Review Ford Escape 2020

20/04/2019
editor rate: 4,7 user rate: 4,0
Entah mengapa, jika mengamati kabar mengenai Ford, kami selalu rindu. Sama halnya ketika mendengar bahwa Ford Escape 2020 akan hadir dalam waktu dekat. Ford International sudah mengklaim hal ini di halaman resminya. Meski potensinya masuk ke Indonesia cukup kecil, namun sudah kewajiban kami untuk mengulasnya dalam review Ford Escape 2020.

PENGANTAR Ford Escape 2020

Review Ford Escape 2020 - Perlu diketahui sebelumnya, Ford Escape sempat masuk ke pasar Tanah Air pada medio 2002. Kala itu, dominasi mobil-mobil keluarga alias Multi Purpose Vehicle (MPV) masih sangat kuat. Apalagi, lini Sport Utility Vehicle (SUV) seperti Ford Escape masih jarang ditemui di eranya. Namun sayang, penjualannya mulai terhenti tahun 2012 dan tak lagi mendapat perubahan.

Hingga kini, perjalanan Ford di Indonesia sudah terhenti sepenuhnya, hanya tinggal servis resmi bagi pemilik kendaraan Ford di masa lalu. Meski begitu, kami cukup yakin bahwa Ford masih punya potensi untuk bermain lagi di pasar Indonesia dengan membawa Escape sebagai salah satu model terbaik di kelas SUV.

Baru-baru ini, Ford International mengabarkan bahwa Escape akan hadir di tahun 2020 mendatang dan menariknya perkenalan akan dimulai akhir tahun 2019. Bahkan, media otomotif CNET.com memprediksi sosok SUV satu ini akan hadir di ajang New York International Auto Show 2019. Dengan adanya kabar baik ini, mari kita intip bersama kelebihannya dalam review Ford Escape 2020.

Ford Escape 2020 rencananya akan dirilis di New York Auto Show pada akhir tahun 2019

Apa pendapat Anda melihat Ford Escape 2020?

EKSTERIOR Ford Escape 2020

Ada sedikit perubahan mengesankan pada desain eksterior Ford Escape 2020. Apakah itu? Ya, bodinya yang dulu kental akan nuansa kokoh khas SUV kini disulap semakin agresif dengan tema Crossover. Jujur saja, banyak mobil SUV akhirnya menerapkan tema serupa sehingga terlihat lebih modern dan tidak kaku.

Review Ford Escape 2020: Eksterior Depan

Bodinya kini dikemas cukup ringkas, bahkan lebih kecil daripada pendahulunya. Sebagai generasi keempat, Ford Escape benar-benar berubah menjadi lebih lebar dan memanjang. Adapun wajah depannya dibalut desain mirip mimik hidung ikan Hiu. Garis bodinya terpahat tajam serta memiliki Grille berukuran besar pada sisi tengah. Tak luput dari pantauan, lampu utama juga dikemas dengan ukuran minimalis berdesain tajam. Fungsi pencahayaan juga sudah disokong fungsi LED, fitur Auto High-Beam Headlamps serta lampu kabut. Ringkas, tajam serta modern, ciri khas desain mobil ala Amerika benar-benar terasa pada sisi ini.

Eksterior Depan Ford Escape 2020 dikemas dengan fitur lampu mengesankan yakni Auto High-Beam Headlamps

Wajah depannya kini benar-benar berubah menjadi lebih sporty

Review Ford Escape 2020: Eksterior Samping

Tingginya kini dirancang lebih rendah, seakan ingin menonjolkan karakter Crossover. Apalagi jika mengamati Pillar C yang dikemas tajam dengan aksen krom, sukses menegaskan tema awalnya sebagai SUV Crossover. Jujur saja, kami cukup menyukai perubahannya kali ini ketimbang pendahulunya yang cenderung kaku dan terlalu maskulin. Setidaknya, kini terlihat lebih bersahabat dan memiliki unsur modern masyarakat perkotaan.

Eksterior Samping Ford Escape 2020 menerapkan desain ala Crossover

Bodi samping juga dirancang dengan aura Crossover terutama pada garis tegas Pillar C

Berbeda dengan mobil-mobil Indonesia yang hanya menyediakan satu ukuran ban saja. Ford Escape rencananya akan menawarkan tiga pilihan ukuran meliputi 17 inci, 18 inci hingga 19 inci.

Review Ford Escape 2020: Eksterior Belakang

Sekilas melihat, sektor buritannya cukup mirip dengan Honda CR-V. Namun jika dilihat lebih seksama, Ford Escape 2020 cenderung lebih menonjolkan desain bodi patahan mirip berlian serta mempertahankan dimensi bodi ringkas.

Eksterior Belakang Ford Escape 2020 dilengkapi dengan lampu minimalis

Tersedia Rear Spoiler berukuran minimalis yang makin mempertegas temanya sebagai SUV Crossover

Di sisi lain, lampunya tak seperti CR-V yang menerapkan desain lampu berbentuk huruf L, Ford Escape justru bergaris tegas hingga ke arah bodi samping. Hal tersebut juga ditunjang kuat oleh hadirnya Rear Spoiler minimalis dan Shark Fin Antenna. Terlihat perbedaan signifikan antara sentuhan desain mobil Jepang serta Amerika. Tentu kembali lagi, itu adalah masalah selera dari setiap orang.

>>> Informasi menarik lainnya:

INTERIOR Ford Escape 2020

Ruang kabinnya menggabungkan tiga warna yakni hitam, coklat dari aksen kayu serta Beige. Lewat perpaduan tersebut, atmosfer interior Ford Escape 2020 terasa lebih kalem dan elegan.

Review Ford Escape 2020: Dashboard

Dashboard-nya sudah dipersenjatai dengan fitur-fitur lengkap mulai dari panel Head Unit canggih, fitur penyejuk AC Climate Control dan lampu pendukung suasana. Ya, pengendara dapat mengatur warna lampu sehingga memberi nuansa kabin yang berbeda-beda.

Dashboard Ford Escape 2020 memadukan tiga warna yakni hitam, Beige dan coklat dari aksen kayu

Tampilan dashboard Ford Escape 2020

Review Ford Escape 2020: Setir

Kemudi setirnya dikemas dengan balutan kulit berkualitas dan didukung tombol multifungsi. Memang tak dipungkiri, setir semacam ini sedang tren dan Ford memilih untuk menghadirkan segala hal menarik di sana. Sebut saja, pengaturan audio, Cruise Control, mengangkat serta menutup telfon. Semua kemudahan dapat dioperasikan dari lini setirnya.

Setir Ford Escape 2020 menggunakan model tiga palang

Kemudi setirnya sudah dilengkapi berbagai tombol multifungsi

Pada sisi teratas terdapat sebuah fitur Head-Up Display, yakni sebuah kaca minimalis yang dapat menampilkan beberapa informasi penting. Hal ini sengaja dirancang supaya pengendara tidak mudah terdistraksi.

Head Up Display Ford Escape 2020 menginformasikan berbagai hal penting

Inilah yang kami maksud dengan fitur Head Up Display

Review Ford Escape 2020: Kursi

Dari sisi kursi juga tak mau kalah dalam menyajikan suasana kabin yang nyaman. Hal ini bisa diamati dari penggunaan warna Beige Serta hitam. Menariknya lagi, kursi belakang sudah didukung fitur 60/40 Split Fold Down dengan maksud menambah kapasitas bagasi jika diperlukan.

Kursi Ford Escape 2020 mampu menampung 5 orang sekaligus

Kursinya sudah dibalut mewah dengan bahan kulit berkualitas

Review Ford Escape 2020: Bagasi

Dengan mode normal alias semua kursi tegak, kapasitas bagasinya mampu mencapai 1.104 Liter. Kapasitas tersebut diprediksi dapat menampung lima tas berukuran besar. Namun jika Anda ingin kapasitas lebih, bangku belakang bisa dilipat 60/40.

Bagasi Ford Escape 2020 memiliki kapasitas 1.104 Liter dengan mode semua kursi tegak

Ruang bagasinya sudah mampu merangkap banyak kebutuhan Anda

>>> Amati juga:

FITUR Ford Escape 2020

Karakter dari mobil-mobil Ford umumnya ada pada fitur serta teknologi yang dihadirkan. Pada model ini, fitur Ford Escape 2020 terbilang cukup beragam merambah berbagai aspek baik keselamatan dan hiburan.

Review Ford Escape 2020: Fitur Keselamatan

Salah satu teknologi menarik adalah Pre-Collision Assist dengan Automatic Emergency Braking, Fitur yang mampu mendeteksi adanya potensi kecelakaan dan segera melakukan rem secara otomatis. Hal tersebut juga dipadukan dengan fitur BLIS dengan Cross Traffic Alert yang berfungsi untuk memberi notifikasi jika ada kendaraan lain mendahului dari titik buta pengendara.

Hal menarik lainnya adalah Adaptive Cruise Control Stop-and-Go dipadu Lane Centering. Fungsinya hampir sama dengan fitur Cruise Control pada mobil lainnya, hanya saja fitur pada Ford Escape 2020 juga mampu menjaga lajur kendaraan tetap berada di antara kedua marka jalan.

Mode parkir otomatis atau Active Park Assist 2.0 merupakan sebuah teknologi inovatif. Pengendara hanya perlu menekan rem secara penuh, berpindah ke gigi Netral dan kemudian sistem akan melakukan parkir secara otomatis. Canggih, bukan?

Active Park Assist Ford Escape 2020 mampu melakukan proses parkir secara otomatis

Sudah zamannya parkir kendaraan secara otomatis

Review Ford Escape 2020: Fitur Hiburan

Untuk urusan hiburan, tersedia panel Head Unit berukuran 8 inci yang sudah didukung dengan fitur Ford Sync 3. Panel audio tersebut bisa terintegrasi mudah dengan Handphone Anda baik lewat Apple CarPlay dan Android Auto.

Fitur Hiburan Ford Escape 2020 menerapkan layar berukuran 8 inci

Sosok panel audio Ford Escape 2020

Fitur menarik lainnya adalah Panoramic Vista Roof yang tersedia pada tiga varian yakni SE, SEL dan Titanium. Seperti yang kita ketahui, fitur ini tergolong mewah dan hanya didapati pada mobil-mobil papan atas. Dengan adanya fitur tersebut, penumpang dapat menikmati segarnya udara luar sekaligus menikmati pemandangan alam.

Panoramic Roof Ford Escape 2020 sudah disematkan di semua variannya

Fitur spesial yang ditawarkan pada generasi keempat Ford Escape

>>> Lihat juga ulasan menarik dari mobil Ford yang dijual di Indonesia

OPERASI Ford Escape 2020

Jika menilik halaman resminya, operasi mesin Ford Escape 2020 menawarkan dua tenaga meliputi Hybrid dan bensin. Pada mesin Hybrid, tenaganya akan disokong mesin berkapasitas 2.5 Liter iVCT Atkinson-Cycle. Di sisi lain, tersedia juga dua pilihan untuk mesin bensin yakni 1.5 Liter EcoBoost serta 2.0 Liter EcoBoost yang didukung Auto Start-Stop Technology.

Mesin Ford Escape 2020 menyajikan dua hal yakni Hybrid dan berbahan bakar bensin

Ford berjanji akan meluncurkan versi Hybrid pada Escape terbaru

Mobil SUV Crossover satu ini juga dirancang dengan mode penggerak All Wheel Drive (AWD). Apabila pengendara melaju di perkotaan dan dirasa tidak membutuhkan AWD, tersedia juga fitur Disconnect yang mana dua roda penggerak belakang seketika berhenti dan seluruh tenaga dialirkan ke dua roda depan. Selain praktis, tujuannya adalah mengurangi konsumsi bahan bakar.

Fitur Keselamatan Ford Escape 2020 menghadirkan hal menarik seperti 5 mode berkendara

Ford Escape 2020 juga dirancang untuk melahap medan-medan berat

Bagi mereka yang ingin kapabilitas tangguh di medan berat, AWD bisa diaktifkan dan akan tersedia lima mode berkendara. Mode tersebut antara lain, NORMAL, ECO, SLIPPERY, SPORT serta DEEP SNOW/SAND. Setiap mode tersebut bisa Anda pilih sesuai medan jalan yang dilalui.

>>> Ingin sosok SUV yang lebih tangguh? Coba simak review kami tentang mobil-mobil SUV terbaru

KESIMPULAN Ford Escape 2020

Untuk saat ini, Ford Escape 2020 hanya diinformasikan lewat metode Teaser saja. Spesifikasi teknis hingga harga barunya masih dirahasiakan oleh pihak Ford. Rencananya, model SUV Crossover ini akan hadir di ajang New York Auto Show 2019 di akhir tahun ini. Setidaknya, artikel kali ini menjadi obat rindu kami terhadap produk-produk Ford yang berkualitas. Apa pendapat Anda tentang Ford Escape 2020?

Cuplikan video mengenai Ford Escape 2020

>>> Ikuti terus review dari mobil terbaru dan terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil