dengan bermodalkan mesin diesel yang efisien dan bertenaga, serta fitur yang terhitung cukup lengkap bahkan sampai ke varian paling murah, Ford Everest 2021 bisa jadi opsi menarik jika RMA mau memasukan mobil ini ke Indonesia.

>>> Simak review lain yang tak kalah menariknya di sini

Derry Munikartono Ahnas Putra
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Preview Ford Ranger Raptor 2019

18/09/2018

Editor rate:

Belum lama ini, Ford Ranger Raptor diluncurkan di Bangkok International Motor Show yang dimulai tanggal 28 Maret hingga 8 April 2018. Bagi Anda pecinta mobil tangguh, tentu sangat mengenal dengan mobil tangguh satu ini. Namun jangan salah, model terbarunya ini dipersenjatai dengan Unique Underbody Protection dan mesin lebih bertenaga. Seperti apa informasi detailnya? Mari kita simak preview Ford Ranger Raptor 2019.

Lihat juga

Ford Everest 2014 - SUV Mid Size Sporty, Mewah dan Menawan

Rp 644,000,000

18/04/2017

Editor rate:

Di Indonesia saat ini berbagai macam jenis kendaraan roda empat atau mobil sudah bertebaran dan dapat dengan mudah ditemukan di berbagai ruas jalan. Salah satunya adalah keanekaragaman mobil SUV yang diciptakan oleh berbagai produsen mobil dunia.

Lihat juga

Review Ford Everest 2015

14/01/2018

Editor rate:

Ford Everest merupakan SUV garapan Ford yang sudah lama malang melintang. Mobil yang memulai debutnya pada tahun 2003 di Thailand memang mengecap berbagai kesuksesan. Ketangguhan dan kenyamanan yang ditawarkan mobil ini seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta otomotif dimanapun mereka berada. Dua tahun lalu, tepatnya di tahun 2015, Ford meluncurkan Everest. Apa saja keistimewaan yang ditawarkan oleh mobil yang sanggup melahap berbagai medan ini? Simaklah review Ford Everest 2015.

Lihat juga

Ford Focus 2017 Indonesia

Rp. 418.000.000

15/01/2018

Editor rate:

Segmen hatchback memang memiliki peminat tersendiri di industri otomotif, tak terkecuali pasar otomotif nasional. Mobil yang sangat bernuansa anak muda ini memang menjadi dambaan generasi milenial yang hendak memiliki mobil namun tetap ingin tampil sylish. Setelah melepas Ford Fiesta, pabrikan otomotif asal negeri pemerkasa PBB tersebut juga meluncurkan hatchback lain yaitu Ford Focus. Apa yang ditawarkan Focus kepada calon konsumennya?Berikut ini Ford Focus 2017 Indonesia.

Lihat juga

Spesifikasi Ford Escape 2008 Indonesia

02/04/2018

Editor rate:

Ford Escape adalah salah satu SUV yang terkenal kokoh dan garang. Berbekal body yang berukuran cukup besar, mesin yang mumpuni serta ground clereanceyang cukup tinggi, Escape bisa dibilang merupakan mobil yang cukup kompetibel untuk menghujam berbagai medan. SUV asal negeri Paman Sam ini juga memiliki sederet kelebihan lain yang dirasa akan sangat cocok dengan mereka yang memiliki jiwa petualang tinggi. Apa saja itu?

Lihat juga
back to top