Review Ford Everest 2019

29/11/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Kehadirannya sempat bikin ketar ketir sang raja dari Jepang, yaitu Mitsubishi All New Pajero Sport dan Toyota All New Fortuner. Sayang kini sang penantang kuat asal negeri paman sam ini hanya tinggal kenangan saja. Kemungkinan masuk tanah airnya juga enggak jelas hingga hari ini.

PENGANTAR Ford Everest 2019

Tampak sebuah Ford Everest Facelift 2019

Ford Everest ini baru saja mendapat facelift di Thailand

Review Ford Everest 2019 - Jujur saja, kami me-review mobil ini setengah kecewa sekaligus setengah lagi berharap. Kecewa lantaran mobil sebaik dan secanggih ini tidak lagi dijual di Indonesia lantaran agen pemegang mereknya kabur tidak jelas entah kemana. Namun, kami juga berharap agar mobil secanggih ini dapat masuk Indonesia, entah lewat jalur resmi via agen pemegang merek, maupun importir umum. Karena sangat disayangkan jika mobil secanggih, sebaik, dan setangguh mobil ini tidak dapat dinikmati oleh konsumen tanah air. Lalu bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Simak terus review Ford Everest 2019 yang baru saja mengalami 'operasi plastik' di Thailand.

EKSTERIOR Ford Everest 2019

Bagi Anda pembaca setia situs marketplace (situs jual beli) nomor satu di Indonesia yakni Cintamobil.com, pasti sudah enggak asing dengan gaya review kami. Untuk bagian eskterior alias tampilan luar mobil, kami selalu mengajak Anda untuk mengelilingi mobil secara menyeluruh dari mulai muka, samping hingga belakang.

Review Ford Everest 2019 : Tampilan Depan

Tampilan depan sebuah Ford Everest 2019

Muka depannya enggak terlalu berbeda jauh dengan sebelumnya

Jika Anda bukan car enthusiast, tentunya akan sulit mencari berbagai perbedaan antara sebelum facelift dan sesudah mengalami pembaharuan wajah. Karena, jika dilihat sekilas memang muka depannya enggak terlalu berbeda jauh dengan sebelumnya. Namun, jika diperhatikan secara seksama, kini tampilan muka depan Ford Everest ini lebih dewasa dan juga elegan. Kelir silver soft banyak melaburi bagian bawah bumper, cover foglamp, hingga underguard yang membuat tampilannya lebih segar dan dewasa.

Review Ford Everest : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping Ford Everest 2019

Tampilan samping Ford Everest tak ubahnya dengan sebelumnya, hanya saja pelek 20 inch desain multi spoke anyar bikin aura baru

Ya, kalau Anda sudah pernah lihat tampilan samping Ford Everest sebelum mengalami proses facelift, tentunya Anda akan tetap kesulitan menemukan apa saja perbedaan antara sebelum dan sesudah facelift. Secara umum enggak ada perubahan berarti yang disajikan pihak Ford Motor Company terhadap SUV bersasis tangga andalan mereka ini, hanya pelek saja yang mengalami penyegaran. Memang, masih sama-sama menggunakan diameter lingkar 20 inchi, namun kini dilengkapi dengan desain multi spoke anyar yang membuat aura baru pada mobil ini.

Review Ford Everest 2019 : Tampilan Belakang

Tampilan belakang sebuah Ford Everest 2019

Lagi-lagi enggak ada yang mencolok dari Ford Everest facelift ini

Anda dijamin akan lebih kecewa lagi ketika sudah melihat tampilan belakang Ford Everest 2019 ini, karena memang dari sisi eksterior enggak ada ubahan yang benar-benar mencolok. Desain lampu masih sama, bumper hanya mendapat sedikit sentuhan, dan juga pintu masih sama dengan yang lama. Rasanya insinyur Ford perlu lebih rajin membuka literatur desain, agar enggak kehabisan ide dalam mendesain mobil yang bagus dan menyenangkan dilihat. Lebih baik kehabisan tinta untuk mendesain, daripada kehabisan ide segar.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Ford Everest 2019

Setelah kecewa melihat sisi eksteriornya yang minim dengan ubahan, lalu apakah rasa kecewa hati ini akan berlanjut saat melongok ke bagian dalam atawa interiornya? Well, what do you think? Mari kita kupas sisi interiornya.

Review Ford Everest 2019 : Layout Interior

Tampak layout interior Ford Everest 2019

Setir tebal, penuh tombol khas mobil buatan Amerika, ditambah dasbor bertabur tombol

Sayangnya besar harapan Anda pada interior mobil ini yang diharapkan banyak ubahan, ternyata harus pupus. Karena ternyata para insinyur Ford masih mempertahankan desain awal Everest. Hanya sebagian kecil saja yang berubah, seperti peletakan tombol. Namun yang kami suka dari Ford Everest ini adalah setir yang tampak tebal dan dipenuhi dengan tombol pengatur, baik tombol pengatur audio, maupun tombol pengatur display pada kendaraan. Aura pick up truck negeri paman sam itu masih terasa kental di mobil ini, untunglah.

Review Ford Everest 2019 : Kursi

Tampak sepasang kursi Ford Everest 2019

Kursi yang nyaman khas mobil Amerika tetap dipertahankan di mobil ini

Hal apa yang Anda ingat jelas mengenai mobil Amerika? Tentu saja, selain mesin berkapasitas besar, juga kursinya yang besar dan mampu menyangga tubuh dengan nyaman dikarenakan egronomikanya baik. Tak heran, karena di Amerika sana, dominan dengan jalan lurus yang panjang, lebar, dan juga seakan tak habis-habis. Untuk itu dibutuhkan kursi yang besar, empuk, dan lebar. Hal ini menjadi poin yang sangat positif di interior mobil asal Amerika ini. Selain itu, bahan kulit pada kursi dan sebagian trim membuat aura mewah dari mobil ini semakin keluar.

Review Ford Everest 2019 : Panoramic Roof

Tampak panoramic roof pada Ford Everest 2019

Ford Everest 2019 adalah satu-satunya SUV ladder frame dikelasnya yang dilengkapi dengan fitur panoramic roof

Untuk di sektor interior, bisa dibilang ini adalah kelengkapan yang menjadikan Ford Everest 2019 salah satu SUV dengan sasis tangga terbaik, karena sudah dilengkapi dengan fitur panoramic roof yang membuat aura luas pada kabin dan juga terang. Namun, meski fitur ini begitu mengesankan, jika Anda tinggal di Indonesia fitur seperti ini tidak terlalu berguna, lantaran Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu panas dan hujan. Serta, suhu Indonesia yang enggak bisa dibilang dingin akan membuat  kompresor AC bekerja lebih keras mendinginkan kabin akibat suhu kabin yang lebih panas dikarenakan sinar matahari masuk ke kabin.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Ford Everest 2019

Lalu bagaimana dengan fiturnya? Mobil Amerika dikenal dengan royal terhadap fitur yang diberikan untuk konsumennya. Apakah hal yang sama jugab terjadi di Ford Everest terbaru ini? Mari kita lihat bersama.

Review Ford Everest 2019 : Fitur 4x4

Tampak fitur 4x4 select and shift on fly pada Ford Everst 2019

Fitur pengaturan 4x4 mudah diraih dan mobil Amerika dikenal jago off-road 

Image mobil Amerika yang jago off-road juga dimiliki oleh Ford Everest 2019 yang aslinya rakitan Thailand ini. Meski mesinnya kini hanya 2000 cc, namun jangan sekali-sekali meremehkan performanya. Karena Ford Everest juga mampu melibas trek off-road ringan. Untuk itu, mereka meletakkan tuas pengatur fitur 4x4 nya yang mudah dijangkau oleh tangan. Tepatnya disebelah tuas transmisi otomatis Ford Everest ini.

Review Ford Everest 2019 : Kamera Parkir

Tampak kamera parkir Ford Everest 2019

Kamera parkir pada Ford Everest ini sangat memudahkan untuk bermanuver kala parkir

Dengan panjang total mobil yang mencapai 4.893 mm dan lebar 1,862 mm tidak semua pengendara mampu mengontrol dengan baik saat harus bermanuver di parkiran sempit. Untunglah teknologi selalu membantu, dengan adanya kamera parkir yang proyeksinya dapat terlihat pada layar head unit. Tentu akan memudahkan bagi pengemudi Ford Everest ini.

>>> Konsep F-Vision Future Truck dari Ford Ambil Inspirasi dari Karakter Marvel

OPERASI Ford Everest 2019

Jika Anda kecewa dengan eksterior maupun interior mobil ini, Anda akan dipuaskan dengan sektor operasi mobil ini. Karena Ford Everest 2019 menggunakan mesin  baru dan transmisi baru pula.

Tampak performa Ford Everest 2019

Transmisi 10 percepatan dengan rasio pendek membuat tarikan bawah mobil ini menjadi agresif

Meski kapasitas mesinnya mengecil hingga 2200 cc, namun jangan main-main dengan performa mobil ini. Mesinnya 2000 cc dengan tambahan turbocharger yang merupakan peranti pemampat udara paksa. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 213 KW atau sekitar 211 hp pada putaran mesin 3.750 rpm. Serta torsi raksasa 500 Nm yang sudah mulai terasa sejak rentang putaran mesin 1.750 hingga 2.000 rpm, membuat hentakan torsi mobil ini sangat terasa diputaran bawah. Mesin 2000 cc ini dilengkapi dengan turbo ganda (Bi Turbo) serta dikawal dengan transmisi sebanyak 10 percepatan dengan rasio pendek-pendek, yang membuat mobil ini agresif di putaran rendah.

>>> Dikeluhkan Pembeli Cina, Ini Teknologi Baru Ford untuk Menghilangkan Bau Mobil Baru

spesifikasi Ford Everest 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Ford Everest 2019.

Mesin Ford Everest 2019

Seri mesin

4 Cylinder in-Line DOHC, Bi-Turbo

Bahan Bakar

Solar

Tenaga Maksimum

211 Hp @ 3,750 rpm

Torsi Maksimum

500 Nm @ 1,750 ~ 2,000 rpm

Bore X Stroke

N/A

Kubikasi

2.000 cc

Transmisi Tipe

10 Percepatan Otomatis

Dimensi Ford Everest 2019

Panjang Keseluruhan

4.893 mm

Lebar Keseluruhan

1.862 mm

Tinggi Keseluruhan

1.836 mm

Jarak Poros Roda

2.850 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

225 mm

Suspensi/Kaki-Kaki Ford Everest 2019

Suspensi Depan

Dual Wishbone, Coil Spring, Anti Roll Bar

Suspensi Belakang

Coil Spring, Watt’s Spring, Anti Roll Bar

Ukuran Ban

265/50 R20 with Alloy Rims

kelebihan & kekurangan Ford Everest 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Everest. Sebagai merek baru, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Ford Everest 2019 ini.

Kelebihan

Kekurangan

Mesin bertenaga

Konsumsi BBM agak boros

Fitur terlengkap dikelasnya

Jaringan servis jarang di Indonesia

Harga jual masuk akal

Belum masuk dan belum dijual di Indonesia

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak kelebihan dan kekurangan mobil Ford lainnya

daftar harga Ford Everest 2019

Mobil Ford Everest ini belum dijual di Indonesia dan sepertinya kansnya kecil untuk dijual di negeri ini. Jadi tidak ada harga resminya. Tapi prediksi mobil ini jika masuk Indonesia akan dijual Rp 500 jutaan.

>>> Simaklah harga dan promo mobil lainnya dengan klik sini

Video Ford Everest 2019

KESIMPULAN Ford Everest 2019

Tampak Ford Everest 2019 Kesimpulannya

Percuma, mobil ini tidak akan dijual di Indonesia, kecuali ada agen pemegang merek disini

So, this is car for you? Ya, sebagus apapun mobil ini rasanya akan percuma saja, mobil ini tidak akan dijual di Indonesia, kecuali ada agen pemegang merek yang dengan gagah berani mau memegang merek Ford di Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil