Review Ford EcoSport 2014

11/02/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,0
Model yang akan dibahas kali ini adalah mobil Ford EcoSport. Kendaraan asal Amerika ini memang dirancang dengan kecanggihan luar biasa baik di area perkotaan hingga pegunungan. Di tahun peluncurannya, Ford EcoSport terbilang cukup memberikan euphoria bagi para peminat Sport Utility Vehicle (SUV). Seperti apa sosoknya? Apakah mobil ini layak untuk dimiliki? Simak jawabannya dalam review Ford Ecosport 2014.

PENGANTAR Ford EcoSport 2014

Review Ford Ecosport 2014 - Harga terjangkau di kisaran Rp. 195 jutaan (harga barunya di tahun 2014) serta memiliki kapabilitas sebagai SUV Premium, adalah sajian yang ditawarkan oleh EcoSport. Model satu ini sejatinya menjadi perlawanan Ford untuk melawan hegemoni Nissan Juke dan Honda HR-V di tahun serupa.

Ford EcoSport 2014 menyajikan berbagai kapabilitas mumpuni sebagai mobil SUV

Inilah tampilan Ford EcoSport yang memiliki dimensi bodi kecil namun terlihat besar

Jujur saja, ketimbang dua pesaingnya, Ford EcoSport berhasil mendominasi dari segi harga yang lebih terjangkau. Belum lagi, fitur-fiturnya dikemas sangat lengkap yang kurang lebih sama dengan versi Amerika-nya. Tentu bisa dibayangkan bukan, betapa hebatnya model SUV andalan Ford ini.

Jika dibilang model ini Crossover, rasanya kurang pas. Kategori yang tepat adalah Mini SUV dengan Ground Clearance 200 mm dan Wading Depth 550 mm. Tentu dengan adanya hal ini, Anda tak perlu khawatir akan masalah banjir khususnya di kota-kota besar. Lalu apa saja kelebihan lainnya? Sebelum beranjak lebih jauh, mari kita kupas satu per satu dalam review Ford EcoSport 2014.

EKSTERIOR Ford EcoSport 2014

Memang tak dipungkiri, desain eksterior Ford EcoSport 2014 terlihat gagah ala mobil Amerika. Banyak lekuk bodinya dibuat menonjol serta dilengkapi aksesoris tegas sehingga memberi kesan kokoh. Tak heran, bodi luarnya sukses membuat kami berandai-andai bahwa mobil ini memiliki performa laju yang mumpuni.

Review Ford EcoSport 2014: Eksterior Depan

Khusus pada varian tertingginya yakni Titanium, Grille depan diberi sentuhan manis dengan aksen krom. Bentuk Grille-nya pun terbilang ikonik yang memudahkan kami untuk mengenalinya dari kejauhan.

Eksterior Depan Ford EcoSport 2014 dilengkapi dengan lampu LED Stripe dan Fog Lamps

Wajah depannya dihias apik dengan Grille berukuran besar dan pemanis krom

Dari segi pencahayaan sendiri, mobil ini dilengkapi dengan LED Stripe. Meski bukan lampu Daytime Running Light (DRL) namun fitur ini memiliki desain agresif yang cukup mirip. Hal yang menarik buat kami adalah fitur Auto Light Sensor yang mana lampu  utama bisa aktif secara otomatis ketika cuaca mendung atau menjelang malam. Terakhir, lampu kabut juga disematkan dan dihias apik dengan aksen krom.

Review Ford EcoSport 2014: Eksterior Samping

Mengamati bodi sampingnya, Ford EcoSport menghadirkan Roof Rail sebagai pemanis pada sisi atapnya. Belum lagi, Anda bisa menaruh barang bawaan lebih dengan syarat penambahan fitur Roof Rack di gerai aksesoris kesayangan Anda.

Eksterior samping Ford EcoSport 2014 dihias dengan pelek berdesain sporty

Lekuk bodi sampingnya juga terlihat tegas dan maskulin ala SUV

Untuk ukuran ban, mobil ini menggunakan dimensi 16 inci dengan desain Velg bergaya Sporty. Lucunya, mobil ini bisa terlihat sangat besar padahal di atas kertas dimensinya sangat kecil. Jawaban terletak pada desain bodi yang dipenuhi tonjolan-tonjolan maskulin di beberapa sisinya.

Review Ford EcoSport 2014: Eksterior Belakang

Bodi belakangnya sendiri tampil dengan gaya klasik. Mengapa begitu? Hal ini bisa diamati pada ban cadangan yang digantung pada sisi belakang. Sebagian masyarakat Indonesia menyebut desain ini dengan sebutan konde. Tapi kembali lagi pada masalah selera, jika Anda suka model seperti ini maka hal ini menjadi model yang tepat. Adapun desain konde seperti ini sering kali menimbulkan bunyi khususnya ketika Anda melaju di kecepatan tinggi.

Eksterior belakang Ford EcoSport 2014 menggunakan desain konde yang memberi nuansa maskulin

Bodi belakangnya juga dikemas menarik dengan lampu LED berdesain tajam

Hal paling spesial adalah letak Door Handle-nya. Anda bisa menemui Handle pintu tepat di lampu sisi kanan. Seakan tersembunyi, hal ini tentu menjadi penawaran yang unik dan tidak dimiliki oleh kompetitornya. Sepertinya Ford juga ingin membuat hal unik seperti Honda HR-V yang mana Handle pintu samping berada tepat pada kaca di bangku penumpang. Konsep yang sama namun berbeda letak.

Handle Pintu Belakang Ford EcoSport 2014 diletakaan tersembunyi

Tepat pada lampu kirinya adalah tempat Door Handle berada

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Ford EcoSport 2014

Semua hal pada kabin interior Ford EcoSport 2014 sejatinya dirancang nyaman untuk kebutuhan keluarga. Bisa diamati terdapat banyak fitur wadah dan colokan kabel untuk mengisi daya Handphone 12 Volt.

Review Ford EcoSport 2014: Dashboard

Sejatinya kita tidak bisa dibandingkan antara desain dashboard masa kini dan dashboard Ford EcoSport. Pasalnya, desain dashboard yang dimiliki Ford terbilang mewah di zamannya. Semua hal dibalut material mewah dibalut warna hitam serta aksen Silver pada panel Head Unit.

Dashboard Ford EcoSport 2014 dikemas dengan bahan berkualitas

Dashboard-nya dikemas cukup elegan sesuai tren di masanya

Belum lagi, kami menemukan beberapa wadah di banyak titik sehingga Anda dapat menaruh kunci, dompet atau Handphone dengan praktis. Hal yang kami sukai adalah desain mobil ala Amerika cukup kental pada kabin Ford EcoSport. Memang tak dipungkiri, masyarakat Indonesia yang banyak didominasi mobil Jepang membuat racikan kabin Ford terlihat istimewa.

Review Ford EcoSport 2014: Setir

Melompat ke kemudi setir, Anda akan dimudahkan dengan hadirnya fitur Tilt dan Telescopic Steering yang semakin memudahkan Anda mengatur posisi setir supaya sesuai dengan postur tubuh. Belum lagi, tersedia tombol multifungsi yakni pengaturan audio. Tentu saja, ini hal ergonomis yang ditawarkan oleh Ford.

Review Ford EcoSport 2014: Kursi

Bersyukur sekali racikan ala Amerika seakan melekat pada EcoSport. Ya, kursinya memiliki ruang kepala yang memadai serta ruang kaki yang cukup lega. Hal ini ditengarai karena postur tubuh orang Amerika yang cenderung tinggi.

Kursi Ford EcoSport 2014 mampu menampung lima orang sekaligus

Kursinya dibalut dengan bahan kulit berkualitas

Kursinya pun sudah dibalut bahan kulit berkualitas serta Stitching merah sehingga memberi nuansa sporty. Adapun pada kursi pengendara sudah dilengkapi Height Adjuster serta panel pengisi daya. Sedangkan pada kursi belakang, khususnya pada sisi kanan juga dimanjakan dengan pengisi daya Handphone 12 Volt.

Review Ford EcoSport 2014: Bagasi

Kapasitas bagasi sendiri sudah menyediakan 362 Liter yang cukup untuk menaruh barang-barang kebutuhan keluarga. Adapun mobil satu ini juga menghadirkan Tray untuk meminimalisir panas dari kaca belakang sehingga barang bawaan Anda terjaga dengan baik. Namun sayangnya, ketika hendak menambahkan kapasitas bagasi dengan melipat kursi belakang, kami menemukan bahwa kursinya tidak bisa dilipat rata dengan lantai.

Bagasi Ford EcoSport 2014 hanya menyediakan kapasitas 362 Liter

Ruang bagasinya mampu ditingkatkan dengan melipat kursi yang sayangnya tidak rata lantai

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Ford EcoSport 2014

Hal yang paling sukai pada fitur Ford EcoSport 2014 adalah tidak adanya pemangkasan fitur dibanding versi Amerika-nya. Apalagi, kapasitasnya sebagai mobil SUV benar-benar terjawab dari kelengkapan fiturnya.

Review Ford EcoSport 2014: Fitur Keselamatan

Untuk sekelas mobil Rp. 200 jutaan, Ford EcoSport sudah dibekali teknologi menarik seperti halnya Electronic Stability Control (ESC) yang mampu memberi kestabilan lebih di area licin. Adapun mobil ini juga dilengkapi teknologi Hill Launch Assist (HLA) supaya memudahkan Anda ketika menaiki tanjakan.

Fitur Ford EcoSport 2014 tampil cukup lengkap di berbagai aspeknya

Ford EcoSport juga dilengkapi dengan fitur ABS serta ESC

Lalu bagaimana dengan fitur keselamatan standar? Ford EcoSport menyajikan teknologi Immobilizer serta Keyless Entry. Proses parkir juga dipermudah dengan teknologi Rear Parking Sensor. Selebihnya adalah fitur yang sering kita temui yakni Anti-lock Braking System (ABS) dan Dual Airbags.

Review Ford EcoSport 2014: Fitur Hiburan

Untuk varian tertingginya, kami menyukai fitur Sunroof yang disematkan pada sisi atap. Tentu jika dibandingkan dengan kompetitornya, fitur ini belum dihadirkan. Bagi kami, fitur ini terbilang Premium yang umumnya baru ditemui pada mobil di rentang harga Rp. 300 hingga 400 jutaan.

Sunroof Ford EcoSport 2014 memberikan pemandangan alam menarik bagi seluruh penumpang

Sunroof menjadi hal spesial yang tidak ditawarkan di antara kompetitor lainnya

Di sisi lain, panel Head Unit juga memiliki desain yang cukup jadul. Meski begitu, panel tersebut sudah mampu mengoperasikan audio via USB, AUX dan radio AM/FM.

>>> Tertarik dengan mobil Ford lainnya, silahkan klik sini

OPERASI Ford EcoSport 2014

Kini saatnya bagi Cintamobil.com untuk mengulas operasi mesin Ford EcoSport 2014. Meski mobil ini terbagi menjadi tiga varian yakni Ambiente, Trend serta Titanium, namun semua mesinnya menggunakan spesifikasi sama. Di atas kertas, mesinnya dilengkapi kapasitas 1.499 cc berdaya 110 PS setara 6.050 Rpm. Adapun tersedia dua pilihan transmisi yang bisa Anda pilih meliputi 5 tingkat percepatan manual dan 6 percepatan otomatis.

Operasi Mesin Ford EcoSport 2014 mampu memberikan daya hingga 110 PS

Mesin EcoSport mengandalkan kapasitas 1.499 cc

Hal yang cukup kami sayangkan, mobil ini belum dilengkapi mode penggerak All Wheel Drive (AWD). Seandainya, mobil ini dilengkapi mode tersebut maka dipastikan rintangan apapun bisa dilalui olehnya. Namun, untuk penggunaan perkotaan mobil ini sudah sangat layak dijadikan kendaraan impian.

>>> Bandingkan juga dengan model SUV lainnya dengan klik link ini

spesifikasi Ford EcoSport 2014

Supaya lebih jelas, berikut spesifikasi Ford EcoSport 2014.

SPESIFIKASI FORD ECOSPORT 2014

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.245 mm x 2.054 mm x 1.708 mm

Jarak Poros Roda

3.000 mm

Jarak Terendah

200 mm

Wading Depth

550 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.5 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC

Kapasitas Silinder

1.499 cc

Daya Maksimum

110 PS / 6.050 Rpm

Torsi Maksimum

142 Nm / 4.500 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / 6 Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Semi-Independent dengan Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drums Brake

Ukuran Ban

195/65 R15

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

52 Liter

kelebihan & kekurangan Ford EcoSport 2014

Dari berbagai hal yang sudah dijelaskan di atas, kami hendak merangkum kembali kelebihan dan kekurangan Ford EcoSport 2014.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Wading Depth 550 mm dengan Ground Clearance 200 mm, membuatnya sangat mampu untuk melintasi area banjir sekalipun

Sayangnya mobil ini tidak menggunakan mode AWD supaya dapat melampaui kompetitornya

Performa mesin cukup tangguh untuk sebuah Mini SUV

Ford Indonesia tidak lagi berbisnis di Indonesia sehingga Anda akan sedikit kesusahan mencari Sparepart-nya

Fitur keselamatan juga lengkap sebagai mobil seharga Rp. 200 jutaan

Bangku belakang tidak bisa dilipat sejajar dengan lantai

Paling spesial yang tidak dimiliki kompetitor adalah panel Sunroof pada sisi atapnya

-

daftar harga Ford EcoSport 2014

Untuk saat ini, mobil ini tidak lagi dijual dalam kondisi baru. Namun tenang saja, Cintamobil.com akan memberikan daftar harga Ford EcoSport 2014 dalam kategori bekas.

TIPE MOBIL

HARGA FORD ECOSPORT BEKAS

Ford EcoSport 1.5 Liter

IDR. 129.000.000 – IDR. 158.000.000

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga mobil Ford lainnya

Video Ford EcoSport 2014

Sebagai penutup review Ford Ecosport 2014, silahkan melihat video cuplikan resminya.

KESIMPULAN Ford EcoSport 2014

Ford EcoSport 2014 sejatinya pantas menyandang sebagai SUV terbaik di antara kompetitornya. Namun dalam perjalanannya, Ford nyatanya tidak cukup beruntung di Indonesia sehingga diler resminya tak lagi ditemukan di semua kota. Namun, jika Anda adalah tipikal Money for Value maka mobil ini sudah sangat layak untuk Anda miliki. Dari segi mesin, eksterior hingga interior, semua sudah dikemas sempurna, tak jauh dari versi Amerika-nya.

Apakah Anda juga tertarik dengan Ford EcoSport 2014 Indonesia?

>>> Ikuti juga review model-model terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil