Review Ford Escape XLT 2003: SUV Bekas Asal Amrik Kini Di Bawah Rp100 Jutaan

30/09/2019
editor rate: 3,9 user rate: 4,5
Hadirnya Ford Escape ke dalam pasar otomotif Indonesia membuat konsumen mendapatkan pilihan mobil SUV medium tangguh yang datang bukan dari brand asal Jepang, melainkan brand asal Amerika Serikat. Meskipun model ini mayoritas sudah menjadi mobil bekas berusia remaja, tapi apakah Ford Escape masih layak dimiliki di tahun ini?

PENGANTAR Ford Escape 2003

Review Ford Escape XLT 2003 - Ford Escape mulai meramaikan jalanan di Indonesia pada tahun 2002. Generasi pertama Ford Escape ini hadir untuk masuk ke segmen SUV medium yang pada saat itu diisi oleh Nissan X-Trail dan Honda CR-V.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Escaperz Indonesia (@escaperz_id) on

 

Tiga versi wajah Ford Escape yang pernah dijual di Indonesia 

Sekalipun mobil SUV Ford ini sempat merajai jalanan dan memiliki basis komunitas yang kuat, namun agak disayangkan langkah Ford Escape tidak sepanjang "kakaknya", Ford Everest, yang berganti generasi sampai akhirnya Ford hengkang dari Indonesia. Ford Escape hanya sempat mengalami facelift di tahun 2005 dan 2007, dengan tetap membawa basis yang sama. 

Untuk kali ini Cintamobil.com akan membahas lebih detil sosok Ford Escape versi pertama yang bisa disimak dalam review Ford Escape XLT 2003 berikut ini.

EKSTERIOR Ford Escape 2003

Review Ford Escape XLT 2003: Eksterior Depan

Gambar menunjukkan desain bagian depan mobil Ford Escape XLT 2003

Eksterior depan Ford Escape XLT 2003

Kesan mobil tangguh menjadi kental terasa di Ford Escape XLT 2003. Pada bumper depan seluruhnya menggunakan panel plastik dengan kelir hitam, serta pada upper grille menggunakan format desain honeycomb. Untuk fog lamp ditempatkan di bawah bumper, sedangkan headlight masih menggunakan teknologi halogen. Khusus untuk mobil yang kami coba kali ini menggunakan lampu sorot tambahan, yang mana cukup meningkatkan pencahayaan mobil sekaligus memberikan efek tangguh pada mobil ini.

Review Ford Escape XLT 2003: Eksterior Samping

Gambar menunjukkan desain bagian samping mobil Ford Escape XLT 2003

Eksterior samping Ford Escape XLT 2003

Sisi samping Ford Escape XLT 2003 hadir dengan karakter yang tak kalah tangguh. Karena dari sisi bawah pintu sudah dilengkapi Bodyside Cladding dan Rocker Moldings yang berfungsi melindungi bodi samping mobil saat berkendara di medan jalanan semi off-road. Selain itu pelek yang digunakan mobil ini secara standar mengadopsi ukuran 16 inci dengan format ban standar, dimana untuk mobil ini menggunakan ban offroad model AT (All Terrain).

Review Ford Escape XLT 2003: Eksterior Belakang

Gambar menujukkan desain bagian belakang mobil Ford Escape XLT 2003

Eksterior belakang Ford Escape XLT 2003

Dari sisi belakang, Ford Everest XLT 2003, hadir dengan format pintu bagasi yang unik. Ya, tersedia dua akses ke ruang bagasi yang bisa digunakan oleh pemilik mobil. Cara pertama menggunakan pintu bagasi penuh, dan kedua cukup menggunakan pintu kaca belakang yang bisa dibuka model Liftgate. Selain itu untuk semua lampu belakang masih menggunakan model lampu halogen, serta pada bagian pintu bagasi teratas sudah ada high mount stop lamp.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Ford Escape 2003

Review Ford Escape XLT 2003: Dashboard & Setir

Gambar menunjukkan desian interior dari mobil Ford Escape XLT 2003

Dashboard dan Setir Ford Escape XLT 2003

Format dashboard dan setir Ford Escape XLT 2003 terasa unik. Hadir membawa dua aksen warna matte untuk area keseluruhan di dashboard, dan dari area kokpit pengemudi sampai ke central console menggunakan kelir warna hitam. Tidak seperti kebiasaan posisi tuas transmisi dekat dengan tuas parking brake, di Ford Escape versi awal ini tuas transmisi otomatis ditempatkan di belakang setir. Pengaturan sistem pendingin kabin, audio, serta lighter ditempatkan di area tengah dashboard. Dan untuk pengguna mobil ini tidak perlu khawatir terkait ruang penyimpanan, karena selain tersedia di glove box dan console box, juga terdapat ruang penyimpanan terbuka yang cukup banyak.

Review Ford Escape XLT 2003: Jok

Gambar menunjukkan desain bagian jok dari mobil Ford Escape XLT 2003

Jok Ford Escape XLT 2003

Kalau bicara soal standar jok mobil Ford Escape ini memang sudah dimodifikasi, dimana untuk jok depan menggunakan jok semi bucket dari Recaro dan jok belakang sudah mengalami re-trim menggunakan bahan fabric serupa dengan desain jok depan. Jika mengacu pada kondisi standar. jok yang disediakan oleh pabrikan Ford cukup mengakomodir untuk lima penumpang dewasa dengan jok depan bucket seat yang memiliki pengaturan manual, serta jok belakang yang memiliki pengaturan pelipatan jok " tip-fold-flat".

Review Ford Escape XLT 2003: Bagasi

Gambar menunjukkan desain bagian bagasi dari mobil Ford Escape XLT 2003

penampilan bagasi Ford Escape XLT 2003

Dalam kondisi standar, ruang bagasi Ford Escape tersedia sebesar 937 liter, dan bisa meluas mencapai 1835 liter jika jok baris kedua dilipat rata lantai. Pada ruang bagasi ini juga tersedia cover bagasi yang bertugas menambah privasi sekaligus melindungi agar barang di bagasi tidak terlempar ke ruang penumpang baris pertama atau kedua saat terjadi pengereman. 

>>> Baca juga:

FITUR Ford Escape 2003

Review Ford Escape XLT 2003: Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan  hasil dari Crash Test mobil Ford Escape XLT 2003

Keselamatan Ford Escape terjamin oleh uji crash test oleh  National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA)

Berdasarkan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di masa tersebut, Ford Escape generasi pertama ini sudah melalui uji crash test yang mana menghasikan 19 dari 20 bintang poin untuk keselamatan mobil pasca terjadi insiden tabrakan dari berbagai sisi mobil. Selain itu, Ford juga sudah membekali Ford Escape ini dengan fitur d 4-wheel antilock braking system (ABS), Airbag untuk pengemudi beserta penumpang depan dan airbag samping, serta pelindungan tambahan dari sisi pintu penumpang melalui Side intrusion door beams.

>>> Pencurian Semakin Marak, Ford Luncurkan Teknologi Keyless Anti Pencurian

OPERASI Ford Escape 2003

Gambar menunjukkan desain bagian mesin dari mobil Ford Escape XLT 2003

Mesin Ford Escape XLT 2003

Di balik kap mesin, tersimpan sosok mesin 3.0 liter Duratec V6 engine yang dipadukan sistem transmisi otomatis 4-percepatan. Total tenaga yang bisa dihasilkan mesin ini ialah 201 HP @ 5900 rpm dan torsi 266 Nm @ 4700 rpm. Semua tenaga ini disalurkan ke seluruh roda karena sistem Control Trac® II 4x4 system yang dimiliki mobil ini.

Saat tim Cintamobil.com mencicipi sedikit mobil ini, terasa karakter mobil yang sangat kuat di putaran bawah. Terasa untuk kondisi start-stop seakan mudah untuk menggerakkan mobil. Dan saat diujicoba melewati beberapa medan non aspal, terasa mudah dilewati karena penggunaan 4-wheel independent suspension. Meski demikian, perlu dicatat bahwa mobil ini sudah berusia lebih dari 15 tahun, yang mana jika Anda berencana membeli mobil bekas Ford Escape ini sudah pasti perlu memperhatikan bagian suspensi dan mesin perlu di-cek ke bengkel resmi untuk diperiksa kondisi dari masing-masing part terkait.

>>> Teknologi Peredaman Suara dari SUV Terlaris Sepanjang Masa Amerika, Ford Explorer 2019

spesifikasi Ford Escape 2003

Spesifikasi Ford Escape XLT 2003 bisa disimak dalam tabel berikut ini.

Dimensi/ Ukuran Ford Escape XLT 2003

P x L x T

4,394 mm x 1,781 mm  x 1,755 mm
Wheelbase 2,619 mm

Mesin Ford Escape XLT 2003

Jenis

3.0L DOHC Duratec V6 engine

Daya maksimum

201 HP @ 5900 rpm

Torsi maksimum

266 Nm @ 4700 rpm

Transmisi

4-Percepatan otomatis

Kaki-Kaki Ford Escape XLT 2003

Suspensi depan/Suspensi Belakang

Independent/Independent

 

kelebihan & kekurangan Ford Escape 2003

Apa saja kelebihan dan kekurangan Ford Escape XLT 2003? Simak ulasannya di tabel berikut ini

Kelebihan

Kekurangan

SUV Ford bertenaga menarik dan mampu diajak off-road

Service Ford di Indonesia sulit karena tidak ada ATPM dan bengkel resmi

Fitur yang tersedia nyaman dan mewah Karakter mesin cenderung boros
Harga Ford Escape bekas cukup terjangkau

 

daftar harga Ford Escape 2003

Jika mengacu pada situs jual beli mobil Cintamobil.com, untuk mobil Ford Escape bekas generasi pertama dan non facelift seperti yang kami tes kali ini biasanya dijual dari tahun 2002-2005 berada di kisaran harga Rp60-80 jutaan, tergantung kondisi dan versi yang dipilih oleh konsumen. Kami rekomendasikan kepada calon pembeli untuk menghubungi dan menemui langsung penjual mobil Ford Escape, sehingga sebelum melakukan transaksi beli mobil bekas ini, Anda bisa terlebih dahulu tahu dan mengecek kondisi fisik maupun teknis mobil.

Video Ford Escape 2003

KESIMPULAN Ford Escape 2003

Ford Escape boleh jadi merupakan medium SUV yang memiliki masa hidup tidak panjang seperti rival-rivalnya dari Jepang. Tapi, dengan harga bekas yang jauh lebih terjangkau, mobil SUV ini sangat menarik untuk dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin mobil tangguh dan bisa dimodifikasi sebagai mobil yang bisa melewati jalanan buruk hingga semi off-road. Kendati demikian, tetap harus diperhatikan kondisi fisik dan track record service mobil bekas ini, sehingga saat Anda membeli mobil ini Anda tidak perlu membayar ekstra untuk melakukan perbaikan dan pergantian parts yang sudah tidak layak. 

>>> Anda mau simak review terlengkap tentang mobil lainnya? Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil