Review Ford Escape 2010 Indonesia

31/01/2018

Share this post:

Ford Escape 2010

Editor rate:

Lihat promo

Ford Escape 2010 merupakan mobil SUV yang didesain untuk berjalan didalam kota atau pun jalan yang masih belum beraspal. Dengan bentuk yang sangat kokoh dan dukungan teknologi yang sudah mumpuni, mobil ini akan sangat nyaman dikendarai. Dengan dukungan teknologi dan fitur yang canggih, mobil ini bisa menjadi andalan walaupun usianya sudah hampir mencapai 10 tahun sejak pertama kali dikeluarkan. Berikut ini adalah sedikit review Ford Escape 2010 Indonesia.

Review Ford Escape 2010 Indonesia
Review Ford Escape 2010 Indonesia
0 Gambar

Pengantar Ford Escape 2010

Mari kita simak spesifikasi Ford Escape 2010 di bawah ini.

Kelebihan

Kualitas build kendaraan cukup baik

Suspensi terbaik dibandingkan dengan kendaraan sejenis di kelasnya

Ruang kabin lega

Kekurangan

Boros BBM

Tidak ada tipe terbarunya di Indonesia

Spare part mahal

Review Ford Escape 2010 Indonesia - Ford Escape pertama kali diluncurkan pada tahun 2002 dan menjadi produk andalan Ford sejak pertama kali diluncurkan. Bentuknya yang besar dan gagah ala SUV, menjadi keunggulan tersendiri bagi Fored Esacape karena pasar Indonesia pada saat itu tidak terlalu banyak yang bermain di pasar ini.  Sayangnya Ford Escape ini tidak lagi dijual di Indonesia sejak tahun 2012 dan Ford Escape tidak mendapatkan perubahan lagi.  Jadi, buat Anda yang ingin mendapatkan mobil ini dalam konsidi sempurna rasanya tidak bisa. Tetapi jangan khawatir karena kualitas build dari Ford Escape ini bisa dibilang cukup baik dan awet hingga saat ini. Berikutnya adalah review Ford Escape 2010 Indonesia. Selamat membaca!

 

Eksterior Ford Escape 2010

Desain Gagah

Gambar mobil Ford Escape 2010 berwarna abu-abu dilihat dari bagian depan

Ford Escape 2010 memiliki desain yang gagah

Sesuai dengan segmen pasar yang dimasukinya, Ford Escape 2010 Indonesia memiliki bentuk body yang cukup kekar dan gagah untuk sebuah mobil SUV. Bentuknya cukup besar ala mobil buatan Amerika. Maklum saja, Ford merupakan salah satu merk mobil ternama yang cukup tua di Amerika sana.

Desain bagian depan

Gambar mobil Ford Escapr 2010 berwarna abu-abu hitam dilihat dari sisi depan

Bagian depan dengan grill dan reae bumper besar

Di bagian depan, kita bisa melihat grill dan rear bumper yang cukup besar, seolah-olah dari depan saja mobil ini berusaha menunjukkan kekuatannya. Secara desain memang tidak terlalu stylish atau mewah, tetapi lebih mengedepankan kesan garang dan gagah yang dimiliki oleh mobil ini.  

Desain bagian samping 

Gambar mobil Ford Escape  2010 berwarna abu-abu hitam dilihat dari sisi samping

Desain bagian samping Escape 2010

Dari bagian samping, mobil ini memang sangat jauh dari kesan aerodinamis, malah kesan boxy sangat kental terasa di mobil ini. Tetapi, rasanya tidak terlalu masalah karena mobil ini memang didesain sebagai sebuah mobil SUV yang dirancang untuk menerobos berbagai medan jalan, bukan hanya mencari kecepatan.

Desain Bagian belakang

Mobil Ford Escape 2010 berwarna hitam dilihat dari sisi belakang

Bagian belakang Ford Escape 2010

Bagian belakang mobil ini memang tidak terlalu istimewa tetapi sangat memantapkan kesan gagah yang dimiliki oleh mobil ini. Dengan kesederhanaan yang dimilikinya, mobil ini bisa dibilang cukup sukses memberikan rasa aman dari bagian eksteriornya.

>>> Mungkin Anda tertarik:


Interior Ford Escape 2010

Ruang kabin nyaman 

Ruang kabin dalam mobil ini cukup luas dengan ruang kepala yang sangat tinggi. Bukan sebuah hal yang aneh karena mobil ini memiliki dimensi yang cukup besar sehingga Anda bisa bebas bergerak di dalam mobil ini. Di bagian baris kedua, ruang kaki penumpang dan bagian kelapa cukup lapang dan bisa memberikan kenyamanan ketika perjalanan jauh. Sayangnya, mobil ini memang tidak dirancang dengan banyak kemewahan. Bagian interiornya menggunakan bahan plastik dan juga kain. Tetapi, untuk kualitas buildnya memang harus kita apresiasi karena sangat rapih dan cukup kokoh, tidak seperti mobil buatan Asia. 

Desain bagian dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Ford Escape 2010

Bagian dashboard dengan tombol pengaturan besar

Bagian dashboard dari Ford Escape 2010 Indonesia dibuat cukup sederhana dengan tombol pengaturan yang cukup besar sehingga Anda akan mudah untuk mengatur audio atau fitur lainnya yang ada di mobil ini. Sangat compact dan sederhana. 

Desain bagian setir 

bagian steering mobil Ford Escape 2010 berwarna abu-abu

Steering menggunakan warna sederhana

Di bagian steering didesain cukup sederhana dengan menggunakan warna yang senada dengan dashboard. Di bagian ini terdapat cruise control dan juga audio steering switch untuk memudahkan Anda mengatur audio.

Desain kursi

Bagian kursi mobil Ford Escape 2010 berwarna abu-abu hitam

Kursi menggunakan bahan kulit

Material untuk bagian kursi menggunakan bahan kulit yang tentunya akan sangat nyaman bagi penumpang. Tetapi, kursi mobil ini tidak terlalu nyaman sebenarnya karena didesain sangat tegak terutama di baris kedua. Dengan ruang yang cukup lega bisa memberikan kompensasi sepadan untuk kenyamanan penumpang.

Ruang bagasi

Gambar ruang bagasi mobil Ford Escape 2010

Escape mempunyai sebuah ruang bagasi cukup besar

Bagasi mobil ini cukup besar dan bisa membuat banyak barang dengan mudah. Di bagian bagasi terdapat palang yang bisa menjaga barang Anda tetap stabil ketika berada di perjalanan. 

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Ford Escape 2010

Dari sisi fitur sebuah mobil, Ford Escape 2010 Indonesia memiliki fitur keselamatan dan hiburan sebagai berikut.

Fitur keselamatan 

Untuk fitur keselamatan, mobil ini sudah menyediakan berbagai fitur keselamatan yang lengkap seperti pyrotechnic seatbelt pretensioners, parking sensor, anti lock bracking, dan juga child safety lock. Fitur standar safety airbag untuk penumpang depan juga sudah dimiliki oleh mobil ini ini. Untuk keamanan, fitur immobilizer dan uga alarm sudah dimiliki oleh mobil ini tentunya.

Fitur hiburan

Di bagian hiburan terdapat sebuah head unit compatible dengan mp3 dan audio 6 CDs dilengkapi dengan 6 speaker. Sayangnya head unit ini belumc bisa memainkan hiburan dari USB atau terkoneksi dengan bluetooth secara langsung. 

Operasi Ford Escape 2010

Gamabr bagian mesin mobil Ford Escape 2010

Mesin 2.3 L mobil Ford Escape 2010

Mobil ini menggunakan mesin mesin Duratec 2,3 liter yang ampu menghasilkan tenaga hingga 157 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 4.000 RPM. Selain mesin tersebut, Ford Escape juga memiliki varian mesin 3.0 liter V6 dengan tenaga maksimal 206 HP pada rotasi 6.000 RPM dan torsi puncak 276 Nm pada 4.4750 RPM.
Kemampuan mesin-mesin ini memang sangt baik tetapi sangat boros dalam masalah konsumsi BBM. Selain itu, kekurangannya mesin inimeamang aga sedikittanggungbila diguanakn dalam kondisi yang benar-benar off road. Dalam masalah suspensi, mobil ini menggunakan sspensi Mcpherson Strut dan juga Multi link utuk bagian depan dan belakang. Tetapi maslaah kenyamanan jangan khawatir, karena obil ini di desain dengan body monocoque sehingga bisa meredam getaran dari suspensi dengan lebih baik. 

 

Spesifikasi Ford Escape 2010

Berikut ini adalah spesifikasi Ford Escape 2010.

MESIN FORD ESCAPE 2010

Tipe Mesin

Inline 4 Cylinders,DOHC 16V dengan VICS,TSCV,ETCS dan WT

Isi Silinder

2261 cc

Diameter x Langkah

mm

Daya Maksimum

157ps/6000

Torsi Maksimum

20,7kgm/4000rpm

Sistem Bahan Bakar

Sequential Multi Point Electronic Fuel Injection

Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki

61 liter

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Power Streeng

DIMENSI FORD ESCAPE 2010

P x L x T

4.480 mm x 1.845 mm x 1.770 mm

Jarak Poros Roda

2.620 mm

Berat Kosong

1522

Konsumsi BBM

1 liter / km (Klaim ATPM)

SASIS FORD ESCAPE 2010

Transimi

4 Percepatan Otomatis

Suspensi Depan

Independent Mcpherson Strut

Suspensi Belakang

Independent Double Lateral Link & Trailing Arm

Rem Depan

Cakram Berventilasi

Rem Belakang

Cakram

Sistem Rem Tambahan

ABS,EBD, Dan BRAKE ASSIST

Ukuran Ban

215/ 60 R16 – Alloy Wheel R16

 

Daftar Harga Ford Escape 2010

Berikut ini adalah daftar harga Ford Escape 2010 yang dihimpun dari berbagai review mobil Ford Escape 2010 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Tipe mobil

Harga Ford Escape 2010

Ford Escape 2010

Rp 140-160 juta

*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu serta tergantung dari model yang dijual

Kesimpulan Ford Escape 2010

Ford Escape merupakan sebuah urban SUV yang ckup mumpuni dan nyaman digunakan di dalam kota. Kemampuan mesinnya di dalam kota memang sangat baik, tetapi bila Anda berpikir untuk melakukan full off road dengan mobil ini maka Anda benar-benar salah. Keunggulana dalam masalah kenyamanan memang tidak bisa dipungkiri, tetapi mengingat ATPM dari Ford sudah tidak ada lagi di Indonesia, maka Anda akan kesulitan dalam mengurus mobil ini. Borosnya penggunaan bahan bakar juga cukup menjadi sebuah perhitungan kecuali bila Anda memang benar-benar mencari sebuah SUV yang nyaman tanpa peduli biaya yang harus dikeluarkan. 

 

Ryan Sugandy
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition 2019, SUV Jepang Dengan Sentuhan Suara Amerika

31/07/2019

Editor rate:

Mobil ini bukan hanya diciptakan oleh Mitsubishi untuk Anda yang senang tampil beda, namun mobil Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition 2019 ini tercipta untuk Anda yang suka berpetualang, dan penikmat musik. Karena kami sudah membuktikan sendiri kualitas suara dari Rockford Fosgate yang aseli Amerika sangat mewakili tagline Let's Rock And Road ini.

Lihat juga

Review Ford Escape XLT 2003: SUV Bekas Asal Amrik Kini Di Bawah Rp100 Jutaan

30/09/2019

Editor rate:

Hadirnya Ford Escape ke dalam pasar otomotif Indonesia membuat konsumen mendapatkan pilihan mobil SUV medium tangguh yang datang bukan dari brand asal Jepang, melainkan brand asal Amerika Serikat. Meskipun model ini mayoritas sudah menjadi mobil bekas berusia remaja, tapi apakah Ford Escape masih layak dimiliki di tahun ini?

Lihat juga

Review Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014: SUV Kompak Penuh Fitur Kelahiran ‘Negeri Samba’

20/12/2019

Editor rate:

Mencari mobil SUV keluarga yang tangguh untuk perkotaan dan mampu dibawa berpetualang? Bisa jadi Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 dapat menjadi pilihan Anda.

Lihat juga

Review MG ZS 2020: SUV Terjangkau nan Elegan Asal Inggris

Rp. 255.900.000

26/03/2020

Editor rate:

Segmen SUV Tanah Air resmi menerima pendatang baru dengan merek ikonik Britania Raya. MG ZS 2020 menawarkan berbagai fitur menarik dengan harga yang terjangkau.

Lihat juga

Spesifikasi Porsche Macan 2017 Indonesia: SUV Premium dengan Berbagai Keunggulan

04/04/2018

Editor rate:

Porsche Macan sudah lama hadir di Indonesia. Pada tahun 2014 lalu, Porsche memboyong SUV mewahini ke tanah air. Tiga tahun berselang, Macan kembali hadir ke permukaan dengan menawarkan spesifikasi yang lebih fresh dan tentunya, sederet fitur menarik lain juga telah dipersiapkan oleh Porsche untuk membawa SUV andalannya ini ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Berikut ini adalah spesifikasi Porsche Macan 2017 Indonesia.

Lihat juga