Review Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014: SUV Kompak Penuh Fitur Kelahiran ‘Negeri Samba’

20/12/2019

Share this post:

Ford EcoSport 2014

Editor rate:

Lihat promo

Mencari mobil SUV keluarga yang tangguh untuk perkotaan dan mampu dibawa berpetualang? Bisa jadi Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 dapat menjadi pilihan Anda.

Review Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014: SUV Kompak Penuh Fitur Kelahiran ‘Negeri Samba’
Review Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014: SUV Kompak Penuh Fitur Kelahiran ‘Negeri Samba’
0 Gambar

Pengantar Ford EcoSport 2014

Mari kita simak spesifikasi Ford EcoSport 2014 di bawah ini.

Kelebihan

Performa mesin yang tangguh serta ground clearance yang tinggi mampu dibawa ke medan kasar

Fitur yang cukup lengkap, bahkan jika dibandingkan dengan mobil baru

Harganya yang kompetitif di pasar mobil bekas

Kekurangan

Efisiensi bahan bakar harus lebih diperhitungkan

Kabin dan bagasi kurang lapang dibandingkan mobil lain di segmen yang sama

Bahkan ketika bagasi ditambahkan, bangku belakang tidak bisa dilipat sejajar lantai

Review Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 - Ford Ecosport merupakan SUV kompak yang awalnya dibangun di Brazil sejak 2003. Sedangkan edisi konsep baru diluncurkan pada 2012 dan dirakit di pabrik baru Ford di India, Thailand, Rusia, dan Rumania. Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 yang dipasarkan di Indonesia diimpor langsung dari pabriknya di Thailand.

 Ford EcoSport generasi pertama berwarna putih
Generasi pertama Ford EcoSport yang diperkenalkan Ford

Generasi pertama dirancang oleh Ford Brazil Development Center dengan kode BV226 dan dibuat berdasarkan Ford Fiesta Eropa buatan Cologne. Penyegaran dilakukan pada 2007. Dibuat spesial untuk pasar Amerika Selatan, khususnya Brasil. Tak heran jika EcoSport menjadi salah satu model terlaris Ford di Brasil. Tahun terbaiknya adalah pada 2011, dengan penjualan mencapai 700.000 unit.

Baru ada 2012 Ford memberikan penyegaran pada mobil ini. Salah satunya dengan mulai memasarkan di seluruh dunia pada 2013. Dan konsumen Indonesia pun mendapatkan EcoSport yang dipasarkan pada 2014 akhir. Tak hanya Brazil, kesuksesannya melebar hingga India, dengan penjualan 200.000 unit pada Agustus 2015, dan baru memasukkannya ke Amerika pada November 2016.

mobil bekas Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 berwarna hitam 
Mobil lawas Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014

Varian Titanium merupakan varian tertinggi dari tiga versi EcoSport yang pernah dipasarkan di Tanah Air, selain Ambiente dan Trend. Dengan harganya yang lebih dari setengah harga barunya, berikut review Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 dari tim Cintamobil.com.

Eksterior Ford EcoSport 2014

Menggunakan aksen Amerika yang kental, mobil ini mengingatkan kita pada ketangguhan ‘muscle car’ Negeri Paman Sam dengan tampilannya yang maskulin. Tampak depan yang tegas dengan bodi yang kokoh khas SUV menjadi bagian penting dalam eksterior Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 ini.

Review Ford EcoSport 1.5L 2014: Eksterior Depan

Melihat sisi depan, ada filosofi desain Ford di masanya, yaitu Kinetic Design yang diaplikasikan pada seluruh armada for Ford di awal 2010-an. Lampu depan memiliki kesan sipit tanpa proyektor, namun bagian bawah tanpa LED stripe. Memang, salah satu kekurangan mobil ini adalah lampu senja. Namun Anda bisa menyalakan agar terlihat seperti Daytime Running Light (LED DRL).

 eksterior depan Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 berwarna hitam
Tampilan depan Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014

Sebagai varian tertinggi EcoSport, Titanium sudah dilengkapi grille dan housing fog dengan ornament chrome. Bumper bawah bisa dibilang memiliki lubang udara untuk menambah aerodinamika berkendara. Jadi, meskipun EcoSport memiliki tampilan yang besar serta ground clearance yang tinggi, mobil ini mampu mencatatkan nilai koefisien hambatan angin sebesar 0,36 cd. Angka yang sangat baik untuk sebuah SUV.

Review Ford EcoSport 1.5L 2014: Eksterior Samping

eksterior samping Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 berwarna hitam 
Tampilan samping Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014

Salah satu keunggulan mobil ini adalah ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 200 mm serta water wading hingga 550 mm, membuatnya mampu melaju di berbagai medan atau dibawa berpetualang di jalanan pedesaan yang masih kurang baik. Eksterior samping Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 sudah dilengkapi dengan roof rail serta dilengkapi velg 16 inci dengan desain yang unik.

Review Ford EcoSport 1.5L 2014: Eksterior Belakang

eksterior belakang Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 berwarna hitam 
Tampilan belakang Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014

Di belakang, tampilannya memang terlihat ketinggalan jaman. EcoSport masih “menggendong” ban cadangan di bagian pintu belakang dengan desain cover yang sederhana. Nah, berbeda dengan mobil lain yang dipasarkan di Indonesia, desain door handle pada pintu belakang terletak di sebelah kanan serta berkamuflase dengan desain lampu belakang. EcoSport juga sudah mendapatkan fog lamp di belakang.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Ford EcoSport 2014

Seperti mobil Amerika pada umumnya, kualitas interior Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 tak kalah jika dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama. Perpaduan material plastik serta kabin yang kedap membuat mobil ini bisa dibilang nyaman untuk membawa keluarga di dalam maupun ke luar kota.

Review Ford EcoSport 1.5L 2014: Dashboard

Langsung menyapa Anda adalah dashboard yang berukuran cukup besar dengan banyak tombol konvensional. Dashboard terlihat penuh, tetapi cukup memudahkan ketika Anda ingin menggunakan fitur mobil. Material dashboard pun bisa dibilang solid dan kuat tanpa ada kesan rapuh.

dashboard Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 berwarna hitam 
Dashboard Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014

Kluster tengah cukup memikat, dimana EcoSport sudah memiliki komputer on-board layaknya mobil premium. Menggunakan teknologi Ford SYNC, Anda bisa memilih frekuensi radio, melakukan panggilan telepon, membaca dan membalas SMS hanya dengan perintah suara yang dihubungkan melalui smartphone. Sayang layar tengahnya masih berukuran mini dan belum bisa memutar video.

Review Ford EcoSport 1.5L 2014: Setir

setir Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 berwarna hitam 
Setir Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014

Setir telah berlapis bahan kulit, meskipun imitasi, cukup nyaman untuk dipegang. Ada berbagai tombol yang bisa Anda gunakan untuk memutar audio. Setir Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 sudah memiliki fitur Tilt & Telescopic untuk memudahkan Anda mengatur posisi berkendara yang pas dengan postur tubuh. Tak lupa teknologi Electronic Power Steering yang cukup membantu selama berkendara di jalanan.

Review Ford EcoSport 1.5L 2014: Kursi

Dengan tampilannya yang kompak membuat kapasitas kabin pun sedikit sempit. Namun masih mengakomodasi lima penumpang di belakang dengan ruang yang cukup, walaupun terkesan rapat. Tapi kursi Ford EcoSport yang sudah dilapisi bahan kulit imitasi, bisa dibilang empuk dan nyaman untuk diduduki. Sayangnya untuk pengaturan kursi hanya bisa dilakukan secara manual.

kursi Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 berwarna hitam
Kursi Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014

Fitur Auto Climate Control membuat kabin cukup sejuk untuk daerah perkotaan tropis yang panas. Pada bagian bawah kursi, terdapat laci yang bisa Anda gunakan untuk meletakkan sandal atau benda kecil lain.

Review Ford EcoSport 1.5L 2014: Bagasi

bagasi Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 berwarna hitam 
Bagasi Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014

Jika dibandingkan dengan pesaingnya di Indonesia, seperti Toyota Rush, kapasitas bagasi Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 bisa dibilang tidak terlalu lapang. Meskipun Anda masih bisa meletakkan barang-barang bawaan sehari-hari dalam bagasi berkapasitas 362 liter. Butuh ruang yang besar? Anda bisa melipat kursi belakang sehingga menjadikan ruang penyimpanan mampu menampung 705 liter. Tool kit juga tersimpan rapi di belakang.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Ford EcoSport 2014

Ketika mobil ini diperkenalkan pada 2014 lalu, keunggulannya adalah fiturnya yang sangat banyak untuk ukuran mobil seharga di bawah Rp300 jutaan. Contohnya sistem Keyless Entry dengan Push Start/Stop Button. AC juga sudah memiliki fitur Auto Climate Control dengan tampilan digital. Ketika Anda menekan tombol auto AC akan secara elektronik disesuaikan dengan suhu interior. Meskipun beberapa pengguna menganggap temperatur akan menjadi cukup dingin.

Untuk sistem suara, EcoSport memiliki audio yang sudah terintegrasi dengan komputer on board ditambah dengan fitur Bluetooth untuk memutar lagu kesukaan Anda. Kualitasnya pun bisa disandingkan dengan model premium lainnya. Kekedapan kabin pun mendukung nyamannya berkendara di dalam mobil ini.

panoramic sunroof Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 yang terbuka 
Fitur panoramic sunroof pada Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Ford SYNC akan membantu Anda mengatur dan mengaktifkan berbagai pengaturan yang terletak pada dashboard. Dan jangan lupakan salah satu fitur unggulan dari EcoSport; sunroof yang dapat dibuka. Walaupun terkesan kecil, namun cukup untuk memberikan kesan terang ketika dibuka.

Review Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014: Fitur Keselamatan Aktif

Sistem Traction Control akan mencegah ban kehilangan traksi pada saat dibawa dari keadaan diam maupun ketika berakselerasi. Anda juga mendapatkan Hill Start Assist yang akan mencegah mobil mundur ketika berada dalam kondisi stop-and-go di jalanan menanjak. Fitur keselamatan aktif lainnya termasuk sistem pengereman ABS dan EBD.

>>> Bukan ‘Si Taksi’, Ini Dia Harga Jual Ford Laser TX3 untuk Pencinta Mobil Klasik

Operasi Ford EcoSport 2014

Sama dengan varian lainnya, Ambiente dan Trend, mesin Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 menggunakan versi 4-silinder segaris 1.5 liter. Mampu mengeluarkan hingga 108 daya kuda pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 142 Nm pada 4.500 rpm. EcoSport menggunakan transmisi 6-percepatan otomatis yang menyalurkan tenaga ke roda depan.

Untuk mobil perkotaan, tenaga yang dihasilkan cukup tangguh, bahkan ketika dibawa ke medan berat. EcoSport mampu menghadirkan kenyamanan berkendara yang menyenangkan dengan pengendalian yang solid. Sayangnya, EcoSport Titanium yang kami coba masih belum menggunakan teknologi Ecoboost dari Ford, membuat penggunaan bahan bakarnya cukup tinggi.

mesin Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 berwarna hitam
Mesin Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014

Review Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014: Impresi Berkendara

Salah satu keunggulan mobil Amerika adalah kenyamanan berkendara di dalam mobil ini. Bagian dalam termasuk kokoh dengan material yang cukup empuk namun tak terlihat murahan. Kenyamanan  menjadi keunggulan terbesar mobil ini. Suspensinya empuk dan mampu melibas jalan bergelombang tanpa hambatan.

Sangat menyenangkan ketika membawa mobil ini di jalanan. Fitur Electronic Stability Programme (ESP) merupakan bagian penting dalam enaknya mengendalikan mobil ini. ESP akan bekerja secara otomatis untuk mencegah understeer, sehingga membuat Anda lebih aman ketika berkendara di jalanan basah atau di musim hujan.

Hanya saja kabin dan bagasi bisa dibilang kurang lapang sedikit mempengaruhi kenyamanan berkendara, terlebih bagi penumpang di belakang. Contohnya dengan bangku baris belakang yang tidak bisa direbahkan lagi. Namun ruang kaki dan ruang kepala (legroom dan headroom) cukup memadai bagi penumpang dengan postur rata-rata penduduk Indonesia.

fitur Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 berwarna hitam

Banyak fitur berkendara yang memudahkan Anda untuk mengemudi

Tapi sama seperti ‘muscle car’ Amerika lainnya, hal yang perlu diperhatikan adalah masalah bahan bakar yang masih tak bisa dihindari dari mobil ini. Jika dibandingkan dengan pesaingnya di segmen SUV, EcoSport belum bisa dianggap mobil yang hemat. Dalam pengendaraan yang kami lakukan, efisiensi bahan bakarnya hanya menyentuh angka 9 km/liter.

Putaran bawah yang kurang ‘menggigit’ membuat mobil ini harus dibawa dalam kondisi yang cepat untuk merasakan kenikmatannya. Terlebih ketika dikendarai dalam jalanan perkotaan dengan kondisi stop-and-go. Hal ini membuat konsumsi bahan bakar semakin tinggi. Tapi jika Anda berada dalam kondisi bebas hambatan, EcoSport memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

>>> Masih Tangguh dijalankan, Intip Harga Mobil Ford Ranger 4x4 Bekas Pekanbaru

Spesifikasi Ford EcoSport 2014

Dibandingkan dengan varian lainnya, tidak ada perbedaan yang mendasar dari spesifikasi Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa menilik tabel berikut ini.

Dimensi Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014

Panjang x Lebar x Tinggi

3.999 x 1.765 x 1.708 mm

Jarak Poros Roda

2.520 mm

Ground Clearance

200 mm

Radius Putar

5.3 meter

Ruang Bagasi

362 liter (705 liter maksimal)

Mesin Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014

Tipe Mesin

1.5 Liter 4-silinder segaris 16 katup

Kapasitas Silinder

1.499 cc

Tenaga Maksimal

108 hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

142 Nm @ 4.500 rpm

Sistem Transmisi

6-Percepatan otomatis

Sistem Penggerak

Front-wheel-drive

Kaki-Kaki Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Twist Beam

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

195/65 R16

Daftar Harga Ford EcoSport 2014

EcoSport yang dijual Indonesia ketika pertama kali diperkenalkan mencapai Rp300 jutaan. Kepergian Ford dari Indonesia membuat harga bekas mobil ini menjadi turun. Saat ini, harga Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 yang bisa Anda dapatkan di pasar mobil bekas berada dalam kisaran Rp125 jutaan hingga Rp140 jutaan. Tertarik? Anda bisa melihat mobil ini di daftar mobil bekas Cintamobil.com.

Kesimpulan Ford EcoSport 2014

Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 adalah salah satu SUV paling maskulin di segmennya. Fitur yang ditawarkan juga tak kalah jika dibandingkan dengan mobil yang baru diperkenalkan beberapa tahun belakangan. Kenyamanan di dalam pun bertambah dengan kekedapan kabin serta kualitas material yang bagus. Walaupun bisa dibilang EcoSport bukanlah mobil yang hemat dengan bagasi tak terlalu besar dibandingkan pesaingnya di segmen ini.

mobil bekas Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 di jalanan 
Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 yang bisa dicari di pasar mobil bekas

Buang jauh-jauh ketakutan untuk perawatan mobil ini. Meskipun Ford tak lagi berjualan di Indonesia, masih banyak bengkel resmi maupun spesialis yang akan mengerjakan semua mobil Ford yang masih melaju di jalanan Tanah Air. Ketersediaan spare part pun tetap terjaga, dimana pemilik EcoSport yang kami tanyai mengungkapkan tak pernah inden ketika membutuhkan spare part untuk EcoSport miliknya.

>>> Ikuti juga review model-model terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Ford Escape XLT 2003: SUV Bekas Asal Amrik Kini Di Bawah Rp100 Jutaan

30/09/2019

Editor rate:

Hadirnya Ford Escape ke dalam pasar otomotif Indonesia membuat konsumen mendapatkan pilihan mobil SUV medium tangguh yang datang bukan dari brand asal Jepang, melainkan brand asal Amerika Serikat. Meskipun model ini mayoritas sudah menjadi mobil bekas berusia remaja, tapi apakah Ford Escape masih layak dimiliki di tahun ini?

Lihat juga

Review Toyota Land Cruiser VX100 2002: King-Off-The-Road

08/12/2019

Editor rate:

Mobil ini dapat menjadi sebuah pilihan alternatif yang lebih mewah bagi Anda yang punya uang untuk membeli Toyota Fortuner baru maupun Mitsubishi Pajero Sport Exceed anyar. Inilah ulasan kami mengenai Toyota Land Cruiser VX100 2002

Lihat juga

Review Toyota Fortuner G VNT 2014: Big SUV Bekas Terkenal Awet dan Tangguh di Jalan

29/11/2019

Editor rate:

Toyota Fortuner G VNT 2014 bisa menjadi pilihan big SUV dengan keunggulan di segala medan jalan yang bisa Anda gunakan sehari-hari. Big SUV dengan kapasitas 7 penumpang ini menawarkan berbagai kenyamanan dan keamanan yang cukup mumpuni.

Lihat juga

Review Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo A/T 2016: Versi Pamungkas Dan Tertinggi Toyota Rush Berkonde

28/09/2019

Editor rate:

Inilah pembaharuan terakhir yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor terhadap salah satu produk andalannya. Yakni Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo. Mobil ini menjadi varian top of the line Rush saat itu bahkan diatas TRD Sportivo. Apa istimewanya mobil ini?

Lihat juga

Review Ford Escape 2020

20/04/2019

Editor rate:

Entah mengapa, jika mengamati kabar mengenai Ford, kami selalu rindu. Sama halnya ketika mendengar bahwa Ford Escape 2020 akan hadir dalam waktu dekat. Ford International sudah mengklaim hal ini di halaman resminya. Meski potensinya masuk ke Indonesia cukup kecil, namun sudah kewajiban kami untuk mengulasnya dalam review Ford Escape 2020.

Lihat juga
back to top